ARSIP BULANAN : March 2017

LANDASAN YURIDIS SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA

29 March 2017 13:46:06 Dibaca : 1440

Landasan yuridis pendidikan Indonesia adalah konsep peraturan perundang-undangan yang menjadi titik tolak sistem pendidikan Indonesia , menurut Undang-Undang dasar 1945 meliputi, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, Ketetapan MPR, Undang-undang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang, Peraturan Pemerintah, keputusan Presiden,Peraturan pelaksana lainnya, seperti Peraturan Menteri , Intruksi Menteri, dan lain-lain.
Pendidikan menurut Undang-Undang Dasar 1945 merupakan hukum tertinggi di Indonesia. Semua peraturan harus tunduk kepada Undang-Undang termasuk pendidikan. Pendidikan bangsa Indonesia sendiri telah di atur dalam UUD 1945 dan hal ini di perjelas dengan di rumuskannya norma- norma pokok yang harus menjiwai usaha pendidikan dan pengembangan kebudayaan yang akan di laksanakan oleh penyelenggara Negara. Norma-norma itu tersirat dan tersurat dalam Bab XIII Pasal 31 dan 32 UUD 1945.
Pasal 31 UUD 1945 sebagai berikut :
Ayat 1 : Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.
Ayat 2 : Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar pemerintah wajib membiyayainya.
Ayat 3 : Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak yang muliadalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.
Ayat 4 : Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendid ikan nasional.
Ayat 5 : Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.
Pasal 32 UUD 1945 sebagai berikut :
Ayat 1 : Memajukan kebudayaan nasional serta memberi kebebasan kepada masyarakat untuk mengembangkannya.
Ayat 2 : Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai bagian dari budaya nasional.

pengaruh pendidkan dilingkungan sekolah

22 March 2017 15:22:29 Dibaca : 535

    Sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak terutama untuk kecerdasannya. Anak yang tidak pernah sekolah akan tertinggal dalam berbagai hal. Sekolah sangat berperan dalam meningkatkan pola pikir anak, karena di sekolah mereka dapat belajar bermacam-macam ilmu pengetahuan. Tinggi rendahnya pendidikan dan jenis sekolahnya turut menentukan pola pikir serta kepribadian anak.

    Sekolah membantu orang tua mengerjakan kebiasaan-kebiasaan yang baik serta menanamkan budi pekerti yang baik. Sebab berdasarkan kenyatan orang tua tidak cukup mampu dan tidak memiliki waktu untuk mendidik, mengarahkan anak secara baik dan sempurna. Hal itu disebabkan karena keterbatasan dan kesibukan orang tua dalam memenuhi kebutuhan anaknya setiap saat.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong