ARSIP BULANAN : September 2020

Kebebasan Akademik Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 21:30:42 Dibaca : 3

Universitas Negeri Gorontalo mempunyai moto sebagai Kampus Peradaban. Untuk mewujudkannya, kampus ini membuka pintu untuk berbagai upaya pengembangan manusia, termasuk melalui riset dan penelitian. Universitas Negeri Gorontalo juga memberi Kebebasan Akademik untuk warga UNG

Berikut adalah kebebasan akademik UNG yang dimaksud antara lain:

1. Universitas Negeri Gorontalo menjunjung tinggi kebebasan akademik untuk memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan.

2. Universitas Negeri Gorontalo menjunjung tinggi kebebasan mimbar akademik bagi dosen dalam mengemukakan pikiran dan pendapat dalam lingkungan perguruan tinggi sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan.

3. Dalam melaksanakan kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik, setiap anggota sivitas akademik dapat melaksanakan kebebasan akademik dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi secara mandiri sesuai dengan aspirasi pribadi dan dilandasi oleh norma dan kaidah keilmuan.

4. Kebebasan mimbar akademik berlaku sebagai bagian dari kebebasan akademik yang memungkinkan dosen menyampaikan pikiran dan pendapat di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan.

5. Hak akademik dosen yang meliputi kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, otonomi keilmuan, hak cipta dan lain-lain di atur dalam ketentuan kode etik kehidupan akademik.

6. Kode etik kehidupan akademik Universitas Negeri Gorontalo, dikomunikasikan kepada sivitas akademik untuk menegakkan integritas keilmuan dan sikap ilmiah, memantapkan kesadaran atas pengakuan dan penghargaan terhadap karya orang lain termasuk wewenang mata kuliah sesuai profesi/keahlian dan adanya sanksi bagi pelanggarnya.

7.Penindakan terhadap pelanggaran kode etik kehidupan akademik diputuskan melalui dewan kehormatan dosen.8. Kode etik kehidupan akademik dan pembentukan dewan kehormatan dosen disusun oleh Senat Universitas Negeri Gorontalo dan ditetapkan dengan Keputusan Rektor Universitas Negeri Gorontalo.

Kampus I'KTIBAR Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 16:49:09 Dibaca : 1

 

Tata nilai UNG adalah Kampus I’KTIBAR (Ikhtiar, Ibadah dan reaktualisasi diri).Kampus I’ktibar bermakna kampus sebagai tempat belajar,kampus sebagai sumber dan pusat pendidikan pengajaran.I’KTIBAR tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Ikhtiar, sebagai sebuah cermin hamba yang mengakui akan kemutlakanTuhanYang Maha Esa, sehingga dalam aktivitasnya sebagai bagian dari UNG harus menyandarkan diri pada ikhtiar yang tulus. Ikhtiar inilah yang menjadi nilai masukan “input values”, atau nilai-nilai yang harus dimiliki oleh warga UNG, yang dapat dilihat pada keberadaan insan akademis, insan yang amanah,profesional, dan istiqomah.

2. Ibadah,sebagai sebuah cermin wujud tanggung jawab penghambaan diri kepadaTuhan Yang Maha Esa melalui aktivitas tugas pokok dan fungsi yang bernilai Ibadah. Ibadah inilah yang menjadi nilai proses (process values), atau nilai-nilai dalam melakukan pekerjaan yang berwujud pada keberadaan insan kampus yang visioner,bersemangat, dan sinergis.

3. Reaktualisasi diri, sebagai bentuk tanggungjawab insan kampus yang memiliki potensi untuk diberdayakan kembali melalui peran-peran konkretnya sebagai bagian terintegrasi dengan masyarakat luas. Oleh karena itu, reaktualisasi diri merupakan nilai yang akan ditangkap oleh para stakeholders (eksekutif, legislatif, masyarakat, dunia usaha dan dunia industri,serta pihak lain yang dapat bekerjasama dan bersinergi dengan pihak UNG). Reaktualisasi diri ini termasuk apa yang disebut dengan nilai keluaran “output values”yang dapat mewujud pada keberadaan insan akademis yang produktif, handal, dan komitmen terhadap pengabdian yang berkelanjutan.

Universitas Negeri Gorontalo mempunyai moto sebagai Kampus Peradaban. Untuk mewujudkannya, kampus ini membuka pintu untuk berbagai upaya pengembangan manusia, termasuk melalui riset dan penelitian. Universitas Negeri Gorontalo Juga sudah beberapa kali berganti nama dan pimpinan.

 Berikut Secara rinci nama pejabat pimpinan sejak tahun 1963 – sampai sekarang :

  1. Drs. Idris Djalali - Dekan Koordinator IKIP Yogyakarta Cab. Manado di Gorontalo - 1963-1966
  2. Drs. Ek. M. J. Neno - Dekan Koordinator IKIP Manado Cab. Gorontalo - 1967-1969
  3. Prof. Drs. H. Thahir A. Musa - Dekan Koordinator IKIP Manado Cab. Gorontalo - 1969-1981
  4. Prof. Drs. H. Kadir Abdussamad - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1982-1988
  5. Drs. H. Husain Jusuf, M.Pd - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1989-1992
  6. Prof. Dr. H. Nani Tuloli
  • Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1992-1993
  • Ketua STKIP Negeri Gorontalo - 1993 - 2001
  • Pj. Rektor IKIIP Negeri Gorontalo - 2001 - 2002

     7.Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd

  • Rektor IKIP Negeri Gorontalo - 2002-2004
  • Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2004-2010

    8.Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd - Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2010 - 2019   

    9.Dr. H. Eduart Wolok, ST, MT - Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2019 - sekarang

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong