ARSIP BULANAN : September 2012

Tugas 1 pengantar aplikasi komputer

17 September 2012 12:21:28 Dibaca : 108

Tugas : 1 Pengantar Aplikasi Komputer

 

                                               

 

                                                “Pengenalan Komputer”

 

 

 

1.Pengertian Komputer

 

Secara sederhana komputer dapat didefinisikan sebagai suatu alat elektronik yang dapat digunakan untuk :

 

1) Mengetik, menggambar, membuat grafik, dan lain-lain;

 

2) Mengolah data, mengurut, memilah, mengelompokkan;

 

3) Menyimpan data (merubah, menambah, menghapus);

 

4) Mengoperasikan CD gambar (film) maupun musik;

 

5) Berkomunikasi antar komputer satu dengan yang lain (jaringan lokal, jaringan

 

antar gedung, jaringan antar kota/negara), baik dengan teks, suara, maupun

 

gambar (teleconference).

 

2.Bagian/ Perangakat computer.

 

 

 

a.Input device, input device atau perangakat masukan terdiri dari: Keyboard,Scanner,Mouse,Joystik,dll.

 

b.Proses device, Proses device atau  perangkat pemroses data yang terdiri dari CPU ( Central Prosesing Unit) dan Prosesor.

 

c.Output device, Output device merupakan perangkat keluaran data, contohnya Monitor,Printer,Speaker,LCD projector dll.

 

d.Storage device, storage device atau perangkat penyimpanan data terdiri atas Plash disk,disket,harddisk,RAM ( Random akses memory ).

 

 

 

3.Istilah - Istilah yang berkaitan dengan berfungsinya komputer adalah

 

a. Hardware (Perangkat Keras)

 

Perangkat keras sistem komputer dapat diklasifikasikan dalam 3 (tiga) kelompok yaitu: Memori, Central Processing Unit (CPU), dan Input/Output (I/O). Unit-unit ini terhubung satu dengan yang lainnya. Unit-unit I/O digunakan untuk komunikasi antara representasi informasi internal dari sinyal-sinyal elektris dalam komputer dengan representasi eksternal seperti terminal, printer, dan alat-alat sensor atau kontrol. Program program tersimpan dalam memori dan dikerjakan oleh CPU. CPU membaca deskripsi, atau representasi tiap program dari memori, membaca data yang diperlukan untuk setiap langkah mengeksekusi atau memproses setiap langkah program, kemudian mengembalikan hasilnya ke memori yang sesuai. Komputer menerima informasi yang dikodekan melalui unit-unit masukan seperti keyboard, mouse, joysticks dan lain-lain. Fungsi memory adalah menyimpan program-program dan data-data yang digunakan pada unit pemroses. Data yang telah diolah oleh unit pemroses akan ditampilkan melalui unit output yang dapat berupa monitor, printer, speaker dan lainlain. Seluruh kegiatan ini dikoordinasikan oleh unit kendali (Control Unit).

 

 

 

2. Software (Perangkat Lunak)

 

Berisi kumpulan kode-kode dalam bahasa pemrograman tertentu untuk menjalankan proses

 

tertentu.

 

 

 

3. Brainware (Manusia)

 

Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

 

 

 

4. Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer

 

Sistem operasi atau Operating System merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi menjembatani antara perangkat keras komputer dengan manusia selaku pengguna maupun dengan software-software yang akan dijalankan pada perangkat komputer tersebut. Sebagai perantara berarti sistem operasi mempunya tugas. mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari keseluruhan sistem komputer. Sistem operasi yang akan mengatur semua operasi dari perangkat keras komputer, dengan demikian pemakai komputer tidak perlu harus berhubungan dan mengerti betul bagaimana perangkat keras bekerja. Dua sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan sampai saat ini adalah DOS (Disk Operating System) dan Windows, yang keduanya adalah merupakan produk perusahaan software Microsoft. Perbedaan yang mendasar antara DOS™ dan Windows™ adalah terletak pada aplikasi yang mendukungnya. DOS™ hanya mendukung aplikasi yang berbasis teks sedangkan Windows™ dapat mendukung aplikasi yang berbasis grafik dengan Graphical User Interface (GUI).