ARSIP BULANAN : March 2021

5 hal pokok

  1. gadget yang semakin canggih menyediakan berbagai media berita, jejaring sosial, informasi gaya, hidup, hobi, hingga hiburan, yang disajikan secara online maupun offline kini sukses menarik banyak perhatian masyarakat. 
  2. dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak usia dini.
  3. pentingnya pengawasan orang tua setiap kegiatan anak dalam bermain gadget.
  4. penggunaan gadget pada usia dini, bisa digunakan untuk alat atau media pembelajaran untuk anak.
  5. mengedukasi penggunaan gadget pada anak usia dini.

PERAN GADGET PADA ANAK

15 March 2021 17:25:01 Dibaca : 33

  Di dalam gadget, terdapat banyak aplikasi edukatif yang disediakan untuk anak – anak dan dapat melatih proses perkembangan otak dan membantu proses pembelajaran anak usia dini.  Gadget itu sendiri terdiri dari handphone, Laptop, Notebook, Komputer, Tablet, Ipad, dll. Gadget yang paling banyak diminati saat ini adalah handphone karena ini dinilai sangat praktis di bawa kemana pun dan sekaligus sudah dapat mengakses internet, mengirim pesan, melihat peta, menggunakan kamera, mengakses media social, dan banyak hal. Di handphone juga kita dapat dengan mudah mengakses berbagai aplikasi yang bisa memudahkan anak dalam belajar, misalnya aplikasi yang memiliki program seperti menghitung, membaca, menulis, dan melakukan Latihan motorik. Aplikasi inilah yang nantinya akan membantu calon guru dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Dalam penggunaan handphone ini anak dapat dilatih untuk terbiasa dengan teknologi yang nantinya akan sangat berguna bagi masa depan anak itu sendiri.

  Kita dapat melihat berbagai hal positif dalam penggunaan gadget namun disisi lain penggunaan gadget dapat pula menyebabkan hal-hal negatif apabila tidak digunakan dengan baik atau melebihi porsinya. Penggunaan gadget juga harus dalam pengawasan orang tua karena kita dapat mengakses berbagai macam hal mengingat gadget memiliki jaringan internet yang luas. Banyaknya informasi yang tersebar luas di media social juga dapat mempengaruhi karakter anak contohnya berita hoax ataupun kekerasan. Tidak hanya itu, penggunaan internet ini juga dapat melemahkan kreatifitas anak apabila disalahgunakan. Apabila seorang anak terus bergantung pada penggunaan gadget khususnya dalam mengakses internet maka hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi tidak mandiri dalam mengerjakan tugas anak lebih mengandalkan hasil yang dia cari di internet dari pada menggunakan kreatifitasnya. Tentunya hal ini juga merugikan anak itu sendiri karena selain dapat menyebabkan kemalasan tapi juga menganggu Kesehatan anak yang memiliki banyak dampak negatif seperti kerusakan pada mata, nyeri punggung, bahu, lengan, bahkan dapat menyebabkan jempol kaku saat berada dalam posisi tertekuk terlalu lama. Pada zaman sekarang anak lebih tertarik pada game dari pada media atau aplikasi belajar hal ini menyebabkan kurangnya minat anak dalam belajar karena mereka merasa pembelajaran yang membosankan membuat mereka sulit memahami pelajaran yang malah terkesan sulit nagi mereka. 

  Oleh karena itu, dalam penggunaan gadget sudah seharusnya disadari oleh kesadaran orang tua dalam mengawasi anak dalam penggunaan gadget. Kemudian pentingnya pengetahuan tentang dampak negative penggunaan gadget pada anak, agar mereka lebih membatasi dalam pengunaan gadget. Anak - anak juga harus memahami bahwa kreatifitas mereka sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa ini.