Cara Membuat Kuis di Wordwall.net

20 November 2022 18:22:55 Dibaca : 34

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wordwall merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif.

Aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan sebagainya.

 

Berikut Link Kuis & Video Cara Membuat Wordwall :

https://youtu.be/N7BiN7AAO6Q

 

https://wordwall.net/id/resource/38208468

Cara Membuat LKPD dalam bentuk Google Form

09 October 2022 12:32:42 Dibaca : 138

Abdul Holik Kurniawan Wuwungan (151420069)

5c - Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Google Formulir adalah perangkat lunak administrasi survei yang disertakan sebagai bagian dari rangkaian Penyunting Google Dokumen berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google.

Google Form Sendiri memilik beberapa manfaat salah satunya yaitu menjadikannya LKPD untuk menunjang proses pembelajaran. Kalian pasti penasaran bagaimana cara membuat LKPD Google Form

Simak Video Berikut !

https://youtu.be/tECZ-Gp9KDo

 

Link LKPD (Password : 123456)

https://docs.google.com/forms/u/0/d/e/1FAIpQLSfHhDF5IGo5Pb5Abvh5m0IMkbzJ7G6L8lqkevqyRbTglZlAzQ/alreadyresponded?usp=sf_link

 

 

Cara membuat Form Absensi di Zoho.com

01 October 2022 15:54:26 Dibaca : 1057

 

Cara membuat absen di Zoho Form diperlukan dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan. Absen online ini dimaksudkan untuk mengetahui siapa murid atau karyawan yang tetap bekerja dari rumah. Cara membuat absen di Zoho Form cukup dibutuhkan. Apalagi di masa pandemi saat ini, masih banyak di antara sekolah hingga kantor yang menerapakan belajar online atau mempekarjakan karyawannya di rumah sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19. Untuk itu, cara membuat absen online di Zoho Form diperlukan guna mengumpulkan daftar keanggotaan yang hadir dalam kelas maupun pekerjaan. Dengan fitur ini, guru maupun pimpinan perusahaan bisa mendata murid maupun karyawannya yang tetap belajar atau bekerja di rumah masing-maing.

Membuat Zoho Form untuk kepentingan ansensi contohnya, berikut langkah - langkahnya :

1. Kunjungi website https://www.zoho.com/id/forms/, Maka akan muncul tampilan seperti ini

Jika sudah muncul seperti tampilan di atas, anda bisa Masuk terlebih dahulu bagi yang sudah punya akun zoho atau Daftar bagi yang belum mempunyai akun zoho dengan mengikuti instruksi yang ada.

2. Setelah anda Masuk klik menu Forms, Kemudian Klik New Form.

3. Kemudian anda akan mendapatkan tampilan sepert ini

Untuk Form Name anda bisa mengganti sesuai dengan apa yang anda inginkan, begitupun pada bagian Description dan setelah itu anda klik CreateKemudian anda akan mendapatkan tampilan yang terdiri dari Builder, Rules, Settings, Themes, Share, Intergrations Aprovals.  Di bagian Builder  terdiri atas Basic Fields dan  Advanced Fields. 

Pada bagian absensi tentunya kita memerlukan beberapaa bagian misalnya Nama Siswa, NISN, Kelas, Semester, Tanda Tangan, dan Foto Kegiatan.

4. Langkah selanjutnya adalah mengklik bagian Name yang ada pada Basic Fields, maka kita akan mendapatkan tampilan seperti dibawah ini.

5. Sesuai dengan judul di atas membuat absensi maka kita menyesuaikan bagian yang ada dalam form tersebut sesuai kebutuhan absensi kelas. Setelah itu, kita bisa menyesuaikan pengaturan yang terdapat pada form bagian Name dengan cara mengklik form tersebut seperti pada gambar dibawah. Untuk bagian Field Label kita bisa menggantinya dengan Nama, kemudian pada bagian Name Elements kita bisa menyesuaikan dengan nama depan, tengah maupun belakang jika di perlukan, dan jangan lupakan untuk mencentang Mandatory jika form tersebut wajib di isi. setelah itu klik Save.

6. Form Selanjutnya yang akan di buat adalah Bagian NISN. Untuk NISN kita bisa memanfaatkan Form Number. Untuk cara menyesuaikannya sama dengan sebelumnya.

7. Untuk Bagian Kelas, Kita bisa memanfaatkan Form Dropdown. di form ini kita bisa menyesuaikan jumlahnya dengan berapa banyak kelas yang ada.

8. Untuk bagian Semester kita bisa menggunakan Form Radio. Kita bisa menyesuaikan dengan cara yang sam dengan form sebelumnya.

9. Untuk bagian Tanda Tangan, kita bisa memanfaatkan Form Signature yang terdapat di Advanced Fields.

10. Untuk bagian Foto Kegiatan, Kita bisa menggunakan Forms Image Upload yang terdapat pada Basic Fields dan juga kita bisa menyesuaikannya.

11. Untuk mempercantik Form Absensi kita bisa menerapkan tema - tema yang tersedia secara gratis yaitu dengan cara Klik Themes kemudain pilih menurut anda tema yang cocok kemudian tekan apply.

Volia Form absensi ada sudah jadi.

12. Setelah Form absensi telah jadi, kita bisa membagikannya kepada siswa dengan cara Klik Shares kemudian salin link absensi tersebut dan kirimkan.

Jadi itulah cara membuat absensi ada website zoho.com, mohon maaf bila cara di atas jauh dari kata sempurna.

Link Absensi : https://forms.zohopublic.com/holik/form/AbsensiKelas1/formperma/oZuZZWL89wjsIeDTuynhl3VJ_AmbAqRjSRorIrLT54o

 

Ayo Berkreasi

28 April 2021 07:16:08 Dibaca : 22

Alat dan Bahan

  • Tanah liat secukupnya
  • Pelumas (minyak goreng)
  • Cat
  • Alas (tripleks dan lain-lain)
  • Air

Langkah Membuat

  1. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan.
  2. Ambil tanah liat secukupnya.
  3. Lenturkan tanah liat di tripleks agar lentur dan mudah dibentuk.
  4. Lumuri degan minyak goreng supaya tidak lengket.
  5. Bentuk bagian-bagian buaya seperti gambar 1-7.
  6. Rapikan dengan tangan dan lumasi minyak goreng agar tidak lengket.
  7. Jemur selama 1-2 hari supaya tidak pecah-pecah.
  8. Ampelas permukaannya supaya halus.
  9. Cat sesuai keinginan dan keringkan.

Bahasa Bagi Indonesia

09 April 2021 08:28:11 Dibaca : 114
Nama : Abdul Holik Kurniawan Wuwungan
Kelas : IIb  – Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Mata Kuliah : Penulisan Karya Ilmiah

Bahasa Bagi Indonesia

Bahasa adalah suatu cara yang dimiliki oleh manusia untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan tanda-tanda tertentu misalnya baik lisan, tulisan, dan gerakan. Bahasa merupakan kumpulan dari berbagai kata-kata yang memiliki makna tertentu atau tujuan yang akan disampaikan oleh pembicara kepada pendengar. Jadi secara sederhana bahasa dapat diartikan yaitu untuk menyampaikan perasaan atau suatu hal yang terlintas di dalam hati kita.

Bahasa merupakan alat komunikasi yang umum dalam masyarakat. Bahasa dapat diartikan sebagai alat komunikasi secara lisan maupun tulisan agar orang lain mengerti atau paham maksud dan tujuan tertentu tetapi pada hakikatnya yaitu menggunakan bahasa yang dapat diketahui oleh orang tersebut tidak menggunakan bahasa yang tidak dapat dimengerti orang dalam konteksnya bahasa binatang misalnya, hal ini diperjelas oleh Wiratno, T., & Santosa, R. (2014) yaitu “Meskipun kegiatan berkomunikasi dapat dilakukan dengan alat lain selain bahasa, pada prinsipnya, manusia berkomunikasi dengan menggunakan bahasa. Pada konteks ini, bahasa yang digunakan adalah bahasa manusia, bukan bahasa binatang. Dalam hal tertentu, binatang dapat melakukan komunikasi dengan sesamanya dengan menggunakan bahasa binatang. Hal yang menjadi bahan pembicaraan di sini bukan bahasa binatang, melainkan bahasa manusia, dan semua kata bahasa pada buku ini mengacu pada bahasa manusia.” Jadi bahasa yang harus digunakan itu adalah bahasa yang dapat dimengerti orang lain, jika kita tidak menggunakan bahasa yang tidak dapat dimengerti oleh orang lain otomatis tujuan utama bahasa sebagai alat komunikasi tidak akan terlaksana.

Di dunia ada banyak  bahasa yang tersebar di seluruh permukaan bumi ini, dan setiap bahasa mempunyai sistem penggunaannya sendiri-sendiri yang disebut tata bahasa. Terdapat tata bahasa untuk bahasa Inggris, tata bahasa untuk bahasa Jepang, dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan Indonesia?. Bahasa Indonesia merupakan media komunikasi utama bagi masyarakat negara Indonesia. Dalam hal ini, bahasa Indonesia dapat diketahui mempunyai dua kedudukan yaitu sebagai bahasa Nasional dan bahasa Negara. Bahasa Indonesia dikatakan bahasa Nasional yaitu sebagai lambang dari kebanggaan kebangsaan, identitas nasional, alat penghubung antar masyarakat di seluruh wilayah nusantara yang bahasanya terdapat perbedaan. Bahasa Indonesia dikatakan sebagai bahasa negara memilik arti bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kenegaraan, pengantar pendidikan, alat penghubungan internasional, dan sebagai alat pengembangan kebudayaan & teknologi. Seperti yang dijelaskan Edelweis Lararenjana di Merdeka.com (2020) “Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, fungsi bahasa Indonesia alah sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, identitas nasional, alat perhubungan antar warga, antar daerah dan antar budaya, serta alat pemersatu suku, budaya dan bahasa di Nusantara. Sedangkan dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar pendidikan, alat perhubungan tingkat nasional dan alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.” Jadi bahwasanya Bahasa Indonesia memiliki peran penting di negara tercinta kita ini.

Bahasa Indonesia tidak serta merta langsung muncul dengan sendirinya tetapi bahasa Indonesia muncul karena suatu perencanaan yang telah disusun sedemikian rupa. Salah satu saksi bisu lahirnya bahasa Indonesia adalah misalnya dalam proses menuju kemerdekaan. Bahasa Indonesia telah menemani perjuangan para pendahulu untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, jadi bahasa Indonesia dapat dikatakan sebagai salah satu dari pilar penyokong kemerdekaan negara Indonesia. Bahasa Indonesia berkembang sejalan dengan semangat perjuangan para pahlawan.

Bahasa Indonesia dalam penerapannya sering mengalami beberapa masalah atau kendala, terutama dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik secara lisan maupun tulisan. Kendala tersebut muncul karena ada faktor yang mempengaruhinya yaitu munculnya bahasa – bahasa gaul yang berkembang pada generasi muda dan Kurangnya perhatian dari masyarakat akan eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional seperti yang dikatakan Rahayu, A. P. (2015) “bahwa banyaknya kalangan remaja menggunakan bahasa gaul adalah akibat dari perkembangan zaman yang kian mengalami kemajuan baik dari dunia pendidikan sampai teknologi. Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Adapun kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negeri sendiri berdampak pada lunturnya pemakaian bahasa Indonesia dalam pendidikan dan pengajaran ataupun dalam kehidupan sosial masyarakat. Apalagi dengan maraknya dunia kalangan artis menggunakan bahasa gaul di media massa dan elektronik, membuat remaja semakin sering menirukannya dalam kehidupan sehari-hari”. Untuk itu Agar bahasa Indonesia tidak tergeser oleh bahasa – bahasa gaul maka sebaiknya kita sebagai warga negara Indonesia harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan tempatnya atau kedudukannya dan melakukan pencegahan atau penanggulangan sebelum bahasa Indonesia itu punah. Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai yang baik adalah bahasa yang mampu digunakan sejalan dengan norma kemasyarakatan yang berlaku di sekitar. Misalnya, dalam situasi santai dan akrab, seperti di warung, pasar, di tempat arisan, dan di lapangan sepak bola sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang tidak terlalu terikat pada tataannya. Berbeda dalam saat situasi formal seperti kuliah, seminar dan pidato kenegaraan sebaiknya kita menggunakan bahasa Indonesia yang resmi dan formal yang selalu memperhatikan norma bahasa.

  •  Rumusan masalah :
  1. Bagaimana proses terciptanya bahasa Indonesia ?
  2. Apa yang dimaksud Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara ?
  3. Apa urgensi dari bahasa Indonesia untuk negara Indonesia ?
  • Tujuan
  1. Untuk mengetahui proses terciptanya bahasa Indonesia
  2. Untuk mengetahui maksud dari bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara
  3. Agar dapat mengetahui apa urgensi dari bahasa Indonesia untuk negara Indonesia

Daftar Pustaka :

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1-19.

Edelweis Lararenjana, (2020). Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pemersatu Bangsa, Ketahui Sejarahnya. Dapat diakses di https://m.merdeka.com/jatim/fungsi-bahasa-indonesia-sebagai-bahasa-pemersatu-bangsa-ketahui-sejarahnya-kln.html

Rahayu, A. P. (2015). Menumbuhkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pendidikan dan pengajaran. Jurnal Paradigma, 2(1), 1-15.