rangkuman diskusi aplikasi excel

17 September 2019 16:02:09 Dibaca : 1710

Aplikasi Excel tidak hanya untuk pengolahan data tetapi sangat banyak manfaatnya, lebih mempermudah kita dalam penyusunan tugas yang berhubungan dengan pengolaan data, pembuatan grafik, operasi tabel dan kalkulasi matematis.

langak-langkah mengoperasikan microsoft excel antara lain:

1.      MEMULAI EXCEL 2000

2.      JENDELA EXCEL 2000

3.      LEMBAR KERJA

4.      DATA DI DALAM EXCEL

5.      MENGKOREKSI

6.      OTOMATISASI

7.      MEMFORMAT LEMBAR KERJA

8.      FUNGSI STRING

9.      FUNGSI LOGIKA

10.  OPERATOR LOGIKA

11.  FUNGSI PEMBACAAN TABEL (LOOK-UP)

12.  GRAFIK

Langkah-langkah atau cara mengaplikasikan atau menggunakan ms. Excell yaitu cukup gampang, pertama kita pastikan dulu laptop atau komputer tersambung dengan listrik. Kedua, tekan tombol power, lalu tunggu sampai proses muncul dekstop. Ketiga, di refresh komputer/laptop agar tidak loading saat digunakan dgn cara klik kanan pada mouse terus plih menu Refresh. Setelah itu, cara keempat geser kursor(mouse) di bagian bawah sebelah kiri. Kelima, plih menu Microsoft Office-->Klik Microsoft Office Excell dan tunggu sampai muncul tampilan Microsoft Excell dengan tampilan bentul sel-sel (kotak-kotak) 

 

Excel baru dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel 2000 sebagai berikut ;

1. Aktifkan komputer terlebih dahulu.

2. Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.

3. Muncul sejumlah menu, pilih Program.

4. Klik Microsoft Excel

5. Tunggu hingga tampil layar Excel 2000 yang masih kosong (lihat gambar).

6. Excel siap untuk digunakan.

 

 Microsof Excel meniliki manfaat yakni dalam pengelolaan data,  untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

 

• Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data. • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika. • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika. • Membuat berbagai macam grafik dan diagram. • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.

Adapun kekurangan dari microsoft excel antara lain dimana Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis kemudian Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU) dan Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

 

 

HASIL RANGKUMAN DISKUSI

05 September 2019 16:36:58 Dibaca : 1755

Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis.

Tujuannya untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

sangat efektif sekali karena Patut diperhatikan bahwa secara default pada Microsoft Word sudah terdapat fungsi untuk mengelola referensi, sehingga setelah plugin Mendeley terinstall akan ada dua group icon yang memiliki fungsi yang sama. Grup icon Mendeley dapat dibedakan dengan melihat lambang Mendeley berwarna merah pada icon Insert Citation

untuk pembelajaran melalui aplikasi Mc word dan mendeley ini akan sangat efisien pada peserta didik itu sendir, karena kita tau bersama bahwa saat sekarang ini sangat banyak aplikasi tidak berguna yang hanya membodohi anak bangsa kita, jika seorang pendidik mengajarkan aplikasi ini yang didalamnya berisi banyak manfaat maka akan sangat berguna dan bermanfaat jika diterapkan dalam pembelajaran

Manfaat dari aplikasi Mendeley pada Microsoft word adalah untuk memudahkan pelajar ataupun mahasiswa dalam menyusun daftar pustaka. Sedangkan fungsinya yaitu Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah, skripsi, maupun makalah.

 

Langka langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley

1. Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2. Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

ika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1. Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2. Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word

Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3. Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

 

Keunggulan Mendeley :

Karya Ilmiah yang kita upload di Mendeley secara otomatis diurutkan baik menurut penulis, judul, tahun dan Penerbit.Kita dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal tetapi diseluruh jurnal/buku/program yang mengandung kata yang kita cari.Setiap file yang kita tambahkan di dalam program Mendeley ini dapat diketahui detailnya otomatis secara lengkap tanpa harus kita tambahkan satu persatu. Detail ersebut berisi antara lain : Tipe file, Judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, url asal, dsb. Selain itu, detail dari file dapat kita edit sesuai keinginan kita.Kekurangan Mendeley :

Mendelay desktop akan mengupload semua file yang ada di hardisk local ke web site Mendeley, ini akan bermasalah dengan hak akses pada file-file tersebut, apalagi jika kita dapatkan dari Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan SpringerRestore hanya berlaku untuk satu komputer yang sama dalam satu instalasi yang sama, jika berbeda komputer atau bahkan new instalation OS maka mendeley akan menolak dan meminta untuk login ke web site untuk melakukan Syn.·         Aplikasi mendeley sebenarnya adalah aplikasi yangdiperuntukkan memudahkan dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka yang biasa digunakanoleh para penulis, sehingga penulis akan ditekan kesalahannya dalam membuat daftar pustakadan memudahkan dalam memperoleh tulisan yang akan disitir. Namun aplikasi ini juga dapat juga digunakan untuk mengelola file artikel jurnal online oleh para pustakawan, sebagai backup file dari jurnal yang dilanggan oleh lembaganya, sehingga perpustakaan akanterkurangi kekhawatirannya apabila sewaktu-waktu berhenti berlangganan. Selanjutnya pustakawan dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk keperluan pembuatan bibliografi ataukumpulan abstrak bidang tertentu dari artikel-artikel jurnal yang dilanggan.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong