ARSIP BULANAN : September 2020

3 Fakultas yang Menjadi Rebutan di UNG

18 September 2020 17:06:30 Dibaca : 6

Fakultas Ilmu Pendidikan

Untuk Quipperian yang ingin menjadi guru atau dosen, harus bersaing keras nih untuk masuk ke Fakultas Ilmu Pendidikan UNG. Dilihat dari peminat jalur SNMPTN (undangan) saja, ada banyak sekali peminat yang memperebutkan daya tampung di seluruh prodi fakultas ini. Di tahun 2016, untuk prodi Pendidikan Anak Usia Dini ada 49 pendaftar dari jalur undangan. Padahal yang diterima hanya 10 mahasiswa. Sementara di prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ada 527 pendaftar dari kuota diterima 60 mahasiswa. Dan di prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, ada 91 mahasiswa pendaftar dengan kuota diterima 10 mahasiswa.

Fakultas Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo terdiri dari Program Studi Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Ilmu Komunikasi, llmu Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Peminat kelima prodi ini bukan hanya dari jurusan IPS lho. Quipperian juga harus bersaing dengan siswa-siswa dari jurusan IPA yang memilih lewat jalur IPC. Prodi favorit di Fakultas Ilmu Sosial UNG yaitu Ilmu Hukum. Dari sekitar 300 peminat, jumlah yang diterima hanya sekitar 20 orang mahasiswa. Quipperian yang mengincar fakultas ini, bisa mensiasati dengan memilih jurusan yang tidak banyak peminatnya, seperti Program Studi Pendidikan Sejarah dan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan (FIKK)

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan atau FIKK ini adalah fakultas termuda di Universitas Negeri Gorontalo. Walaupun masih muda, peminatnya banyak lho.

Mahasiswa Fakultas IKK tersebar di lima program studi (prodi) yaitu Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Program Studi Diploma Farmasi. Dari kelima program studi tersebut yang paling jadi favorit calon mahasiswa adalah Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan.

UNG telah berakreditasi A

18 September 2020 13:15:17 Dibaca : 6

Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. Pada tahun 2017, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu berdasarkan data Peringkat Universitas di Dunia versi Webometrics tahun 2018, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggara) dan 42 (Indonesia).

4 Fakta tentang Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 13:02:48 Dibaca : 6

1. Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 Universitas Terbaik di Indonesia Timur

Kamu sudah tahu belum? Menurut Indostudent, pada tahun 2016 Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur lho.

Untuk di tingkat nasional, UNG juga tidak kalah bersaing dan masuk dalam kategori 100 universitas terbaik. Berdasarkan data 4International Colleges and Universities, tahun 2016 UNG menempati ranking 72 dari 411 universitas yang terdaftar resmi di Indonesia.

2. Kampus Tengkorak Cerdas

Jangan takut kalau kamu menemukan banyak simbol tengkorak yang tersebar di sudut-sudut kampus. Ini bukan kampus film horor, tapi tengkorak itu adalah tengkorak cerdas yang dimiliki oleh fakultas teknik. Mereka memasang logo itu karena mereka ingin tampil berbeda dari fakultas lain. Tapi meski tampilannya mengerikan, otaknya sekelas Einstein lho! Banyak lulusan dari fakultas tengkorak ini jadi tenaga professional di perusahaan-perusahaan besar. 

3. Universitas Negeri Gorontalo sebagai Kampus Peradaban

Universitas Negeri Gorontalo mempunyai moto sebagai Kampus Peradaban. Untuk mewujudkannya, kampus ini membuka pintu untuk berbagai upaya pengembangan manusia, termasuk melalui riset dan penelitian.

4. Kampus Seribu Puisi 

Di kampus maroon ini ada istilah Tadarus Puisi, tahu apa itu artinya? Tadarus Puisi adalah pembacaan puisi selama tiga hari tiga malam nonstop. Orang yang melakukan adalah seluruh mahasiswa dan dosen yang berminat baca puisi. 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong