Rangkuman Materi Video Pembelajaran

24 September 2019 21:29:33 Dibaca : 16

Nama  : Tiara Rahmadani

Kelas   : A/Pendidikan Biologi

Rangkuman dari Materi Pembuatan Video Pembelajaran

Sel merupakan salah satu dari beberapa struktur yang mempunyai fungsi khusus terapung-apung di dalam sitoplasma sel eukariot. Suatu sel baik tumbuhan ataupun hewan mempunyai berbagai macam organel sel dengan fungsi-fungsi yang berbeda atau memiliki perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

1.      Sitoplasma

Bagian cair dalam sel disebut dengan Sitoplasma yang ada dalam dua bentuk yaitu Fase Sol (padat) dan Fase Gel (cair) dan khusus cairan yang berada di dalam inti sel disebut Nukleoplasma.

Sitoplasma disusun oleh 90% air dimana air menjadi penyusun utamanya, dan berfungsi melarutkan zat-zat kimia dan tempat reaksi kimia sel.

2.      Mitokondria

Di dalam biologi Mitokondria diberi julukan The Power House karena merupakan organel yang mempunyai fungsi sebagai tempat respirasi aerob untuk pembentukan ATP sebagai sumber energi sel. Mitokondria memiliki dua lapisan membran yaitu membran dalam dan membran luar.

Membran dalam membentuk tonjolan-tonjolan ke arah dalam (membran krista). Krista mempunyai fungsi memperluas permukaan agar proses pengikatan oksigen  dalam respirasi sel berlangsung semakin efektif.

3.      Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma merupakan organel yang berupa sistem membran berlipat-lipat menghubungkan membran sel dengan membran inti berbentuk seperti benang-benang jala.

Ikut berperan juga dalam proses transpor zat intra sel. Ada dua macam Retikulum Endoplasma yaitu RE Kasar dan RE Halus. Struktur Retikulum Endoplasma hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron.

Fungsi RE Halus:

a.       Sebagai transpor atau pengangkut sintesis lemak dan steroit.

b.      Tempat menyimpan fospolipid, glikolipid, dan steroid

c.       Melaksanakan detoksifikasi drug dan racun

d.      Tidak terdapat ribosom di RE Halus

e.       Fungsi RE Keras: transpor atau pengangkut sintetis protein, terdapat juga di ribosom.

4.      Badan Golgi

Badan golsi terdiri dari kumpulan vesikel pipih yang mempunyai bentuk berkelok-kelok (sisternae) atau berbentuk seperti kantong pipih. Badan golgi yang ada di dalam sel tumbuhan disebut diktiosom, dimana kebanyakan berada di dekat membran sel.

5.      Ribosom

Ribosom merupakan organel pen sintensis protein. Ribosom kerap menempel satu sama lain dan membentuk rantai yang sering disebut polisom atau pololiribosom.

Struktur ribosom berbentuk bulat bundar terdiri dari dua partikel besar dan kecil, ada yang soliter dan ada yang melekat sepanjang R.E. Ribosom adalah organel sel terkecil yang tersuspensi dalam sel. Antara satu ribosom dengan yang lainnya diikat oleh mRNA. Menurut kecepatan sedimentasi dibedakan menjadi ribolom sub unit kecil (40s) dan ribosom sub unit besar (60s).

Fungsi Ribosom: Sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein dan contoh organel tidak bermembran. Oleh penyusun utamanya yaitu asam ribonukleat dan berada bebas di dalam sitoplasma ataupun melekat pada RE.

6.      Lisosom

Lisosom dihasilkan oleh aparatus golgi yang penuh dengan protein. Berbentuk kantong-lantong kecil dan menghasilkan enzim-enzim hidrolitik seperti fosfatase, lipase, dan proteolitik. Enzim hidrolitik mempunyai fungsi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam sel secara fagositosis.

Lisosom menghasilkan zat kekebalan sehingga banyak ditemui pada sel darah putih, bersifat autofagi, autolisis, dan menghancurkan makanan secara edsosistosis.

Fungsi organel sel lisosom ini ialah sebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler. Salah satunya yaitu Lisozym.

 

 

7.      Vakuola

Vakuola ialah organela sitoplasmik yang berisi cairan dan dibatasi selaput tipis yang disebut tonoplas. Vakuola berbentuk cairan yang di dalamnya terlarut berbagai zat seperti enzim, lipid, alkaloid, garam mineral, asam, dan basa. Pada sel tumbuhan, vakuola selalu ada. Semakin tua suatu tumbuhan, maka vakuola yang terbentuk semakin besar.

Vakuola protozoa berupa vakuola kontraktil dan vakuola nonkontraktil.

1)      Vakuola kontraktil

Vakuola kontraktil disebut juga vakuola berdenyut. Vakuola kontraktil memiliki fungsi sebagai osmoregulator yaitu mengatur nilai osmotik dalam sel.

2)      Vakuola nonkontraktil

Vakuola nonkontraktil disebut juga vakuola makanan, yang berfungsi untuk mencerna makanan dan mengedarkan hasil pencernaan makanan ke seluruh tubuh.

8.      Inti Sel

Nukleus merupakan organ terbesar sel, dengan ukuran diameteantara 10-20 nm. Nukleus memiliki bentuk bulat atau lonjong. Hampir semua sel memiliki nukleus, karena nukleus ini berperan penting dalam aktivitas sel, terutama dalam melakukan sintesis protein. Namun ada beberapa sel yang tidak memiliki nukleus antara lain sel eritrosit dan sel trombosit.

KOMPONEN KIMIAWI SEL

a.      Organik

Asam Amino, Asam lemak, Karbohidrat dan Protein.

b.      Anorganik

Mineral dan Ion serta Air.

Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan salah satu bagian dari paket instalasi Microsoft Office yang dapat digunakan untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah.

Fungsi utama dari Microsoft Excel juga adalah untuk mengolah data. Manfaat dari Microsoft Excel di antaranya yaitu dalam pengelolaan data, untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

Kelebihan dari Microsoft Excel antara lain:

1)      Memiliki spreadsheet yang besar, bisa digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.

2)      Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.

3)      Mendukung Visual Basic

Kekurangan Microsof Excel antara lain:

1)      Memiliki akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik yang terbatas.

2)      Memiliki jumlah sel terbatas.

Langkah-langkah dalam menggunakan Microsoft Excel, yaitu:

1)      Aktifkan komputer terlebih dahulu

2)      Klik tombol Start pada taskbar

3)      Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office

4)      Kemudian klik Microsoft Excel 2007

Cara membuat grafik pada Microsoft excel:

1)      Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

2)      Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk di sajikan menjadi grafik.

3)      Setelah kamu membuat data sederhana, blok lah seluruh data dalam abel tersebut.

4)      Setelah di blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart

5)      Setelah itu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard

6)      Setelah muncul jendela, maka tinggal pilih model grafik yang di inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.

Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis. Tujuannya untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

Pengaplikasian Microsoft Word dan Mendeley sangat berguna untuk anak-anak zaman sekarang atau kepada anak bangsa karena sangat bermanfaat dan memudahkan anak-anak untuk membuat suatu tugas sekolah. Aplikasi Mendeley juga sangat efektif karena dapat memudahkan pelajar ataupun mahasiswa pada saat membuat tugas.

1.      Langka-langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley. Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2.      Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

Manfaat dari aplikasi Mendeley pada Microsoft word adalah untuk memudahkan pelajar ataupun mahasiswa dalam menyusun daftar pustaka. Sedangkan fungsinya yaitu Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah, skripsi, maupun makalah.

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

28 August 2019 19:47:06 Dibaca : 9

Banyak cara untuk membentuk budaya literasi diantaranya (dekat, mudah, murah, senang, lanjut):

1. Pendekatan akses fasilitas baca (buku dan non buku) 2. Kemudahan akses mendapatkan bahan bacaan 3. Murah/ Tanpa biaya (gratis) 4. Menyenangkan dengan segala keramahan 5. Keberlanjutan/ Continue/ istiqomahLiterasi TIK (teknologi informasi dan komunikasi) sangat erat kaitannya dengan istilah “technology literacy” yang di definiskan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah untuk mencapai tujuan.

Dari pengertian di atas terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:

Access (akses): mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi. Manage (mengelola): menerapkan skema klasifikasi atau organisasi. Integrate (meng-integrasikan): meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi.Evaluate (meng-evaluasi): memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi. reate (menciptakan): menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi. Tingkat kematangan literasi TIK (Level e-literacy)  dapat digambarkan seperti demikian yaitu dari level 0-5. Adapun elemen dari pembentuk literasi TIK yaitu di mulai dari tahapan awal adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer. Literasi informasi diikuti oleh literasi digital, dan literasi komputer akan membawa dampak pada literasi internet. Literasi digital dan literasi internet merupakan dasar bagi literasi TIK.

Model pencarian literasi informasi di mulai dari Starting (Mulai), Chaining (Menghubungkan), Browser (Menjelajah),  Differentiating (Pembedaan), Monitoring (Memantau) dan Extracting (Mengambil Sari).

-          Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efesien. Dalam literasi komputer di kenal dengan istilah Paham (melek) yaitu merujuk kepada kenyamanan seseorang yang terbiasa menggunakan komputer dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer.

-          Literasi Digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika disajikan melalui komputer. Literasi digital itu mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya juga bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat. Adapun manfaat dari literasi digital di antaranya yaitu menghemat waktu dan belajar lebih cepat.

Elemen penting dalam literasi digital yaitu, Social Networking (Jaringan Sosial), Transliteracy (), Maintaining Privacy, Managing Digital Identity, Creating Content, Organising and Sharing Content, Reusing/repurposing Content, Filtering and Selecting Content, dan Self Broadcasting.

-          Literasi Internet adalah kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi. Dalam literasi internet terdapat istilah “Internet Literacy” yaitu kemampuan untuk menggunakan pengetahuan internet sebagai media komunikasi dan temu kembali informasi secara teori dan praktis.

 Sumber:

Indrajit,  Richardus Eko. 2005. E-Government in action. Yogyakarta:Andi  Offset.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, 2006

Filsafat

Filsafat adalah cara berfikir yang sedalam-dalamnya, yakni sampai akar tentang hakikat Pendidikan. Filsafat pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan.

Psikologis

Landasan psikologis dalam penerapan landasan pendidikan sangatlah penting. Dengan mengetahui psikologis pendidikan (psikologi perkembangan, psikologi belajar, dan psikologi sosial) maka pemberian porsi materi serta pendekatan tang digunakan dalam kegiatan kependidikan akan pas sesuai dengan tingkat perkembangannya.

Sosiologis

Menurut Ibnu Taimiyyah “anak terlahir dalam keadaan fitrah.” Dalam suatu keadaan kebaikan bawaan dan lingkungan sosial itulah yang mempengaruhi tingkah laku manusia. Menjadikan manusia dapat berinteraksi dengan baik dengan masyarakat dan lingkungan.

Penerapan Landasan Pendidikan di Sekolah
Berikut ini bebepara contoh penerapan berbagai landasan pendidikan di Sekolah :

1. Landasan Filsafat
a. Penerapan kurikulum yang sesuai.
b. Pembelajaran nilai-nilai moral dan pancasila melalui pelajaran PKn.
2. Landasan Psikilogis
a. Adanya guru bimbingan konseling untuk menyelesaikan masalah siswa.
b. Kebijakan untuk mengumumkan juara di sekolah setelah ujian kenaikan kelas, sebagai penghargaan kepada siswa berprestasi dan juga motivasi untuk siswa lainnya.
c. Pemberian beasiswa kepada siswa yang memiliki prestasi tinggi.
3. Landasan Sosiologis
a. Diadakannya kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah.
b. Pelaksanaan piket kelas dalam bentuk kelompok yang juga mengajarkan gotong royong dan kerjasama kepada siswa.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong