Top 10 Bapak Programmer Legendaris Sepanjang masa

24 January 2016 12:43:35 Dibaca : 140 Kategori : TEKNIK INFORMATIKA

1. Linus Torvalds

 

Linus Torvalds

Linus Torvalds

 

Linus Torvalds adalah Tokoh utama dibalik pengembangan kernel Linux, tentunya sekarang menjadi kernel paling populer untuk sistem operasi. Dia kemudian menjadi kepala arsitek dari kernel Linux dan sekarang menjabat sebagai koordinator proyek. dia juga menciptakan sistem kontrol GIT. Linus Torvalds sangat dihormati, bersama dengan rekannya Shinya Yamanaka, berhasil mendapatkan Penghargaan Millenium teknologi pada tahun 2012 oleh Akademi Teknologi Finaldia, sebagai pengakuan atas kreasi-Nya membuat sistem operasi open source baru untuk komputer. Linus juga menerima penghargaan dari IEEE Computer Society Computer Pioneer tahun 2014.

2. Brian Kernighan

 

Brian Kernighan

Brian Kernighan

 

Brian Wilson Kernighan adalah seorang ilmuwan komputer asal kanada yang bekerja di Bell Labs bersama dengan pencipta Unix Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Brian juga memberikan kontribusi terhadap perkembangan Unix. Dia juga CoAuthor dari bahasa pemrograman AWK dan AMPL. Kernighan dulumnya adalah editor perangkat lunak untuk Prentice hall International. Kernighan memiliki beberapa “Software Tools” yang menyebarkan ide “Pemikiran C/Unix” untuk membuat ulang bahasa pemrograman “BASIC, FORTRAN, PASCAL, dan terutama “RARFOR” (FORTRAN rasional).

3. Ken Thompson

 

Ken Thompson

Ken Thompson

 

Kenneth “Ken” Thompson, sering disebut sebagai ken di kalangan hacker, adalah seorang perintis ilmu komputer berkewarganegaraan amerika. setelah bekerja di Bell Labs untuk sebagian besar karirinya, Thompson merangcang dan mengimplementasikan Sistem operasi Unix. Thompson pernah bekerja di Google, dimana ia menciptakan bahasa pemrograman baru bernama “GO”.

4. James Gosling

 

James Gosling

James Gosling

 

James Gosling menulis versi Emacs yang disebut Gosling Emacs (GOSMACS), dan sebelum bergabung dengan sun Microsystems james membangun sebuah versi multi proses dari UNIX di Universitas Carnegie Mellon, bersamaan dengan beberapa compiler dan mail system. Antara tahun 1984 sampai 2010, Gosling bekerja dengan sun Microsystems. ia dikenal sebagai bapak dari bahasa pemrograman JAVA.

5. Guido Van Rossum

 

Guido van Rossum

Guido van Rossum

 

Guido van Rossum lahir pada 31 Januari 1956 adalah seorang programmer komputer asal belanda yang dikenal sebagai penulis bahasa pemrograman Python. dia bekerja di google dari tahun 2005 sampai 7 desember 2012, dimana van rossum menghabiskan setengah waktunya untuk mengembangkan bahasa python. pada januari 2013, Van Rossum mulai bekerja untuk Dropbox.

 

 

 

6. Donald Knuth

 

Donald Knuth

Donald Knuth

 

Donald Knuth Ervin adalah seorang ilmuwan Komputer yang berasal dari Amerika. ia juga seorang ilmuwan matematika dan profesor emeritus dari universitas Standford. dia adalah penulis multi-volume yang bekerja The Art of Computer Programming. Knuth selama ini disebut sebagai “Bapak Analisis Algoritma”.

 

 

 

7. Anders Hejlsberg

 

Anders Hejlsberg

Anders Hejlsberg

 

Andres Hejlsberg adalah seorang insinyur perangkat lunak terkemuka dari Denmark yang ikut merancang beberapa bahasa pemrograman populer dan sukses secara komersial. Andress juga ikut terlibat dalam perancangan “Development Tools”. Hejlsberg adalah penulis dari bahasa pemrograman Turobo Pascal dan kepala arsitek dari Delphi.

 

 

 

8. Papa ‘Bil Gates’

 

Papa Bill Gates

Papa Bill Gates

 

William Henry Bill Gates adalah Pembisnis, Filantropis, Investor, Programmer komputer dan Inventor (Penemu) yang berasal dari Amerika. Alwanya Gates membangun reputasinya sebagai Co-Founder Microsoft, yang mana kita tahu sebagai perusahaan software PC terbesar didunia, bersama Paul Allen. Selama karirnya di Microsoft, Bill Gates memgang posisi ketua, CEO dan kepala arsitektur perangkat lunak, dan juga pemegang saham individu terbesar sampai bulan Mei 2014. Bill juga menjadi penulis untuk beberapa buku.

 

 

 

9. Ada Lovelace

 

Ada Lovelace

Ada Lovelace

 

Ada Lovelace adalah seorang ilmuwan metematika yang berasal dari Inggris dan juga penulis yang dikenal karena karyanya tentang mekanika komputer dan analisis mesin. Catatannya pada mesin termasuk apa yang diakui sebagai algoritma pertama dimaksudkan untuk apapun hal dilakukan oleh mesin. karena itu, Lovelace dianggap sebagai programmer komputer pertama.

 

 

 

10. Grace Hopper

 

Grace M Hopper

Grace M Hopper

 

Grace Murray Hopper adalah seorang ilmuan komputer amerika dan Angkatan Laut Amerika Serikat. dia adalah salah satu programmer pertama dari komputer Harvard Mark I pada tahun 1944, dan menemukan compiler pertama untuk sebuah bahasa pemrograman komputer. Hopper juga salah satu dari mereka yang mempopulerkan gagasan bahasa pemrograman machine-independent , yang menginspirasi perkembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama. karena prestasi dan pangkat angkatan laut, hopper kadang-kadang disebut sebagai “Amazing Grace”.