Peran Pentingnya Mempelajari Ilmu Biologi Bagi Kehidupan Manusia

24 March 2017 06:58:50 Dibaca : 4251

Nama : Nurlia
NIM : 431 416 041
Kelas : A Pendidikan Biologi
MK : PBB

Peran Pentingnya Mempelajari ilmu biologi bagi kehidupan manusia

Biologi sangat berperan penting bagi kehidupan terkhusus manusia. Pengertian ilmu biologi itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan. Yang dibahas dalam ilmu biologi tidak lain adalah yang masih berkaitan dengan makhluk hidup, seperti zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang dibutuhkan makhluk hidup, serta berbagai hal mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.ada banyak peran penting ilmu biologi bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang. ilmu biologi yang kita pelajari bisa langsung kita praktekan dan bahkan sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. bahkan proses yang terjadi dalam diri kita ini tanpa kita sadari terjadi proses biologi seperti metabolisme. Penemuan-penemuan dari hasil penelitian dan eksperimen para ilmuwan dalam bidang biologi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia sehari-hari. Penyalahgunaan hasil penelitian untuk tujuan kejahatan sangat dilarang, misalnya virus atau bakteri perkembangan biologi saat ini telah banyak ikut serta menyumbang berbagai usaha menyejahterakan kehidupan manusia sehari-hari dalam berbagai bidang.
Ada banyak peran penting ilmu biologi bagi kehidupan manusia.peran umumnya antara lain:
1. Peranan Biologi dalam Kesehatan
Berbicara tentang kesehatan, semua pasti ingin sehat.tapi di sisi lain banyak masalah penyakit yang tidak di ketahui penyebabnya maupun menyembuhkannya.tetapi berkat adanya perkembangan ilmu biologi,khususnya dalam cabang ilmu: anatomi dan fisiologi manusia,mikrobiologi ,virology dan patologi,telah banyak membantu para dokter dalam memahami penyebab gangguan tersebut.dengan demikian para dokter berhasil mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit yang sering menjadi masalah menakutkan manusia.contoh sumbangan pengetahuan yang diberikan biologi adalah pembuatan hormon insulin dan antibodi.

2. Peranan Biologi dalam Pertanian
Pengembangan dunia pertanian sejak dulu tidak bisa dilepaskan dari keberadaan pemahaman ilmu biologi. Rahasia-rahasia proses kehidupan, penemuan gen-gen yang memiliki pewarisan sifat-sifat unggul membuka jalan untuk diversifikasi budi daya tanaman pangan. Ini merupakan langkah positif untuk menemukan bahan makanan pokok alternatif (protein dan hewani) untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia di dunia. Apalagi saat ini dunia sedang berada pada situasi krisis kerawanan pangan akibat ledakan populasi penduduk dan menyusutnya lahan panganagar mendapatkan varietas unggul, tahan penyakit serta berumur pendek. Hal ini diperlukan untuk mempercepat produksi pangan dunia.
3. Peranan Biologi dalam Industri
Dahulu manusia hanya mengambil sesuatu dari lingkungannya yang langsung dapat dimanfaatkan untuk kehidupannya, misalnya buah-buahan langsung dipetik untuk dimakan, sementara bagian lain dari tumbuhan itu dibiarkan atau dibuang begitu saja. Begitu pula pemanfaatan manusia terhadap hewan, hanya diambil daging atau telurnya saja. Namun setelah berkembangnya Biologi, khususnya pada cabang zoologi, botani, taksonomi, biokimia, mikrobiologi, dan bioteknologi, manusia telah berhasil menemukan berbagai bagian tubuh tumbuhan atau hewan yang dapat diolah menjadi bahan baku industri. Berikut ini adalah contoh-contoh pemanfaatan Biologi pada bidang industri: Ditemukannya kandungan gula yang cukup tinggi pada batang tebu, menyebabkanberkembangnya pabrik pengolahan tebu menjadi gula.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong