ARSIP BULANAN : March 2021

5 hal yang menjadi isi dari jurnal ini yaitu :

1. Perubahan-perubahan dalam aktivitas ekonomi tercermin dalam perubahan atau fluktuasi.

2. Pengaruh tingkat inflasi terhadap kurs mata uang asing yang dapat dijelaskan dengan purchasing power parity theory (PPP) atau teori kesamaan daya beli.

3. Nilai tukar yang dipengaruhi oleh faktor tingkat suku bunga,tingkat inflasi,peredaran uang dan neraca pembayaran.

4. Studi mengenai perilaku pembentukan harga atau inflasi yang telah banyak dibeberapa negara.

5. Inflasi di Indonesia lebih disebabkan oleh dorongan biaya yang umumnya dipicu oleh kenaikan administered price,pajak,upah minimum dan depresiasi rupiah.

Inflasi Karena Bertambahnya Uang Yang Beredar

17 March 2021 17:59:24 Dibaca : 40

Semakin banyak jumlah uang yang beredar disuatu negara akan menyebabkan peningkatan harga-harga (inflasi). Peningkatan inflasi akan menyebabkan mata uang suatu negara mengalami depresiasi.Hal ini karena ada keterkaitan antara jumlah uang yang beredar dengan harga-harga.

Apabila jumlah barang tetap namun jumlah uang yang beredar lebih besar dua kali lipat,maka harga barang pun menjadi lebih mahal dua kali lipat.Peningkatan harga yang kemudian mendorong naiknya jumlah uang yang beredar dimasyarakat.

Inflasi dapat terjadi ketika jumlah uang beredar tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan persediaan barang yang dijual dipasaran.Saat masyarakat cenderung memiliki banyak uang,permintaan barang akan naik.Namun kenaikan barang tidak diiringi dengan kenaikan jumlah barang yang tersedia di pasar.Akibatnya,harga barang akan mengalami kenaikan.Yang dimana permintaan barang/jasa yang terlalu kuat akan menyebabkan pendapatan masyarakat akan meningkat.Peningkatan pendapatan yang  menjadikan uang beredar terlalu banyak untuk  beredar di masyarakat.Ini akan menjadikan masyarakat dengan mudahnya untuk berbelanja barang/jasa sehingga permintaan terhadap barang/jasa meningkat dan pada gilirannya terjadilah inflasi.Hal ini dikarenakan ketika jumlah uang di masyarakat meningkat,harga barang akan ikut mengalami kenaikan dan juga karena kenaikan daya beli masyarakat sedangkan stok barang statis,maka harga barang akan ikut naik.

Masyarakat juga ternyata bisa ambil bagian dalam mengatasi inflasi. cara mudah yang dilakukan diantaranya adalah tidak berlebihan ketika membeli sembako atau kebutuhan lain dan juga jangan mudah panik jika terjadi sebuah fenomena,misalnya produksi bawang merah merosot sehingga harga melonjak.Inflasi sendiri memang tidak bisa diduga kapan akan terjadi,bisa datang kapan saja.Oleh karena itu kita bisa mengatasi inflasi dengan mengontrol keuangan secara baik. Pemahaman tentang ilmu ekonomi harus dimiliki untuk mengatasi masalah keuangan yang dihadapi di masa mendatang.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong