Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

29 September 2012 13:52:47 Dibaca : 144

 

Teknologi informasi dan komunikasi sudah dimulai sejak zaman pra sejarah. Bentuk awal komunikasi pada saat itu hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Kemudian diciptakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat pada zaman berikutnya. Kemudian manusia mulai menciptakan alat-alat mekanik untuk proses perhitungan, dan tidak sampai disitu penelitan terus dilakukan untuk menemukan alat-alat yang mampu memudahkan hidup manusia.

 

1.   Masa Prasejarah (……s.d. 3000 SM)

 

Pada masa pra sejarah, manusia berkomunikasi dengan menggambarkaninformasi pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya.Manusia mulai mengenal berbagai benda yangada disekitarnya dan melukiskan benda tersebutpada dinding-dinding gua untuk mewakilinya.Kemampuan bahasa mereka saat itupun hanyaterbatas pada dengusan, bahasa isyarat dangerakan tangan. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alatyang menghasilkan bunyi dan isyarat, sepertigendang, terompet yang terbuat dari tandukbinatang, isyarat asap sebagai alat pemberiperingatan terhadap bahaya.

 

2.    Masa Sejarah (3000 SM s.d. 1400 M)

Perkembangan cara berkomunikasi semakin maju pada masa sejarah, mulai dari ditemukannya abjad fonetik, kerta sebagai media menulis, sampai pada cara mencetak buku. Berikut perkembangan informasi yang terjadi selama mas sejarah.

 

# Rafly EL-Roaders 012

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong