ARSIP BULANAN : March 2013

sistem operasi

23 March 2013 17:00:10 Dibaca : 112

 

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan.

Lisensi merupakan izin,dansipembuatlisensiadalah developer. Software terbagi atas duayaitu; software berlisensi, danfree software.Sedangkan free software saling berkaitan dengan open source. Desktop adalah interface antarapenggunadan software, dan free software jembatan antara pengguna dan software.

manfaat dari tujuan open source adalah mempermudah dalam mendapatkan informasi, serta pengguna dapat mengakses bebas software sebab telah mendapatkan perijinan dari lisensi.