ARSIP BULANAN : October 2022

LKPD Online Melalui Google Form

13 October 2022 16:52:40 Dibaca : 28

Setiap guru dituntut untuk membuat materi dan melakukan penilaian atas hasil belajar para peserta didik, baik itu dengan memberikan materi dalam bentuk PowerPoint, tugas harian serta melalui sumber belajar dan media pembelajaran lainnya. Nah, salah satu sumber belajar dan media pembelajaran yang dirasa dapat membantu Peserta Didik maupun Guru dalam proses pembelajaran adalah LKPD.

Asrsyad (2004) mengatakan bahwaL LKPD termasuk media cetak hasil pengembangan teknologi cetak yang berupa buku dan berisi materi visual.

Selain LKPD dalam bentuk cetak, ternyata kita juga bisa membuat LKPD online yang dapat memudahkan kita.

LKPD online ini bisa diakses menggunakan internet dan tampilannya bisa dibuat semenarik mungkin. Banyak sekali alternatif yang dapat digunakan untuk membuat LKPD online ini, salah satunya Google Form. Google Form ini dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat digital, dan kita bisa mengaksesnya secara gratis. 

Baiklah teman-teman, disini saya sudah membuat tutorial membuat LKPD online menggunakan google form. Untuk lebih jelasnya bisa disimak video yang sudah saya unggah ke channel YouTube saya. Untuk video nya bisa diakses pada link  berikut:

https://youtu.be/4rf5QbrFPGM

Kemudian untuk hasil LKPD Online yang sudah di buat pada google form juga bisa diakses pada link berikut ini:

https://forms.gle/LgdgAb3yabm8ajEa7

Tutorial Membuat Absensi Online Menggunakan Zoho Forms

06 October 2022 21:45:33 Dibaca : 18

Halo Guys, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips atau tutorial untuk membuat absensi online menggunakan Zoho Forms secara gratis. Simak baik-baik langkah-langkahnya ya!

1. Langkah pertama, untuk masuk di zoho forms kita bisa klik pada pencarian google "Zoho Forms".

2. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Daftar Gratis. Untuk mendaftarnya, kita bisa menggunakan akun google atau alamat email yang digunakan saat ini.

3. Setelah itu, otomatis kita sudah terdaftar dan sudah login, kemudian klik tulisan warna hijau "Let's Get Started". Seperti pada gambar di bawah ini. 

4. Setelah itu, klik lagi tulisan "New Form".

5. Langkah selanjutnya, seperti pada gambar di bawah ini kita akan membuat judul absensi nya dan memasukkan deskripsi atau petunjuknya kemudian klik Create.

6. Setelah itu, tampilannya akan seperti gambar dibawah ini, untuk nama lengkapnya kita klik Single Line, kemudian bisa di ubah judulnya menjadi Nama Lengkap, kemudian untuk ukurannya bisa di sesuaikan, di sini saya pilih Medium. kemudian klik save pada bagian bawah.

 

7. Kemudian, pada bagian kedua yaitu NIM.  klik Number kemudian edit seperti langkah sebelumnya.

8. Selanjutnya, pada bagian ketiga yaitu kelas. Dengan mengklik Drop Down.

9. Langkah selanjutnya, bagian keempat yaitu alamat email. Dengan mengklik Email

10. Kemudian untuk bagian terakhir ada bukti mengikuti perkuliahan. Kita bisa klik File Upload, kemudian edit dan berikan deskripsi atau petunjuk.

11. Setelah semuanya sudah selesai, kita bisa memilih tema nya sesuai dengan selera masing-masing dengan mengklik Themes.

12. Setelah memilih tema, klik Share dan pada bagian ini akan di tampilkan link dari absensi tersebut. Setelah itu absensi online sudah siap di bagikan.

12. Dan untuk tampilan akhirnya akan seperti gambar di bawah ini. 

Demikianlah tutorial atau langkah-langkah membuat absensi online menggunakan Zoho Forms, semoga dapat bermanfaat. 

Berikut Link Absensi Online yang sudah di buat: 

https://forms.zohopublic.com/rahmadanty728/form/AbsensiMataKuliahPembelajaranBerbasisTIK/formperma/Ywobwnj0PCrK3Lh2WMmlqrbd2rGYmpuSwQ96ITdqMRA

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong