Pembuatan Video Pembelajaran

18 October 2018 22:40:46 Dibaca : 88

        Dalam pembuatan video pembelajaran, alangkah sebih baiknya sebelaum kita membuat video kita terlebih dahulu membuat rancangan dari video yang ingin kita buat. contohnya dengan membuat story board video pembelajaran. di dalam stroy board ini diusahakan berisi tentang segala hal yang nantinya akan kita masukkan dalam video pembelajaran.
Hal-hal yang harus ada dalam storyboard diantaranya:
• Format penentuan video
• Penulisan Naskah yang meliputi:
1. Penemuan ide
2. Menulis Sinopsis
3. Menulis Treatment
4. Menulis Skenario
         Dalam menulis skenario harus memiliki:
1. Shooting Script
2. Story board
3. Script breakdown
4. Shooting schedule atau jadwal shooting
    A. Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Camtasia
     Camtasia merupakan sebuah aplikasi pengeditan video , Selain itu, Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop komputer.Karena itulah software ini sangat cocok untuk membuat video tutorial dengan mudah dan cepat.
Untuk penggunaan dari aplikasi camtasia itu sendiri adalah dengan:
• Buka Camtasia Studio 8 dan klik Import media ( Browse the location of your video ), lalu Open.
• Video yang diimport akan masuk ke Clip Bin, selanjutnya seret ke Timeline ( Track 1).
• Sebagai pilihan lain, buatlah latar atau background dengan pixel size yang besar dalam bentuk        Image ( bisa dibuat di Powerpoint Microsoft Office anda, dan di print menggunakan Universal            Document Converter dalam format JPG, PNG, dan lain sebagainya ). Tetapi kalau tidak ingin ribet,    gunakan saja Title Clips yang ada pada Library.
• Jika sudah, klik Import media lagi dan cari latar atau background tadi, terus Open.
• Sekarang gunakan background tersebut sebagai jeda video misalnya setiap durasi 20 detik dan         seterusnya. buat sederhana tetapi terlihat indah.
• Dan kalau sobat ingin menambahkan keterangan ( tulisan ) gunakan Callouts yang merupakan         salah satu keunikan dari Camtasia Studio.
• Teman – teman juga bisa menambahkan Transitions di tiap Clip Video anda.
• Kemudian Zoom-n-Pan akan memberikan sebuah kejelasan dari jarak dekat setiap tindakan yang    kita lakukan, dan sangat membantu buat menikmat video yang ingin melihat keseluruhan atau          detail dari video kita.
• Buatlah video anda semenarik mungkin dengan salah satu fitur Camtasia Studio 8 yaitu Audio           latar  untuk video

        Untuk penggnaan camtasia dalam memberikan video tutorial dari desktop kita, caranya adalah: Buka Camtasia Studio yang telah ada pada desktop. Setelah kita membukanya, akan muncul 2 menu pilihan. maka pilihlah menu Record the Screen. setelah itu akan muncul pilihan yang terdapat lima bagian icon, yaitu full screen icon, costum screen, kamera, dan audio, dan record. Anda bisa mengatur ukuran screen sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya untuk merekam seluruh desktop pilih icon full screen. Apabila ingin menambahkan suara (audio) dan kamera pastikan microphone dan web cam telah terhubung dengan komputer. Kemudian mulai merekam seluruh aktifitas pada komputer dengan klik icon Rec.Setelah selesai Anda tinggal klik tombol STOP atau F10 pada keyboard untuk berhenti. Jika Anda telah yakin dengan hasil rekaman kita dan tidak ada yang perlu diedit, klik Producedan maka rekaman kita langsung diproduksi tanpa proses editing, kita juga bisa mendelete project apabila dirasa kurang memuaskan, namun apabila Anda ingin mengedit terlebih dahulu pilih save and edit. Jika kita memilih edit, maka kita akan kembali melakukan langkah seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya.

B. Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Powtoon
      PowToon merupakan aplikasi berbasis web untuk membuat animasi sederhana dua dimensi (2D). Dalam website ini kita bisa memilih bentuk animasi yang akan dibuat. fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini, animasi yang dibuat lebih cocok untuk keperluan bisnis maupun untuk pendidikan pendidikan.
        Sebelum menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu kita harus memastikan koneksi jaringan kita. Kemudian masuk pada aplikasi secara online melaui www.powtoon.com. Selanjutnya muncul halaman pendaftaran. Jika belum mendaftar menjadi anggota di web Powtoon, maka kita harus mendaftar terlebih dahulu. Daftarnya bisa menggunakan akun Google, Facebook, Linkedin, atau E-mail. Kalau sudah memiliki akun, klik tulisan Log in. Isi username dan passwordnya bila menggunakan email atau menggunakan akun Google, Facebook, maupun Linkedin.
Setelah Log in akan tampil menu untuk membuat animasi. Dalam tutorial ini saya memilih Build your story scene by scene. Kemudian tampil menu untuk membuat tampilan dari animasi yang akan dibuat. Terdiri dari berbagai macam pilihan, yaitu professional, white board, infographic, cartoon, dan corporate. dalam tutorial ini saya memilih cartoon.
Untuk tampilannya sendiri, pada panel sebelah kiri untuk melihat slide yang sudah dibuat dan bisa digunakan untuk menambah slide baru atau menghapusnya bila tidak dibutuhkan. Panel timeline yang ada di tengah digunakan untuk memasukkan gambar, teks, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan. Panel yang ada di sebelah kanan memiliki fungsi untuk mengatur Layouts, Background, Text, Library, Objects, Graphs, Sound, dan Images yang akan dimasukkan ke dalam Panel Timeline. Apabila telah selesai membuat animasi sesuai dengan kebutuhan, klik tombol Export. Kemudian tampil menu EXPORT OPTIONS. Silahkan pilih fitur yang akan digunakan, misalnya kita pilih Download as MP4 atau Upload to YouTube.
        Akan tetapi, biasanya tidak dapat didownload dengan format MP4, jadi hanya dapat didownload dengan format ppt, pdf, atau yang paling mudah diupload dulu melalui youtube lalu dapat diownload melalui youtube. namun peneksporan ke youtube memerlukan beberapa waktu yang cukup lama, tetapi lebih baik demikian karena ketika didownload dengan format ppt atau pdf, gerak animasinya tidak dapat ditampilkan.

 

Program/Aplikasi Ms. Excel

07 October 2018 15:52:07 Dibaca : 23

Microsoft excel adalah salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft yang tergabung dalam Microsoft office yang digunakan dalam pengolahan angka. Microsoft excel sangat pouler dikalangan pelajar dan para pekerja untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan permasalahan yang mudah sampai yang rumit dalam bidang administrasi khususnya. Microsoft excel dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula yang ada dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus dan formula yang efektif akan mempermuda dalam pembuatan laporan yang berhubungan dengan angka.
Aplikasi Ms. Excell ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
• Dengan adanya berbagai rumus formula yang ditawarkan, tentu akan memudahkan kita untuk membuat rumus yang sulit dan variati
• Mempermudah dalam menganalisa data dalam bentuk table dan juga grafik
• Ketersediaan formula banyak sehingga mempermudah untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif
• Mempermudah menganalisa kesalahan rumus ditiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error
• Mempermudah untuk memilih milih data dengan fasilitas yang ada di program Microsoft Excel seperti Auto Filter
• Jika terjadi kesalahan penghitungan pada tahapan tertentu dapat diketahui secara mudah menggunakan fasilitas trace error.
• Jumlah baris dan kolom yang sangat banyak pada Microsoft excel ini akan memudahkan kita ketika menginput data dalam jumlah yang sangat banyak
Komponen-komponen utama pada layar Ms. Excel diantaranya:
• Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
• Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
• Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya
• Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
• Menu lain seperti Title Bar, Baris Tab (Tabs), Ribbon, Name Box, Formula Bar, Grup, Kolom, Cell Aktif, Baris, Navigasi Sheet, Tabulasi sheet, Insert worksheet, Zoom Level, Penggulung horizontal, Penggulung ver tikal
Pada penggunaan Ms. Excel, ada beberapa kendala yang sering dihadapi oleh pennguna aplikasi ini. Banyaknya formula yang ditawarkan, membuat kita sering kesulitan menggunakan rumus yang akan dimanfaatkan baik itu lupa atau rumus itu memang tidak bekerja secara otomatis atau error. salah satu kelemahan dari excell adalah memakan waktu yang banyak dalam memasukkan data secara manual, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien.
Namun demikian ada beberapa kelebihan dari aplikasi ms. Excell ini yaitu:
• Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan kapasitas dalam satu sheet terdiri dari 1 juta baris, dan 16.000 kolom.
• Microsoft excel mempunyai format yang paling popular dan flexible.
• Microsoft excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah dalam pengolahan

 

Program/Aplikasi Ms. Word

03 October 2018 20:10:11 Dibaca : 8

   Aplikasi microsoft word merupakan aplikasi yang paling sering digunakan terutama dalam penyusunan/penulisan suatu karya ilmiah dan sebagainya. Dalam penyususnannya, tentu saja suatu tulisan tersebut harus didasarkan pada suatu referensi yang relevan dan terpercaya. Bukan hanya itu, apabila tulisan kita tersebut memiliki di dukung oleh referensi yang terlalu banyak dan dengan jumlah halaman yang banyak pula, tentu saja kita akan kesulitan dalam penyusunan kerangka tulisannya seperti pengutipan, daftar isi, dan daftar pustaka.
     Aplikasi mendeley merupakan aplikasi yang sangat membantu penggunanya dalam hal mengatur dan membagi karya ilmiah menemukan data penelitian dan berkolaborasi secara online. mendeley itu merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat dan sangat membantu terutama bagi mahasiswa misalnya untuk mengelola kepustakaan, saling berbagi kepustakaan secara online, dan mencari kepustakaan terkini dapat dilakukan melalui aplikasi ini. selain itu memudahkan kita juga dalam penyusunan karya tulis seperti makalah dan sebagainya dengan pilihan yang ditawarkan oleh aplikasi mendeley ini seperti pengutipan otomatis, pembuatan dapus otomatis dsb sehingga kita tidak perlu kembali meninjau antara catatan kaki dan daftar pustaka.
       Tidak hanya fitur-fitur diatas, tetapi aplikasi ini juga memudahkan kita dalam mencari referensi meskipun referensinya terkunci. Referensi tersebut juga terpercaya dan biasanya terbaru. Namun kadang beberapa referensi yang kita cari tidak dapat ditampilkan dalam mendeley. Meskipun demikan, dalam mencari atau memilih referensi menggunakan aplikasi mendeley juga dapat dilakukan dengan beberapa pilihan, yakni bisa dengan mencari langsung pada aplikasi ini, bisa juga memasukkan referensi yang telah di download terlebih dahulu dan di masukkan secara manual pada aplikasi ini.
       Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, ada beberapa kendala yang sering dijumpai dalam pengoperasiannya misalnya pada saat kita mencari kepustakaan sesuai dengan yang kita inginkan disitu kita tidak bisa membuka secara langsung apabila tidak tercantum URLnya. Pengoperasian aplikasi ini juga membutuhkan koneksi internet, sehingga harus dipastikan bahwa koneksi tersebut tidak mengalami gangguan atau lelet agar mempercepat pekerjaan kita. Selain itu, dalam menjalankan aplikasi ini restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.
    Berdasarkan manfaat-manfaat serta sedikit kesulitan pengoperasiannya diatas, penggunaan aplikasi ini tetap efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran karena sangat membantu dalam penyusunan tugas-tugas, laporan, makalah dan karya ilmiah lainnya. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk mencari referensi terpercaya berupa pdf, jurnal dan buku dan untuk mengutipnya juga tidak akan terjadi yang namanya 'plagiat'.

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

02 October 2018 16:52:27 Dibaca : 7


         Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write).
Dari pengertian tesebut, terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:
a. Access (akses): mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau      mendapatkan informasi.
b. Manage (mengelola): menerapkan skema klasifikasi atau organisasi.
c. Integrate (meng-integrasikan): meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi. Hal        ini termasuk di dalamnya membuat ringkasan, membandingkan, dan menggarisbawahi.
d. Evaluate (meng-evaluasi): memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi          dari informasi.
e. reate (menciptakan): menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan,                mendesain, membuat atau menulis informasi.
           Berikut adalah skema elemen-elemen pembentuk literasi TIK

 

 

 

 

 

Berdasarkan skema tersebut, tahapan awal adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer. Literasi informasi diikuti oleh literasi digital, dan literasi komputer akan membawa dampak pada literasi internet. Literasi digital dan literasi internet merupakan dasar bagi literasi TIK.

1. Literasi Informasi
    Elemen-elemen literasi informasi yaitu:
a) Visual Literacy
         Visual Liteacy didefenisikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar, termasuk pula kemampuan untuk berpikir, belajar, serta mengekspresikan gambar tersebut. Visual literacy terbagi menjadi 3 konstruksi, yaitu: (1) Pembelajaran visual (visual learning), (2) Pemikiran visual (visual thinking), (3) Komunikasi visual (visual communication).
b) Media Literacy
         adalah kemampuan warga Negara untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik.
c) Computer Literacy
         Komputer merupakan alat yang dapat memfasilitasi dan memperluas kemampuan manusia dalam mempelajari dan memproses informasi.
d) Digital Literacy
         Digital Literacy merupakan keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital. Perkembangan pesat teknologi informasi dewasa ini telah menghasilkan banyak temuan-temuan digital terbaru.
e) Network Literacy
         Network literacy merupakan satu istilah yang masih terus berkembang (envolving). Untuk dapat menempatkan, mengakses dan menggunakan informasi dalam dunia berjejaring, misalnya internet, pengguna harus menguasai keahlian ini.
2. Literasi Komputer
         Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Paham (melek) komputer juga dapat merujuk kepada tingkat kenyamanan seseorang yang terbiasa menggunakan program komputer dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer.
3. Literasi Digital
          Literasi digital juga di definisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital. Literasi digital itu mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya juga bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat.
4. Literasi Internet
           Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi. Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital. Perangkat yang digunakan dalam literasi internet merupakan perangkat computer yang mana merupakan perangkat digital.

 

Biologi

24 August 2016 12:57:28 Dibaca : 3

biologi itu asik, belajar tentang alam dan lain-lain.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll