Pengaplikasian mc word dan mendeley

05 September 2019 08:16:08 Dibaca : 1362

Nama : Sandra Lika

Nim : 431416053

Rangkuman

Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang  berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis.

Pengaplikasian mc word dan mendeley sangat memudahkan dan bermanfaat bagi anak didik bangsa selain itu dengan adanya pengaplikasian ms wor dan mendeley dapat mempermudah pengalaman mengutip kata orang lain terutama bagi anak didik dan disitu juga bisa membelajarkan anak didik agar tidak sembarangan mengutip kalimat dari orang lain, dan juga bisa membelajarkan anak didik agar mencari sumber yang bisa terpercaya serta penggunaannya sangatlah efektif untuk dibelajarkan pada peserta didik atau pada mahasiswa yang akan menyusun makalah, karya ilmiah atau tugas akhir. Berikut langakh0lengkah penggunaan aplikasi mendeley

Langkah-langkah dalam pengaplikasian mendeley :

1.      Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop Dalam tutorial ini, saya akan menggunakan tiga referensi yang sudah ada di Mendeley Desktop saya, yaitu: Dynamic Difficulty Adjustment in Tower Defence, FactRunner: A New System for NLP-Based Information Extraction from Wikipedia, dan Worldwide Smartphone Forecast, 2017–2021.

2.      Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop Jika tulisan-nya masih “Install MS Word Plugin”, berarti Anda belum menginstall-nya. Klik tombol tersebut untuk meng-install.

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3.      Klik tombol “Insert Citation” dan cari nama artikel yang ingin direferensi. Jika data yang ditampilkan sudah benar, klik “OK”.

4.      Referensi akan secara otomatis muncul berdasarkan dengan “Style” referensi yang dipilih. Lakukan hal tersebut untuk kedua atau lebih artikel lain-nya yang Anda ingin referensi.

5.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop Arahkan Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

6.      Anda dapat memasukkan referensi-referensi lain-nya, dan list tersebut akan terupdate secara otomatis. Tetapi hanya artikel yang direferensi yang akan masuk ke dalam daftar pustaka (bukan semua artikel yang ada di Mendeley).

A. Kelebihan Mendeley;

1.      Dapat dijalankan pada Linux, Mac, dan MS Word.

2.      3Dapat menampilkan metadata secara otomatis file PDF.

3.      Terhubung dan dapat disinkronkan dalam akun online, sehingga data dapat di-backup.

4.      Pada file PDF dapat digunakan anotasi dan highlighting.

5.      Smart filtering dan tagging.

6.      Dapat impor dokumen dari situs lain.

7.      Gratis penyimpanan online sebesar 2 GB

B. kekurangan

a.       Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer

b.      Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.