RANGKUMAN PEMANFAATAN PROGRAM/APLIKASI EXCEL

11 September 2019 21:31:08 Dibaca : 1284

·         Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan salah satu bagian dari paket instalasi Microsoft Office yang dapat digunakan untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah.

·         Kelebihan dari Microsoft Excel antara lain:

           a.         Memiliki spreadsheet yang besar, bisa digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.

           b.         Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.

           c.         Mendukung Visual Basic

·         Kekurangan Microsof Excel antara lain:

           a.         Memiliki akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik yang terbatas.

           b.         Dan memiliki jumlah sel terbatas.

·         Excel baru dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel sebagai berikut ;

           a.         Aktifkan komputer terlebih dahulu.

           b.         Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.

           c.         Muncul sejumlah menu, pilih Program.

           d.         Klik Microsoft Excel

           e.         Tunggu hingga tampil layar Excel yang masih kosong.

           f.          Excel siap untuk digunakan.

·         Cara membuat grafik pada Microsoft excel:

           a.         Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

           b.         Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk di sajikan menjadi grafik.

           c.         Setelah kamu membuat data sederhana, blok lah seluruh data dalam abel tersebut.

           d.         Setelah di blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart

           e.         Setelah itu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard

            f.          Setelah muncul jendela, maka tinggal pilih model grafik yang di inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.

·         Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain: Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

·         String adalah fungsi dalam Microsoft excel yang berfungsi untuk di gunakan dalam mengambil karakter sebanyak n pada posisi tertentu. Fungsi string sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu fungsi left, fungsi right dan fungsi mid.

·         LEFT : Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.

Rumus :

=LEFT(text,num_chars).

Text adalah data yang diambil atau nama sel dimana data berada.

Num_chars adalah berupa angka yang menunjukkan berapa digit yang diambil mulai sebelah kiri.

·         RIGHT : Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks.

·         Microsoft Excel memiliki banyak sekali manfaat untuk mempermudah pekerjaan. Manfaat menggunakan microsoft excel antara lain :

   a.         Bidang Akuntansi

Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan, dan lain sebagainya.

   b.         Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

   c.         Pengelolaan Data

Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

  d.         Pembuatan grafik

Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.

  e.         Operasi Tabel

Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka anda tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

RANGKUMAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

06 September 2019 20:27:48 Dibaca : 1658

 

·         Mendeley merupakan aplikasi untuk membuat sitasi dan reference manager yang banyak digunakan oleh peneliti dan akademisi, khususnya bagi mahasiswa yang sedang menulis tesis dan disertasi dalam mensitasi (menyitir) sumber-sumber referensi, terutama dari jurnal.

·         Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis. Tujuannya untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

·         Aplikasi Microsoft Word dan Mendeley merupakan sebuah program aplikasi akademis  yang digunakan untuk mengelola dan berbagi jurnali penelitian, data penelitian, pengaturan referensi, bahkan dapat digunakan untuk bekerja sama kepada sesama peneliti secara online.

·         Kegunaan dari Aplikasi Mendeley adalah pengguna dapat membuat perpustakaan sendiri, pengguna juga dapat mengelola dokumen miliknya dan referensi, memasukan sitasi dan daftar pustaka, berbagi referensi dengan sesama kelompok penelitian, dan pengguna dapat membuat perpustakaan online miliknya sendiri.

·         Aplikasi Microsoft Word dan Mendeley dapat mempermudah anak bangsa karena kedua aplikasi tersebut didukung oleh perangkat lunak word processor berbasis open source yaitu LibreOffice. Namun tulisan ini akan membahas penggunaan Mendeley pada Microsoft Word. Sebelum dapat melakukan sitasi maupun menambahkan bibliografi, terdapat perangkat lunak tambahan (plugin) yang perlu diinstall terlebih dahulu pada Microsoft Word

·         Dengan mengaplikasi Mendeley bisa sangat membantu dalam menentukan daftar pustaka yang akan kita ambil sebagai rujukan kita untuk menyusun makalah, proposal dan skripsi dan dapat menghindari namanya plagiat

·         Dengan adanya pengaplikasian Microsoft Word dan Mendeley dapat mempermudah pengalaman mengutip kata orang lain terutama bagi anak didik dan disitu juga bisa membelajarkan anak didik agar tidak sembarangan mengutip kalimat dari orang lain, dan juga bisa membelajarkan anak didik agar mencari sumber yang bisa terpercaya

·         Aplikasi Microsoft Word sangat efektif digunakan karena secara default pada Microsoft Word sudah terdapat fungsi untuk mengelola referensi, sehingga setelah plugin Mendeley terinstall akan ada dua group icon yang memiliki fungsi yang sama. Grup icon Mendeley dapat dibedakan dengan melihat lambang Mendeley berwarna merah pada icon Insert Citation

·         Langka-langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley

             a.      Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

            b.      Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

             c.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

            d.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word

Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

             e.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

·         Fungsi aplikasi mendeley adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah, skripsi, maupun makalah.

 

 

·         Manfaat dari aplikasi Mendeley, adalah sebagai berikut:

             a.         Membuat sitasi dan daftar pustaka untuk keperluan penulisan, pemanfaatan awalnya dari Aplikasi Mendeley adalah untuk memudahkan penulis dalam membuat sitasi dan daftar pustaka.

            b.         Mengelola file pdf hasil download dari database jurnal online untuk temu kembali sewaktu-waktu diperlukan.

             c.         Mendiskusikan tentang sebuah artikel, setelah diberi catatan oleh pembaca pertama.

Fungsi lain, seperti perangkat lunak plug-in Microsoft Word yang memungkinkan penulisan sitasi maupun daftar pustaka secara otomatis berdasarkan database Mendeley. Fungsi OCR (Optical Character Recognition) yang memungkinkan ektraksi detil dokumen secara otomatis terhadap paper hasil scan. Karena Mendeley merupakan perangkat lunak barbasis open source maka perkembangan dari perangkat ini sangat pesat, fungsi-fungsi lain senantiasa ditambahkan oleh anggota komunitas yang turut berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan dari Mendeley

·         Keunggulan Aplikasi  Mendeley :

             a.         Karya ilmiah yang Anda upload di mendeley secara otomatis diurutkan baik menurut penulis,  lalu judul, tahun dan penerbit

            b.         Anda dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal, tetapi diseluruh jurnal/buku/program yang ada kata yang kita cari

             c.         Setiap file yang kita masukkan kedalam program mendeley ini mampu terdeteksi dan diketahui detailnya otomatis secara lengkap. Detail tersebut diantaranya : tipe file, judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, bahkan url asal, dan sebagainya. Selain itu, detail dari file dapat diedit sesuai keinginan kita

            d.         Terhubung secara online dengan website, jadi bagi Anda yang memiliki akun mendeley di internet dapat disinkronkan dengan file yang ada di computer Anda dan sewaktu-waktu dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet

             e.         Dengan fasilitas web importer Anda dapat menambahkan file ke mendeley tanpa mengunduhnya.

·         Kelemahan Aplikasi Mendeley :

             a.         Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer

            b.         Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.

RANGKUMAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

30 August 2019 20:10:46 Dibaca : 1621
  • Terdapat beberapa cara dalam membentuk budaya literasi diantaranya DEKAT (pendekatan akses fasilitas baca (buku dan non buku)), MUDAH (Kemudahan akses mendapatkan bahan bacaan), MURAH (murah/ tanpa biaya (gratis)), dan SENANG (menyenangkan dengan segala keramahan dan keberlanjutan/ Continue/ istiqomah).
  • Literasi TIK sangat berkaitan dengan istilah “literacy” yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write).
  • Technology literacy” didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk memahami dan mempermudah mencapai tujuan
  • ICT literacy pada dasarnya adalah penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi.
  • Terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis :
  • Access (akses) yaitu mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi. 
  • Manage (mengelola) yaitu menerapkan skema klasifikasi atau organisasi. 
  • Integrate (meng-integrasikan) yaitu meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi. Hal ini termasuk di dalamnya membuat ringkasan, membandingkan, dan menggarisbawahi. 
  • Evaluate (meng-evaluasi) yaitu memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi. 
  • reate (menciptakan) yaitu menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi.
  • Level e-literacy seseorang dapat digambarkan seperti demikian:
  1. Level 0 – jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari; 
  2. Level 1 – jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting untuk pencapaian keinginan dan pemecahan masalah, dan telah melibatkan teknologi informasi maupun komunikasi untuk mencarinya; 
  3. Level 2 – jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya
  4. Level 3 – jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya, dan secara konsisten mempergunakan standar tersebut sebagai acuan penyelenggaraan aktivitasnya sehari-hari; 
  5. Level 4 – jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi; dan 
  6. Level 5 – jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasi). 
  • Tahapan awal adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer. Literasi informasi diikuti oleh literasi digital, dan literasi komputer akan membawa dampak pada literasi internet. Literasi digital dan literasi internet merupakan dasar bagi literasi TIK
  • Elemen-Elemen Literasi Informasi :
  1. Visual Literacy 
  2. Media Literacy 
  3. Computer Literacy 
  4. Digital Literacy 
  5. Network Literacy 
  • Orang yang melek jaringan memiliki sejumlah karakteristik sebagai berikut:
  1. Memiliki kesadaran akan luasnya penggunaan jasa dan sumber informasi berjejaring 
  2. Memiliki pemahaman bagaimana sistem informasi berjejaring diciptakan dan dikelola 
  3. Dapat melakukan temu balik informasi tertentu dari jaringan dengan menggunakan serangkaian alat temu balik informasi 
  4. Dapat memanipulasi informasi berjejaring dengan memadukan dengan sumber lain dan meningkatkan nilai informasinya untuk kepentingan tertentu 
  5. Dapat menggunakan informasi berjejaring unutk menganalisa dan memecahkan masalah yang terkait dengan pengambilan keputusan, baik untuk kepentingan tugas dan maupun pribadi, serta menghasilkan layanan yang mampu meningkatkan kualitas hidup. 
  6. Memiliki pemahaman akan peran dan penggunaan informasi berjejaring untuk memecahkan masalah dan memperingan kegiatan dasar hidup. 
  • Model Pencarian Informasi 
  1. Starting (Mulai), pencari informasi mulai melakukan pencarian atau pengenalan awal terhadap rujukan. Seringkali informasi yang ditemukan pada tahap ini merupakan cikal bakal yang akan ditambahkan atau dikembangkan pada tahap selanjutnya 
  2. Chaining (Menghubungkan), mengikuti mata rantai atau mengkaitkan dengan daftar pustaka yang ada. Mencari rujukan berdasarkan subjek, nama pengarang dan rujukan inti. 
  3. Browsing (Menjelajah), tahapan yang ditandai dengan kegiatan pencarian informasi dengan cara penelusuran semi langsung atau terstruktur 
  4. Differentiating (Pembedaan), merupakan kegiatan membedakan sumber informasi untuk menyaring informasi berdasarkan sifat dan kualitas rujukan 
  5. Monitoring (Memantau), mengembangkan lebih lanjut pencarian informasi yang dibutuhkan dengan cara memberi perhatian yang lebih serius terhadap sumber-sumber tertentu. 
  6. Extracting (Mengambil Sari), pencarian informasi lebih bersifat sistematis, kegiatan ini diperlukan pada saat pencari informasi membuat suatu tinjauan literatur atau laporan.
  • Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien.
  • Paham (melek) komputer juga dapat merujuk kepada tingkat kenyamanan seseorang yang terbiasa menggunakan program komputer dan aplikasi lain yang berhubungan dengan computer
  • Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer. Literasi digital juga di definisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital.
  • Literasi digital itu mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya juga bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat.
  • Manfaat Literasi Digital :
  1. Menghemat waktu 
  2. Belajar lebih cepat 
  3. Menghemat uang 
  4. Membuat lebih aman 
  5. Selalu memperoleh informasi terkini 
  6. Selalu terhubung 
  7. Membuat keputusan yang lebih baik 
  8. Dapat membuat anda bekerja 
  9. Membuat lebih bahagia 
  10. Mempengaruhi dunia
  11. Elemen Penting Literasi Digital 
  12. Social Networking 
  • Transliteracy, diartikan sebagai kemampuan Maintaining Privacy, atau menjaga privasi dalam dunia online. 
  • Managing Digital Identity, berkaitan dengan bagaimana cara menggunakan identitas yang tepat di berbagai jaringan sosial dan platform lainya. 
  • Creating Content, atau berkaitan dengan suatu ketrampilan tentang bagaimana caranya membuat konten di berbagai aplikasi online dan platform. 
  • Organising and Sharing Content, adalah mengatur dan berbagi konten informasi agar lebih mudah tersebarkan. 
  • Reusing/repurposing Content, mampu bagaimana membuat konten dari berbagai jenis informasi yang tersedia hingga menghasilkan konten baru dan dapat dipergunakan kembali untuk berbagai kebutuhan. 
  • Filtering and Selecting Content, kemampuan mencari, menyaring dan memilih informasi dengan tepat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 
  • Self Broadcasting, bertujuan untuk membagikan ide-ide menarik atau gagasan pribadi dan konten multimedia.
  • Internet literacy yaitu kemampuan untuk menggunakan pengetahuan internet sebagai media komunikasi dan temu kembali informasi secara teori dan praktis.
  • Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi. Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital. Perangkat yang digunakan dalam literasi internet merupakan perangkat computer yang mana merupakan perangkat digital

pelatiahan komputer mahasiswa baru 2016

24 August 2016 13:11:16 Dibaca : 1552

Pelatihan komputer mahasiswa baru 2016 siap

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong