ARSIP BULANAN : January 2016

Dampak Perkembangan Teknologi

29 January 2016 12:04:40 Dibaca : 277

Sisi positifnya adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, serta media komunikasi sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah. Komunikasi khususnya di Indonesia terasa seakan menjadi lebih mudah seiring perkembangan teknologi ini.Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Contoh, seorang anak sibuk ber-chatting dengan teman melalui handphone miliknya ketimbang berbicara dengan saudaranya saat acara keluarga sedang berlangsung. Kadang kemajuan teknologi ini juga membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya.

Saat orang sudah terlalu sibuk dengan telepon atau PC miliknya, lalu mereka menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berinteraksi di dunia maya, mereka tidak sadar bahwa saat itu mereka sedang membuang waktunya untuk berinteraksi dengan hidup sebenarnya yang berada disekitar mereka. Banyaknya pengguna sosial media dan pengakses internet ini, membuktikan bahwa masyarakat Indonesia lebih suka berinteraksi dan bergaul secara virtual dengan pengguna sosial media dan internet lainnya.

Menurut survey yang dilakukan MarkPlus Insight (dailysocial.net) pada tanggal 13 November 2012 mengenai pengguna internet di Indonesia, ada tiga hal yang dapat mendukung pernyataan mengenai banyaknya orang yang berkomunikasi virtual. 40% dari pengguna Internet di Indonesia, yakni sekitar 24,2 juta penduduk mengakses Internet lebih dari 3 jam di setiap harinya. Selain itu, mayoritas pengguna Internet di Indonesia ini berusia 15 hingga 35 tahun. Serta kurang lebih 56,4% orang termasuk bargain hunter yakni masyarakat yang dapat mengakses Internet untuk mencari informasi serta segala hal untuk kebutuhan dirinya dalam waktu yang cukup lama.

Secara khusus untuk Indonesia, kemajuan di bidang teknologi ini sangat berdampak terhadap berbagai aspek. Aspek tersebut diantaranya di sektor ekonomi dan juga sosial. Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo), salah satu dari jajaran Menteri Republik Indonesia tersebut menyatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara yang masyarakatnya terbanyak mengakses Internet di dunia. Selain itu, ada juga sebuah lembaga riset menyebutkan bahwa Indonesia merupakan peringkat ke lima dalam daftar pengguna smartphone terbesar di seluruh dunia. Di dalam data tersebut juga disebutkan bahwa Indonesia menduduki posisi 5 besar dengan pengguna aktif internet yakni sebanyak 47 juta atau sekitar 14% dari seluruh total pengguna ponsel.

Salah satu ahli komunikasi massa yakni Harold D. Laswell dan Charles Wright pernah menyatakan fungsi sosial media massa. Fungsi sebenarnya antara lain yang pertama sebagai salah satu bentuk upaya penyebaran informasi dan interprestasi seobjektif mungkin mengenai peristiwa yang terjadi (Social Surveillance). Kedua, sebagai upaya penyebaran informasi yang dapat menghubungkan satu kelompok sosial dengan kelompok sosial lainnya (Social Correlation). Berikutnya sebagai upaya pewarisan nilai-nilai luhur dari satu generasi ke generasi selanjutnya (Socialization). Dan yang terakhir adalah sebagai penghibur khalayak ramai (Entertainment). (Dahlan, 2008)

Keempat fungsi menurut Harold D. Laswell dan Charles Wright ini mulai terkikis sehubungan dengan kemajuan teknologi yang sedang terjadi. Kini batasan akan komunikasi massa dan komunikasi antar pribadi menjadi agak semu. Karena dengan semakin berkembangnya teknologi khususnya di Indonesia, mengikuti itu akan muncul juga cara-cara berkomunikasi yang baru, dalam hal ini misalkan melalui sosial media. Mungkin kini fungsi telepon genggam dari yang awalnya hanya berfungsi untuk mengirimkan pesan atau menelepon seseorang telah berkembang jauh menjadi ‘laptop’ yang dapat dengan mudah dibawa kemana saja. Contoh yang berhubungan dengan perkembangan tersebut adalah kini seseorang bias saja tidak mengetahui nomor telepon seseorang padahal orang tersebut merupakan sahabat karibnya. Orang tersebut lebih memilih menyimpan pin bb dibandingkan dengan menyimpan nomor telepon orang itu.

Melihat fenomena yang sedang terjadi khususnya di Indonesia ini, sangat dikhawatirkan perkembangan teknologi itu membawa dampak buruk terhadap kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Sehubungan dengan perkembangan ini, dibutuhkan juga peningkatan akan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan sekitarnya. Perubahan karena perkembangan teknologi yang terjadi cukup cepat ini, secara tidak sadar maupun sadar telah merubah beberapa pola hidup masyarakat khususnya Indonesia. Contohnya kini banyak sekali anak-anak yang mengalami ketergantungan akan gadget mereka maupun orang tuanya.

Selain itu dampak negatifnya adalah perkembangan mereka dalam hal bersosialisasi menjadi sangat lamban. Karena mereka terlalu fokus dengan gadget tersebut. Dan di Indonesia kini, peranan media massa, teknologi, serta sosial media memegang kendali yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat dengan mudah dan relatif cepat untuk mempengaruhi opini publik. Contoh, di dalam dunia Twitter dikenal istilah buzzer. Buzzer disini bertindak semacam opinion leader yang bila orang itu men-tweet sesuatu, maka akan banyak yang berfikir seperti buzzer tersebut berfikir. Kemajuan teknologi memang membawa dampak positif yang banyak namun begitu juga dampak negatifnya. Dalam kasus buzzer ini misalnya, bila informasi yang disebarkan merupakan ilmu penting dan berguna maka itu menjadi hal yang sangat positif, namun bila informasi tersebut merupakan rekayasa atau fitnah terhadap seseorang atau sesuatu maka hal itu akan merugikan pihak terkait.

Kesimpulan yang perlu kita perhatikan adalah semua orang khususnya masyarakat Indonesia harus benar-benar cerdas utnuk memilah mana sisi positif dan negatifnya agar perkembangan teknologi yang terjadi serta bagaimana komunikasi itu selayaknya dilakukan, dijalankan dengan benar  dan seimbang.

Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi

29 January 2016 12:03:03 Dibaca : 210

Oleh: Aldhitya Prasetya

Jika berbicara tentang teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus menjadi hal terpenting dalam kehidupan. Hal yang saat ini sedang menjadi trand dan ramai diperbincangkan adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mana merupakan salah satu hal terpenting di abad ini. Tidak dapat dipungkiri kalau TIK tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari anak kecil hinga orang tua, pedagang kecil hingga pengusaha besar, baik disadari maupun tidak sudah begitu tergantung pada TIK.

Jika dilihat dari kacamata sejarah, TIK sesungguhnya sudah mulai dikenal manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia diciptakan di muka bumi ini, manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan TIK. TIK berkembang dengan sangat pesat hingga saat ini. Saat ini, jarak dan waktu seakan tidak lagi menjadi halangan dalam berkomunikasi. Orang yang berada di pulau yang berbeda bahkan negara yang berbeda kini sudah mampu melakukkan komunikasi bahkan mampu ditampilkan secara visual. Salah satu hal yang sedang menjadi trend sat ini adalah kegiatan yang berbasis internet dan elektronik. Beberapa contoh diantaranya adalah e-learnig, e-banking, e-library, e-labolatory, e-mail dan sebagainya. Aktivitas-aktivitas berbasis elektronik ini sudah pasti sangat membantu kegiatan manusia. Dengan hal tersebut di atas, dimensi ruang dan waktu tidak lai menjadi hambatan. Selain itu,proses pengolahan data pun semakin cepat dan efisien. Berbagai barang elektonik mulai dari televise, handphone, pager, PDA, laptop hingga palmtop sudah menjadi barang-barang yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Perkembangan TIK pun semakin pesat seiring dengan ditemukannya alat-alat yang lebih canggih.

Melihat apa yang terjadi saat ini, dapat dibayangkan apa yang mungkin dapat terjadi di masa nanti. Jauhnya jarak tidak lagi akan terasa. Kelak komunikasi jarak jauh akan dilakukan dengan hologram tiga dimensi yang begitu nyata. Pekerjaan-pekerjaan manusia akan mulai dikerjakan oleh robot yang bekerja secara otomatis dan mampu belajar dari pengalamannya sehingga mampu mengkoreksi kesalahan yang ia lakukan dengan sendirinya. Teknologi komputer pun akan berkembang dengan pesat. Komputer masa depan akan mampu merespon tindakan-tindakan manusia dan memahami bahasa manusia. Lebih canggihnya lagi, komputer generasi yang akan datang diramalkan, akan memiliki perasaan layaknya manusia.

Membagi Partisi Hardisk Windows 8

25 January 2016 05:12:21 Dibaca : 199

Umumnya kalau kita membeli laptop atau komputer baru yang branded dengan OS Windows, harddisk drive lokalnya biasanya hanya akan ada C saja.

Agar ada drive  lainnya, misalnya D atau E kita dapat membagi partisi dari drive C untuk dijadikan drive lokal lainnya sesuai dengan yang kita inginkan.

Sama seperti halnya pada Windows 7, untuk membagi atau menambah partisi harddisk di Windows 8 dapat dilakukan langsung tanpa menggunakan software/aplikasi tambahan, yaitu dapat dilakukan melalui menu Computer Management.

Dari Desktop pilih  File Explorer, kemudian klik kanan pada Computer
Kemudian klik Manage.


Akan muncul jendela Computer Management
Pada menu Storage pilih Disk Management
Kemudian pilih volume atau partisi yang akan dibagi (dalam hal ini C)


Klik kanan pada partisi drive C tersebut, kemudian pilih/klik Shrink Volume (mengecilkan volume).


Akan muncul isian berapa besar volume yang akan dishrink
kalau anda bingung dengan angka atau jumlah yang harus diisikan, biarkan saja angka yang sudah ada yang dibuat oleh sistem.(sistem membagi dua dengan ukuran yang sama)

Klik tombol Shrink


Proses shrink hanya sebentar saja, anda kemudian sudah dapat melihat drive C_nya sudah menyusut/mengecil ukuran volumenya, dan anda akan melihat ada space baru unallocated space. unallocated space ini kemudian akan kita buat volume baru.


Untuk membuat  volume baru :
Klik kanan pada unallocated space
Pilih New Simple Volume


Kemudian akan muncul wizard, kita tinggal pilih Next..next


Tentukan berapa ukuran volume yang akan dibuat, atau biarkan untuk ukuran maksimal karena sudah terisi, klik Next.


Pilih drive letter yang anda inginkan, misal drive D, E, dst, klik Next


Pada wizard selanjutnya biasanya hanya memberi nama volume, dibiarkan juga tidak apa-apa (New Volume) karena  dapat dengan mudah diganti di lain kesempatan.
Beri ceklist pada Perform a Quick format, agar proses formatnya cepat. Klik Next



Setelah proses selesai maka anda akan melihat drive hardisk lokal baru di dalam menu Computer.


 

 

 

 

 

Cara Membuka Situs yang Diblokir

25 January 2016 05:09:56 Dibaca : 255

Banyak temen yang tanya , gimana sih kita bisa unblock(Cara membuka situs yang di blokir) situs-situs yang di blok oleh instansi tertentu sehingga kita kesulotan untuk akses web seperti youtube,twitter,facebook atau lain-lain .
Disini ane akan sharing mengenai bagaimana Menembus proxy server dalam berbagai cara atau membuka situs yang terblokir dengan mudah
http://img.ehowcdn.com/article-new/ehow/images/a04/v4/vp/visit-blocked-firewall-school-work-800x800.jpg
1. Menembus Proxy Server dengan IP Desimal (cm5) mudah dan simple. 

Quote:
Silahkan ikuti step-step dibawah ini .....MOGA BERMANFAAT 
1. Buka CMD -> Start >> All Programs >> Accesories >> Command Prompt
2. ketik ping site yang terblock untuk kita lihat ip addressnya...
disini ane mencontohkan http://www.kaskus.co.id
karena ada beberapa isp yang memblog situs ini, atau bisa juga dengan situs lain yang di blog oleh ISP agan2,
cara ketiknya liat di bawah ini:
Code:
ping[spasi]www.kaskus.co.id
maka kita mendapatkan ip addressnya yaitu :
Code:
112.78.131.5
3. nah setelah kita dapatkan IP dari web target kita akan merubah IP tersebut ke bentuk desimal dengan bantuan situs berikut :
pilih salah satu, kemudian masukkan IP tadi ke kolom IP untuk kita jadikan desimal, klik Calculate/Convert:
kita lihat hasilnya ...
Desimal dari alamat ip 112.78.131.5 adalah HTTP://1884193541
4. Setelah ketemu pindahkan HTTP://1884193541 ke browser yang agan2 gunakan!
dan hasilnya :
Bim Salabim...
nah, situs udah muncul... Simple kan??? silahkan di Coba di tempat agan2.

2. Cara unblock situs dengan google translate :

Quote:
1. Masuk ke http://www.translate.google.com
2. ketikkan alamat yg mo dituju misalnya www.facebook.com
3. klik translate

3. Cara unblock situs dengan layanan penyingkat URL :

Quote:
1. Masuk ke layanan penyingkat URL, contoh adf.ly
2. ketik alamat misalnya facebook.com dikotak penyingkat URL yang disediakan
3. klik enter untuk menyingkat URL
4. gunakan URL facebook yang telah disingkat untuk mengakses facebook
Beberapa layanan URL yang bisa anda coba antara lain tiny*url.com, atau dari Indonesia anda bisa menggunakan lanjut.in dan ambil/info.

4. Cara terakhir yang mungkin paling ampuh adalah menggunakan layanan web proxy gratis,,

Quote:
Web proxy adalah suatu situs yang memungkinkan pengguna melakukan browsing tanpa harus khawatir oleh adanya pemblokiran situs karena semua request akan dilewatkan di web proxy tersebut. Web Proxy biasanya dibutuhkan untuk mengakses situs situs yang di blok oleh admin di kantor/sekolah.

 

Quote:

berikut daftar layanan web proxy gratis:
http://dwiprayogo.appspot.com//
http://www.hidemyass.com/proxy/
http://uk-ip-proxy.com/
http://anonymoussurf.us/
http://www.freesurfproxy.org/
https://proxify.com/
http://www.proxeasy.com/webclient.aspx
http://ultrafastproxy.com/
https://www.vtunnel.com/
http://newipnow.com/
http://sitegetter.net/
https://www.vidproxy.com/
http://www.proxsie.com/
www.hidemyass.com

Semoga bermanfaat .

Setting Jaringan Warkgroup Windows XP

25 January 2016 05:08:29 Dibaca : 173

Berikut ini merupakan salah satu hal yang mendasar dalam networking, yaitu mengenai Setting Jaringan Workgroup Di Windows XP yang berguna untuk menyambungkan 2 buah komputer atau lebih. Dimana terdapat beberapa keuntungan dari Sistem Jaringan Workgroup, yang antara lain :

  • Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing)
  • Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua unit komputer (Printer Sharing).
  • Akses data dari/ke unit komputer lain dapat di batasi dengan tingkat sekuritas pada password yang diberikan.
  • Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.
  • Bila salah satu unit komputer terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian unit komputer pada jaringan ini dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.

Sementara untuk cara Network Workgroup Setup ini adalah :
  • Setting IP Address pada tiap komputer dengan class dan subnet mask yang sama.
  • Adapun cara setting IP Address yaitu klik Start menu lalu pilih Control Panel.
  • Di Category pilih Netwok And Internet Connection, lalu pilih Icon Network Connection.
  • Kemudian terdapat pilihan Network Adapter yang akan anda gunakan untuk menyambungkan ke jaringan. Pilih Network Adapter yang digunakan. Klik kanan iconnya, lalu pilih Properties.
  • Pada tab General di bagian “This Connection uses the following items :” pilih Internet Protocol (TCP/IP), lalu klik Properties.
  • Pilih Radio Button “Use The Following IP Address” lalu masukkan IP Address dan Subnet Masknya.
Misalnya :
IP Address : 192.168.1.10
Subnet Mask : 255.255.255.0
IP Gateway: 192.162.1.1 (jika memiliki gateway server)
    • Lakukan hal seperti ini pada komputer yang lainnya, dan tentunya alamat IP-nya harus dibedakan.
    • Setting Workgroup Computer, yaitu klik Start menu lalu pilih Control Panel.
    • Di Category pilih Performance And Maintenance, lalu pilih icon System.
    • Pada System Properties pilih tab Computer Name, lalu klik pada bagian Change.
  • Pada bagian Member Of pilih Workgroup dan isi.
    Misalnya :
    Workgroup : PPTI UNS
  • Lakukan juga pada komputer yang lain dan isi Workgroup dengan nama yang sama.
  • Kemudian restart komputer.
  • Setelah computer login lagi windows, masuk ke Explorer, pilih My Network Places.
  • Pilih Entire Network, kalau tidak ada klik kanan pada My Network Places lalu pilih Explore.
  • Pilih Microsoft Windows Network, lalu pilih nama workgroup yang anda masukkan tadi, contoh diatas yaitu PPTI UNS.
  • Akan terlihat komputer mana saja yang tersambung jaringan dengan workgroup PPTI UNS.
 
Untuk mempermudah dalam setting workgroup pada windows xp, harap mengikuti langkah kerja di bawah ini :
1. Buka Control Panel ==> Performance and Maintenance ==> System. Perhatikan tab Computer Name. Alternatif lain, Icon My Computer ==> Properties ==> Computer Name.
  • Isi Computer description dengan deskripsi komputer anda, misal Client1
  • Klik Change ==> keluar Computer Name Changes,
 

 

2. Computer Name Changes
    • Pada Computer Name :isikan nama komputer yang diinginkan (misal Client1, Client2, Client3, dst….)

  • Pada Member of, perhatikan yang Workgroup saja, isikan dengan group komputer yang diinginkan menjadi satu dalam jaringan (misal: PPTI UNS). Nama workgroup untuk masing-masing komputer yang ingin bergabung pada jaringan tersebut harus sama.

3. Klik OK, tunggu sebentar sampai muncul kotak dialog Welcome to the PPTI UNS workgroup. Restart PC untuk mengetahui perubahan.

 

4. Cek Workgroup dan Computer Name
  • Start ==> Explore ==> cari My Network Places ==> Entire Network ==> Microsoft Windows Network ==> cari Nama Workgroup.
 
  • Ketika nama Workgroup di klik 2X, maka list nama-nama ( Computer Name ) dari PC yang aktif/hidup akan muncul satu persatu.
Untuk sharing file atau folder silahkan mengikuti langkah kerja di bawah ini :
1. Klik kanan Start ==> Explore ==> cari folder atau file yang akan di sharing atau dimunculkan pada My Network Places (misal: My Documents)
2.Klik kanan My Document trus pilih Properties ==> pilih Sharing
3. Centang kotak kecil disamping tulisan "Shared this folder on the network"
4. Centang juga "Allow network users to change my files" (Jika ingin membiarkan komputer lain bisa merubah file tersebut)
5. Klik Apply ==> OK