Morfologi tumbuhan

17 February 2013 10:16:34 Dibaca : 166

           Morfologi adalah ilmu yang mengkaji berbagai organ luar tumbuhan baik bagian-bagian, bentuk maupun fungsinya. Pada umumnya morfologi (bagian luar) pada tumbuhan terbagi atas, akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Lebih khususnya tumbuhan secara morfologi terbagi atas beberapa organ dasar yaitu:

Akar

Secara umum, ada dua sistem perakaran yaitu:

Akar serabut. Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan monokotilAkar tunggang. Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil.

Akar memiliki bagian-bagian dengan bentuk dan fungsi tertentu yaitu: leher akar, batang akar, ranbut akar, serabut akar, ujumg akar dan tudung akar.

Batang

Pada umumnya batang mempunyai sifat-sifat berikut :

Umumnya berbentuk panjang bulat seperti silinder atau dapat pula mempunyai bentuk lain, akan tetapi selalu bersifat aktinomorf.Terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi oleh buku-buku, pada buku-buku terdapat daun.Biasanya tumbuh ke atas menuju cahaya atau matahari (bersifat fototrop atau heliotrop).Selalu bertambah panjang di ujungnya.Mengadakan percabangan, tidak digugurkan, kecuali cabang atau ranting yang kecil danUmumnya tidak berwarna hijau, kecuali tumbuhan yang umurnya pendek, misalnya rumput dan waktu batang masih muda.

Daun

Bagian-bagian morfologi pada daun dibagi atas: pelepah daun, tangkai daun, helaian daun, ujung daun, tulang daun dan daging daun.

Bunga

Secara morfologi, bunga terbagi atas: kelopak bunga (sepal), mahkota bunga (petal), benang sari (stamen) dan daun buah (carpel).

Buah

Secara morfologi, buah terbagi atas: tangkai buah, kulit buah, daging buah

dan biji buah (bakal tumbuhan baru)

Biji

Secara morfologi, biji terbagi atas: kulit biji, tali pusar, inti biji dan lembaga/embrio.

         Dengan diketahui bagian-bagian dari tumbuhan baik secara morfologi secara teori belum menentukan bahwa bagian-bagian pada tumbuhan dapat kita diketahui secara langsung. Dengan adanya praktikum morfologi pada tumbuhan akan mengkaji secara jelas bagaimana bentuk dan struktur pada tanaman.

 

 

                                                                                                  materi laporan