PERPUSTAKAAN VS INTERNET

26 February 2015 18:06:42 Dibaca : 944

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Pada zaman sekarang pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dan dimiliki setiap orang untuk menjalani hidup kedepannya, untuk memperoleh pendidikan banyak cara yang bisa dilalui untuk memenuhi kebutuhan tersebut misalnya seperti mengunjungi perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita peroleh, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh melalui perpustakaan. Internet juga merupakan sarana sebagai penyebaran informasi secara global dan dengan waktu yang sangat singkat.
Di Universitas Negeri Gorontalo terdapat satu gedung Perpustakaan pusat yang terletak di Kampus induk Universitas Negeri Gorontalo dan juga terdapat Perpustakaan-perpustakaan dimasing-masing Fakultas yang ada bahkan di Jurusan-jurusan pun terdapat Perpustakaan tetapi dengan banyaknya Gedung untuk Gudang buku-buku tersebut semakin banyak pula Mahasiswa yang enggan meluangkan waktunya untuk berkunjung di Perpustakaan baik Perpustakaan pusat Universitas Negeri Gorontalo maupun Fakultas itu sendiri dibandingkan dengan internet.
1.2. Rumusan Masalah
Bagaimana cara meningkatkan pengunjung perpustakaan bagi kalangan Mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Gorontalo?
1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini dengan tema “PERPUSTAKAAN VS INTERNET” adalah untuk meningkatkan Mahasiswa untuk meluangkan waktunya berkunjung di Perpustakaan dibandingkan Internet.

BAB II
PEMBAHASAN

“PERPUSTAKAAN VS INTERNET”

Ketika kita mendengar kata perpustakaan, dalam benak kita langsung terbayang sederetan buku-buku yang tersusun rapi di dalam rak sebuah ruangan. Tetapi tidak semua buku yang diatur di rak sebuah toko buku bisa di sebut sebagai Perpustakaan. Ada dua unsur utama dalam perpustakaan, yaitu buku dan ruangan. Namun, di zaman sekarang, koleksi sebuah perpustakaan tidak hanya terbatas berupa buku-buku, tetapi bisa berupa film, slide, atau lainnya, yang dapat diterima di perpustakaan sebagai sumber informasi. Kemudian semua sumber informasi itu diorganisir, disusun teratur, sehingga ketika kita membutuhkan suatu informasi, kita dengan mudah dapat menemukannya.
Penyelenggaraan perpustakaan di Kampus bukan hanya untuk sekedar menyimpan dan mengumpulkan bahan pustaka atau buku-buku akan tetapi perpustakaan diharapkan bagi Mahasiswa mampu mengembangkan daya pikirnya dan hasil membaca yang diperoleh dari bahan pustaka yang ada di perpustakaan
Dari sekian ribu Mahasiswa dan Mahasiswi yang ada di Universitas Negeri Gorontalo hanya puluhan Mahasiswa yang mau meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Perpustakaan. Itu pun hanya karena adanya hal-hal tertentu yang mendorong Mahasiswa-Mahasiswa tersebut untuk pergi ke Perpustakaan seperti:
1. Keperluan skripsi, dan
2. Tugas-tugas dari dosen.
Kita ketahui bersama bahwa Perpustakaan merupakan gudang ilmu baca bagi setiap orang. Kelengkapan fasilitas-fasilitas yang ada diperpustakaan juga merupakan pendukung yang sanagat berpengaruh baik kelengkapan buku-buku yang ada maupun fasilitas-fasilitas lainnya juga mempengaruhi kenyamanan bagi pengunjung perpustakaan tersebut. Dan di samping itu pula perpustakaan merupakan tempat sumber-sumber ilmu yang paling tepat bagi para peminat baca, sebab Perpustakaan dapat meminimalisasikan hal-hal yang tak diinginkan. Seperti, di Perpustakan tidak terdapat situs-situs porno, game, dan hal-hal lainnya yang menyebabkan mengurangnya hobi seseorang dalam membaca.
Selain itu juga Fungsi utama setiap perpustakaan adalah mengadakan, mengolah, menyediakan dan menyebarkan informasi kepada para pemakai. Untuk melaksanakan fungsi tersebut maka perpustakaan harus mengolah dan mengatur koleksinya sedemikian rupa sehingga informasi yang terdapat dalam koleksinya dapat disimpan dan ditemukan kembali secara mudah, cepat dan tepat jika diperlukan.
Adapun keluhan-keluhan yang sering timbul dari para Mahasiswa yang berkunjung di perpustakaan:
1. Kurang lengkapnya buku-buku di Perpustakaan,
2. Pelayanan petugas perpustakaan yang kurang memadai,
3. Ruang baca yang kurang menarik,dan
4. Pengaturan buku-buku yang tidak teratur.
Perpustakaan juga tidak kala modernnya dengan situs-situs internet yang berkembang di zaman sekarang. Dengan pengaturan dan penataan yang sedemikian menarik mungkin dapat menarik para pengujung untuk mengujung perpustakaan tersebut. Dan juga pengoleksian buku-buku yang lengkap yang terdapat di perpustakaan sangat berpengaruh pada ketertarikan para pengunjung. Jadi tidak terdapat keluhan-keluhan yang timbul dari pemikiran para pengunjung.
Perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam bidang internet semakin mengalami kemajuan yang cukup pesat. Berbagai kemudahan untuk mendapatkan informasi tentu sangat dirasakan, seiring dengan peranan teknologi internet sebagai penyebar informasi secara real time.
Seiring dengan peranan internet sebagai sarana penyebaran informasi secara global dan dengan waktu yang sangat singkat, kini telah berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, khususnya terhadap masyarakat dunia pendidikan. Meski demikian dunia internet yang seperti halnya dua mata pedang, dimana satu sisi memiliki manfaat yang sangat positif bagi dunia pendidikan, tetapi dalam sisi lain, internet juga ternyata memiliki dampak negatif bagi dunia pendidikan.
Selain sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, namun keberadaan internet juga tentu memiliki dampak negatif bagi dunia pendidikan saat ini. Kebebasan penggunaan internet di Indonesia dari setiap tempat yang memiliki akses jaringan internet khususnya di Universitas Negeri Gorontalo dengan adanya program pustikom yang memberikan password untuk hotspot, memungkinkan Mahasiswa untuk menyalahgunaan fasilitas internet kerap dilakukan, baik sebagai sarana untuk kriminalitas atau perbuatan asusila.
Beberapa oknum Mahasiswa biasanya ada yang menjadikan internet sebagai media untuk mencari hal yang tidak mendidik, seperti halnya mencari gambar-gambar yang tidak senonoh, serta video-video yang bersifat asusila yang tentunya akan mempengaruhi jiwa dan kepribadian mereka, sehingga terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran di Kampus.
Dampak negatif internet lainnya bagi dunia pendidikan adalah dimana saat ini semakin banyaknya beredar game online yang umumnya sangat digemari oleh para pelajar maupun mahasiswa. Game online yang digunakan secara tepat waktu tentu tidak akan berdampak negatif, tetapi penggunaan game online yang berlebih juga dapat berdampak kepada para mahasiswa yang membuang-buang banyak waktu hanya bermain game, sementara lupa akan kegiatan belajar, tugas dan lainsebainya bahkan kebiasaan bermain game online yang berlebihan juga akan berdampak bagi kesehatan para mahasiswa yang setiap harinya harus menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk bermain game online.
Dengan adanya dampak-dampak negatif yang begitu menggiurkan bagi para pengguna internet khususnya mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Gorontalo bias jadi dapat meminimalisasikan kegiatan belajar seorang Mahasiswa, peluang untuk membaca mengunjungi perpustakaan, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan akan semakin sedikit.
Memang tidak dapat dipungkiri bahwasannya dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet terhadap dunia pendidikan tidaklah begitu besar bila dibandingkan dengan manfaat yang bisa diperoleh. Artinya bila kita menggunakan secara bijak, maka internet akan sangat bermanfaat, sementara bila digunakan secara tidak bijak, maka hal yang diperoleh tentunya adalah kebalikannya. Intinya penggunaan internet yang posifit dan negatif, tentu kembali kepada orang yang menggunakannya.

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Dari pembahasan di atas saya menyimpulkan bahwa, jika pepustakaan di Universitas Negeri Gorontalo ruangannya dapat didekor semenarik mungkin dan melengkapi koleksi-koleksi buku-bukunya agar dapat di temukan kembali secara mudah dan cepat jika dibutuhkan mungkin dapat meningkatkan jumlah mahasiswa yang berkunjung. Bahkan mungkin dapat melebihi pengunjung Pustikom untuk meminta atau mereset password hotspot. Dengan kelengkapan buku-buku juga dapat membantu mahasiswa yang mendapatkan referensi dalam penyusunan skripsi, tanpa harus ke kampus malam untuk search di internet referensi-refensi yang dibutuhkan.
3.2. Saran
Dan, saya menyarankan :
1. Ruang baca untuk agar ditata dengan menarik,
2. Dapat melengkapi koleksi buku-buku yang ada baik perpustakaan pusat maupun fakultas,
3. Mengatur buku-buku yang ada agar dpat dengan mudah ditemukan, dan
4. Bagi pustawan agar melayani dengan benar, walaupun yang datang berkunjung hanya mahasiswa-mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Gorontalo.

 

Pengantar Komunikasi Bisnis

23 March 2013 09:25:59 Dibaca : 201

Nama : Yunita

Nim : 921 411 159

Kelas/Prodi : D / S1 Akuntansi

Tugas : Komunikasi Bisnis

Jawaban :

Perbedaan Lambang dan Simbol

- Definisi lambang, lambang disebut juga dengan tanda. Lambang memberi tanda secara langsung, melainkan melalui sesuatu yang lain. Warna merah pada Sang Merah Putih merupakan lambang “keberanian” dan warna putih merupakan lambang “kesucian” seperti kata Ogden Richard (1972:9) lambang ini bersifat konvensional, perjanjian tetapi lambang dapat diorganisir, direkam dan dikomunikasikan. Jadi, untuk mengetahui maksud lambang-lambang itu harus mempelajarinya terlebih dahulu.

- Simbol adalah gambar, bentuk, atau benda yang mewakili suatu gagasan, benda, ataupun jumlah sesuatu. Meskipun simbol bukanlah nilai itu sendiri, namun simbol sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan penghayatan akan nilai-nilai yang diwakilinya. Simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja.

Simbol paling umum ialah tulisan, yang merupakan simbol kata-kata dan suara. Lambang bisa merupakan benda sesungguhnya, seperti salib (lambang Kristen) dan tongkat (yang melambangkan kekayaan dan kekuasaan). Lambang dapat berupa warna atau pola. Lambang sering digunakan dalam puisi dan jenis sastra lain, kebanyakan digunakan sebagai metafora atau perumpamaan. Lambang nasional adalah simbol untuk negara tertentu.

Bentuk simbol tak hanya berupa benda kasat mata, namun juga melalui gerakan dan ucapan. Simbol juga dijadikan sebagai salah satu infrastruktur bahasa, yang dikenal dengan bahasa simbol.

Pengertian BisnisMenrut para ahli

Huat, T Chwee (1990)

Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.

Steinford ( 1979)

Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

Glos, Steade dan Lowry (1996)

Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.

Musselman dan Jackson (1992)

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.

Mahmud Machfoed

Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Menurut saya bisnis adalah suatu aktivitas yang terdiri dari beberapa orang atau beberapa organisasi yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan demi kesejahteraan sendiri maupun orang lain.

Menurut saya Komunikasi Bisnis adalah suuatu proses interaksi di dalam dunia bisnis baik adanya pertukaran pendapat, pesan dan konsep yang berkaitan dengan kesejahteraan organisasi tersebut. maupun untuk menyelesaikan suatu masalah atau membuat keputusan. Semakin tinggi kedudukan seseorang dalam bisnis semakin berpengaruh pula pendapat atau pesan yang ia sampaikan.

SYNTAX AQL

12 December 2012 01:07:03 Dibaca : 514

A.      Syntax SQL

 

Berikut ini akan saya perlihatkan syntax SQL pada SQL Server untuk beberapa kasus.:

 

1.        Perintah Select

 

Perintah select adalah perintah yang digunakan untuk mengambil data yang ada di dalam table. Sintax nya adalah : SELECT field-1, field-2, .... field-n FROM namatabel

 

Contoh :
ada 3 data dari tabel mahasiswa berupa nim, nama
data-1 : | 10104417 | Kurnia Hidayat |
data-2 : | 10104422 | Ekky Patria Kencana |
data-3 : | 10104427 | Ogan Sukmawan |

 

Dengan menggunakan perintah "Select * From mahasiswa" maka akan didapatkan data2 tersebut,
| 10104417 | Kurnia Hidayat |
| 10104422 | Ekky Patria Kencana |
| 10104427 | Ogan Sukmawan |

 

2.       Klausa Where

 

Where digunakana untuk menyaring data dalam syntax/command SQL yg kita gunakan. Syntax : <arguments> WHERE <arguments> <operator> <arguments>
Tabel operator yang dapat digunakan :
   

 

Lebih besar

Lebih kecil

>=

Lebih besar sama dengan

<=

Lebih kecil sama dengan

=

Sama dengan

<> 

Tidak sama dengan

Between x and y

Antara x dan y

Like

Seperti... bla bla bla... (dengan / mengandung format tertentu)

Is Null

Kosong / Tidak memiliki nilai

In

Nilai berada di dalam tanda ( dan tanda )

 

 

 

Klausa Where Lanjutan

 

Berikut ini adalah contoh-contoh penggunaan operator pembanding tersebut dalam query

 

a.       Ambil data "barang" yang "jml" nya lebih dari 20
     SQL = " SELECT * From barang WHERE jml > 20 "

 

b.        Ambil data "nilai_mhs" yang "nilai" nya kurang dari 60
     SQL = " SELECT * From nilai_mhs WHERE nilai < 60 "

 

c.       Ambil data "barang" yang "jml" nya lebih besar sama dengan 20
     SQL = " SELECT * From barang WHERE jml >= 20 "

 

d.       Ambil data "nilai_mhs" yang "nilai" nya lebih kecil sama dengan 60
      SQL = " SELECT * From nilai_mhs WHERE nilai <= 60 "

 

e.       Hapus data "mahasiswa" yang memili "NIM" sama dengan "10104422"
      SQL = " DELETE * From mahasiswa WHERE NIM = '10104422' "

 

f.        Ambil data "barang" yang "nama_barang" nya mengandung kata "Ice"
      SQL = " SELECT * From barang WHERE nama_barang like '%Ice%' "

 

g.       Ambil data "barang" yang "kode_brg" nya berawalan "C"
      SQL = " SELECT * From barang WHERE kode_brg like 'C%' "

 

h.       Ambil data "barang" yang "kode_brg" nya berakhiran '2008'
      SQL = " SELECT * From barang WHERE kode_barang like '%2008' "

 

i.         Ambil data "barang" yang "jml" nya bernilai null
      SQL = " SELECT * From barang WHERE jml is null "

 

j.         Ambil data "mahasiswa" yang "usia" nya antara 17 - 19tahun
       
  SQL = " SELECT * From mahasiswa WHERE usia >=17 and usia<=19 "

 

 

 

3.       Klausa Order By   

 

Singkatnya, klausa ini digunakan untuk menrutkan data berdasarkan sesuatu / field. Order by ini secara defaultnya bersifat ascending (klo gak salah, hehe...)

 

Sejalan dengan order by, ada 2 buah variable lain yg dapat diikut serta kan, yakni ASC dan DESC.

 

-          ASC untuk mengurutkan data dari yang bernilai kecil hingga ke data yang bernilai besar

 

-          DESC untuk mengurutkan data dari yang bernilai besar hingga ke data yang bernilai kecil

 

 

 

 Syntax : <arguments> ORDER BY <field> <asc> / <desc>

 

Contoh dari data mahasiswa pada contoh penggunaan select dapat dilakukan :

1. "SELECT * From mahasiswa ORDER BY NIM desc"
     hasilnya adalah :
      | 10104427 | Ogan Sukmawan |droLL2011
      | 10104422 | Ekky Patria Kencana |
      | 10104417 | Kurnia Hidayat |

2. "SELECT * From mahasiswa ORDER BY nama asc"
     hasilnya adalah :
      | 10104422 | Ekky Patria Kencana |
      | 10104417 | Kurnia Hidayat |
      | 10104427 | Ogan Sukmawan |

 

 

 

4.       Aritmethic Function

 

Fungsi - fungsi aritmetika yang dapat dijalankan / diambil pada suatu SQL / data

Contoh : data awal berupa NIM, Nama Lengkap, Nilai

| 10104417 | Kurnia Hidayat | 80 |
| 10104422 | Ekky Patria Kencana | 85 |
| 10104427 | Ogan Sukmawan | 75 |


Beberapa eksekusi / function yang ada di T-SQL :

1. Sum : menjumlahkan suatu field
      syntax : "select sum(Nilai) from mahasiswa"
      result : 240

2. Max : mengambil data terbesar
       syntax : "select max(Nilai) from mahasiswa"
       result : 85

3. Min : mengambil data terkecil
       syntax : "select sum(Nilai) from mahasiswa"
       result : 75

4. Avg : menghitung nilai rata-rata
       syntax : "select avg(Nilai) from mahasiswa"
       result : 80

5. Count : menghitung banyak record
      syntax : "select count * from mahasiswa"
      result : 3

 

5.       Klausa Alternatif

 

-          Group by : mengelompokkan pemanggilan data, biasanya dilakukan untuk mengelompokkan
                        hasil kalkulasi pada fungsi aritmetika sebelumnya

 

 contoh : "SELECT kode_brg, SUM(jml) as total FROM penjualan GROUP BY kode_brg"

 

-          Distinct : membuang data yang sama (saat view mode) contoh tanpa distinct : A0001, A0001, A0002, A0003, A0002 dengan distinct : "SELECT DISTINCT kode_brg FROM penjualan" maka hasil = A0001, A0002, A0003

 

6.       Insert Comman

 

 Insert disini berarti menambahkan sebuah record baru ke dalam tabel / database yang telah ada. Ada 3 buah alternatif untuk melakukan perintah ini, yakni :

 

a.       Alternatif 1 : mengikutsertakan nama field yang ada pada table

 

"Insert into mahasiswa (NIM, Nama_Lengkap, Nilai) values ('10104417', 'Kurnia Hidayat', 80)"

 

Hasilnya adalah
       | NIM         | Nama_Lengkap | Nilai |
       | 10104417 | Kurnia Hidayat  |

 

"Insert into mahasiswa (NIM, Nama_Lengkap) values ('10104427', 'Ogan Sukmawan')"
        Hasilnya adalah
        | NIM         | Nama_Lengkap   | Nilai    |
        | 10104427 | Ogan Sukmawan | <null> |

 

b.       Alternatif 2 : tidak mengikutsertakan nama field yang ada pada table

 

(syaratnya adalah value sama dengan jumlah fieldnya)

 

"Insert into mahasiswa values ('10104422', 'Ekky Patria Kencana', 85)" Hasilnya adalah sukses :
        | NIM         | Nama_Lengkap         | Nilai |
        | 10104422 | Ekky Patria Kencana  | 85   |
 "Insert into mahasiswa values ('10104422', 85)" Hasilnya adalah ERROR karena jumlah inputan tidak sama dengan jumlah field  yang terdapat pada tabel.

 

c.       Alternatif 3 : menyalin data dari table yang memiliki field / attribut yang sama dengan field yang akan disalin (minimal sama dari type field nya)
 "Insert into mahasiswa select * from mhs" Hasilnya adalah semua data yang ada di table mhs akan dimasukkan ke table mahasiswa

 

7.       Update Command

Perintah update berarti mengubah isi field dari sebuah tabel.

Misalkan semua kuantitas barang yang ada di tabel master barang hendak direset / diubah menjadi 0,
maka dapat dilakukan dengan perintah :
     " Update msbarang set qty=0 "
Selain itu, kita juga dapat meng-update beberapa field sekaligus dengan perintah :  " Update msbarang set qty=0, min_qty=5 "

Masih ada beberapa hal lainnya yang dapat kita lakukan dengan update data.
Seperti update data dengan situasi tertentu (misal kode_brg = 'A0001' lalu update harga jual menjadi 10000)
     " Update msbarang set harga_jual = 10000 where kode_brg = 'A0001' "

 

 

 

8.       Delete Command

 

 

 

Perintah delete berarti menghapus isi field dari sebuah tabel.

 

Misalkan semua barang yang ada di tabel temporary barang hendak dihapus,
 maka dapat dilakukan dengan perintah :
      " Delete * from temp_barang"
 
 Masih ada beberapa hal lainnya yang dapat kita lakukan dengan delete data.
 Seperti delete data dg situasi tertentu
 (misal hapus semua record pada tabel barang dg kode_brg = 'A0001')
      " Delete * from barang 10000 where kode_brg = 'A0001' "

 

INNER JOIN :

 

Fungsi Inner Join Dalam SQL – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Fungsi Inner Join Dalam SQL.Setelah beberapa saat lalu saya memberikan informasi mengenai Cara Mengetahui MAC Address Dengan Visual Basic 6 kali ini saya akan memberikan sedikit artikel sederhana mengenai Fungsi Inner Join Dalam SQL.Banyak yang belum memahami mengenai apa itu Fungsi Inner Join Dalam SQL.

 

B.     Penggunaan LEFT, INNER, dan RIGHT JOIN

 

Kali ini aku sedikit sharing buat rekan-rekan semua, terutama buat yang suka dengan database MySQL. tapi g cuma database MySQL aja, buat database yang lain sepertinya hal ini bisa dicoba, mungkin sedikit bahasanya yang beda. Coz semua bahasa pemograman itu intinya sama, tinggal disesuain aja dengan logat bahasa program itu sendiri. hehehe ....

 

 

 

Ok lanjut aja yach .... mumpung masih pagi ini ( jam 6 ), ntar lagi aku mo mandi trus berangkat jadi kuli. Mungkin rekan-rekan dah tahu penggunaan query di dB MySQL, namun kali ini coba query dengan relasi antar tabel.

 

 

 

Dalam query tabel di dB ada tiga macam ( yang kuketahui saat ini ) :

 

- LEFT JOIN

 

- INNER JOIN

 

- RIGHT JOIN

 

 

 

LEFT JOIN adalah relasi antar tabel, namun query yang ditampilkan adalah mengacu pada tabel yang sebelah kiri / tabel utama.

 

misal seperti ini :

 

 

 

mysql> select * from mahasiswa order by id asc;

 

+----+--------------+----------+-----------------------+----------+

 

| id | nim | kota | fakultas | angkatan |

 

+----+--------------+----------+-----------------------+----------+

 

| 1 | A10.111.1031 | Semarang | Manajemen Informatika | 2010 |

 

| 2 | A10.111.1032 | Semarang | Teknik Informatika | 2010 |

 

| 3 | A11.111.1040 | Kudus | Manajemen Informatika | 2009 |

 

| 4 | A11.111.1041 | Salatiga | Sistem Informasi | 2009 |

 

| 5 | A11.111.1043 | Demak | Teknik Informatika | 2010 |

 

+----+--------------+----------+-----------------------+----------+

 

5 rows in set (0.05 sec)

 

 

 

mysql> select * from nim order by id asc;

 

+----+--------------+----------+

 

| id | nim | nama |

 

+----+--------------+----------+

 

| 1 | A10.111.1031 | Musthofa |

 

| 2 | A10.111.1032 | Bisri |

 

| 3 | A11.111.1040 | Alex |

 

| 4 | A11.111.1041 | Graham |

 

+----+--------------+----------+

 

4 rows in set (0.00 sec)

 

 

 

Jika kedua tabel itu kita relasi dengan LEFT JOIN maka akan menjadi seperti ini :

 

 

 

mysql> select a.id, a.nim, a.kota, a.fakultas, a.angkatan, b.nama from mahasiswa a left join nim b on a.nim=b.nim;

 

+----+--------------+----------+-----------------------+----------+----------+

 

| id | nim | kota | fakultas | angkatan | nama |

 

+----+--------------+----------+-----------------------+----------+----------+

 

| 1 | A10.111.1031 | Semarang | Manajemen Informatika | 2010 | Musthofa |

 

| 2 | A10.111.1032 | Semarang | Teknik Informatika | 2010 | Bisri |

 

| 3 | A11.111.1040 | Kudus | Manajemen Informatika | 2009 | Alex |

 

| 4 | A11.111.1041 | Salatiga | Sistem Informasi | 2009 | Graham |

 

| 5 | A11.111.1043 | Demak | Teknik Informatika | 2010 | NULL |

 

+----+--------------+----------+-----------------------+----------+----------+

 

5 rows in set (0.00 sec)

 

 

 

nah terlihat total data yang ditampilkan ada 5 baris, namun lihat pada baris kelima kolom nama, disitu tertulis NULL. kenapa NULL ? yach karena data tidak ditemukan di tabel nim.

 

 

 

Nah, jika INNER JOIN query yang ditampilkan adalah data yang sama antara tabel pertama dengan tabel kedua, misalnya kayak gini :

 

 

 

mysql> select a.id, a.nim, a.kota, a.fakultas, a.angkatan, b.nama from mahasiswa a right join nim b on a.nim=b.nim;

Normalisasi Pada Database

20 November 2012 22:10:01 Dibaca : 379

1.       Definisi

Normalisasi adalah suatu teknik untuk mengorganisasikan data ke dalam tabel-tabel untuk memenuhi kebutuhan pemakai di dalam suatu ogranisasi.

2.       Tujuan dari Normalisasi

  1. Untuk menghilang kerangkapan data
  2. Untuk mengurangi kompleksitas
  3. Untuk mempermudah pemodifikasian data

3.       Proses Normalisasi

  1. Data diuraikan dalam bentuk table, selanjutnya dianalisis berdasarkan persyaratan tertentu ke beberapa tingkat.
  2. Apabila table yang diuji belum memenuhi persyaratan tertentu, maka table tersebut perlu dipecah menjadi beberapa table yang lebih sederhana sampai memenuhi bentuk yang optimal.

4.       Tahapan Normalisasi

                 a.       Bentuk Tidak Normal

                                                                Menghilangkan perulangan group

                b.       Bentuk Normal Pertama (1 NF)

                                                                Menghilangkan Ketergantungan sebagian

c.       Bentuk Normal Kedua (2NF)                                                   

                                                                Menghilangkan Ketergantungan Transitif

                d.       Bentuk Normal Ketiga (3NF)

                                                Menghilangkan anomali-anomali hasil dari

ketergantungan fungsional

                 e.       Bentuk Normal Boyce-Codd (BCNF)

                                                                Menghilangkan ketergantungan Multivalue

                 f.        Bentuk Normal Keempat (4NF)

                                                                Menghilangkan anomali-anomali yang tersisa

                 g.       Bentuk Normal Kelima

            Normalisasi pada database perkuliahan             

          Asumsi :

  •         Seorang mahasiswa dapat mengambil beberapa mata kuliah
  •         Satu mata kuliah dapat diambil oleh lebih dari satu mahasiswa
  •         Satu mata kuliah hanya diajarkan oleh satu dosen
  •         Satu dosen dapat mengajar beberapa mata kuliah
  •         Seorang mahasiswa pada mata kuliah tertentu hanya mempunyai satu nilai

Normalisasi Pada Database,

Yang dimaksud dengan normalisasi pada database adalah proses pernormalan suatu database yang disusun agar menghindari terjadinya redudancy (kemubaziran data). Dalam melakukan normalisasi, ada beberapa tahap yang harus dilakukan,

1. Unnormalized

Pada tahap ini, kita mengambil seluruh data yang ada dan diperlukan dalam database itu sendiri. Misalnya pada contoh bon faktur di bawah ini,

Kita ambil data-data yang diperlukan pada database nantinya, sperti * Nama Supplier * Alamat Supplier * No. Telp. * No. Nota * Tanggal Transaksi * Kode Barang * Nama Barang * Harga * Quantity * Total * Subtotal * Pemberi * Penerima

2. Normal Satu

Pada tahap ini, kita bagi seluruh data yang diperlukan menjadi beberapa bagian berdasarkan jenis data tersebut,

Supplier * Nama Supplier * Alamat * No. Telp.

Transaksi * No. Nota * Kode Barang * Tanggal Transaksi * Nama Barang * Harga Barang * Satuan * Quantity * Total * Sub Total

3. Normal Dua

Pada tahap ini, kita bagi berdasarkan jenis dan memberikan primary key pada masing-masing tabel,

Supplier * Kode Supplier * Nama Supplier * Alamat * No. Telp.

Master Barang * Kode Barang * Nama Barang * Harga * Satuan

Transaksi * No. Nota * Tanggal Transaksi * Kode Barang * Nama Barang * Harga * Satuan * Quantity * Pemberi * Penerima

4. Normal Tiga

Pada tahap ini, kita bagi menjadi lebih terperinci untuk

Bahasa - bahasa DBMS

03 October 2012 20:08:25 Dibaca : 470

1.      DDL - Data Definition Language


DDL merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat, mengubah dan menghapus struktur dan definisimetadata dari objek-objek database.

Seperti definisi yang telah dijelaskan di atas, DDL adalah kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat (create), mengubah (alter) dan menghapus (drop) struktur dan definisi tipe data dari objek-objek database.

Objek-objek database pada yang dimaksud - pada MySQL - adalah sebagai berikut :

·         Database

·         Table

·         View

·         Index

·         Procedure (Stored Procedure)

·         Function

·         Trigger

Daftar Perintah DDL pada MySQL 5.0 

Berikut adalah contoh perintah DDL yang digunakan pada MySQL. Klik pada link untuk melihat rincian penggunaan dari perintah tersebut.

·           Pembuatan (create)

o    Create database

o    Create function

o    create index

o    create procedure

o    Create table

o    create trigger

o    create view

·           Perubahan (alter & rename)

o    Alter database

o    Alter function

o    Alter procedure

o    Alter table

o    Alter view

o    Rename table

·           Penghapusan (drop)

o    Drop database

o    Drop function

o    Drop index

o    Drop procedure

o    Drop table

o    Drop trigger

o    Drop view

 

2.      DML - Data Manipulation Language


DML merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk proses pengolahan isi data di dalam table seperti memasukkan, merubah dan menghapus isi data - dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database.

Beberapa daftar Perintah DML MySQL 5.0

·         Call

·         Delete

·         Do

·         Handler

·         Insert

·         Load data infile

·         Replace

·         Select

·         Truncate

·         Update

3.      DCL (Data Control Language)

     DCL merupakan sebuah metode query untuk memberikan otorisasi hak mengakses database,  mengalokasikan space, pendefinisian space, dan penggunaan database. DCL antara lain:

  • GRANT : untuk mengijinkan user untuk mengakses database
  • REVOKE GRANT : untuk membatalkan hak akses user
  • COMMIT : untuk menetapkan penyimpanan database
  • ROLLBACK : untuk membatalkan penyimpanan database.

4.      Bagian DML ada yang disebut dengan DQL (bahasa query);

 

 

Query sesungguhnya berarti pertanyaan atau permintaan. Istilah ini tetap dipertahankan dalam bentuk asli, karena telah populer dikalangan pengguna DBMS di Indonesia.

Contoh :

Meminta informasi NIM dan NAMA pada table Mahasiswa Khusus untuk record dengan kode JUR=TI