ARSIP BULANAN : March 2017

LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN INDONESIA

30 March 2017 00:57:22 Dibaca : 969

 Landasan yuridis pendidikan indonesia adalah seperangkat konsep perundang-undangan yang menjadi titik tolak sistem pendidikan indonesia, yang menurut undang-undang dasar 1945 meliputi, undang-undang dasar dasar repiblik indonesia, ketetapan MPR, undang-undang peraturan pemerintah pengganti undang-undang , peraturan pemerintah, keputusan presiden, peraturan pelaksanaan lainnya, seperti peraturan menteri, instruksi menteri, dan lain-lain.
Landasan yuridis atau hukum pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari peraturan perundang-undangan yang berlaku menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.

PENTINGNYA PENDIDIKAN GUNA MENUNJANG KEHIDUPAN

24 March 2017 11:04:00 Dibaca : 1908

Pendidikan sangatlah penting untuk semua makhluk sosial karena melalui pendidikan kita dapat memperoleh pengetahuan, seperti ada hal yang tidak kita ketahui tapi dapat kita ketahui melalui pendidikan itu sendiri. Namun pengetahuan juga tidak sepenuhnya hanya dapat kita dapatkan dari pendidikan, pengetahuan juga dapat bersumber dari kehidupan sosial, pengalaman, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi pendidikan sangat perlu ditanamkan pada anak usia dini agar dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia itu sendiri.
Kedudukan pendidikan itu sendiri dalam kehidupan bermasyarakat sangat penting karena tanpa pendidikan kehidupan bermasyarakat itu sendiri dapat berdampak buruk bagi sesama individu. Coba kita pikirkan jika kehidupan sosial tanpa pendidikan, betapa tidak baiknya kehidupan seperti itu. Melalui pendidikan juga dapat melahirkan benih-benih bibit manusia yang unggul untuk bangsa.
Jika kita berpendidikan tentu banyak keuntungan untuk diri sendiri. Salah satunya jika kita berpendidikan, tentu kita pasti mengambil bidang-bidan yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan kita sehingga setelah menguasai bidang-bidang keahlaian itu sendiri akan tersedia banyak lapangan pekerjaan, bahkan kita juga bisa meningkatkan kreatifitas kita melalui keterampilan yang kita miliki hingga dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan menciptakan hal-hal yang baru sehingganya dapat memberi kita manfaat tersendiri lagi. Dan kesemuanya itu berasal dari pendidikan yang memanglah sangat berperan penting dalam siklus kehidupan manusia dan dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Pendidikan Dalam Lingkup Masyarakat

22 March 2017 02:46:13 Dibaca : 896

     Pendikan dalam masyarakat adalah pendidikan yang sangat penting. Sebelum pendidikan dalam lingkungan masyarakat ada pendidikan dalam lingkungan keluarga dan sekolah. Kita tau bersama bahwa manusia adalah individu yang tidak bias lepas dari ketergantungan individu lain. Untuk masalah dalam soal pendidikan di lingkup masyarakat, tentu tidak bisa terpisahkan dari sosok individu. Individu yang mulai dari lahir, anak-anak, remaja, dewasa. Setiap individu pasti akan melalui masa transisi sehingga akan sampai pada lingkungan atau kehidupan masyarakat.
     Didalam kehidupan atau lingkup masyarakat, seorang individu akan memiliki pola pikirnya sendiri karena itu semua berdasarkan apa yang terjadi pada lingkungan sosialnya atau berdasarkan apa yang telah ia alami dalam lingkup masyarakat. Pendidikan itu sendiri tidak hanya bias didaptkan hanya dari berdasarkan bangku pendidikan, namun sebesar 60% pendidikan berdasarkan kehidupan social dari individu itu sendiri.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong