ARSIP BULANAN : March 2013

Pengantar Komunikasi Bisnis

23 March 2013 09:25:59 Dibaca : 202

Nama : Yunita

Nim : 921 411 159

Kelas/Prodi : D / S1 Akuntansi

Tugas : Komunikasi Bisnis

Jawaban :

Perbedaan Lambang dan Simbol

- Definisi lambang, lambang disebut juga dengan tanda. Lambang memberi tanda secara langsung, melainkan melalui sesuatu yang lain. Warna merah pada Sang Merah Putih merupakan lambang “keberanian” dan warna putih merupakan lambang “kesucian” seperti kata Ogden Richard (1972:9) lambang ini bersifat konvensional, perjanjian tetapi lambang dapat diorganisir, direkam dan dikomunikasikan. Jadi, untuk mengetahui maksud lambang-lambang itu harus mempelajarinya terlebih dahulu.

- Simbol adalah gambar, bentuk, atau benda yang mewakili suatu gagasan, benda, ataupun jumlah sesuatu. Meskipun simbol bukanlah nilai itu sendiri, namun simbol sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan penghayatan akan nilai-nilai yang diwakilinya. Simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja.

Simbol paling umum ialah tulisan, yang merupakan simbol kata-kata dan suara. Lambang bisa merupakan benda sesungguhnya, seperti salib (lambang Kristen) dan tongkat (yang melambangkan kekayaan dan kekuasaan). Lambang dapat berupa warna atau pola. Lambang sering digunakan dalam puisi dan jenis sastra lain, kebanyakan digunakan sebagai metafora atau perumpamaan. Lambang nasional adalah simbol untuk negara tertentu.

Bentuk simbol tak hanya berupa benda kasat mata, namun juga melalui gerakan dan ucapan. Simbol juga dijadikan sebagai salah satu infrastruktur bahasa, yang dikenal dengan bahasa simbol.

Pengertian BisnisMenrut para ahli

Huat, T Chwee (1990)

Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.

Steinford ( 1979)

Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

Glos, Steade dan Lowry (1996)

Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.

Musselman dan Jackson (1992)

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.

Mahmud Machfoed

Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Menurut saya bisnis adalah suatu aktivitas yang terdiri dari beberapa orang atau beberapa organisasi yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan demi kesejahteraan sendiri maupun orang lain.

Menurut saya Komunikasi Bisnis adalah suuatu proses interaksi di dalam dunia bisnis baik adanya pertukaran pendapat, pesan dan konsep yang berkaitan dengan kesejahteraan organisasi tersebut. maupun untuk menyelesaikan suatu masalah atau membuat keputusan. Semakin tinggi kedudukan seseorang dalam bisnis semakin berpengaruh pula pendapat atau pesan yang ia sampaikan.