PENTINGNYA PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI

26 October 2020 19:58:12 Dibaca : 16

 PENTINGNYA PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI

Pancasila sebagai dasar  Negara mengandung makna bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi dasar atau pedoman bagi masyarakat Indonesia. Nilai pancasila dasarnya adalah nilai-nilai filsafat yang mendasar yang di jadikan peraturan dan dasar dari norma-norma yang berlaku dalam Indonesia. Nilai dasar pancasila bersifat normatif dan abstrak yang bisa dijadikan landasan dalam kegiatan bernegara. Pancasila sebagai dasar Negara berarti pancasila di jadikan sebagai pedoman dalam penyelenggarakan segala norma-norma hukum dan dalam penyelenggarakan Negara.

 

Kehidupan kampus merupakan suatu awal pembentukan karakter seorang mahasiswa.

Lewat kegiatan pendidikan diharapkan peserta didik menyerap nila-nilai moral Pancasila. Penyerapan nilai-nilsai moral Pancasila diarahkan berjalan secara manusiawi dan alamiah tidak saja lewat pengalaman secara pribadi. Nilai-nilai moral Pancasila tidak untuk sekadar dipahami melainkan untuk dihayati, oleh karena itu penyerapan nilai-nilai moral Pancasila bukan lewat proses indoktrinasi.

 

Mata kuliah pancasila merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan student centered learning, untuk mengembangkan knowlad getitude, dan skill mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dalam membangun jiwa profesionalitasnya sesuai dengan program studinya masing-masing dalam menjadikan nilai-nilai pancasila sebagai kaidah penuntun (guiding principle) sehingga menjadi warga negara yang baik (good citizenship).

Permasalahan di indonesia yang menunjukan pentingnya mata kuliah pendidikan pancasila ialah kesadaran perpajakan, korupsi, lingkungan, disintegrasi bangsa, dekadensi moral, narkoba, penegakkan hukum yang berkeadilan, dan terorisme.

 

Tujuan pendidikan pancasila diperguruaan tinggi diantaranya :

  1. Diharapkan mampu memperkokoh modalitas akademik mahasiswa dalam berperan serta membangun pemahaman masyarakat
  2. Memperkuat pancasila sebagai dasar falsafah  Negara dan  ideology bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
  3. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar pancasila kepada mahasiswa sebagai warga Negara republic Indonesia, dan membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  4. Mempersiapkan  mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai  persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui system pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila dan UUD  Negara RI Tahun 1945
  5. Agar terbentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai  ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat memadani dan demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandasan pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia
  6. Pendidikan pancasila dapat memperkokoh  modalitas akademik mahasiswa dalam berperan serta membangun pemahaman masyarakat.

Oleh karena itu, tidak dapat diperkirakan apa yang akan terjadi ketika sebagian mahasiswa bergabung dengan masyarakat yang di dalam dirinya tidak dibekali ajaran-ajaran moral pancasila. Melihat kenyataan ini pelajaran pancasila memilik peranan penting di dunia pendidikan terutama di tingkat Perguruan Tinggi karena awal dan lanjutan dari proses pembentukan karakter manusia. Kadang kala nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila yang merupakan penjelmaan dari seluruh bangsa Indonesia tidak dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi diabaikan sehingga akibat dari itu nilai-nilai luhur tersebut dengan sendirinya akan hilang.

Nilai dalam menyelesaikan permasalahan di utamakan dengan musyawarah, Hal ini sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang dituntut untuk aktif dalam organisasi baik tingkat Universitas maupun organisasi tingkat nasional bahkan organisasi tingkat Internasional. Selain itu, mahasiswa juga perlu menanamkan nilai persatuan Indonesia. Karena kehidupan kampus yang majemuk terdiri atas mahasiswa berbagai daerah. Sehingga sikap toleransi  yang tinggi sangat dibutuhkan.

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong