ARSIP BULANAN : November 2014

Cara Menjadi Seorang Hacker Anonymous

19 November 2014 13:39:43 Dibaca : 361

Tidak bisa kita pungkiri kalau bakat dan talenta itu memang sesuatu yang penting. Ada beberapa orang yang dilahirkan dengan kemampuan yang di atas rata-rata. Tapi tahukah kita kalau para ahli itu, termasuk hacker, dibuat bukan dilahirkan? Seorang hacker hadir dari proses belajar, seorang hacker tidak lahir dan langsung menjadi hacker. Ada tahapan yang harus dilalui, ada attitude yang harus dipunyai, ada kemampuan yang harus diraih sehingga seseorang diakui sebagai hacker.

Mungkin banyak juga yang penasaran bagaimana caranya menjadi seorang hacker? Apa saja yang harus dipelajari dan dimiliki seorang hacker? Setidaknya 4 cara untuk menjadi seorang hacker yang akan saya ungkapkan dalam artikel ini mungkin dapat sedikit menjawab rasa penasaran tersebut. Dan sebagai catatan, saya tidak sedang berusaha sok pintar atau ingin menggurui sobat dblogger. Saya juga bukan seorang hacker. Apa yang ada dalam tulisan ini adalah hasil rangkuman dari tulisan salah satu hacker yang ada dalam daftar 6 hacker top sedunia, yaitu Eric S Raymond. Okay, let’s check this out!

1. Berpikirlah Seperti Seorang Hacker

Bagaimana seorang hacker berpikir? Apa yang ada di otak seorang hacker? Seorang hacker selalu memikirkan bagaimana caranya menyelesaikan suatu masalah dan bagaimana caranya membuat sesuatu. Seorang hacker juga sangat menghargai kebebasan dan mau menolong dengan sukarela. Kalau ingin menjadi hacker, seseorang harus memiliki attitude ini.

Dunia ini dipenuhi berbagai permasalahan yang sangat menarik untuk diselesaikan. Dengan mencoba menyelesaikan permasalahan-permasalahan ini, seseorang akan mempertajam kemampuan dan melatih kecerdasannya. Ingat juga bahwa suatu permasalahan tidak perlu diselesaikan lebih dari sekali. Oleh karena itu jangan pernah merasa enggan untuk membagikan informasi dan solusi terhadap suatu permasalahan. Ini adalah tanggung jawab moral seorang hacker.

Budaya hacker adalah suatu budaya tentang pengakuan. Seseorang tidak dapat menyebut dirinya sendiri sebagai hacker. Seseorang tidak akan pernah benar-benar menjadi hacker sampai orang lain (para hacker) menyebutnya sebagai hacker. Untuk mendapatkan pengakuan ini tentu saja butuh usaha, kerja keras, dan kontribusi kepada komunitas. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk berkontribusi kepada komunitas:

Buatlah perangkat lunak (program) open source.Investasikan waktu luang untuk membantu memperbaiki perangkat lunak open source dengan melakukan debugging.Publikasikan informasi yang berguna.Berikan bantuan untuk menjaga infratstruktur tetap berjalan.

2. Pelajari Pemrograman

Pelajarilah bagaimana caranya menulis program. Untuk benar-benar menjadi seorang hacker kemampuan pemrograman sangatlah penting. Para hacker menyelesaikan berbagai permasalahan yang mereka temui dengan menulis program. Cara paling mudah untuk mempelajari cara menulis program adalah dengan membaca dokumentasi yang ditulis oleh para masternya. Kemudian cobalah menulis program sedikit demi sedikit. Teruslah berlatih untuk mencapai suatu level kemampuan pemrograman yang cukup baik. Jika sudah cukup percaya diri dengan suatu bahasa pemrograman, cobalah untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Mempelajari beberapa bahasa pemrograman akan mengajarkan kita memandang suatu permasalahan dari sisi lain.

3. Kenali dan Gunakan Unix/Linux

UNIX dan sistem operasi yang mengadopsi konsep yang sama seperti Linux dan BSD adalah sistem operasi utama Internet. Namun untuk menggunakan UNIX seseorang mungkin harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Solusinya adalah menggunakan sistem operasi yang open source seperti GNU/Linux (dengan berbagai pilihan distribusi) dan FreeBSD (dan turunan BSD lainnya). Pelajarilah Linux, gunakan distro yang mudah dan ramah untuk pemula seperti Ubuntu. Pasanglah sistem operasi ini di PC atau laptop dan gunakan untuk bekerja/bermain sehari-hari.

Mungkin sebagian orang akan berpikir mengapa harus menggunakan Unix/Linux/FreeBSD? Apakah tidak bisa menggunakan sistem operasi lain? Sistem operasi tertutup seperti Microsoft Windows dan Mac OS tidak akan mengizinkan seseorang untuk mempelajari kode sumbernya apalagi melakukan modifikasi. Belajar menjadi hacker menggunakan sistem operasi seperti itu ibarat belajar menari dengan tubuh dicor.

4. Pelajari HTML

HTML adalah mainan hacker yang telah mengubah dunia. Belajarlah bagaimana cara menggunakan World Wide Web dan menulis kode HTML. Menggunakan Word Wide Web bukan berarti sekedar menggunakan browser dan berselancar di dunia maya melainkan bagaimana caranya membangun suatu situs menggunakan bahasa penanda web (web markup language). Cobalah membangun home page menggunakan sintaks-sintaks HTML.

PANDUAN MENJADI ANONYMOUS

Pertanyaan?

1. Jadi Anda ingin bergabung dengan Anonymous?
2. Bagaimana untuk mendapatkan kontak dengan yang lainnya?
3. Bagaimana cara mengenali Anonymous lain?
4. Apakah Anda telah disusupi?
5. Bagaimana cara melindungi privasi saya?
6. Hal benar apa yang harus saya lakukan?
7. Berapa banyak Anonymous yang ada?

Jawaban

1. Jadi Anda ingin bergabung dengan Anonymous?
Anda tidak dapat bergabung dengan Anonymous. Tidak seorangpun yang bergabung dengan Anonymous.
Anonymous bukanlah organisasi. Ini bukan klub, partai atau bahkan gerakan.
Tidak ada piagam, tidak ada manifesto, tidak ada biaya keanggotaan.
Anonymous tidak memiliki pemimpin, tidak ada guru, tidak ada ideolog. Bahkan, tidak memiliki ideologi tetap. Kita semua bagaikan orang yang melakukan perjalanan jauh bersama.
Seperti penumpang yang bertemu di bus atau KRL: pada waktu yang sama dan memiliki rute yang sama, berbagi tujuan bersama, umum atau yang tidak suka. Dan dalam perjalanan bersama, kita mungkin akan mengubah dunia.
Tidak ada yang berhak berbicara sebagai Anonymous. Tidak ada yang bisa mengatakan: Anda diterima, atau Anda ditolak.

Apakah Anda masih ingin bergabung dengan Anonymous? Nah, Anda telah bergabung jika Anda mau.

2. Bagaimana untuk mendapatkan kontak dengan yang lainnya?
Anonymous tidak memiliki infrastruktur terpusat. Kami menggunakan fasilitas yang ada di Internet,
jaringan sosial khususnya, dan kami siap untuk pindah ke yang lainnya jika yang satu ini tampaknya terganggu, sedang diserang, atau mulai membuat kami bosan.

Pada saat penulisan ini, Facebook, Twitter dan IRC menjadi rumah bagi jemaat yang paling aktif. Tapi ini bisa berubah setiap saat. Namun, ini mungkin tempat terbaik untuk memulai.
Carilah istilah seperti "anonim", "anonops" dan kata kunci lain yang mungkin dihubungkan dengan kegiatan kami.

3. Bagaimana cara mengenali Anonymous lainnya?
Kami datang dari semua tempat masyarakat: Kami adalah mahasiswa, pekerja, pegawai, pengangguran;
Kami masih muda atau tua, kita memakai jas atau kaos oblong, kami hedonis, pertapa, klub pengendara atau aktivis.
Kami datang dari semua ras, negara-negara dan etnis. Kami sangat banyak. Kami adalah tetangga Anda, rekan kerja anda, penata rambut Anda, sopir bus dan administrator jaringan Anda.

Kami adalah orang di jalan dengan koper dan gadis di bar yang Anda coba untuk merayunya. Kami adalah Anonymous. Banyak dari kita suka memakai topeng Guy Fawkes pada saat melakukan demonstrasi.
Sebagian dari kita bahkan menampilkannya pada gambar profil mereka di jaringan sosial yang membantu untuk mengenali satu sama lain.

4. Apakah Anda telah disusupi?
Jika Anda berbicara dengan Anonymous yang lain, Anda tidak akan pernah tahu siapa dia. Dia mungkin seorang hacker, cracker, phisher, agen, mata-mata, provokator atau hanya orang dari sebelah rumah. Atau putri atau putra tetangga Anda.

Hal ini tidaklah ilegal untuk menjadi Anonymous. Juga tidak ilegal untuk memakai topeng Guy Fawkes. Ingatlah hal tersebut.
Jika Anda secara pribadi tidak terlibat dalam kegiatan ilegal, Anda tidak perlu khawatir, tidak peduli dengan siapa Anda berbicara. Jika memang Anda melakukannya, adalah bijaksana untuk tidak membicarakannya
kepada siapa pun.

5. Bagaimana cara melindungi privasi saya?
Menciptakan alias, nick, nama samaran ... sebutlah salah satu sesuka Anda, ciptakanlah sebuah nama.
Kemudian buatlah akun email dengan nama nick Anda tadi dengan salah satu penyedia email besar.
Gunakan alamat email ini untuk mendaftar Twitter, Facebook, dan akun lainnya. Pastikan untuk menghapus semua cookie

Sebelum Anda mulai menggunakan identitas baru Anda, atau lebih baik menggunakan web browser yang berbeda untuk Anonymous dan kegiatan lainnya.
Jika Anda memiliki kebutuhan yang lebih tinggi untuk keamanan, tanya kepada kami tentang enkripsi, stenografi, TOR, dll. Banyak dari kami yang tahu bagaimana menggunakan hal hal tersebut.
Kami akan selalu menghormati kebutuhan Anda akan privasi. Kami tidak akan pernah meminta informasi pribadi Anda. Jika kami melakukannya, kami tidak akan mengharapkan jawaban benar dan Anda tidak harus menjawab dengan benar.

6. Hal benar apa yang harus saya lakukan?
Satu-satunya orang yang dapat memberitahu Anda apa yang tepat bagi Anda adalah diri Anda sendiri.
Ini juga satu-satunya orang yang harus Anda ikuti. Kami tidak memiliki pemimpin.

Anda juga orang yang hanya bertanggung jawab atas tindakan Anda. Lakukan apa yang Anda anggap benar. Jangan lakukan apa yang Anda anggap salah.

7. Berapa banyak Anonimous yang ada?
Kami lebih dari yang Anda pikirkan. Kami lebih dari pikiran siapapun. Kami sangat banyak. Dan Anda sekarang salah satu dari kami. Selamat Datang Anonymous.

 

Intermezzo Mahasiswa Teknik

07 November 2014 00:23:12 Dibaca : 120

Hanya sebagai intermezzo saja mengenai mahasiswa teknik informatika intermezzo karena akan sangat membosankan jika hanya mengulas tentang program studi yang bagi sebagian banyak kalangan dianggap membosankan. jadi saya tidak akan membahas tetang studimahasiswa teknik informatika, tetapi akan lebih memberikan motivasi bagi kalian mahasiswa teknik informatika yang sudah mulai kehilangan kepercayaan diri dan mulai malas-malasan mengerjakan segala bentuk tugas yang seabreg dan terus mengalir seperti derasnya sungai cilliwung dan tidak jarang terkadang menguap hingga menjadi banjir. Kembali kepada diri kalian masing-masing apa sih yang mendasari anda masuk ke jurusan teknik informatika? apakah karena terpaksa? ataukah karena keinginan sendiri? jika itu menurut keinginan sendiri coba kalian jadikan titik acuan untuk terus melangkah mencapai apa yang diinginkan ketika kalian memilih jurusan teknik informatika. Jika pun karena terpaksa, jangan hilangkan semangat kalian untuk terus melangkah, karena tidak selamanya paksaan itu tidak membuahkan hasil, tetapi terkadang justru malah lebih mendapatkan hasil yang lebih baik. Cobalah untuk cintai dulu jurusan itu dan coba cari sesuatu yang menyenangkan dan bisa memberikan semangat bagi kalian.Dan saya akan memberikan sedikit semangat untuk kalian agar tetap bisa maju. "seberapa besar kebutuhan manusia sekarang ini terhadap teknologi?" coba kalian lihat hampir di semua belahan dunia manusia telah menjadikan teknologi sebagai kebutuhan wajib sehari-hari dan bagi sebagian orang teknologi itu sudah termasuk kedalam kebutuhan primer yang harus terpenuhi setiap hari. Dari yang muda hingga yang tua semua tak lepas dari teknologi informasi dan komunikasi. Coba kalian lihat gambar dibawah ini.Bahkan anak sekecil itu pun sudah bermain dengan ipad. Sekarang coba kalian bayangkan jika kalian bisa menjadi ahli dalam teknologi informasi dan komunikasi, tidak perlu menjadi orang yang benar benar ahli, tapi cobalah pikirkan tentang RUPIAH. Semakin banyak pengguna maka semakin banyak pula kesempatan untuk menghasilkan pundi pundi uang tetapi dalam artian yang positif dan tidak melanggar hukum. Dan tidak perlu menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan kita hanya perlu melihat peluang di bidang tersebut. Jadi sekarang cobalah menatap lebih jauh kedepan dan terus berusaha jangan menyerah!Bangunlah kalian calon sarjana Teknik Informatika lihat di cermin, kalian telah memakai baju toga dan lihat kebanggaan kedua orang tuamu melihat diri kalian menjadi seorang sarjana. Jika ingin seperti itu jadilah kalian mahasiswa teknik informatika yang pantang menyerah terus berjuang hingga akhir coba untuk lawan arus sungai yang deras itu jangan hanya mengikuti arus dan terombang ambing, kendalikan arus tersebut dan jangan sampai kalian yang dikendalikan oleh arus tersebut.