Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Yang Membandel

06 January 2017 19:04:35 Dibaca : 1983

Karang gigi adalah masalah serius selain gigi bolong, karang gigi memang sangat susah dihilangkan apalagi dengan cara alami sekalipun. Karang gigi sangatlah mengaggu penampilan, Orang yang memiliki karang gigi akan di cap sebagai orang yang jorok dan kurang menjaga tubuhnya.

Penyebab karang gigi ada berbagai macam, salah satunya adalah karena faktor kurang rajin gosok gigi dan kurang rutin periksa ke dokter, waktu yang ideal untuk memerikasa ke dokter gigi adalah 6 bulan sekali. Untuk itu saya akan menyajikan beberapa cara menghilangkan karang gigi terutama yang sudah mangeras dan sulit dibersihkan. Simak baik-baik cara-cara berikut ini.
Cara Mehilangkan Karang Gigi
1.Konsumsi Apel
Apel merupakan buah yang kaya vitamin dan manfaat. Buah yang satu ini mudah untuk ditemukan dan kadang disajikan di meja makan. Banyak orang yang menggunakan buah apel untuk keperluan diet. Selain itu apel memiliki manfaat yang lain yaitu dapat membantu menghilangkan karang gigi yang mengeras. Konsumsi buah apel dengan cara dikunyah minimal satu buah setiap harinya.

2. Kulit Jeruk
Jeruk merupakan buah yang kaya vitamin C. Pastinya kalau Anda memakan buah jeruk pasti akan membuang kulitnya. Tapi, tahukah kamu bahwa kulit jeruk juga memiliki manfaat. Manfaat dari kulit jeruk antara lain untuk mencerahkan kulit. Jangan salah masih ada manfaat lain dari si kulit jeruk ini yaitu dapat mengurangi karang gigi. Karang gigi pastinya sangat mengganggu penampilan dan kesehatan gigi. Lalu, bagaimana caranya? Pertama kamu bersihkan dulu gigi kamu dengan cara menyikatnya. Kemudian, gosoklah gigi yang berkarang dengan kulit jeruk tersebut. Lakukanlah secara teratur dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Baking Soda dan Salt Mixture
Sudah banyak diketahui bahwa baking soda merupakan salah satu bahan penting untuk pengemban roti. Manfaat lain baking soda dalam bidang kesehatan adalah untuk memutihkan gigi. Tapi tahukah kamu apabila baking soda dicampur dengan garam dapat mengurangi karang gigi atau plak pada gigi. Caranya cukup celupkan sikat gigi ke campuran baking soda dan garam, lalu gosokkan pada gigi yang berplak atau yang berkarang gigi setelah selesai jangan lupa untuk berkumur.

6.Sikat Gigi dengan benar
Menyikat gigi merupakan hal biasa yang dilakukan setiap orang, namun banyak orang yang tidak mengetahui cara menyikat gigi yang benar. Menyikat gigipun perlu aturan dan teknik. Untuk menghindariplak pada gigi atau untuk mencegah karang gigi lebih baik rajin – rajinlah menyikat gigi secara teratur dengan teknik yang benar apalagi sehabis kamu makan. Ingat, jangan menyikat gigi terlalu keras karena malah dapat merusak lapisan luar gigi. Gunakanlah sikat gigi yang lembut dan benang gigi untuk membersihkan sela – sela gigi yang tidakdapat dijangkau sikat.

5. Kunyah Buah dan Sayuran
Mulailah terbiasa mengkonsumsi buah dan sayuran. Selain untuk kesehatan tubuh dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ternyata mengunyah buah dan sayuran mentah juga dapat mengurangi plak pada gigi kamu loh. Kunyahlah buah – buahan dan sayur – sayuran mentah setelah makan, hal itu dilakukan untuk membersihkan sisa makanan setelah kamu makan dan dapat juga unutk memperkuat gusi serta gigi. Kunyahlah sepeprti wortel, seledri, apel, pisang, melon.

6. Mengunyah Biji Wijen
Biji wijen banyak digunakan untuk topping atau taburan makanan seperti onde – onde dan martabak. Selain menjadi taburan makanan, mengunyak gigi wijen dapat mengurangi plak gigi. Setelah dikunyah jangan ditelan. Sikatlah gigi dengan sikat gigi kering atau tanpa pasta gigi dengan biji wijen yang masih dimulut.
Demikian adalah bebrapa bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi yang sudah mengeras , yang wajib anda coba dirumah.
Sumber