Pentingnya penerapan kurikulum 13 bagi para siswa di sekolah

21 March 2017 06:21:18 Dibaca : 1506 Kategori : peranan kurikulum

Pentingnya Penerapan Kurikulum 13 Bagi Para Siswa di Sekolah

Kurikulum 2013 atau lebih di kenal dengan K13 sering disebut juga dengan kurikulum berbasis karakter. Kurikulum 2013 sendiri ini merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman para siswa, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi yang di berikan, serta aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi. Dalam kurikulum 2013 ini lebih di utamakan 3 aspek di antaranya :

Aspek pengetahuan

Aspek pengetahuan ini di dapat dari pelajaran yang sudah di dapat oleh siswa tersebut, dan aspek pengetahuan juga bisa di dapat dari nilai ulangan harian yang di jalani oleh siswa tersebut.

Keterampilan

Keterampilan merupakan upaya penekanan pada bidang skill atau kemampuan. Misalnya adalah kemampuan untuk mengemukakan opini pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat berkas laporan, serta melakukan presentasi di depan umum. Aspek Keterampilan sendiri merupakan salah satu aspek yang cukup penting karena jika hanya dengan pengetahuan, maka siswa tidak akan dapat menyalurkan pengetahuan yang dimiliki sehingga hanya menjadi teori semata.

Sikap

Aspek Sikap meliputi bagaimana sopan santun siswa, adab dalam belajar, sosial, absensi,dan agama.

Menurut saya Penerapan Kurikulum 2013 ini sebagian orang mendukung dan sebagian lagi menolak di berlakukannya kurikulum ini dengan berbagai alaasan. Padahal kurikulum ini mempunyai banyak fungsinya diantaranya :

Fungsinya bagi siswa itu sendiri

Siswa dapat untuk memilih program-program belajar yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Sebab setiap peserta didik memiliki minat dan bakatnya masing-masing, sehingga dengan demikian peserta didik dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki dan juga bisa mengembangkan bakat yang menonjol bagi mereka.

Fungsinya bagi guru

Fungsi kurikulum bagi guru yaitu sebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisasikan pelajaran. Serta guru tidak begitu terasa capeknya mengajar karena siswa yang lebih banyak aktif dalam proses belajar mengajar.

Jadi pentingnya di terapkan kurikulum 2013 ini agar siswa lebih ditekankan untuk berpikir lebih kreatif, inovatif, cepat tanggap dan juga melatih keberanian seorang siswa. Pada kurikulum 2013 ini jugalah seorang siswa akan dilatih kemampuan logikanya agar dapat memecahkan suatu permasalahan atau berupa soal-soal. Dalam kurikulum 2013 ini juga diberikan atau dimasukkan unsur-unsur kehidupan dan juga unsur keagamaan untuk membentuk siswa yang berkarakter, agar lahirnya siswa-siswi yang berprestasi dan juga berkarakter.