TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Nama : Regina Anggraini Darise
NIM : 151420052
Kelas : 2B
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Di buat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah yang di ampu oleh:Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd
A. Latar Belakang
Hidup manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Teknologi misalnya banyak menghasilkan mesin dan alat-alat seperti jam, mesin jahit, mesin cetak, mobil, kapal terbang, dan lain sebagainya, agar manusia dapat hidup lebih mudah, aman, dan senang dalam lingkungannya.Alat-alat tersebut juga menimbulkan macam-macam bahaya yang dapat merusak dan membahayakan hidup manusia. Hasil teknologi telah sejak lama dimanfaatkan dalam pendidikan. Penemuan kertas, mesin cetak, radio, film, TV, komputer dan lain-lain itu dimanfaatkan bagi pendidikan.Pada hakekatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan, akan tetapi alat-alat tersbut ternyata dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Teknologi informasi merupakan perkembangan sistem informasi dengan menggabungkan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi (Baharudin, 2010).
Institusi pendidikan di Indonesia mulai berlomba-lomba mememanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan dengan membangun infrastruktur hardware, jaringan internet, pengadaan sofware dan lain sebagainya, yang semua itu dilakukan dalam usaha memenuhi kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Pelatihan-pelatihan dengan pemanfaatan aplikasi komputer pun sering diselenggarakan seperti; Intelligent Tutoring System (ITS), Computer Basad Training (CBT), dan e-Learning System (Hariningsih, 2005).
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pertemuan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih ke arah terbuka. Pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (fleksibel) , terbuka dan dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Pendidikan masa mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukan berorientasi pada gedung sekolah.
Kecendrungan perubahan dan inovasi dalam dunia pendidikan akan terus terjadi dan berkembang dalam memasuki abad ke- 21 sekarang ini. Perubahan tersebut antara lain: lebih mudah dalam mencari sumber belajar, lebih banyak pilihan untuk menggunakan dan memanfaatkan ICT, makin meningkatnya peran media dan multi media dalam kegiatan pembelajaran.
Kecendrungan perubahan dan inovasi tersebut, memiliki implikasi yang sangat luas dalam dunia pendidikan, yaitu perubahan dalam program pembaruan dan teknologi pembelajaran, perubahan dalam program belajar dan pembelajaran dengan menggunaka metode ekspremental, pengendalian belajar lebih kepada peserta didik, peningkatan IQ(intlelligence quontient) yang diimbangi dengan pembinaan EQ (emotional qoutient), dan SQ (spritual qoutient), serta menuntut pengintegrasian TIK dalam kegiatan pembelajaran.
Teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan apabila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan.
Menurut (B. Uno, 2010) mengatakan bahwa kecendrungan pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah sebagai berikut :
- Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (distance learing). Kemudianuntuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukkan sebagai strategi utama;
- Shareng resource bersama antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan perpustakaan dan istrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku;
- Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM multi media dalam pendidikan secara bertahap menggantikan televisi dan video.
Adanya perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan, maka pada saat itu sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya. Pemanfaatan TIK yang telah merambah dalam bidang pendidikan, sejak dimasukan dalam kurikulum 2004. Tujuannya supaya mahasiswa dapatmengoptimalkan keterampilannya, sehingga dapat diaplikasikan pada mata pelajaran lain sebagai lintas kurikulum(Budiman, 2012).
Penggunaan TIK dalam pendidikan sangat bermanfaat, hal ini dibuktikan oleh penelitian terdahulu yaitu oleh (Abrianto & Sitompul, 2014; Gunawan, 2016; Idris, 2015; Khairunnisa, 2017; Riasnelly, 2013; Roza, 2010; Sunarwan, 2013). Penggunaan TIK juga tidak hanya bermanfaat dalam proses pembelajaran saja melainkan TIK dapat digunakan dalam beberapa penelitian umum, seperti yang dilakukan oleh (Andriyani, Cangara, & Sadjad, 2014; Budiman, Yusrizal, & Damanik, 2014; Febriani, 2012; Kristiyono, 2015; Santoso, 2014).
Perubahan akan tuntutan itulah yang menjadikan dunia pendidikan memerlukan inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajarannya karena banyak orang mengusulkan dalam pendidikan khususnya pembelajaran, akan tetapi sedikit sekali orang berbicaratentang solusi pemecahan masalah tentang proses belajar dan mengajar yang sesuai dengan tuntutan global abad ke 21 saat ini.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut:
- Apa itu Teknologi dan Informasi?
- Bagaimana Teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan?
- Apa peran Teknologi dan Informasi dalam Pendidikan?
C. Tujuan Penulisan
Dari rumusan masalah di atas, dapat disimpulkan tujuan penulisan sebagai berikut:
- Dapat mengetahui Apa itu Teknologi dan Informasi
- Dapat mengetahui Bagaimana Teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan
- Dapat mengetahui Apa peran Teknologi dan Informasi dalam Pendidikan
5 HAL PENTING MENGENAI PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
membahas mengenai Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan dapat ditemukan 5 Hal penting di dalamnya antara lain sebagai berikut:
1. Teknologi banyak menghasilkan mesin dan alat-alat seperti jam, mesin jahit, mesin cetak, mobil, kapal terbang, dan lain sebagainya, agar manusia dapat hidup lebih mudah, aman, dan senang dalam lingkungannya. namun Alat-alat tersebut juga bisa menimbulkan macam-macam bahaya yang dapat merusak dan membahayakan hidup manusia.
2. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
3. Pendidikan masa mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukan berorientasi pada gedung sekolah.
4. Teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan apabila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan.
5. perubahan akan tuntutan menjadikan dunia pendidikan memerlukan inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajarannya karena banyak orang mengusulkan dalam pendidikan khususnya pembelajaran, akan tetapi sedikit sekali orang berbicaratentang solusi pemecahan masalah tentang proses belajar dan mengajar yang sesuai dengan tuntutan global abad ke 21 saat ini.
PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN APABILA DIGUNAKAN DENGAN BAIK
Teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan apabila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan.
Teknologi disebut sebagai suatu yang mampu memberikan kemudahaan dalam berbagai aspek. Dalam hal pendidikan, teknologi juga memberikan pengaruhnya yang cukup besar. Kedua hal ini semakin tak dapat dipisahkan karena peran keduanya yang saling berhubungan satu sama lain.
beberapa manfaat dari teknologi sudah di rasakan bukan hanya oleh siswa, tetapi juga para pendidik. ada beberapa manfaat teknologi jika kita menggunakannya dengan baik:
1. meningkatkan Kulitas Pendidikan
keberadaan teknologi dapat menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Terutama kualitas pendidikan dalam negeri karena Teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan proses mengajar oleh tenaga pendidik. Selain itu, dapat dimanfaatkan oleh para siswa pula untuk menggali lebih banyak ilmu. Apabila dari pihak pengajar dan pendidik mampu menggunakan teknologi ini dengan baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia pun akan semakin membaik.
2. Media pendukung pelajaran
Dengan adanya teknologi, sekarang para pendidik mampu membuat alternatif cara mengajar yang lebih interaktif. Misalnya, dengan memperlihatkan materi pelajaran lewat slide presentasi yang lebih hidup atau dengan video-video yang mengundang siswa untuk lebih fokus belajar.Dengan menerapkan inovasi pembelajaran yang lebih hidup dari adanya teknologi, maka akan sangat mungkin pembelajaran di kelas akan lebih menyenangkan. Siswa juga akan lebih bersemangat untuk menerima materi pelajaran.
3. sarana mendapat informasi
sekarang ada alternatif lain yaitu bisa lewat mesin pencari berkat majunya teknologi.Kemudahan ini sering dimanfaatkan oleh hampir semua siswa dan mahasiswa. Bahkan, oleh para tenaga pendidik pun tak sedikit yang menggunakan teknologi untuk mencari informasi lebih banyak mengenai suatu materi pelajaran yang akan disampaikan.Biasanya, untuk mendapatkan informasi akurat mengenai suatu materi, tenaga pendidik dan siswa akan merujuk ke suatu website yang telah dipercaya dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Salah satunya, lewat portal pendidikan online seperti tambahpinter.com yang menyediakan segudang informasi, baik untuk siswa sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum.
4. Media belajar tanpa batasan
Saat dalam kondisi yang penuh dengan keterbatasan untuk mendapatkan pendidikan, teknologi hadir sebagai salah satu penyelamat. Contohnya, saat pandemi Covid-19 terjadi di awal tahun, kegiatan belajar mengajar di sekolah terpaksa dihentikan beberapa waktu untuk menghindarkan terjadinya penyebaran virus corona.Dalam kondisi yang seperti ini, teknologi berhasil menjadi media yang memungkinkan para siswa dan guru untuk melakukan proses belajar mengajar tanpa bertatap muka secara langsung. Guru dan murid bisa melakukan proses belajar mengajar lewat video conference, mengirim tugas dan materi lewat group chatting hingga email.Secara tidak langsung, Covid-19 ini membuat para pendidik dan murid mengandalkan teknologi 100 persen dalam proses belajar mengajar. Pada awalnya, mungkin akan butuh pembiasaan dikarenakan proses pembelajaran dengan daring memang jadi sesuatu yang baru di dunia pendidikan. Tapi, jika dilihat dari sisi lain, teknologi telah jadi penolong media pembelajaran tanpa adanya batasan kondisi.
Jadi, itulah manfaat yang bisa diambil dari adanya teknologi dalam dunia pendidikan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan apabila teknologi dipakai dengan baik dan pastinya akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia.
Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk dapat diterapkan di Perguruan Tinggi
Nama : Regina Anggraini DariseNim : 151420052Kelas : 1 BTugas : Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk dapat diterapkan di Perguruan Tinggi
Pendidikan Pancasila adalah suatu usaha sadar, yang terencana dan terarah, melalui pendidikan formal, untuk mentransformasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada mahasiswa. Mahasiswa diharapkan dapat mencerna nilai-nilai Pancasila melalui akalnya, dan menumbuhkan rasionalitas sesuai dengan kemampuan, sehingga anak mencapai perkembangan penalaran moral seoptimal mungkin yang dijiwai Pancasila. Persatuan Indonesia sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan memaknai setiap peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya Indonesia diharapkan dapat membuat Indonesia bersatu. Melalui Pendidikan Pancasila, warga negara Republik Indonesia diharapkan mampu memahami, menganilisis dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsanya secara berkesinambungan dan konsisten berdasarkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Berkaitan dengan pentingnya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, yaitu seberapa jauh pentingnya pendidikan Pancasila bagi mahasiswa dilaksanakan di perguruan tinggi. Memahami hakekat Pancasila berarti memahami makna Pan- casila. Artinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bahwa Pancasila mempunyai fungsi dan peran tersendiri. Sudah jelas Pancasila dasar negara, namun di samping itu Pancasila mempunyai fungsi sebagai pandangan hidup bangsa. Artinya bahwa pandangan hidup sebuah bangsa lahir dari nilai-nilai yang dimiliki bangsa itu sendiri, yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad untuk mewujudkan. Melihat betapa pentingnya fungsi Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia maka sudah seharusnya Pancasila dipahami secara menyeluruh dan mendalam oleh orangnya sendiri. Salah satu sarana dalam proses memahami Pancasila adalah melalui pendidikan formal mulai dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Pendidikan Pancasila sudah diatur sedemikian rupa dalam sebuah peraturan. Dasar hukum pelaksanaan pendidikan Pancasila di lembaga pendidikan formal bersumber pada TAP MPR no II/MPR/1998 ten- tang GBHN yang menetapkan antara lain: pen- didikan Pancasila termasuk pendidikan pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila, pendidik- an moral Pancasila, pendidikan sejarah perjuangan bangsa serta unsur-unsur yang dapat meneruskan dan mengembangkan jiwa, semangat dan nilai-nilai perjuangan khususnya nilai-nilai 45 pada generasi muda, dilanjutkan dan makin ditingkatkan disemua jenis jenjang pendidikan mulai dari TK sampai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Perguruan tinggi yang berperan dalam mengembangkan dan memperdalam pengetahuan dan mengajarkannya dan memperoleh pengetahu- an. Bahkan berbagai masalah yang sedang terjadi di negara ini bisa dilestarikan dari memperdalam dan menemukan sebuah solusi melalui pemahaman yang mendalam tentang Pancasila. Melalui pendidikan Pancasila, diharapkan juga para mahasiswa memahami, menganalisis dan menjawab masalah- masalah yang dihadapi masyarakat, bangsa secara berkesinambungan dan konsisten, dengan cita-cita tujuan nasional. Di samping itu mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengambil sikap bertanggung jawab sesuai dengan hati nurani serta memaknai perestiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia. Selain itu dengan pengajaran ditingkat perguruan tinggi memungkinkan mahasiswa menerapkan sehingga nilai-nilai moral Pancasila terkandung dalam sila-sila Pancasila masuk dalam kepribadian mahasiswa. Adapun tujuan pendidikan Pancasila di Per- guruan Tinggi adalah agar mahasiswa: 1. Dapat memahami dan mampu melaksanakan jika Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam kehidupan sebagai warga negara Indonesia. 2. Menguasai pengetahuan tentang beragam masalah dasar berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi dengan penerapan pemikiran yang berlan- dasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 3. Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma Pancasila, sehingga mampu menanggapi perubahan yang terjadi dalam rangka keterpaduan Iptek dan pembangunan. 4. Membantu mahasiswa dalam proses belajar, proses berpikir, memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan menerapkan strategi heuristik terhadap nilai-nilai Pancasila.
Saya selama berada di kampus UNG
Saya sebagai mahasiswa yang masih berstatus Calon, sudah merasakan seperti apa itu UNG. kampus yang tidak hanya gedungnya yang besar, tetapi fasisilas di dalamnya yang lengkap. lingkungan yang bersih hingga dapat menyejukkan mata.
Fasilitas teknologi yang terus berkembang, membuat UNG menjadi kampus yang terbaik. Tidak hanya itu, UNG juga memiliki laman-laman resmi berupa SIAT yang memudahkan mahasiswa dalam mencari informasi dan mengkontrak mata kuliah. UNG juga saat ini sudah membuat situs BlogMahasiswa yang dimana tujuannya agar mahasiswa bisa mengembangkan pikirannya melalui Blog tersebut.
Saya bangga bisa menjadi bagian dari kampus Maroon Jacket ini :)
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong