ARSIP BULANAN : September 2019

RANGKUMAN MICROSOFT EXCEL

15 September 2019 15:33:41 Dibaca : 32480

RANGKUMAN MICROSOFT EXCEL

       Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Ø  Kelebihan Ms Excel: 

1.      Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 

2.      Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 

3.      Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 

4.      Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Ø  Kekurangan Ms Excel:

1.      Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.

2.      Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).

3.      Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka.

Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

1.      Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

2.      Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

3.      Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika

4.      Membuat berbagai macam grafik dan diagram.

5.      Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.

6.      Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

7.      Melakukan analisa serta riset harga.

8.      Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.

9.      Melakukan konversi mata uang.

10.  Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.

11.  Dan lain sebagainya.

          Langkah-langkah atau cara mengaplikasikan atau menggunakan ms. Excell yaitu cukup gampang, pertama kita pastikan dulu laptop atau komputer tersambung dengan listrik. Kedua, tekan tombol power, lalu tunggu sampai proses muncul dekstop. Ketiga, di refresh komputer/laptop agar tidak loading saat digunakan dgn cara klik kanan pada mouse terus plih menu Refresh. Setelah itu, cara keempat geser kursor(mouse) di bagian bawah sebelah kiri. Kelima, plih menu Microsoft Office-->Klik Microsoft Office Excell dan tunggu sampai muncul tampilan Microsoft Excell dengan tampilan bentul sel-sel (kotak-kotak) 

RANGKUMAN HASIL DISKUSI PENGAPLIKASIAN MC WRD DAN MENDELEY

04 September 2019 21:08:19 Dibaca : 1944

RANGKUMAN HASIL DISKUSI

PENGAPLIKASIAN MC WRD DAN MENDELEY

      Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang  berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis.

Langka-langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley

1.      Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2.      Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

3.      Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

4.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

5.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word

6.      Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

7.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

8.      Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

Meskipun merupakan sebuah aplikasi dengan kemampuan luar biasa dalam mengolah data e-book, jornal, dan sejenisnya, mendeley mempunyai keunggulan dan kelemahan. Berikut ini keunggulan dan kelemahan mendeley.

Ø  Keunggulan :

a)      Karya ilmiah yang Anda upload di mendeley secara otomatis diurutkan baik menurut penulis,  lalu judul, tahun dan penerbit

b)      Anda dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal, tetapi diseluruh jurnal/buku/program yang ada kata yang kita cari

c)      Setiap file yang kita masukkan kedalam program mendeley ini mampu terdeteksi dan diketahui detailnya otomatis secara lengkap. Detail tersebut diantaranya : tipe file, judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, bahkan url asal, dan sebagainya. Selain itu, detail dari file dapat diedit sesuai keinginan kita

d)     Terhubung secara online dengan website, jadi bagi Anda yang memiliki akun mendeley di internet dapat disinkronkan dengan file yang ada di computer Anda dan sewaktu-waktu dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet

e)      Dengan fasilitas web importer Anda dapat menambahkan file ke mendeley tanpa mengunduhnya.

Ø  Kelemahan :\

a)      Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer

b)      Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website

 

       Untuk pengaplikasian mc word dan mendeley ini sangat membantu anak bangsa itu dalam dunia pendidikan yang serba modern seperti sekarang ini, karena zaman sekaramg adalah zaman dimana teknologi berkembang sangat pesat sehinnga anak banga sangat membutuhkan mc word dan mendeley ini. Disamping cara pengaplikasiannya mudah, juga memberi banyak manfaat untuk anak didik itu sendiri.

        Untuk pembelajaran melalui aplikasi Mc word dan mendeley ini akan sangat efisien pada peserta didik itu sendir, karena kita tau bersama bahwa saat sekarang ini sangat banyak aplikasi tidak berguna yang hanya membodohi anak bangsa kita, jika seorang pendidik mengajarkan aplikasi ini yang didalamnya berisi banyak manfaat maka akan sangat berguna dan bermanfaat jika diterapkan dalam pembelajaran

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong