Manfaat Energy Matahari

02 February 2013 16:38:33 Dibaca : 803

“Manfaat Energy Matahari”

Matahari merupakan salah satu ciptaan Allah yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan semua makluk di dunia.Radiasi energy maatahari yang dipancarkan kebumi,sangat memberikan kegunaan baik kita sebagai manusia,hewan,maupun tumbuhan.

Bagi kita manusia energy matahari memberikan kegunaan sebagai berikut:

  • Ditinjau dari segi kesehatan:
  1. sinar matahari mengandung vitamin D yang dibutuhkan manusia,yaitu untuk membantu pembentukan tulang dan gigi,dll.
  2. Sinar matahari pagi membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh manisia.
  3. Energy matahari dapat mencegah penyakit seperti kolesterol dan lain sebgainya.
  • Manfaat lain dari sinar matahari,selain untuk kesehatan yaitu:
  1. Dengan adanya sinar matahari yaitu pada musim panas dapat membantu segala macam aktifitas para petani misalnya,bagi petani beras sinar matahari yang stabil yang sesuai dengan tekanan udara,suhu,dll dapat menunjang suksesnya tidaknya panen beras,
  2. Sinar matahari juga dimanfaatkan masyarakat ketika mereka hendak mengeringkan pakaian,dan rata rata masyarakat saat ini memanfaatkan sinar matahari dalam proses pengeringan entah itu padi,dan lain sejenisnya.

Selain memberikan manfaat bagi manusia,energy matahari juga sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan.Bagi tumbuhan energy yang dipancarkan oleh mnatahari sangat memberikan peran dalam proses potosintesis,potosintesis adalah pembuatan makanan pada tumbuhan yang berfungsi untuk menghasilkan karbohidrat,dll.

Akan tetapi selain memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia,energy dari sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kehidupan.contohnya,sinar ultra violet yang berasal dsari mtahari dapat menyebabkan kerusakan pda kulit manusia.selain itu dapat menyebabkan kekeringan yang berakibat pada kehidupan kita juga,yaitu tumbuhan dapat mati,kita dapat kekurangan air bersih,dan lain sebagainya.

Jadi pada kesimpulannya energy matahari dapat memberikan manfaat bagi kehidupan, akan tetapi dapat pula memberikan dampak yang kurang baik bagi kita,. Namun kita sebagai makluk ciptaan Allah SWT,patut bersyukur dengan apa yang diciptakan dan dianugrahkan Allah kepada kita,sebab Allah senantiasa memberikan sesuatu kepada makluknya pasti ada manfaat dan dampaknya….

“Semoga bermanfaat”

Sekian dan terimah kasih, “Meyske Ali” JJ