Kuis Wordwall Tema 4 Subtema 2 Untuk Kelas 4 SD

20 November 2022 21:39:29 Dibaca : 102

Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh

Hallo sahabat, buat kamu yang penasaran gimana sih caranya buat soal berbasis game yang menarik dan menyenangkan. Tenang aja, ada solusinya kok. 

Hal ini dapat kamu terapkan melalui situs Wordwall. So, kamu dapat melihat langkah-langkahnya pada link vidio youtube berikut

Klik link youtubenya disini

Untuk lebih memperjelas lagi bagaimana hasil dari pembuatan kuis melalui Wordwall, berikut teman-teman bisa melihat nya secara langsung dengan mengklik situs berikut

Klik link kuis Wordwall disini

Semoga bermanfaat ya! 

Wasalamualaikum warohmatulohi wabarakatuh

 

 

Oleh: Sri Wahyuni Hulawa kelas 5C PGSD

Tata Cara Pembuatan Kuis Pada Kahoot

06 November 2022 21:32:21 Dibaca : 73

Tata Cara Pembuatan Kuis Pada Kahoot

 

Untuk kamu yang masih bingung nih gimana caranya untuk membuat kuis pada Kahoot, ada beberapa tahapan yang harus kamu perhatikan.

 

1. Searching pada lebtop atau hp kamu "Kahoot register" . bila sudah muncul pencariannya, maka pilihlah situs "sign up"

2. Setelah muncul tampilan ini, maka kamu dapat memilih menu "teacher"

3. Berikutnya kamu dapat memilih menu "Higher education"

4. Sebelum masuk pada menu utama, kamu harus join terlebih dahulu. disini saya join menggunakan akun google saya

5. Maka akan muncul tampilan seperti ini. pada bagian lingkaran yang telah saya tandai merupakan menu untuk membuat kuis

   

6. Kamu dapat memilih tamplet kuis dari beberapa format yang ada

7. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti ini. kamu tinggal mengubah soal sesuai dengan soal kuis yang kamu inginkan

8. Kamu juga dapat mengubah gambar sesuai dengan keinginanmu pada menu "remove"

9. Jangan lupa untuk mengganti jawaban pilihan ganda sesuai dengan soal kuis yang kamu tentukan dan menceklis pilihan yang jawabannya benar

10. Pada format ini sudah tersedia 9 pertanyaan, bila kamu ingin menambahkan satu pertanyaan lagi maka kamu bisa memilih menu "duplikat"

11. Sebaliknya, bila kamu ingin mengurangi jumlah soal yang ada, maka kamu dapat memilih menu "delate"

12. Kamu juga dapat menyesuaikan durasi dari tiap kuis. sesuaikan tingkat kesulitan kuis dengan durasinya

13. Kamu bisa melihat hasil dari kuis yang telah kamu buat pada menu "preview"

14. Jika sudah yakin, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyimpannya dengan memilih menu "save"

15. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini

16. Selanjutnya kumu tinggal membagikan link kuis kahoot dan menyampaikan PIN untuk join pada kuis kahoot tersebut

 

Nah itulah beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan untuk membuat kuis Kahoot. Semoga bermanfaat!

 

 

Oleh: Sri Wahyuni Hulawa kelas 5C PGSD

Link Kuis Kahoot PIN 723 6113

 

Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh

Hallo sahabat, buat kamu yang penasaran gimana sih caranya buat LKPD yang menarik dan tentunya tidak ketinggalan. Tenang aja, ada solusinya kok. 

Hal ini dapat kamu terapkan melalui situs Google form yang pasti udah gak asing lagi buat kita. So, kamu dapat melihat langkah-langkahnya pada link vidio youtobe berikut

Video Tutorial Youtube di klik di sini

Untuk lebih memperjelas lagi bagaimana hasil dari pembuatan LKPD TIK melalui Google form, berikut teman-teman bisa melihat nya secara langsung dengan ketentuan PIN 7777

klik link LKPDnya disini

Semoga bermanfaat ya! 

Wasalamualaikum warohmatulohi wabarakatuh

 

 

Oleh: Sri Wahyuni Hulawa kelas 5C PGSD

Step By Step Pembuatan Daftar Hadir Pada Zoho

01 October 2022 11:40:41 Dibaca : 55

Hai sahabat!

Untuk kamu yang masih bingung nih gimana caranya untuk membuat daftar hadir pada zoho, ada beberapa tahapan yang harus kamu perhatikan:

-Pastikan kamu sudah memiliki akun zoho untuk memudahkan kamu untuk masuk, jika belum maka hal harus kamu lakukan adalah mendaftarkan diri terlebih dahulu

-Ketika kamu sudah berhasil masuk dalam zoho, maka Langkah selanjutnya adalah memilih menu yang kamu inginkan. Bila tujuanmu ingin membuat daftar hadir online, maka pilihlah sales & marketing forms.

       

-Setelah tampilan forms Nampak. Maka selanjutnya adalah mengklik menu new form

   

-Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan terlebih dahulu judul dari formulir. Misalnya “daftar hadir siswa kelas 6” kemudian simpan

  

-Berikutnya kita bisa memilih menu nama. Nah di nama ini akan tertera nama depan dan nama keluarga. Jangan lupa untuk mengisi centang validasi “wajib”. Dan yang terakhir adalah simpan

       

-Berikutnya kita bisa memilih menu garis tunggal. Nah di garis tunggal ini memiliki sebjek, maka kata subjek ini bisa kita ubah dengan kriteria yang di inginkan. Misalnya “NISN”. Selanjutnya jangan lupa untuk mengisi centang validasi “wajib”. Dan yang terakhir adalah simpan

      

-Berikutnya kita bisa memilih menu pilihan ganda. Nah di pilihan ganda ini akan tertera beberapa pilihan isian yang bisa kita ubah sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Misalnya pilihan a kelas 4, pilihan b kelas 5, dan pilihan c kelas 6. Jangan lupa untuk mengisi centang validasi “wajib”. Dan yang terakhir adalah simpan

      

-Berikutnya kita bisa memilih menu garis centang. Nah di pilihan centang ini akan tertera beberapa pilihan isian yang bisa kita ubah sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Misalnya pilihan 1 semester ganjil dan pilihan 2 semester genap. Jangan lupa untuk mengisi centang validasi “wajib”. Dan yang terakhir adalah simpan

       

-Berikutnya kita bisa memilih menu signature pada bagian form advanced fields. Nah di pilihan signature ini adalah menu untuk tanda tangan siswa. selanjutnya jangan lupa untuk mengisi centang validasi “wajib”. Dan yang terakhir adalah simpan

     

-Berikutnya yang terakhir kita bisa memilih menu unggah gambar pada bagian form basic fields lagi. Nah di pilihan unggah gambar ini adalah menu untuk dokumentasi siswa. selanjutnya jangan lupa untuk mengisi centang validasi “wajib”. Dan yang terakhir adalah simpan

     

-Maka form yang kalian buat akan tersimpan secara otomatis.

-Setelah itu, kamu bisa mengklik lagi menu form awal, dan mengklik daftar hadir yang telah kamu buat sebelumnya

  

-Maka akan muncul beberapa pilihan baik itu sunting, bagikan dan lain sebagainya

  

-Ketika daftar hadir tersebut sudah kamu rasa benar, maka pilihan selanjutnya adalah dengan mengklik pilihan bagikan.

-Pada pilihan bagikan, maka akan terlihat link dari daftar hadir tersebut

  

-Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meng coppy link tersebut dan bisa kamu share ke peserta didik yang akan mengisi daftar hadir tersebut

  

Link Daftar hadir siswa kelas 6

https://forms.zohopublic.com/sriwahyunihulawa/form/DaftarHadirSiswaKelas6/formperma/y05_GToMifZdoUhEuXcRf-Isi80YwNT3nuwfa0nIMN8

 

Nah itulah step by step yang bisa kamu lakukan untuk membuat daftar hadir pada zoho. Semoga bermanfaat ya sahabat!

 

Nama : Sri Wahyuni Hulawa

Kelas : 5C

Jurusan : PGSD

Dosen Pengampu : Pak Ikhsan Hidayat S.Kom.,MT

Mata Kuliah : TIK

 

Nama                          : Sri Wahyuni Hulawa

NIM                            : 151420055

Kelas                          : 2B

Mata Kuliah                : Penulisan Karya Ilmiah

Dosen Pengampuh    : Muhammad Sarlin,S.Pd,.M.Pd

 

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia.Teknologi telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital. Era digital telah membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif yang bisa gunakan sebaik-baiknya. Namun dalam waktu yang bersamaan, era digital juga membawa banyak dampak negatif, sehingga menjadi tantangan baru dalam kehidupan manusia di era digital ini. Salah satu bentuk atau perkembangan teknolohi saat ini adalah munculnya berbagai macam aplikasi game baik online maupun ofline.

Game dapat diartikan sebagai hiburan, tapi istilah game saat ini sering diartikan dengan video game hal ini Karena semakin pesatnya perkembangan teknologi. Dalam game seorang pemain menggunakan kelincahan intelektualnya pada arena permainan untuk membuat keputusan dan menunjukan aksi permainannya, tentu pemain memiliki target yang ingin dicapai dalam video game yang dimainkannya. Sementara itu pengertian game online adalah video game yang dapat dimainkan jika perangkat (Komputer, smartphone, tablet, dan konsol game) terhubung ke jaringan Internet. Jadi jika seseorang ingin bermain game maka perangkatnya harus terhubung ke internet kalu tidak kemungkinan besar tidak bisa bermain. Tujuan dibuatnya game online tentunya untuk menghasilkan uang bagi pengembangnya, dan sebagai kepuasan tersendiri bagi para pemain karena bisa bermain dengan banyak orang di seluruh dunia. Dengan bermain video game secara online maka seorang pemain dapat bermain dan terhubung dengan pemain lain dengan begiitu mereka saling berinteraksi dalam bentuk video game. Dalam pengaruhnya game online ini sangat besar bagi orang yang memainkan game tersebut, dimana salah satu nya ialah anak anak. Ketika anak-anak melihat teman nya pegang hp dan bermain game maka anak tersebut akan mengikutinya dengan cara meminta hp android ke orang tuanya.

Para pemain yang memainkannya biasanya disebut gamers, para gamers berlomba-lomba untuk memiliki dan memainkan game online yang mereka senangi dan berantusias untuk menjadi yang terbaik. alasan subjek anak menyukai bermain game online yakni karena game online itu sangat menarik, banyak hal-hal baru yang terdapat di dalam game online, ketika permainan pertama selesai selalu ada permainan baru yang menyebabkan ingin terus bermain. Menurut Wahyudah & Harmanto (2014) dijelaskan bahwa anak-anak Pelajar cenderung suka bermain, terutama game online karena animasi dan keseruan yang mereka dapatkan dari permainan ini. Selain itu, game menawarkan fitur yang menarik. Sejak kemunculannya game online menjadi sangat populer dan mudah untuk diakses. Game online dapat dimainkan di berbagai platform, seperti komputer pribadi (PC), konsol game (alat khusus untuk bermain game) dan smartphone (Kiraly, Nagygyörgy, Griffiths, & Demetrovics, 2014). Hasil studi bahkan menunjukkan, mayoritas aktivitas yang dilakukan masyarakat melalui smartphone yaitu bermain gim (25%). Mereka rata-rata bermain gim mobile dengan durasi 53 menit. Aktivitas lainnya yang dilakukan pengguna dengan smartphone yaitu bersosial media (17%), streaming video (12%), browsing (10%), hingga berbelanja online (7%).

            Game online akan berdampak positif apabila dimanfaatkan untuk hiburan (Adams, 2013), di mana segala rasa penat dan stres dapat dikurangi dengan bermain game (Russoniello, O’Brien, & Parks, 2009). Namun yang terjadi saat ini, game online banyak dimainkan secara berlebihan dan digunakan sebagai tempat untuk melarikan diri dari realitas kehidupan sehingga yang terjadi adalah kecanduan game online (Hussain & Griffiths, 2009). Seperti yang dikatakan oleh seorang psikiater sekaligus praktisi Pendidikan anak di korea selatan yaitu Shin Yee-Jin “kecanduan ini berarti ketergantungan yang cukup parah dan seolah belum bisa dipisahkan dari anak-anak yang sedang berkembang dalam pola disiplin dan control diri. Lebih parah lagi, mental mereka akan rusak jika mereka berfokus kesana. Mereka lebih cepat tumbuh besar dibandingkan anak-anak zaman dulu, tetapi jiwa mereka lambat berkembang.” (2015:10)

Usia dini merupakan masa kritis Konsisten bentukan karakter seseorang, penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mengkin kepada anak-anak adalah kunci utama membangun bangsa. Menurut para pakar penelitian anak dalam perkembangan otak manusia (neouroscience) apabila pada usia dini pada anak tidak diberi pendidikan, pengasuhan, stimulasi yang baik maka akan berpengaruh terhadap struktur perkembanagn otaknya, hal ini terjadi karena perkembangan otak amat pesat terjadi pada usia dibawah 7 tahun dimana 90 persen otak sudah terbentuk pada usia ini. beberapa kasus yang berbeda dari tiap kecanduan internet di kalangan anak usia dini dalam membentuk budaya online. Kasus pertama menimbulkan masalah psikologi seorang anak yang temperamental ke orang lain/teman-teman bermainnya, sedangkan kasus anak kedua justru sebaliknya. Sikap anak pada kasus kedua lebih menutup diri dari orang di sekitarnya dan kurang percaya diri karena tidak terbiasa bersosialisasi dengan orang lain/lingkungannya. Di kasus terakhir, anak mengalami gangguan kesehatan mata karena keseringan mengakses smartphone. Selain itu, peneliti memaparkan pula upaya orang tua mereka dalam menyaring dampak negatif penggunaan internet bagi anaknya.

Peran orang tua dan lingkungan setempat menjadi sangat penting dalam menciptakan dan membentuk karakter anak demi keluarga dan masa depan bangsa yang lebih baik. karakter anak bisa dibentuk dan dibangun sejak usia dini, tidak peduli riwayat orang tua anak tersebut, jika anak dididik dan dibimbing dengan sangat baik maka sangat besar kemungkinan sifat dan sikap orang tua yang tidak patut ditiru dan diturunkan bisa dihilangkan dari anak.         Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter dapat terwujud jika anak tumbuh dilingkungan yang berkarakter, fitrah anak yang terlahir suci dapat dikembangakan secara optimal, ini memerlukan peran serta semua pihak keluarga, sekolah dan seluruh komponen yang ada dalam masyarakat contoh lembaga keagamaan, perkumpulan olah raga, komunitas bisnis dan lain-lain. Oleh karena itu pendidikan karakter disekolah terutama usia TK dan SD juga perlu dilakukan tentunya sesuai dengan tahap perkembangan umur anak.

RUMUSAN MASALAH

Adapun rumusan masalah pada pembahasan makalah ini yaitu;

1.     Apa dampak negative dari memainkan gadged oleh anak usia dini?

2.     Bagaimana cara orang tua dalam menghadapi anak yang sering memainkan gadged?

3.     Apa peran Pendidikan dalam menghadapi permasalahan anak memainkan gadged?

 

TUJUAN

Tujuan makalah berdasarkan rumusan masalah diatas adalah;

1.     Mengetahui dampak negative dari memainkan gadged oleh anak usia dini

2.     Mengetahui bagaimana cara orang tua dalam menghadapi anak yang sering memainkan gadged

3.     Mengetahui Apa saja peran Pendidikan dalam menghadapi permasalahan anak memainkan gadged

 

Daftar Pustaka

Shin,Yee Jin.2015.Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta selatan : Noura Books

Novrialdy,Eryzal. 2019. Kecanduan Game Online pada Remaja:Dampak dan Pencegahannya. Jurnal Buletin Psikologi.No.2,vol.27. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/47402-152624-2-PB%20(2).pdf (diakses 8 april 2021)

Junida,Dwi Surti. 2019. Kecanduan Online Anak Usia Dini. https://www.researchgate.net/publication/337675287_KECANDUAN_ONLINE_ANAK_USIA_DINI (diakses 9 april 2021)

Maulida,Lely.2018. Jumlah gamer di Indonesia capai 100 juta di 2020. https://www.tek.id/insight/jumlah-gamer-di-indonesia-capai-100-juta-di-2020-b1U7v9c4A (diakses 9 april 2021)

N, Sora.2020. Pengertian Game Online serta Jenis, Grafis, dan Cara Bayarnya.http://www.pengertianku.net/2020/05/pengertian-game-online-serta-jenis-grafis-dan-cara-bayarnya.html (diakses 9 april 2021)