3 Jenis Kayu Yang Tepat Untuk Membuat Pintu Masjid Moderen

04 February 2018 16:15:55 Dibaca : 1007

Perkembangan jaman tidak hanya membuat teknologi semakin maju, namun juga mulai terjadi perubahan budaya. Salah satu contohnya adalah gaya bangunan yang lebih modern, tidak hanya rumah tapi juga masjid. Bentuk bangunan akan berumah menajdi lebih sederhana, minimalis namun terlihat moderen. Pada masjid, tidak hanya bentuk arsitekturnya yang berubah namun juga bagian-bagian lainnya seperti konsep ruangan, jendela bahkan pintunya akan berubah menjadi pintu masjid moderen.


Pintu masjid moderen biasanya tidak memiliki detail ukiran yang rumit, tidak terlalu banyak motif pada pintu. Pintu moderen akan terlihat lebih polos dengan sedikit hiasan pada pintu karena pintu moderen yang minimalis identik dengan pintu yang sederhana. Cukup dengan ukiran garis bergelombang, garis lurus, garus persegi ataupun garis membulat pada pintu sudah mampu memberikan keindahan pada pintu. Untuk pintu minimalis pada masjid, biasanya digunakan warna yang netral dan juga cerah sehingga akan terlihat lebih moderen dan terlihat elegan.
Memilih bahan yang tepat untuk pintu masjid moderen sangat penting, karena sebagai jalur masuk utama pada masjid. Kekuatan pintu juga harus dipikirkan, karena tidak ada yang menginginkan masjid kebobolan maling. Berikut adalah beberapa jenis kayu yang tepat digunakan untuk membaut pintu dengan konsep moderen.


1. Kayu Merbau


Kayu merbabu sangat awet karena tahan terhadap jamur dan juga rayap kayu kering. Bahkan kayu merbau tetep bertahan walaupun sering terkena air karena termasuk salah satu jenis kayu yang tahan terhadap penggerek laut yang dapat merusak kayu.


2. Kayu Akasia


Warna kayunya mirip dengan kayu jati dan jenis kayu ini merupakan pengganti kayu jati yang sekarang sudah mulai sulit untuk didapatkan. Kayu akasia tahan air karena memiliki pori-pori yang sangat rapat sehingga air tidak akan masuk kedalam kayu.


3. Kayu Kamper Samarinda


Harga kayu kamper samarinda lebih murah bila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, bahkan kayu ini terbilang cukup kuat dan kayunya sangat halus. Walau begitu kayu ini adalah tipe kayu lembut sehingga kemungkinan untuk berubah bentuk tinggi.

tempat jual karpet masjid murah