ARSIP BULANAN : February 2013

kekerasan dalam rumah tangga

27 February 2013 17:08:29 Dibaca : 181

Kekerasan dalam rumah tangga saat ini selalu terjadi. Dalam rumah tangga terdapat kekerasan fisik dan psikis. Kekerasan fisik seperti memukul sedangkan yang psikis yaitu membentak. Seorang anak yang mendapat perlakuan seperti itu dari orang tuanya berhak mengadu karena terdapat UU perlindungan anak. Dalam suatu keluarga, apabila terdapat pembantu maka pembantu rumah tangga tersebut termasuk dalam anggota keluarga, jadi kita tidak bisa berlaku kasar kepada seorang pembantu, karena pembantu berhak mengadu.

Terdapat dua delik yaitu delik umum dan delik aduan. Kekerasan dalam rumah tangga ini masuk dalam delik aduan. Delik yaitu suatu perbuatan pidana, delik adauan yaitu perbuatan pidana yang memerlukan aduan dari orang lain.

Ada beberapa pertanyaan yang muncul yang pertama "Ada seorang anak yang trauma dengan perlakuan kedua orang tuanya yang sering bertengkar, dan akhirnya anak tersebut memilih jalan pintas dengan cara bunuh diri, nah apakah kedua orang tuanya ini mendapat hukuman ?". Seorang anak yang merasakan hal tersebut berhak mengadu kepihak yang berwajib, dan hal ini akan diproses dalam rana hukum.

Ada lagi pertanyaan yang muncul "Mengapa pencuri ayam langsung dipenjara dibandingkan dengan pelaku korupsi" delik dapat dipenjara apabila dalam delik tersebut terdapat saksi yang lebih dari dua orang dan barang bukti. Nah, pencuri ayam ini memiliki bukti dan ada yang sempat menyaksikan peristiwa itu(saksi), oleh karenanya delik itu langsung dipenjara. Dibandingkan dengan pelaku korupsi yang hanya isu ataupun gosip tanpa ada saksi dan bukti yang pasti, itu penyebabnya maka pelaku korupsi tidak langsung dipenjara.

Nama-nama-rasi-bintang dan artinya,

25 February 2013 10:00:33 Dibaca : 219

Tahukah anda ada berapa banyak jumlah dari Rasi Bintang yang ada di Jagat Raya ini? Pada sidang umumnya yang pertama tahun 1922, Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union) atau yang disingkat IAU secara resmi mengadopsi daftar modern 88 rasi. Dalam sidang umum tersebut diputuskan juga penggunaan secara eksklusif nama latin dan singkatan dengan tiga huruf dalam penyebutannya. Namun di sini hanya akan ditampilkan nama-nama Rasi Bintang itu serta artinya saja. Berikut nama-nama ke-88 Rasi Bintang itu serta artinya dalam bahasa Indonesia:

Andromeda (Putri Andomeda) Antlia (Pompa Air) Apus (Cendrawasih) Aquarius (Pembawa Air) Aquila (Elang) Ara (Altar) Aries (Domba Jantan) Auriga (Sais Kereta Perang) Bootes (Pengembala) Caelum (Pahat) Camelopardalis (Jerapah) Cancer (Ketam) Canes Venatici (Anjing-anjing Pemburu) Canis Major (Anjing Besar) Canis Minor (Anjing Kecil) Capricornus (Kambing Laut) Carina (Lunas Kapal Argo) Cassiopeia (Ratu Ethiopia) Centaurus (Centaur) Cepheus (Raja Ethiopia) Cetus (Ikan Paus) Chamaeleon (Bunglon) Circinus (Kompas) Columba (Merpati) Coma Berenices (Rambut Berenice) Corona Australis (Mahkota Selatan; Yunani Kuno - Ptolemaeus) Corona Borealis (Mahkota Utara) Corvus (Burung Gagak) Crater (Cangkir) Crux (Salib Selatan) Cygnus (Angsa) Delphinus (Lumba-lumba) Dorado (Ikan Todak) Draco (Naga) Equuleus (Kuda kecil) Eridanus (Sungai) Fornax (Tungku) Gemini (Kembar) Grus (Burung bangau) Hercules (Hercules, anak Zeus) Horologium (Jam) Hydra (Naga laut) Hydrus (Ular air) Indus (Indian) Lacerta (Kadal) Leo (Singa) Leo minor (Singa kecil) Lepus (Kelinci) Libra (Timbangan) Lupus (Serigala) Lynx ( Lynx) Lyra (Harpa) Mensa ( Meja) Microscopium (Mikroskop) Monoceros (Kuda Bertanduk) Musca (Lalat) Norma (Timabangan Datar) Octans (Oktan) Ophiucus (Tangan Naga) Orion (Pemburu) Pavo (Merak) Pegasus (Kuda bersayap) Perseus (Perseus) Phoenix (Phoenix) Pictor (Kuda-kuda) Pisces (Ikan) Piscis Austrinus (Ikan Selatan) Puppis (Buritan kapal Argo) Pyxis (Kompas kapal Argo) Reticulum (Jaring) Sagitta (Anak Panah) Sagittarius (Pemanah) Scorpius (Kalajengking) Sculptor (Alat Pemahat) Scutum (Perisai) Serpens (Ular) Sextans (Sekstan) Taurus (Lembu Jantan) Telescopium (Teleskop) Triangulum (Segitiga) Triangulum Australe (Segitiga Selatan) Tucana (Burung tukan) Ursa Major (Beruang Besar) Ursa Minor (Beruang Kecil) Vela (Layar Kapal Argo) Virgo (Sang Perawan) Volans (Ikan Terbang) Vulpecula (Rubah)

Read more: http://spicaku.blogspot.com/2011/12/nama-nama-rasi-bintang-dan-artinya.html#ixzz2Ls9BLCm6

 

Missteri-Misteri tentang Bulan

25 February 2013 09:54:17 Dibaca : 202

Usia Bulan:

Usia bulan lebih tua dari yang diperkirakan, bahkan diperkirakan lebih tua daripada bulan dan matahari itu sendiri! Umur Bumi paling tua yang bisa diperkirakan adalah 4.6 Milyar tahun. Sementara itu batuan Bulan malah sudah berumur 5.3 Milyar tahun. Bulan lebih tua 1 milyar tahun ketimbang Bumi!

Lebih keras diatas:

Normalnya sebuah planet akan keras di dalam dan makin lama makin lembut diatas, seperti bumi kita. Tidak demikian hal nya dengan bulan. Bagian dalam bulan seperti berongga, sementara bagian atasnya keras sekeras Titanium. Hal ini lah yang menyebabkan bahwa bulan bagaimanapun juga sangat kuat dan tahan serangan. Kawah terbesar di Bulan berdiameter 300KM, dengan kedalaman hanya 6.4KM. Sementara itu, menurut hitungan ilmuwan, jika batuan yang menubruk bulan tadi, menubruk Bumi, maka akan terbentuk lubang paling tidak sedalam 1.200KM!

Bulan yang berongga juga dibuktikan saat kru Apollo yang meninggalkan Bulan, membuang kembali sisa pesawat yang tidak digunakan kembali ke Bulan . Hasilnya, sebuah gempa dan gema pada permukaan bulan terjadi selama 15 menit. Penemuan ini diulang kembali oleh kru Apollo 13, yang kali ini jatuh lebih keras, menimbulkan gema selama 3 jam 20 menit.

Ibaratnya seperti sedang membunyikan lonceng yang kemudian berdentang, hanya saja karena tidak ada udara, maka suara dentang lonceng yang dihasilkan tidak bisa didengar oleh manusia. Sementara itu, penemuan ini dipertanyakan oleh Carl Sagan, bahwa satelit alamiah nggak mungkin kopong dalam nya.

Bebatuan Bulan:

Asal usul batuan dan debu bulan sendiri tidak jelas, karena perbedaan komposisi pembentuk bulan yang berbeda sekali dengan komposisi batuannya. Batu yang pernah diambil team apollo sebesar 380KG lebih, menunjukkan ada nya bahan unik dan langka seperti Titanium murni, kromium, itrium, dan lain lain. Logam ini sangat keras, tahan panas, anti oksidasi. Jenis logam ini tidak terdapat secara alamiah di alam, dan jelas tidak mungkin terbentuk secara alamiah.

Para ilmuwan juga mengalami kesulitan menembus sisi luar bulan sewaktu mereka mengebor bagian terluar bulan. Setelah di teliti, bagian yang di bor tadi adalah sebuah mineral dengan kandungan titanium, uranium 236 dan neptunium 237. Bahan bahan super keras anti karat, yang juga tidak mungkin terbentuk secara alamiah, karena digunakan di bumi untuk membuat pesawat stealth. Kemungkinan besar, ini logam hasil sepuhan manusia!

Batuan bulan juga entah bagaimana sangat magnetik. Padahal tidak ada medan magnet di Bulan itu sendiri. Berbeda dengan bumi yang banyak sekali mengandung medan magnet.

Air menguap:

Pada 7 Maret 1971, instrumen bulan yang dipasang oleh astronot merekam adanya air melewati permukaan bulan. Uap air tadi bertahan hingga 14 jam dan menutupi permukaan seluas 100 mil persegi.

Ukuran bulan = Matahari?

Bulan bisa menutupi matahari dalam gerhana bulan total, tapi ukurannya tidak sama. Yang menarik, jarak matahari ke bumi persis 395 kali lipat jarak bulan ke bumi, sedangkan diameter matahari persis 395 kali diameter bulan. Pada saat gerhana matahari total, ukuran bumi dan bulan persis sama, sehingga matahari bisa tertutup bulan secara sempurna. Hitungan ini terlalu cermat dan akurat jika hanya merupakan kebetulan astronomi semata.

Orbit yang aneh:

Orbit bulan merupakan satu satunya yang benar benar hampir bulat sempurna dari semua sistem tata surya kita. Berat utama bulan terletak lebih dekat 6000 kaki ketimbang pusat geometris nya, yang harusnya justru mengakibatkan orbit lengkung. Sesuatu yang tidak diketahui telah membuat bulan stabil pada poros nya. Suatu teori yang belum di yakini benar adanya juga mengatakan bahwa wajah bulan yang selalu sama di setiap hari nya karena adanya suatu hal yang menyebabkan itu. Yang pada intinya, tetap suatu kebetulan astronomi.

Asal usul bulan:

Teori bahwa bulan tadinya adalah sebagian dari bumi yang mental keluar bumi karena tumbukan hebat di masa lalu hampir saja di setujui oleh semua orang, setelah sebelumnya mereka mengira bahwa bulan terbentuk dari debu debu angkasa yang mampat menjadi satelit bumi. Belakangan ini teori menyebutkan bahwa jika bagian sebesar bulan terambil dari bumi, maka bumi tidak akan bisa bulat seperti sekarang. Dan jika bulan tidak berongga, maka tidak mungkin bulan bisa berada menjadi satelit bumi. Terlalu berat dan bulan akan menghantam bumi.

Teori teori asal usul bulan kembali dipertanyakan, dan teori paling gila sepanjang sejarah mulai muncul, bahwa bulan diciptakan dengan sengaja oleh manusia terdahulu sebagai alat bantu dalam navigasi dan juga astronomi!

Bulan adalah kapal luar angkasa?

Kesempurnaan bulan yang keterlaluan, dan berbagai anomali yang ada dibulan, plus ditambah banyaknya benda benda terbang tak dikenal di bulan membuat banyak pihak mengatakan bahwa kemungkinan besar bulan adalah sebuah pesawat luar angkasa super besar yang diciptakan oleh mahluk cerdas pendahulu kita. Dan bulan BELUM ditinggalkan oleh penghuni nya! Semua kru Apollo dan astronot astronot lain atau peneliti bulan, semuanya telah melihat cahaya cahya adan benda benda terbang tak dikenal yang lalu lalang diantara bulan, muncul dan hilang begitu saja, bahkan selalu menyertai setiap kedatangan dan kepergian para team astronot yang mengunjungi bulan.

Read more: http://spicaku.blogspot.com/2012/01/misteri-misteri-tentang-bulan.html#ixzz2Ls7fvGxl

capella-bintang-kembar-di-langit-utara.

25 February 2013 09:51:52 Dibaca : 168

Capella, adalah bintang paling terang dalam rasi Auriga. Di langit malam Capella merupakan bintang paling terang keenam serta bintang ketiga di langit belahan utara setelah Arcturus dan Vega. Sebenarnya Capella merupakan sebuah bintang ganda yang terdiri atas dua bagian saling edar setiap 104 hari.

Bintang ganda ini adalah sepasang bintang yang dihubungkan oleh gravitasi. Sebagian besar pasangan tampak sebagai bintang tunggal bagi mata telanjang, tetapi dapat terlihat terpisah dengan teleskop. Namun beberapa diantaranya begitu saling dekat sehingga adanya pasangan hanya dapat disimpulkan dari analisa cahaya gabungan keduanya. Dalam beberapa pasangan bintang, mereka secara berkala saling menghalangi. Maka dapat kita simpulkan bahwa Capella merupakan sebutan untuk sepasang bintang tertentu.

Bintang ini berukuran raksasa berwarna kuning dengan temperatur kurang lebih sama dengan Matahari. Menurut para ilmuwan ukuran Capella lebih besar 10 kali dibanding Matahari serta memiliki massa 2,5 kali massa Matahari. Kecemerlangan bintang kembar ini yaitu 50 kali, sementara pasangannya 80 kali dari matahari.

Bintang yang terletak di rasi Auriga ini tergolong sebagai bintang ganda "dekat", dimana sifat kegandaannya tidak dapat diamati melalui teleskop. Keduanya saling mengedari dalam jarak 60 juta mil atau kira-kira dua pertiga jarak Bumi dan Matahari dengan jarak salah satu yang terdekat dengan bumi adalah 42 tahun cahaya.

Kedua bintang ini sedang mendekati tahap pendinginan yang akan mendekati tahapan sebagai bintang raksasa merah. Ini menunjukan Capella sedang menanti ajalnya karena pembakaran hidrogen pada intinya telah memasuki fase berahir.

Capella dikenal juga sebagai salah satu bintang sumber sinar X. Diduga, hal ini berasal dari aktifitas magnetik serupa dengan yang terjadi pada permukaan Matahari kita, namun masih belum dapat dipastikan antara keduanya bintang mana yang memancarkan sinar X tersebut.

Di belahan lagit sebelah utara, Capella bersinar hampir tepat diatas kepala pada setiap musim dingin. Sedangkan Arcturus sebagai bintang paling cemerlang pada rasi tersebut muncul pada musim semi disertai Vega pada musim panas. Walaupun ketiganya terlihat sama cemerlang, namun sebenarnya agak berbeda dalam penampakan maupun sifat-sifatnya. Arcturus relatif dingin dengan warna jingga, sementara Vega lebih panas dengan warna putih, sedangkan Capella sendiri berwarna kekuningan dengan temperatur menengah di antara keduany

sumber :http://spicaku.blogspot.com/2012/01/capella-bintang-kembar-di-langit-utara.html#ixzz2Ls6zAtuH

bumi-memiliki-dua-buah-bulan-benarkah....?

25 February 2013 09:49:06 Dibaca : 178

Tidak hanya memiliki satu, tapi bahkan dua buah bulan yang dimiliki oleh bumi kita. Menurut sebuah penelitian, para pakar astronomi berhasil menemukan sebuah benda dengan masa berisi titanium dan berwarna putih.

Awalnya para pakar menduga bahwa benda tersebut merupakan bangkai dari satelit buatan manusia yang telah rusak. Namun dugaan sementara para pakar astronomi ini ternyata telah keliru, setelah berhasil dipastikan, ternyata benda itu adalah sebuah bulan yang berotasi mengelilingi bumi. Bulan baru tersebut kemudian diberi nama 2006 RH120.

Tapi tunggu dulu, ukuran 2006 RH120 sebagai sebuah bulan bagi bumi memang dianggap terlalu amat sangat kecil sekali karena ukuran 2006 RH120 hanya beberapa meter saja. Meski demikian 2006 RH120 tetap setia berotasi mengelilingi bumi sepanjang masa seperti bulan yang telah kita ketahui sebelumnya, itulah sebabnya, para pakar astronomi menganggap 2006 RH120 adalah sebuah bulan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang 2006 RH120, para pakar astronomi tidak dapat menerbangkan satelit ke benda itu mengingat ukuran yang dimiliknya sangat kecil, jadi, kita tunggu saat 2006 RH120 berotasi mendekati bumi dan kita akan lebih mudah melakukan penelitian terhadapnya.

sumber: Read more: http://spicaku.blogspot.com/2012/01/bumi-memiliki-dua-buah-bulan-benarkah.html#ixzz2Ls6B4r9Q,http://spicaku.blogspot.com/2012/01/bumi-memiliki-dua-buah-bulan-benarkah.html