pemanfaatan program aplikasi mikrosoft word danmendeley

05 October 2017 18:33:06 Dibaca : 250

A. Mikroskop Word
Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis. Microsoft Word memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:
1. Untuk membuat dokumen dengan cepat dan tepat.
2. Untuk membuat surat-menyurat dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
3. Mempermudah pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata.
4. Menghemat waktu dan tenaga.
5. Menghemat kertas dan biaya.
6. Meminimalisir tingkat kesalahan dalam penulisan.
7. Mempercepat penyelesaian kerja karena lebih efisien.
aplikasi word tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengetik secara manual, tetapi juga bisa dipakai untuk membuat daftar isi otomatis.
B. Mendeley
Mendeley merupakan perangkat lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya. Fungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Kelebihan lain dari program aplikasi mendeley adalah menghindari plagiarisme bagi penulis. Penulis sering kali kurang teliti dalam mengutip dan mencantumkan sumber referensi dalam karya tulisnya, sehingga melalui penggunaan aplikasi ini dapat menjauhkan penulis dari plagiarisme yang tidak disengaja (akibat kelalaian secara teknis).
Selain itu dengan adanya aplikasi Mandeley , dapat membantu kita untuk menulis catatan kaki beserta daftar pustaka dengan otomatis sehingga lebih menghemat waktu dalam pembuatan daftar pustaka, makalah ataupun laporan, serta dalam membuat kutipan.

Pemanfaatan Program Mikrosoft Excel

28 September 2017 17:23:31 Dibaca : 153

A. Pengertian Mikroskop Excel
Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika. Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.
Sampai saat ini Microsoft excel sudah sampai pada versi 2013, sedangkan saya sendiri masih menggunakan versi 2007. Yah meskipun berbeda versi tetapi fungsi tetap sama, hanya dibedakan fitur yang pasti lebih baik dibanding versi terdahulu. Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.


B. Fungsi/manfaat Mikroskop Excel
Microsoft Excel memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Membuat sebuah laporan keuangan

2. Membuat Daftar Nilai

3. Membuat daftar hadir

4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat

5. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan

6. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran

7. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika

8. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah

9. Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat

                Selain itu Mikroskop Excel juga dapat:

1. Menemukan dengan cepat pola dalam data

2. Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat

3. Kita dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja

4. Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.

5. The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.


C. Kelebihan Mikroskop excel

1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.

2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.

3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.

4. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

D. Kekurangan Mikroskop Excel

1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.

2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).

3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

A. Mikroskop Word
Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis. Microsoft Word memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:
1. Untuk membuat dokumen dengan cepat dan tepat.
2. Untuk membuat surat-menyurat dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
3. Mempermudah pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata.
4. Menghemat waktu dan tenaga.
5. Menghemat kertas dan biaya.
6. Meminimalisir tingkat kesalahan dalam penulisan.
7. Mempercepat penyelesaian kerja karena lebih efisien.
Cara membuat halaman di microsoft word Sebenarnya ketika membuka program aplikasi microsoft word otomatis aplikasi tersebut membuka halaman yang baru namun yang saya maksud disini ialah pengaturan kertas yang akan dipakai sebelum bisa dicetak, berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Pertama ketika aplikasi microsoft word
2. Untuk mengatur size kertas klik baris menu page layout kemudian klik size, kemudian pilih salah satu ukuran kertas yang diminati atau samakan dengan kertas yang akan diprint out
3. Kemudian jika anda sudah selesai dan ingin menyimpan data dokumen tersebut klik tombol Offiice button yang berada pada ujung kiri atas halaman, atau Ctrl+s untuk menyimpan.
4. Kemudian akan tampil jendela baru silahkan ketikan nama file yang akan disimpan dan pilih tempat dimana file tersebut akan disimpan, kemudian terakhir klik save
B. Mendeley
Mendeley merupakan perangkat lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya. Fungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Kelebihan lain dari program aplikasi mendeley adalah menghindari plagiarisme bagi penulis. Penulis sering kali kurang teliti dalam mengutip dan mencantumkan sumber referensi dalam karya tulisnya, sehingga melalui penggunaan aplikasi ini dapat menjauhkan penulis dari plagiarisme yang tidak disengaja (akibat kelalaian secara teknis).

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong