Pentingnya Pendidikan Pancasila Untuk dapat Diterapkan di Perguruan Tinggi.

26 October 2020 16:19:18 Dibaca : 4 Kategori : Pendidikan Pancasila

Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk dapat diterapkan di dalam lingkungan perguruan tinggi karena kampus merupakan suatu awal pembentukan karakter seorang mahasiswa. Hal itu bertujuan untuk mencetak generasi muda yang berakhlak dan juga berjiwa kritis dalam hidup bermasyarakat.

Selain itu juga, dekadensi moral yang terus melanda bangsa Indonesia yang ditandai dengan mulainya pengenduran ketaatan masyarakat, terhadap norma sosial yang ada yang menunjukan pentingnya pananaman nilai-nilai ideologi melalui Pendidikan Pancasila.

Oleh karena itu pentingnya Pancasila diterapkan di pergururan tinggi yaitu untuk menanamkan nilai moral kepada penerus cita-cita bangsa. Dan tentang hal-hal tersebut apabila tidak segara kembali disosialisasikan, diinternalisasikan, dan diperkuat implementasinya, maka masalah yang lebih besar lagi akan segera melanda bangsa ini.

Lewat kegiatan Pendidikan Pancasila ini diharapkan mahasiswa dapat menyerap nilai-nilai moral yang ada. Nilai-nilai moral Pancasila tidak sekedar dipahami saja, melainkan untuk dihayati.

Jika di dalam diri mahasiswa sudah tertanam nilai-nilai luhur Pancasila maka mahasiswa tidak akan mengalami kesulitan dalam bergaul dengan mahasiswa lain bahkan dalam linkungan masyarakat denmikian juga dalam lingkungan perguruan tinggi.

Secara spesifik, ada beberapa tujuan penerapan Pendidikan pacasila di perguruan tinggi yaitu:

1.      Memperkuat Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai dasar kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2.      Memberikan pemahaman atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepaada mahasiswa sebagi warna negara Republik Indonesia.

3.      Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara malalui system pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945.

4.      Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusian, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa.