ARSIP BULANAN : September 2020

SEKILAS INFO TENTANG JURUSAN PTI DI UNG

18 September 2020 21:55:10 Dibaca : 11

    Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (sering disingkat menjadi PTIK), adalah jurusan komputer yang fokusnya untuk melahirkan tenaga pendidik di bidang komputer.

    Lulusan PTIK paling cocok untuk menjadi guru mata pelajaran TIK (Teknik Informatika dan Komputer) di sekolah-sekolah, terutama SMP/SMK/SMA. Termasuk juga menjadi tenaga instruktur atau trainer untuk berbagai bidang seputar ilmu komputer.

    Peluang di bidang pendidikan ini menurut saya sangat menjanjikan, karena semakin hari semakin banyak yang ‘melek’ akan teknologi dan tertarik untuk mempelajarinya. Situs duniailkom ini juga merupakan media edukasi tentang programming, yang bisa saja dibuat oleh lulusan PTIK.

UNIVERSITAS FAVORIT DI GORONTALO

18 September 2020 21:44:58 Dibaca : 5

    Universitas negeri gorontalo,yah siapa yang tidak kenal universitas in?kampus yang memiliki banyak keunggulan,kampus yang banyak menampung mahasiswa bahkan dri luar daerah.UNG terkenal dengan sebutan kampus peradaban atau marron jacket karena jas yg digunakan oleh mahasiswa ung adalah merah marron.

    Banyak yang ingin masuk di universitas in,karena bnyak beasiswa yang disediakan dan bnyak melahirkan orang-orang besar serta mengutamakan mengasah bakat pada mahasiswa sampai ke negri orang.bagus bukan?siapa yang tak ingin sukses dri ung?yah mungkin yang belum tau dia dgn seluk beluk dari universitas ku ini.banyak kata yang tak terungkapkan.pada intinya saya bangga jadi salah satu rakyat marron jacket dan siap mengasah dan melangkah untuk masa depan...

OSPEK ONLINE UNG 2020 MERESAHKAN MABA

16 September 2020 14:08:44 Dibaca : 26

   Akibat adanya pandemi COVID-19 di Indonesia, seluruh kegiatan di beberapa aspek kehidupan dilaksanakan melalui daring atau secara online. Termasuk salah satunya dalam bidang pendidikan, dimana seluruh kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan di rumah masing-masing melalui sistem online. Hal inipun juga merembes pada kegiatan lain seperti misalnya kegiatan orientasi mahasiswa baru atau yang lebih dikenal dengan istilah “ospek”.

   Karena masih adanya penambahan pasien kasus COVID-19 di Indonesia serta baru diuji cobanya masa tatanan kehidupan normal baru atau “new normal” maka muncul beberapa isu yang beredar di kalangan pelajar mengenai akan diadakannya ospek secara online. Hal ini memicu berbagai tanggapan dari para pelajar mengenai bagaimana skenario yang kira-kira akan digunakan ketika pelaksananaan ospek online ini. Apalagi sudah ada beberapa Universitas yang mengumumkan akan diadakannya ospek secara online. UNG termasuk salah satu Universitas yang melaksanakan Ospek Online.

  Berikut adalah beberapa hal yang meresahkan MABA dikarenakan hilangnya beberapa tradisi ospek yang sangat di tunggu tunggu dengan alasan agar mendapatkan pengalaman yang baru dan melatih mental, mandiri, percaya diri, dan lainlain :

1. Tidak ada lagi marah-marah yang dilakukan oleh senior karena ospek berlangsung melalui video conference

    Seperti kegiatan pembelajaran online pada umumnya yang menggunakan aplikasi video conference, begitu pula yang akan dilakukan dalam kegiatan ospek online ini. Kegiatan ospek yang sedari dulu memiliki ciri khas adanya senior yang suka memarahi adik tingkatnya, kali ini mungkin bisa saja tidak ada, sebab tidak mungkin kan senior akan membentak-bentak melalui video conference? Yang ada malah menjadi viral nantinya.Dengan adanya hal ini diharapkan dapat menjadikan ospek ini menjadi lebih berbobot.

2. Tidak ada lagi calon mahasiswa yang memakai atribut aneh-aneh

    Sudah menjadi tradisi dimana setiap adanya kegiatan orientasi maka calon mahasiswa akan diperintahkan untuk memakai atribut aneh-aneh. Namun beberapa tahun belakangan, hal ini sudah dilarang oleh pemerintah sebab menghindari adanya “perploncoan” oleh senior. Nah, di ospek online hal ini diisukan akan ditiadakan dan ada beberapa yang mengatakan bahwa nantinya sang calon mahasiswa akan disuruh mengganti background video conference nya dengan gambar yang lucu. Ada- ada saja memang idenya

3. Pengenalan kampus dilakukan melalui video

     Masa orientasi adalah masa pengenalan mahasiswa terhadap lingkungan dimana tempatnya akan menuntut ilmu. Dalam kegiatan ospek biasanya, mahasiswa akan diajak berkeliling oleh pihak panitia untuk mengenal wilayah kampus mereka. Namun berbeda dengan jika ospek dilaksanakan secara online, dimana pengenalan wilayah kampus akan dilakukan melalui video yang ditayangkan oleh panitia.

4. Panitia divisi publikasi dan dokumentasi mungkin jobdesk nya akan mem-foto maba secara virtual photoshoot

Dalam susunan kepanitiaan acara ospek pastinya setiap divisi memiliki tugasnya masing-masing. Seperti contohnya, untuk divisi publikasi dan dokumentasi yang biasanya ditugaskan untuk mendokumentasikan seluruh kegiatan ospek melalui hasil foto yang mereka dapatkan. Hal ini akan menjadi berbeda ketika ospek diadakan secara online, dimana peserta tidak berada secara langsung di lapangan. Sehingga bisa saja jobdesk dari anggota divisi publikasi dan dokumentasi ini adalah untuk mem-foto maba secara virtual ala tren virtual photoshoot yang tengah viral akibat adanya pandemi ini. Sungguh kreatif ya idenya 

5. Tidak ada momen berfoto bersama membentuk suatu logo, foto bersama diganti secara virtual melalui screenshoot

    Hal yang lumrah ketika dalam mengakhiri suatu kegiatan maka kita akan berfoto bersama. Pada saat penutupan ospek juga demikian, biasanya diakhir kita akan diajak oleh panitia untuk berfoto bersama dengan membentuk sebuah pola yang membentuk sesuatu tertentu. Ini sudah menjadi suatu ciri khas tersendiri dalam kegiatan ospek, juga sebagai bukti kenang-kenangan mengikuti ospek.

    Namun hal ini akan berbeda cerita ketika ospek diadakan secara online. Panitia ospek tak perlu susah-susah memfoto maba melalui atas gedung ataupun menggunakan drone. Panitia hanya perlu meng-screenshoot foto bersama dalam video conference. Wah kalau begini akan lebih berkesan tidak ya? 

    Itu dia beberapa skenario ospek online yang sudah dirangkum dari berbagai portal media, dimana ini mungkin bisa merepresentasikan bagaimana proses kegiatan ospek online tersebut nantinya.

      Artikel ini hanya bersifat wacana, untuk keputusan yang pasti nantinya akan diputuskan oleh Universitas terkait sesuai petunjuk protokol kesehatan yang diumumkan oleh Pemerintah. Jadi ditunggu saja ya teman-teman. Intinya adalah tetap semangat ya, kita semua berharap agar pandemi COVID-19 ini cepat berakhir serta kehidupan kembali berjalan normal.

Dont forget to stay safe and keep healthy!

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong