ARSIP BULANAN : June 2021

TUGAS 2

04 June 2021 16:38:56 Dibaca : 10

Nama : Zainudin B. Salum

Nim : 151418149

Mata Kuliah : Hubungan Sekolah dan Masyarakat

Rangkuman

Pentingnya Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

Hubungan sekolah dengan masyarakat pada hakikatnya merupakan suatu sarana yang sangat berperan dalam membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik disekolah. Sekolah dan masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat dalam mencapai tujuan sekolah atau pendidikan secara efektif dan efisien.

Jenis jenis hubungan sekolah dan  masyarakat

Hubungan edukatif, merupakan hubungan kerjasama dalam  hal mendidik, yaitu antara guru dan orang tua di dalam  keluarga.

Hubungan kultural, ialah usaha kerjasama antara sekolah dengan  masyarakat yang  memungkinkan  adanya saling membina dan mengembangkan kebudayaan  masyarakat tempat sekolah  itu berada.

Hubungan isntitusional, yakni hubungan kerjasama antara sekolah dengan lembaga lembaga atau instansi instansi resmi lain. 

Fungsi dan tujuan  hubungan sekolah dan masyrakat

Fungsi pokok dari keduanya adalah menarik simpati masyarakat dan publik, sehingga dapat meningkatkan relasi serta animo masyarakat terhadap sekolah  tersebut  yang  mampu menambah  “ income “ bagi sekolah yang bermanfaat terhadap tercapainnya tujuan yang telah di tetapkan. Sedangkan tujuan  hubungan  sekolah dengan masyarakat ialah, meningkatkan popularitas sekolah dimata masyarakat sehingga prestise sekolah dapat  meningkat  pula, memajukan  kualitas pembelajaran  dan pertumbuhan anak , memperkokoh tujuan  serta meningkatkan kualits hidup dan penghidupan masyarakat.

Sekolah dan masyarakat memiliki hubungan  timbal balik untuk menjaga kelestarian  dan  memajukan masyrakat itu sendiri. Sekolah diselenggarakan untuk dapat menjaga kelestarian nilai nilai masyarakat, dengan harapan  sekolah dapat mewariskan nilai nilai yang di miliki masyarakat dengan baik dan benar. Sekolah juga berperan sebagai agen perubahan , dimana sekolah  dapat mengadakan perubahan nilai nilai dan tradisi sesuai dengan kemajuan dan tuntutan  masyarakat dalam kemajuan dan pembangunan. 

Hubungan sekolah dan masyarakat dilakukan untuk mejembatani kebutuhan yang dibutuhkan oleh sekolah dan masyarakat itu sendiri. Sekolah melakukan komunikasi dengan masyarakat agar memahami kebutuhan pendidikan dan pembangunan masyarakat. 

Hubungan sekolah dan masyarakat dapat diakatakan sebagai usaha kooperatif untuk menjaga dan mengembangakan saluran informasi dua arah  yang efisien serta saling pengertian anatara sekolah, personil sekolah dan anggota masyarakat.

Tugas 1

04 June 2021 16:33:56 Dibaca : 9

 

Nama : Zainudin B. SalumNim : 151418149Mata Kuliah : Hubungan Sekolah dan Masyarakat

RANGKUMAN 

Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat memegang peran begitu penting, komunikasi yang berkualitas antara sekolah dan masyarakat menjadi kunci penentu keberhasilan manajemen Humas. Jika hubungan sekolah dan masyarakat berjalan dengan harmonis, dan dinamis maka proses pendidikan dan pengajaran di sekolah diharapkan mampu mencapai visi dan misi yang dicanangkan. Dengan demikian output sekolah akan semakin berkualitas dan mampu menjawab kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut dbutuhkan kemampuan manajerial yang baik dan hubungan dengan masyarakat harus ditingkatkan, diperlukan publiksi dan promosi dalam rangka menarik simpati dan mempublikasikan kelebihan sekolah, meningkatkan peranpublic relation untuk mengeratkan hubungan sekolah dengan masyarakat serta meningkatkan akuntabilitas berupa laporan pertanggungjawaban berbagai kegiatan kepada masyarakat. Ruang lingkup hubungan sekolah dan masyarakat dala suatu organisasi atau lembaga, yaitu:Humas eksternal (publik eksternal), yang dimaksud dengan public eksternal adalah publik umum (masyarakat). Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap lembaga yang yang diwakili. Berdasarkan macam-macam khalayak ini dikenal sebagai media massa, pemerintah, masyarakat setempat kontraktor,serta pelanggan (orang tua siswa); danHumas internal (publik internal), yang termasuk publik internal adalah publik yang menjadi bagian dari unit/organisasi/lembaga itu sendiri. Tujuan hubungan sekolah dan masyarakat kedalam pada hkikatnya untuk meningkatkan kegairahan bekerja para guru, tenaga akademik, karyawan lembaga/instansi yang bersangkutan. Sebagai garis besar, publik internal meliputi warga dalam sekolah, yaitu guru, siswa, tenaga kependidikan, dan komite sekolah (Rahmat, 2016).

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong