ARSIP BULANAN : March 2016

PENGERTIAN FILSAFAT SECARA ETIMOLOGI DAN TERMINOLOGI

31 March 2016 09:27:16 Dibaca : 7042

Pengertian Filsafat "Philosophia"
Istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani : ”philosophia”. Seiring perkembangan jaman akhirnya dikenal juga dalam berbagai bahasa, seperti : ”philosophic” dalam kebudayaan bangsa Jerman, Belanda, dan Perancis; “philosophy” dalam bahasa Inggris; “philosophia” dalam bahasa Latin; dan “falsafah” dalam bahasa Arab.

Secara etimologi, istilah filsafat berasal dari bahasa Arab, yaitu falsafah atau juga dari bahasa Yunani yaitu philosophia – philien : cinta dan sophia : kebijaksanaan. Jadi bisa dipahami bahwa filsafat berarti cinta kebijaksanaan. Dan seorang filsuf adalah pencari kebijaksanaan, pecinta kebijaksanaan dalam arti hakikat.
Pengertian filsafat secara terminologi sangat beragam. Para filsuf merumuskan pengertian filsafat sesuai dengan kecenderungan pemikiran kefilsafatan yang dimilikinya. Seorang Plato mengatakan bahwa : Filsafat adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli. Sedangkan muridnya Aristoteles berpendapat kalau filsafat adalah ilmu ( pengetahuan ) yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika. Lain halnya dengan Al Farabi yang berpendapat bahwa filsafat adalah ilmu ( pengetahuan ) tentang alam maujud bagaimana hakikat yang sebenarnya.
Beberapa arti filsafat menurut para ahli:
Aristoteles ( (384 - 322 SM) : Bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu.
Cicero ( (106 – 43 SM ) : filsafat adalah sebagai “ibu dari semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan )
Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.
Paul Nartorp (1854 – 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .
Imanuel Kant ( 1724 – 1804 ) : Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.

1. Apakah yang dapat kita kerjakan ?(jawabannya metafisika )
2. Apakah yang seharusnya kita kerjakan (jawabannya Etika )
3. Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya Agama )
4. Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya Antropologi )

Notonegoro: Filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat.
Driyakarya : filsafat sebagai perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan “.
Sidi Gazalba: Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.
Harold H. Titus (1979 ): (1) Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi; (2) Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan; (3) Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ); Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.
Hasbullah Bakry: Ilmu Filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ke-Tuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia itu sebenarnya setelah mencapai pengetahuan itu.
Prof. Mr.Mumahamd Yamin: Filsafat ialah pemusatan pikiran , sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya didalam kepribadiannya itu dialamiya kesungguhan.
Prof.Dr.Ismaun, M.Pd. : Filsafat ialah usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya secara sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yang hakiki (pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yang sejati.
Bertrand Russel: Filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana teologi , filsafat berisikan pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai sebegitu jauh, tidak bisa dipastikan;namun, seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.

158 Malware Baru Terdeteksi Tiap Menitnya

31 March 2016 09:22:36 Dibaca : 145

Panda Labsys telah mendeteksi bahwa sekitar 158 malware baru terdeteksi tiap menitnya. Apabila dihitung dalam hitungan hari, maka malware baru yang ada di jaringan Internet dunia bisa berjumlah sekitar 227.447 malware tiap harinya. Panda Labsys melakukan riset itu di tiga perempat tahun 2014 dengan menganalisis sekitar 20 juta sampel yang ada di dunia maya. Hasil menakjubkan dari riset mereka adalah sekitar tiga perempat malware baru yang teridentifikasi adalah jenis trojan. Hanya sembilan persen dari malware itu dari kategori virus dan tiga persen di antaranya adalah worm.

Menurut Panda Labsys, peningkatan jumlah trojan ini meningkat sekitar 13 persen dan virus sendiri mengalami penurunan sekitar 10 persen dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Negara yang paling sering terinfeksi malware baru ini adalah China yang kemudian disusul oleh Peru dan Bolivia. Direktur Teknis Luis Corron mengatakan bahwa malware baru tersebut sangat agresif. Ia mengutarakan bahwa malware itu akan menginfeksi sistem dengan cepat dan segera merusak keamanannya. “Lingkungan korporasi pun tidak lepas dari ancaman malware. Beberapa kasus di tahun 2014 menunjukkan sebuah bukti bahwa korporasi pun berada di tengah ancaman malware yang semakin ganas,” ujar Corron.

Banyak dari malware yang teridentifikasi dibuat dari manufacturing kits. Alat-alat yang populer digunakan antara lain adalah Zeus Builder, SpyEye dan Citadel. Perkembangan malware ini sangat meresahkan. Malware tidak lagi menyerang sistem komputer melainkan juga sudah menyasar tablet ataupun smartphone. Kabar terbaru mengatakan bahwa salah seorang penyerang yang berasal dari Rusia sudah mengembangkan malware terbaru yang menargetkan Iphone tanpa jailbreak.

Pada awalnya malware tersebut didesain untuk menyerang Iphone yang sudah di-jailbreak. Pada perkembangannya, malware tersebut kini mampu menyerang Iphone yang tidak di-jailbreak. Malware tersebut menurut praktisi diperuntukkan sebagai alat menyerang pada Iphone yang terhubung ke instalasi pemerintah, perusahaan dan media. Malware itu akan memata-matai jaringan komunikasi mereka serta mampu menyusup ke dalam sistem Iphone dan memonitor pesan teks serta mampu memfoto pada Iphone yang telah di-jailbreak. Para ahli menamakan malware tersebut sebagai Xagent dimana program jahat itu berkembang di sistem operasi IoS 7. Ironisnya, sekitar tiga perempat pengguna Iphone di dunia masih menggunakan Ios 7 ketimbang IoS 8.

Cara Membuat link di HTML

22 March 2016 09:40:11 Dibaca : 121

Tujuan kata Hypertext dari HTML adalah membuat sebuah text yang ketika di-klik akan pindah ke halaman lainnya. HTML menggunakan tag <a>untuk keperluan ini.

Link ditulis dengan <a> yang merupakan singkatan cari anchor (jangkar). Setiap tag <a> setidaknya memiliki sebuah atribut href. Dimana href berisi alamat yang dituju (href adalah singkatan dari hypertext reference).

Agar lebih jelas, kita akan lihat menggunakan contoh. Silahkan buka text editor dan buat kode seperti dibawah ini.

Contoh penggunaan tag link <a>:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Penggunaan Tag Link </title>
</head>
<body>
<h1>Belajar Tag Link</h1>
<p>Saya sedang belajar HTML dari
Tinggalkan Komentar...

STRUKTUR DASAR DOKUMEN HTML

22 March 2016 09:17:56 Dibaca : 119

HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.

Struktur dasar dokumen HTML adalah sebagai berikut:


Disini Judul Dokumen HTML


Disini penulisan informasi Web


Dari struktur dasar HTML di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Tag
Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">", sebagai contohadalah tag dengan nama body.
Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contohini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, danini adalah tag penutup isi dokumen HTML.

b. Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:

ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML
ini adalah tag penutup judul dokumen HTML

Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.
Contoh penulisan tag-tag yang benar


................

Contoh penulisan tag-tag yang salah


................

 

c. Attribute
Attribute mendefinisikan property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:

nama-attr="nilai-attr"
nama-attr="nilai-attr"
.................
>
.................


Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah
d. Element HTML
Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML.

Sintaks:

..........

e. Element HEAD
Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag dan tag terletak di antara tag dan tag .

Sintaks:

...........

f. Element TITLE
Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag dan tag terletak di antara tag dan tag .

Sintaks:

.........

g. Element BODYElement ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tagdan tagterletak di bawah tag dan tag .
Element BODY mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.

Sintaks:

..............

Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dokumen HTML, background memberikan latarbelakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link,alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi.
Jika attribute bgcolor dan background keduanya dispesifikasikan maka attribute background yang akan digunakan, akan tetapi jika nilai attribute background (gambar) tidak ditemukan pada dokumen HTML maka attribute bgcolor yang akan digunakan.