Pentingnya Pendidikan Pancasila Untuk Dapat di Terapkan di Perguruan Tinggi

26 October 2020 22:14:59 Dibaca : 11

Pada zaman sekarang, arus globalisasi memberikan dampak yang besar bagi  warga negara dan kurangnya kesadaran akan pentingnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Tidak hanya itu, rendahnya pengetahuan tentang nilai-nilai pancasila dalam warga negara, pelajar dan mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa di era teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, banyak generasi muda yang bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila karena rendahnya kesadaran yang ada pada diri mereka.Sehingga generasi muda perlu adanya pendidikan pancasila.Karena generasi muda diharapkan mampu menjadi penerus bangsa yang mampu menanamkan serta menerapkan nilai-nilai pancasila. 

Seiring denagan perkembangan teknologi nformas dan komunikasi dapat memberikan dampak yang buruk karena generasi muda saat ini banyak yang mengikuti kebudayaan luartanpea menyaring kebudayaan tersebut sesuai dengan kaidah pancasilakarena kurangnya pengetahuan dan bimbingan yang mereka dapatkan. Generasi muda saat ini yang dipandang sebagai penerus bangsa diharapkan mampu menanamkan makna serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Pancasila sendiri merupakan hasil dari buah pemikiran bangsa atau dapat disebu dengan ideologi bangsa. Pancasila dikatakan sebagai pandangan hidup, karena pancasila merupakan suatu ide yang merupakan cita-cita suatu bangsa. Dalam perkembangan pancasila tidak lepas dengan yang namanya sejarah. Perumusan pancasila, serta tokoh-tokoh yang terlibat didalamnya, salah satu tokoh yang terlibat adalah Kasman Singodimedjo.

Dengan adanya pendidikan pancasila, generasi muda diharapkan menjadi perbaikan serta pembentukan karakter yang tidak hanya unggul menlainkanjuga mempunyai akhlak yang baik. Model penyampaian pendidikan pancasila ini hendaknya berupaya lebih banyak melbatkan generasi muda secara terbuka, demokratis, dan memilii kebebsana berpendapat agar generasi muda mampu memahami apa saja yang terkandung didalamnya. Akan tetapi, kenyataannya generasi muda saat ini banyak yang bertindak tidak sesuai dengan kaidah pancasila, seperti peembunuhan, pemerkosaan, tawuran , dan lainnya. Jika hal ini tetap dibiarkan berlangsung, maka akan kehilangan fungs dari generasi muda sebaga penerus bangsa karena akibat dampak buruk dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Pada dasarnya, mereka tidak berfikir panjang mengenai dampak selanjutnya jika melakukan perbuatan tersebut. Jika hal tersebu masi berlangsung, pastnya juga akan berdampak buruk bagi Negara Indonesia sendiri yaitu akan mengalami keterpurukan seirng berjalannya waktu.

Dengan adanya pendidikan pancasila yaut agar genarasi muda tidak tercabut dari akar budayanya sendiri dan agar mereka memilik pedoman atau akidah penuntun dalam berpikir serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan makna serta nilai-nilai Pancasila. Pancasila dapat dharapkan menjadi pedoman hidup bagi manusia, baik bermasyarakat, bernegara maupun berbangsa. Sehingga dalam berperilaku serta bersosialisasi antar sesame manusia, baik dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga diharapkan tidak melenceng atau sesuai dari auran yang telah ditetapkan sesuai dengan Pancasila. Geberasi muda kurang memilki kesadaran. Oleh sebab itu, banyak yang beritndak tidak sesuai dari aturan yang telh ditetapkan sesuai dengan kaidah pancasila. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya pendidikan pancasila supaya generasi muda di era sekarang mampu menyaring kebudayaan luar yang tidak sesuai dengan kaidah pancasila.

Dari hasil dan analisi dapat disimpulakn bahwa Pancasila adalah suatu ide yang menjadi cita-cita bangsa. Pancasila memiliki lima butir yang harus diteladani, setiap butir memilki makna serta nilai-nilai penting yang harus diamalkan dalam kehiduan sehari-hari. Oleh karena itu, pendidikan pancasila sangatlah penting bagi generasi muda supaya mereka dapat terbentuuk karakter yang unggul serta mempunyai akhlak yang baik.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong