Introducing me personally, Ahmad Syahroni, who is based in Indonesia, made an article called Alabule.com, a website blog that discusses how we can live a healthy life in this world, there are several important points on this website that discuss insurance issues and benefits as well as the use of plants around us for our health and our families, this website will also provide the latest news around the world, about the latest technology and viral news around the world, politics, and much more that is discussed in it.

 

Read Also : Latest and updated tutorial

Alabule.com, apart from discussing viral news, politics and even technology, you can also visit some video tutorials on how to cultivate discus fish which I present below.

 

As we know health is a major important factor in our lives, apart from medicine from doctors here, they are reviewing some plants that can be used as medicine for us when we are sick, there are many circulating plants out there that we don't know about their benefits and uses, at alabule.com all will be discussed about the uses and benefits of plants for our own health and for our beloved families.

 

Read Also : Popular Health Tips 2021

 

There are many politics out there that make our brains dizzy, reading here and there is the same as the update, here it is clearly summarized because the alabule.com web also discusses politics and other organizations.

 

Often you travel abroad, maybe someone knows the name of the area, but maybe some of you don't know the most beautiful tourist spots in the country, on alabule.com everything will be discussed in more detail and in depth.

Please support us to give appreciation in the form of comments that have been stated below.

 

thank you

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

04 April 2021 18:29:47 Dibaca : 9

Daftar Universitas Swasta Terbaik di IndonesiaSesaat lagi akan datang waktunya untuk lakukan registrasi mahasiswa baru untuk siswa SMA/SMK yang telah duduk di kursi kelas 3. Bahkan juga, ada pula universitas swasta yang mulai buka registrasi mahasiswa baru, semakin lebih cepat dibanding dengan universitas negeri.Kualitas yang nyaris sesuai dengan universitas negeri membuat universitas swasta dapat jadi sebagai salah satunya alasan untuk kalian untuk meneruskan pengajaran. Bahkan juga, dalam QS Asian University Ranking 2021, rangking universitas swasta di Indonesia tidak jauh terpaut dengan kampus negeri.Universitas swasta mana saja yang masuk kategori terbaik di Indonesia? Di bawah ini daftarnya selengkapnya menurut sidikul blogger.

Binus University

Siapakah yang tidak mengenali universitas swasta satu ini. Bina Nusantara University atau yang lebih dikenali bernama Binus ini telah berdiri semenjak tahun 1996. Di tahun 1998, STMIK Bina Nusantara selanjutnya menyatu ke Binus hingga Binus mempunyai beberapa fakultas, yakni Fakultas Pengetahuan Computer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Tehnik, Fakultas Sastra, Fakultas MIPA, dan Program Pascasarjana.Satu diantara keunggulan BInus yang membuat demikian disukai oleh calon mahasiswa ialah karena Binus mempunyai program kerja sama vital dengan beberapa perusahaan yang beroperasi di sektor industri tehnologi komunikasi dan info, seperti CISCO, Microsoft, SAP, ORACLE, IBM, dan Lotus Development Indonesia.Kerja sama dengan yang dilaksanakan ialah dalam membuat dan meningkatkan situasi perkuliahan yang memiliki nuansa tehnologi dan ilmiah dengan disokong penelitian dan riset aplikasi.

Telkom University

Selain masuk ke daftar universitas swasta terbaik di Indonesia di tahun 2021 dalam QS Asian University Ranking, Telkom University raih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik No.1 dari Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia 2 tahun beruntun di tahun 2019 dan 2020.Telkom university lahir di tahun 2013 hasil dari penyatuan empat kampus yang sudah ada awalnya di Bandung, yakni Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Design Indonesia Telkom (STISI Telkom).Saat sebelum dileburkan jadi satu kampus, STT Telkom dan STMB Telkom yang dibangun di tahun 1990 adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mempunyai kekhususan pengajaran dalam sektor industri pertelekomunikasian dan teknologi info di Indonesia.

Universitas Atma Jaya

Universitas Atma Jaya adalah salah satunya kampus swasta paling tua di Indonesia karena telah berdiri semenjak tahun 1960. Sekarang ini Kampus Atma Jaya telah mempunyai delapan fakultas dengan 2 puluh satu program study untuk program sarjana (S1) dan Program Saat Sarjana dengan 7 program magister.Tempati posisi terbaik ke-3 di QS Asian University Ranking 2021, Kampus dikenali mempunyai fakultas psikologi dan fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Alumnus dari fakultas ini menyebar di beberapa perusahaan besar, baik di Indonesia atau luar Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Tidak salah bila Yogyakarta dipanggil sebagai kota pelajar karena banyak sekolah yang dibuka di situ. Dimulai dari jenjang Taman Kanak-kanak sampai Kampus dapat kalian dapatkan nyaris di tiap pojok kota ini. Salah satunya universitas paling besar dan terbaik di kota Yogyakarta ialah Kampus Muhammadiyah Yogyakarta atau yang umum dikenali bernama UMY.Sekarang ini UMY mempunyai 8 fakultas dan 4 program, yakni program vokasi, program pascasarjana, program doktor, dan program internasional. Posisi perkuliahan UMY terkonsentrasi di wilayah Kasihan, Yogyakarta dan disokong fasilitas simpatisan yang komplet, dimulai dari gymnasium, laboratorium, sampai university residence.

Universitas Islam Indonesia

Satu kembali kampus asal Yogyakarta yang masuk di dalam perincian ini ialah Kampus Islam Indonesia atau yang lebih dekat dikenali bernama UII. Sesungguhnya UII terlebih dulu berdiri bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta di tahun 1945. Tetapi, STI mengikut peralihan ibu-kota ke Yogyakarta di tahun 1946. Nama UII sendiri baru sah dipakai di tahun 1948.Pertama kalinya disahkan oleh Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, UII mempunyai empat fakultas, yakni Agama, Hukum, Pengajaran, dan Ekonomi. Sekarang ini sudah ada empat program diploma, 24 fakultas sarjana, dan 18 program saat sarjana yang dapat kalian tentukan. UII dikenali sebagai salah satunya kampus yang mempunyai program penelitian terbaik di Indonesia.

Nah, itu barusan beberapa daftar universitas swasta terbaik di Indonesia yang dapat kalian kenali. Mudah-mudahan berguna dan mudah-mudahan kalian bisa mendapati kampus terbaik untuk kalian untuk jadikan tempat mengangsu pengetahuan.

 

21 Resep Masakan Tradisional khas daerah, mudah dibuat

21 March 2021 12:05:37 Dibaca : 15

Nulisprener.org - Resep Masakan Tradisional di Indonesia saat ini menjaei incaran para pecinta kuliner. Sehingga membuat Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya dengan berbagai potensi. Beragam kebudayaan, bahasa, suku, hingga kuliner tersebar di seluruh pelosok negeri. Dari Sabang hingga Merauke memiliki ciri khas tersendiri.

Bahkan bukan rahasia lagi, jika dahulu para penjajah begitu tergoda dengan Indonesia. Ragam rempah-rempah yang dimiliki Indonesia pun juga menjadi primadona yang diburu berbagai pihak. Tak heran jika rempah-rempah ini mampu menghasilkan beragam kelezatan makanan khas daerah.

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang kaya akan rasa. Meskipun terkadang memiliki nama yang hampir mirip, tetapi masing-masing daerah akan memiliki keunggulan cita rasa yang berbeda dengan daerah lain.

Sebagai contoh sederhana adalah Soto. Dari Barat hingga Timur Indonesia memiliki berbagai jenis makanan berkuah ini. Namun jika diamati, soto Padang dan coto Makassar akan memiliki perbedaan resep, rasa dan juga cara penyajian.

Nah itu hanya contoh kecil dari spesialnya makanan khas daerah. Penasaran bagaimana sebenarnya resep makanan khas daerah lainnya? Ini dia 20 resep makanan khas daerah seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (6/11).

1. Soto Padang

Bahan :- 500 gram daging sapi (campur dengan tulang supaya kaldunya lebih kerasa).- 2 liter air.- minyak goreng untuk menumis.

Bahan cemplung :- 2 batang sereh digeprek.- 3 lembar daun salam.- 4 lembar daun jeruk.- 5 buah kapulaga.- 8 kelopak bunga lawang.- 5 buah cengkeh.- 4 cm kayu manis.- 2 batang daun bawang diiris.

Bumbu halus :- 10 siung bawang putih.- 6 buah bawang merah.- 3 ruas lengkuas.- 2 ruas jahe.- 1 ruas kunyi.- 1 sdt pala bubuk.- 1 sdm ketumbar bubuk.- 2 sdt lada bubuk.- garam.

Bumbu pelengkap :- sohun siram dengan air panas, rendam sebentar, angkat dan tiriskan.- perkedel kentang.- kerupuk merah.- sambal.- seledri diiris halus.- bawang goreng.- kecap.- cuka.

Cara memasak :a. Rebus daging sampai mendidih keluar buihnya, buah buih yang mengapung, masukkan semua bahan cemplung, lanjutkan merebus sampai daging empuk, masukan daun bawang, tunggu layu, matikan kompor, angkat daging, dan tunggu dingin.b. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi, campur bumbu yang sudah ditumis ke dalam air rebusan daging, masak sebentar sampai bumbu dan kaldu menyatu. koreksi rasa.c. Iris tipis daging yang sudah direbus, kemudian goreng sampai garing.d. Tata sohun, daging didalam mangkok, siram dengan kuah soto, beri kerupuk, perkedel, seledri dan sambal.e. Sajikan.

2. Bubur Manado

Bahan:- 200 gram beras.- 2 buah jagung manis dipipil.- 150 gram singkong potong dadu.- 100 gram ubi kuning, potong dadu .- 1 kg labu kuning, kukus dan lumatkan dengan garpu.- 4 liter air atau tambahkan sesuai kebutuhan.

Bahan sayur:- 5 lembar daun gedi,rajang halus .- 1 lembar daun kunyit,rajang sehalus mungkin.- 2 batang daun bawang, rajang halus.- 1 ikat kangkung, ambil daun dan pucuk mudanya, rajang kasar- 1 ikat kecil bayam, ambil daun.- 1 mangkuk kemangi, dari 5 ikat kecil kemangi, ambil daun dan pucuk mudanya saja.

Bumbu:- 5 batang serai, ambil bagian putihnya saja dan memarkan.- 2 lembar daun salam.- 1 sdm garam.- kaldu jamur secukupnya.- 6 bawang putih, cincang halus.- 6 bawang merah iris tipis.

Bumbu pelengkap- sambal dabu dabu atau sambal korek.- ikan asin goreng.

Cara memasak :a. Cuci bersih beras,lalu di panci masukkan air, beras, singkong, ubi masak dengan api kecil sampai singkong dan ubi lembut.b. Masukkan bawang putih, bawang merah, daun salam dan serai sambil terus diaduk, masukkan jagung dan labu kuning.c. Tambahkan air bila diperlukan, masukkan garam lada dan kaldu jamur aduk rata lagi.d. Setelah beras sudah menjadi bubur terakhir masukan semua sayuran aduk rata, koreksi rasa, angkat.

3. Sop Konro

Bahan :- 1 kg iga sapi.- 1700 ml air.- 1/2 butir kelapa parut kemudian disangrai hingga kering lalu dihaluskan.- 1 lembar daun salam.- 2 lembar daun jeruk.- 2 cm kayu manis.- Daun bawang dan Daun Seledri secukupnya.- Minyak secukupnya untuk menumis.- Gula pasir,garam,kaldu sapi bubuk secukupnya.

Bumbu halus :- 10 siung bawang merah.- 6 siung bawang putih.- 4 butir kemiri.- 1 buah kluwak.- 5 batang sereh.- Serimpang lengkuas.- 2 cm kunyit.- 1/2 sdt merica bubuk.- 1 sdt jinten bubuk.- 1 sdt ketumbar bubuk.- 1/4 pala bubuk.

Bahan pelengkap :- Nasi putih atau buras.- Bawang goreng.- Sambel & jeruk nipis.

Cara memasak :a. Presto iga sapi hingga empuk dengan air secukupnya,saring ambil kaldunya 1 liter.b. Pindahkan kepanci biasa,masukan iga dan kaldunya lalu tambah air biasa 700 ml atau secukupnya.c. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya hingga wangi,lalu masukan kedalam panci iga,masukan juga daun salam,daun jeruk,kayu manis dan kelapa sangrai yang dihaluskan,aduk rata,beri gula garam dan kaldu sapi bubuk,didihkan cek rasa.d. Masukan potongan daun seledri dan daun bawang secukupnya didihkan sebentar matikan api.e. Sajikan dimangkok saji lalu taburi bawang goreng.

4. Sate lilit ayam khas Bali

Bahan :- 300 gr daging ayam (giling).- 100 gr kelapa parut.- 1 butir telur ayam.- 2 sdm tapioka.- 5 siung bawang merah.- 4 siung bawang putih.- 3 biji kemiri (sangrai).- 1 cm kunyit (bakar).- 2 cm kencur.- 1 cm lengkuas.- 1 cm jahe.- 5 buah cabe rawit (boleh lebih).- 1 cm terasi (bakar).- secukupnya garam & merica.- 20 batang bambu atau serai.

Cara memasak :a. Haluskan bawang merah,bawang putih, kunyit, cabai, kemiri, jahe, kencur, lengkuas dan terasib. Campurkan ayam giling,telur,tapioka,dan kelapa. Beri garam dan merica secukupnya.c. Tumis bumbu halus hingga harum lalu campurkan kedalam adonan daging ayam. Aduk rata.d. Panaskan Grill Pan dengan api sedang. Ambil sedikit adonan. Masak hingga matang. Lalu cicipi rasanya hingga pas.e. Jika rasa sudah pas. Ambil adonan secukupnya dan lilitkan pada batang Bambu atau Batang serai. Lalu panggang di Grill Pan hingga matang.f. Untuk Sambal matah : iris bawang merah,daun jeruk,cabai,dan batang serai bagian putihnya saja. Beri sejumput garam. panaskan 2 sdm minyak masukkan terasi. goreng hingga terasi hancur bercampur minyak. lalu campurkan pada bahan irisan. Aduk rata, siap dihidangkan.

5. Candil ketan

Bahan :- 200 gr tepung ketan.- 30 g tepung tapioka. Tepung beras atau boleh tepung ketan saja.- 1/3 sdt garam.- secukupnya air hangat sampai adonan bisa dipulung.

Bahan kuah :- 150 gula merah, disisir.- 800 ml air.- 2 lembar daun pandan ditali simpul.

Bahan larutan pengental :- 1 sdm tepung ketan atau boleh lebih jika suka kuah yang kental.- 1 sdm tepung beras atau boleh lebih jika suka kuah yang kental.- Campur semua bahan dan tambahkan sedikit air, aduk hingga larut dan tidak ada yang bergerindil.

Bahan kuah santan :- 400 ml santan kental.- 1/4 sdt garam.- Secukupnya buah nangka dipotong kotak kecil2 ( opsional).Rebus kuah santan hingga mendidih bersama garam dan daun pandan. Matikan api. Masukan potongan nangka.

Cara memasak :a. Campur tepung ketan, tepung tapioka dan garam, tuangi air hangat secukupnya sampai adonan lembut dan enak buat dipulung ( kalau terlalu lembek boleh ditambahi tepung ketan lagi).b. Siapkan nampan, taburi tipis2 dengan tepung kanji.c. Ambil secuil adonan bentuk bulat sebesar kelereng. Susun di atas nampan. Lakukan sampai adonan habisd. Masak semua bahan kuah kuah gula merah hingga gula larut dan mendidih.e. Saring lalu masak lagi sampai mendidih.f. Masukkan bola bola ketan. Masak dengan api kecil hingga gula meresap dan warna bola bola ketan berubah kecoklatan.g. Masukkan larutan tepung , aduk pelan sampai kental dan meletup2.h. Jika kurang kental bisa ditambahkan tepung ketan/ tepung beras yang dicairkan lalu dimasak lagi sampai kental.i. Sajikan dengan kuah santan.

6. Pempek Palembang

Bahan untuk biang :- 400 ml air.- 200 gr terigu.- Secukupnya Garam dan gula.

Bahan untuk adonan pempek :- 3 butir telur dikocok (dicampur ke dalam adonan pempek).- 5 siung bawang putih dihaluskan.- 400 gr sagu tani.

Bahan untuk isian :- 2 butir telur dikocok beri garam, gula sedikit.

Cara memasak :a. Dalam panci campur terigu, air, garam dan gula. Aduk rata. Nyalakan api, masak sambil diaduk-aduk sampai menggumpal seperti bubur (hati-hati gosong) Angkat. Biarkan hangat.b. Pindahkan biang yang sudah tidak panas ke dalam baskom. Dalam keadaan hangat tambahkan bawang putih, telur kocok. Aduk rata pakai sendok kayu.c. Masukkan sagu sedikit-sedikit. Aduk rata.d. Balur tangan dengan sagu, ambil sebagian adonan bentuk silindere.Buat lubang dengan menggunakan jari telunjuk. Bentuk seperti contong kemudian isi dengan telur kocokf. Tutup adonan pempek rapat-rapat supaya tidak terbuka pada saat direbusg. Rebus pempek dalam air mendidih sampai matang, angkat.

7. Seblak Bandung

Bahan:- 2 genggam kerupuk (redam di air biasa 2 jam).- 6 butir bakso.- 200 g ceker.

Bumbu halus:- 4 siung bawang merah.- 3 siung bawang putih.- 3 butir kemiri(boleh di kurangi klo ga suka creamy).- 1 ruas jari kencur.- 8 cabe merah keriting.- 6 cabe rawit pedas.- 5 cabe rawit hijau (untuk irisan).- Gula, garam, kaldu bubuk, lada bubuk.- 1 bonggol sawi sendok.- 1 batang daun bawang.- Air kaldubrebusan ceker (sesuai selera).- 2 butir telur yang sudah di orak arik.

Cara memasak :a. Tumis bumbu hingga matang.b. Tambahkan bakso, ceker, kerupuk yg sudah di rendam, garam, gula, lada, saus tiram, kaldu bubuk. Masak sebentar.c. Tambah air kaldu, masak hingga mendidih.d. Masukkan daun sawi, daun bawang, dan cabe rawit iris, masak hingga sayuran matang.

8. Batagor Bandung

Bahan:- 250 gr ikan fillet tenggiri buang kulitnya- 2 butir telur (jika besar boleh pakai 1 butir)- 5 sdm tepung tapioka/sagu- 2 sdm tepung terigu- 4 bh bawang putih potong goreng- 1/2 sdt meres garam- 1 sdt gula putih- 1/2 sdt lada putih bubuk (optional)- 1 lembar daun bawang iris tipis- 5 buah tahu pong segi4 bagi 2- 15 lembar kulit pangsit

Cara memasak :1. Masukan seluruh bahan kedalam chopper, blender hingga halus, koreksi rasa.2. Campurkan irisan daun bawang, aduk hingga rata.3. Isi tahu dengan 1 sdm adonan, isi kulit pangsit dengan 1sdt adonan, Goreng dalam api sedang hingga kecoklatan.

Sambal Batagor

- 100 gr kacang tanah- 6 bh cabai merah keriting- 6 bh cabai rawit merah galak- 3 bh bawang putih- 100 cc air putih- 1/2 sdt garam- 1 sdm gula merah

Cara memasak :1. Goreng seluruh bahan.2. Blender dengan air, garam, gula.3. Siapkan sedikit minyak, masak dalam api kecil hingga mengeluarkan minyak.

9. Tahu tek Surabaya

Bahan :- Tahu putih- 2 Telor- 2 genggam kacang tanah goreng / -+100gr- 4 siung bw putih- Sedikit lada- Garam- Cabe rawit jika suka pedas- 1/2sdm petis udang- 1-2sdm kecap manis- Daun seledri iris tipis2- Kerupuk bawang yg biasanya juga untuk gado2- 2 genggam Toge rebus- Lontong atau nasi

Cara memasak :-Bumbu/saus kacanga. Goreng kacang tanah hingga matang, boleh digoreng bersama bawang putih dan cabe rawit, sisihkan.b. Jika sudah dingin blender semuanya ditambah air matang agar blender tidak berat jalannya.c. Tuang di mangkok, tambahkan gula, garam, kecap manis, dan petis udang.d. Aduk rata. Boleh ditambah kecap sampai dapat rasa dan warna saus yg diinginkan.

-Tahu telor:a. Kocok lepas telor.b. Masukkan tahu yg sdh diiris kotak2 kecil tambahkan garam, lada, dan sedikit kaldu bubuk.c. Goreng dengan wajan cekung dengan minyak yang panas dan api cenderung. kecil agar tahu matang sempurna.

-Plating:a. Iris lontong/nasi tata d piring, letakkan tahu telornya.b. Siram sausnya.c. Tambahkan toge dan terakhir irisan daun seledrinya.d. Tambahkan timun jika suka Jangan lupa kerupuknya.e. Sajikan selagi hangat.

10. Krengsengan koyo dan urat sapi khas Jawa Timur

Bahan:- 300gr daging campur (koyor,urat,tetelan) rebus hingga empuk, potong-potong- 1buah bawang bombay,rajang- 1batang daun bawang,rajang

Bumbu:- 1sdm margarin- 2sdm baceman bawang- 1ruas kecil jahe,geprek- 1sdt lada hitam (pakai lada putih boleh)- 15cabe rawit (sesuai selera),rebus,lalu haluskan- 1sdm kecap inggris- 1sdt kecap asin- 4sdm kecap manis (sesuai selera)- 1sdt minyak wijen- Gula,garam,kaldu bubuk secukupnya

Cara memasak :a. Panaskan wajan,tumis baceman bawang bersama margarin,bawang bombay dan jahe hingga harumb. Beri air secukupnya,masukkan potongan daging yang telah direbusc. Masukkan ulekan cabe dan bumbui dengan kecap inggris,kecap asin,kecap manis,gula,garam,lada hitam dan juga kaldu bubuk aduk-aduk hingga ratad. Kecilkan api,tunggu hingga bumbu meresape. Terakhir koreksi rasa,taburi dengan irisan daun bawang dan juga minyak wijen,aduk sebentar lalu angkat dan sajikan bersama nasi panas

11. Rawon Surabaya

Bahan:- 500 gram daging sapi, bagian sandung lumur- Air untuk merebus daging- 1.500 ml air kaldu sapi- 3 sdm minyak goreng, untuk menumis- 1 sdm garam

Haluskan:- 6 siung bawang putih- 4 biji keluak (ambil isinya, lalu rendam dalam air)- 8 buah cabai merah- 2 ibu jari lengkuas- 3 cm kunyit- 2 cm kencur- 2 cm jahe- 2 sdm ketumbar- 1/4 sdt jintan- 1/2 sdt merica butir- 4 lembar daun salam- 2 batang serai, memarkan- 2 mata asam jawa, larutkan dengan 1 sdm air- 5 lembar daun jeruk purut

Pelengkap:- Tauge pendek/kecambah- Telur bebek asin- Sambal terasi- Kerupuk ikan

Cara memasak :a. Cuci daging sampai bersih, rebus sampai matang. Angkat dan tiriskan daging, lalu potong ukuran dadu. Sisihkan daging dan air kaldunya.b. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Masukkan daging, serai, daun jeruk, air asam, dan garam. Aduk sampai rata dan beraroma.c. Pukul-pukul daging sampai melebar. Goreng dalam minyak panas sebentar, angkat. Taburi dengan bawang goreng

12. Gangan waluh basantan Kalimantan

Bahan :a. Waluh (labu kuning)b. Nangka mudac. Kacang panjangd. Santan (bagi 2 santan,e. Pisah antara perasan pertama, kedua dan ketigaf. Cekerg. Bawang merahh. bawang putihi. Serehf. Lengkuasg. Kunyith. Garami. Gulaj. Kaldu bubuk/penyedap (bisa diskip)

Langkaha. Bersihkan ceker, beri perasan jeruk nipis /asam jawa. Rebus hingga empuk lalu buang air dan siihkan.b. Rebus nangka muda hingga mendidih, buang airnya. sisihkan.c. Kemudian tambahkan santan perasan kedua dan ketiga. Masukkan waluh, irisan bawang merah, bawang putih, sereh geprek, kunyit geprek, lengkuas geprek. Biarkan hingga mendidih sambil sesekali di aduk.d. Masukkan santan kental dan ceker aduk-aduk.e. Kemudian, jika waluh sudah setengah empuk masukkan kacang panjang yang sudah dipotong-potong.f. Lalu masukkan garam, gula dan kaldu bubuk/penyedap rasa. Icip2 lalu matikan api.g. Gangan Waluh basantan siap dihidangkan.

13. Kikicak habang anum khas Banjar

Bahan inti atau unti :- 150 gr kelapa tidak terlalu tua atau muda, parut- 80 gr gula merah, sisir halus- 20 ml air- 1 lmbr daun pandan

Bahan kikicak :- 150 gr tepung ketan- 1 sdt garam- 50 gr tepung beras- 1 sdt air kapur sirih- 175 ml santan cair hangat- Sedikit minyak goreng- Secukupnya air untuk merebus- 1/2 daging buah naga merah, haluskan, saring, ambil airnya

Cara memasak :a. Siapkan bahan inti terlebih dahulub. Masukkan dalam panci atau wajan, air, gula merah dan daun pandan.c. Rebus sampai gula larut.d. Masukkan kelapa parut. Aduk rata hingga inti/unti masak dan mengering.e. Angkat. Sisihkan dahulu.f. Siapkan semua bahan kikicak.g. Haluskan daging buah naga merah, saring, ambil airnya saja. Sisihkan dahulu.h. Dalam baskom campur tepung ketan putih, tepung beras, garam dan air kapur sirih.i. Aduk rata.Tambahkan santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai adonan kalisj. Tambahkan secukupnya air dari buah naga merah.k. Uleni hingga rata sampai dapat warna pink yang diinginkan.l. Beri sedikit minyak goreng.m. Uleni kembali sampai tercampur rata.n. Rebus air sampai mendidih.o. Sementara menunggu air mendidih, betuk adonan jadi bulatan bulatan kecil, pipihkan sedikit kemudian tekan sedikit bagian tengahnya dengan jariq. Masukkan kedalam rebusan air dan masak sampai adonan mengapung. Angkat. Tiriskan. Tata kikicak dan inti/unti dalam wadah saji. Sajikan.

14. Ayam goreng sasando khas Nusa Tenggara Timur

Bahan :- 1/2 ekor ayam, potong sesuai selera- 1 sdt air jeruk nipis- 1/2 sdt garam

Bahan ungkep:- 3 siung bawang putih- 1 cm kunyit- 1 cm jahe- 1 sdt bumbu masak bubuk- 1/2 sdt garam- 1/4 sdt gula pasir (bisa diskip)- 1/8 sdt bumbu penyedap masakan (bisa diskip)

Bahan saus:- 10 buah cabe merah- 5 buah cabe rawit- 1 cm kunyit, dihaluskan- 1 buah tomat, diiris- 1 cm lengkoas, digeprek- 1 sdt gula merah iris- 1 sdm santan kental- Secukupnya minyak untuk menggoreng ayam

Cara memasak :a. Balur ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 10 menit lalu cuci bersih.b. Haluskan bumbu ungkep, lalu ungkep ayam dengan bumbu ungkep dan tambahkan dengan 400 ml air.c. Masak sampai airnya agak kering, matikan apid. Panaskan minyak lalu goreng ayam sampai kuning kecokelatan.e. Setelah matang, angkat dan tiriskanHaluskan bumbu ungkep kecuali santan, lengkoas, gula merah dan tomatf. Panaskan 3 sdm minyak, lalu masukkan bumbu saus yang sudah dihaluskan, aduk sebentar lalu masukkan santan, lengkoas dan gula merah iris.g. Masak terus sambil diaduk sampai airnya menyusut, matikan apih. Sajikan.

15. Ayam lodho khas Tulungagung

Bahan :- 1 ekor ayam kampung panggang (ingkung)- 5 siung bawang putih- 8 siung bawang merah- 4 butir kemiri- 1 ruas kunyit- 1 ruas laos- 1/2 ruas jahe- 15-20 cabe rawit- Secukupnya ketumbar- Secukupnya garam- Secukupnya gula- 1 butir meggi block- 2 biji Santan kara- 1 serai- 4 daun jeruk- Air

Cara memasak :a. Cuci bersih ayam kampung panggang yang sudah dipotong-potongb. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, kemiri, cabe (5butir saja)c. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan hingga wangi dan tambahkan serai, laos, jahe yg sudah digeprek, dan tambahkan daun jeruk serta cabed. Tambahkan air, meggi block tunggu hingga mendidih dan masukkan ayam, *air diusahakan menutupi hingga menutupi ayame.Tunggu hingga ayam empuk, kira kira hingga air menyusut setengah.f. Tambahkan garam,gula, penyedap dan santan.g. Siap disajikan.

16. Urap khas Lombok Timur

Bahan :- 1 ikat daun singkong- 5 biji kacang panjang- 1 genggam toge- 3 buah kecipir- 1/2 buah kelapa- 10 buah cabe rawit- 1 sdt Terasi bakar khas lombok- Jeruk purut diambil kulitnya- 2 siung bawang putih- Garam- Gula

Cara memasak :a. Rebus semua sayuran, sisihkanb. Bakar kelapa hingga kecoklatan dan mengeluarkan aromac. Untuk bumbu giling cabe, terasi, garam, gula hingga lembutd. Parut bawang putih, kulit jeruk purut, dan kelapa diatas bumbu kemudian aduk jd 1 dengan sayurane. Sertakan bawang goreng diatasnya jika ada

17. Nasi bakepor Kalimantan Timur

Bahan :- 300 gr beras putih, cuci bersih- 2 lembar daun salam- 1 lembar daun pandan, potong²- 4 sdm minyak sayur- 1 sdt garam- 400 ml air- 75 gr ikan asin gabus, goreng, lalu suwir - suwir- 15 lembar daun kemangi- 3 buah cabe rawit, iris bulat tipis1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya

Sambal Raja :- 1 buah terong, potong dadu 1 cm- 10 lonjor kacang panjang, potong 2 cm- 10 siung bawang merah, belah 4

Bumbu halus :- 10 buah cabe rawit- 10 buah cabe merah besar, buang biji- 2 buah jeruk limau- 1 bks kecil terasi- 1 sdt garam- 1 sdm gula pasir

Cara memasak :a. Goreng ikan asin gabus. Angkat. Tiriskan. Suwir - suwir. Sisihkanb. Nasi Bakepor : Siapkan panci tebal. Masukkan ke dalamnya beras, air, minyak, daun salam, daun pandan, dan garam.c. Masak di atas api kecil sambil diaduk. Angkat.d. Masukkan daun kemangi, ikan asin suwir, cabai, dan air jeruk nipis, aduk rata.e. Tutup panci kemudian Masak dengan api sangat kecil hingga tanak dan nasi matang.f. Buka tutup panci biarkan hingga permukaan nasi tampak kering dan bagian pinggirnya berkerak. Matikan api.g. Sambal Raja : Goreng kacang panjang, terong dan bawang merah sebentar dengan minyak panas.Tiriskan.h. Ulek cabe rawit, cabe merah, terasi, garam dan gula pasir. Beri perasan jeruk limau. (Kulit jeruk jangan di buang, iris halus kulit jeruk).i. Tumis sambal hingga harum, masukkan kacang panjang, terong dan bawang merah yang telah di goreng tadi.j. Aduk rata sebelum di angkat masukkan irisan kulit jeruk limau. Aduk rata. Matikan api.k. Sambal Raja siap di dampingkan dengan nasi bakeporh. Penyajian : Hidangkan Nasi Bakepor hangat hangat dengan sambal Raja

18. Ikan kuah kuning khas Papua

 

Bahan :- 500 gr ikan, potong-potong- 2 buah jeruk nipis- 2 lembar daun salam- 2 cm lengkuas, geprek- Secukupnya cabe rawit, biarkan utuh- 2 batang sereh, geprek- 2 buah tomat, potong2- 2 batang kemangi, siangi- 2 batang daun bawang, iris- 500 ml air- Secukupnya garam, gula, penyedap (optional)

Bumbu halus :- 8 butir bawang merah- 5 butir bawang putih- 3 cm kunyit- 3 cm jahe- 3 butir kemiri, sangrai- 3 buah cabe merah besar (optional)

Cara memasak :a. Ikan dicuci bersih, kucuri air jeruk nipis. Campur garam sedikit. Aduk rata. Diamkan 15 menit. Cuci bersih kembali.b. Tumis bumbu halus bersama sereh, lengkuas, dan daun salam, sampai harum.c. Masukkan ikan dan daun bawang, aduk rata.d. Tuangkan air. Tunggu sampai air mendidih. Masukkan garam, gula, dan penyedap. Aduk rata. Masak sampai ikan matang sempurna.e. Tambahkan perasan air jeruk nipis, cabe rawit, tomat, dan daun kemangi. Masak sebentar. Angkat.

19. Ayam baboto khas Papua

Bahan :- 250 gram fillet ayam, dicincang halus- 3 siung bawang merah- 2 siung bawang putih- 1/2 sdt kenari yang sdh dihaluskan (bisa diganti dgn 1 buah kemiri sangrai dan haluskan)- 1 butir telur- 1 sdm santan kental- 1/2 sdt garam- 1/4 sdt lada halus- 1/4 sdt masako (bisa gak pakai)- 1/8 sdt pala bubuk- daun pisang secukupnya untuk membungkus adonan

Cara memasak :a. Campur semua bahan. aduk sampai tercampur rata.b. Bungkus dengan daun pisang. panaskan air kukusan sampai mendidih. lalu kukus selama 45 menit dengan api sedang. sebelah matang, tiriskan, Dan kemudian siap disantapc. Bisa di santap dengan emping dan sambal goang.

20. Papeda telor ayam

Bahan :- 1 butir telor ayam.- kaldu bubuk dan garam.- lada bubuk.- 5 sendok tepung sagu.- mentega untuk olesan teflon.- 5 tusukan sate.- 5 sendok sayur air.- bubuk boncabe jika suka/bisa skip .

Cara memasak :a. Kocok lepas telor dengan sedikit garam dan lada bubukb. Campur tepung, air dan garam, aduk-aduk bila terlalu kental bisa ditambah air lagi.c. Nyalakan api kecil dan taruh wajan teflon ukuran 23 cm di atasnya, oleskan mentega.d. Tuang setengah sendok sayur telor dan goyang sebentar agar telor tidak menggumpal.e. Tambahkan 1 sendok sayur adonan tepung, jika sudah agak mengering taburkan kaldu bubuk & cabe bubuk, langsung gulung dengan tusukan sate.f. Ulangi sampai adonan habis. Siap dihidangkan dengan cocolan saus atau mayonaise.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Bisnis Online

19 January 2021 00:57:06 Dibaca : 77

Bagaimana Cara Membangun Kepercayaan terhadap Pasar Online Baru Anda?

Ulasan bagus di internet dapat membuat bisnis apa pun sukses. Jika Anda memiliki 5 dari 5 bintang berdasarkan setidaknya seratus review atau dua opini online, pertumbuhan Anda cukup terjamin. Masalahnya adalah, bagaimanapun, bahwa orang lebih suka menulis ulasan ketika mereka memiliki pengalaman buruk daripada ketika mereka memiliki pengalaman yang baik - kemarahan lebih kuat daripada kebahagiaan. 

Baca Juga : Travel Sweaters Superpowers

Dalam kasus bisnis pasar online, ulasan buruk adalah hal yang harus Anda dapatkan dengan sangat hati-hati. Karena orang ingin yakin bahwa layanan yang ingin mereka gunakan aman, mereka sering memeriksa situs web seperti Trustpilot. Jika Anda memiliki opini yang cukup bagus tentang platform seperti ini, Anda dapat membual tentang hal itu di situs web Anda dan menggunakan baner yang mengatakan, misalnya, 90% pembeli kami mempercayai kami. 

Dan sementara mendorong orang untuk menulis ulasan positif untuk Anda mungkin efektif, bahkan lebih penting lagi, mungkin perlu meminimalkan risiko bahwa seseorang akan memberi Anda 1 bintang dengan review negatif. 

Lalu bagaimana cara menghindari reputasi yang buruk? Bagaimana cara memastikan pengguna memercayai bisnis pasar Anda dan merekomendasikannya kepada orang lain? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara komprehensif, kami memutuskan untuk berbagi dengan Anda beberapa tips Marketplace tentang bagaimana membangun kredibilitas dengan meminimalkan risiko dan memastikan kata yang tepat tentang platform Anda disebarkan. 

Meminimalkan resikoSebelum kita fokus menyebarkan berita tentang platform Anda dan memutuskan cara memasarkan marketplace, ada baiknya untuk memastikan bahwa Anda meminimalkan risiko membuat pelanggan kecewa dan, akibatnya, berakhir dengan beberapa ulasan negatif dan marah.

 

Baca Juga : Gorontalo Marketplace Produk Virtual Terpercaya Di Indonesia - Gormart.com

 

Pertama, dari banyak tips marketplace yang bagus, kami telah mendengar dari para ahli - tanyakan pada diri Anda pertanyaan: Apa hal terpenting bagi pembeli?  

Jawaban kami adalah: untuk menerima apa yang diperintahkan kepada mereka akan mereka dapatkan. Ini dapat dicapai dengan berbagai cara, tetapi sebenarnya lebih mudah dilakukan di awal permulaan bisnis marketplace Anda saat Anda tidak memiliki banyak vendor / penjual, dan mudah untuk mengontrolnya.  

Jika Anda berencana untuk bekerja dengan bisnis daripada penjual acak yang ingin menjual barang bekas mereka (dan mungkin bahkan tidak tahu cara menjual di marketplace dengan tepat), itu cukup mudah. Pada awalnya, Anda mungkin akan menjangkau bisnis tersebut sendiri, berharap mereka akan bergabung dengan Anda. Ini berarti Anda mungkin memiliki (atau seharusnya memiliki, setidaknya) daftar perusahaan yang kredibel dan dihormati untuk dihubungi. 

Setelah Anda selesai dengan tahap awal kehidupan pasar Anda dan memiliki bisnis yang menghubungi Anda, masih mungkin untuk memastikan bahwa ini adalah vendor yang andal. Sumber Global, misalnya, meskipun menjadi salah satu platform pasar B2B terbesar di dunia, tetap memeriksa setiap pabrikan baru yang bergabung dengan mereka dan memastikannya sesuai dengan standar mereka. 

Bepergian dengan orang-orangSituasi ini mungkin lebih sulit Anda tangani saat Anda berencana menjalankan pasar e-niaga di mana siapa pun dapat membeli dan menjual barang. Dalam kasus ini, mungkin sulit untuk memastikan pelanggan Anda cukup terlindungi. 

Jadi apa yang bisa dilakukan?Terserah Anda seberapa aman yang Anda inginkan dari keseluruhan proses. Orang mungkin berpikir, Tentu saja, saya ingin menyiapkan semua langkah keamanan yang mungkin! Bukankah itu yang diinginkan pengguna?

Yah, belum tentu. Keamanan hadir dalam berbagai bentuk. Dari sudut pandang Anda, Anda mungkin ingin mendapatkan semua informasi yang mungkin dari pengguna untuk memastikannya nyata dan kredibel. Anda dapat membuat mereka selalu menambahkan fotonya di profil. Anda bahkan mungkin meminta mereka untuk memberi Anda scan ID mereka untuk mendaftar di platform. Sekarang ini lebih mudah dari sebelumnya, berkat solusi yang siap digunakan, seperti Anyline . 

Tetapi bagi Anda ini berarti keamanan, bagi pengguna itu bisa menjadi kebalikannya. Banyak orang tidak menyukai gagasan berbagi informasi mereka secara online - dan mereka melakukannya karena keamanan mereka. Berbagi ID resmi di internet adalah hal yang paling ditakuti sebagian orang. Dan meskipun Anda mungkin menjanjikan mereka penanganan detail yang paling aman, banyak yang masih tidak akan mempercayai Anda - karena, seperti yang diyakini beberapa orang, tidak ada tindakan keamanan yang pada akhirnya tidak dapat dilanggar.

Yang dapat Anda lakukan adalah mendorong orang untuk membagikan sebanyak mungkin detail mereka. Bujuk mereka dengan mengatakan bahwa semakin banyak informasi yang mereka miliki di profil mereka, mereka akan semakin dapat dipercaya oleh pengguna lain.

Cobalah juga untuk membuat mereka menghubungkan akun mereka di pasar Anda dengan akun di Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya. Anda bahkan dapat memaksa mereka untuk selalu menambahkan foto asli dari produk yang mereka jual dan melarang penggunaan foto stok dan gambar resmi dari produsen. Hal ini dilakukan, di antara banyak hal, oleh OLX, alternatif Craigslist untuk sebagian besar negara berkembang.  

Dengan kata lain, ajari pengguna Anda cara menjual di pasar secara efektif.  Dengan panduan dan FAQ yang tepat, mereka akan mengikuti petunjuk Anda, menjual apa yang mereka tawarkan, dan pada akhirnya tetap berpegang pada platform Anda.

Amankan pembeliTetapi bagaimana cara memastikan bahwa pembeli pada akhirnya cukup aman? Mereka mungkin masih membeli produk dari penjual yang tampak tidak dapat dipercaya dan menyalahkan marketplace Anda.

Sekali lagi, situasi terburuk terjadi ketika pelanggan tidak menerima produk sama sekali, atau produk yang dikirim sangat bervariasi dari apa yang dijanjikan di situs web Anda. Dalam kedua kasus tersebut, dua hal utama harus dipertimbangkan: pembayaran dan dukungan pelanggan. 

PembayaranBagaimana Anda menangani transfer uang sangatlah penting. Beberapa pasar mencoba membuat proses lebih aman dan terlibat langsung di dalamnya, misalnya dengan mengumpulkan uang dari pembeli sendiri. Uang ini nantinya bisa diteruskan ke penjual setelah paket dikonfirmasi untuk dikirim / dikirimkan. 

Banyak pasar juga memutuskan untuk menggunakan sistem PayPal. PayPal menangani pengamanan pembayaran sendiri dan dapat mengganti uang pembeli jika ada yang salah dengan pengiriman atau produk itu sendiri.

Dukungan PelangganKetika semuanya turun, tim dukungan pelanggan yang tepat dan terlatih sangat penting untuk menangani masalah apa pun. Bahkan jika Anda memiliki sistem PayPal yang disertakan, pelanggan mungkin tidak akan terburu-buru menghubungi PayPal pada awalnya - mereka akan menginginkan penjelasan dari orang-orang Anda. Dukungan pelanggan harus dapat menangani masalah apa pun dengan cepat dan sopan. Berkat ini, pembeli mungkin akhirnya mengingat platform Anda secara positif, bahkan ketika yang terburuk terjadi.

Kiat cepat tentang pasar berdasarkan hal-hal di atas: meskipun memungkinkan untuk mengotomatiskan banyak pekerjaan yang terkait dengan operasi platform online Anda, dukungan pelanggan manusia tetap merupakan sesuatu yang harus Anda dorong. Ya, ada AI chatbot yang tersedia , tetapi itu tidak akan cukup di setiap kasus. Faktanya, terkadang yang paling membuat orang kecewa tentang layanan tertentu adalah penggunaan chatbot dan jumlah manusia yang sedikit di pusat dukungan. Lihat review bank N26 khusus online Jerman, misalnya.    

Membuat Pengguna Bekerja untuk Membangun Kepercayaan Pasar AndaSetelah Anda meminimalkan semua risiko utama yang datang dari pengguna itu sendiri, sekarang saatnya untuk berpikir tentang membuat platform Anda dikenal sebagai pasar yang ramah, berguna, dan kredibel. 

Di tengah rencana ini - sekali lagi - para pengguna. Jangan membeli ulasan palsu, komentar palsu, dan suka palsu untuk diri Anda sendiri. Terkadang Anda akan menemukan orang menyebarkan tip pasar yang buruk ini, tetapi jangan mempercayai mereka. Buat pengguna nyata melakukan komunikasi nyata. Hanya mereka yang bisa membuatnya alami dan otentik.

Bagaimana cara mendorong mereka untuk percaya pada platform Anda dan menaatinya? 

Pertama, terapkan sistem rating. Saat Anda berencana untuk bekerja dengan vendor profesional, fokuslah untuk mengizinkan (dan mendorong!) Ulasan untuk penjual dan produk. Saat Anda bekerja untuk pengguna standar baik dalam hal pembelian dan penjualan, izinkan semua orang untuk menilai satu sama lain setelah setiap transaksi.

Tetapi Anda juga harus ingat tentang mendorong komunikasi selain ulasan sederhana. Biarkan orang mendiskusikan produk, biarkan mereka berdebat tentang pendapat mereka yang kontradiktif. Apakah Anda akan menggunakan kekuatan media sosial untuk itu atau akankah Anda menyimpan percakapan seperti ini di platform Anda? Kedua opsi tersebut berguna, tetapi Anda harus selalu mempertimbangkan rencana Anda yang lebih besar, keseluruhan arsitekturnya.

Menjadi ahliSeperti yang pasti akan ditunjukkan beberapa tahun ke depan, kesuksesan akan menemukan ceruk pasar Anda.  Pasar untuk pasar umum sangat ramai, dan akan sulit untuk mencicipinya sendiri. Saatnya mencari industri yang menginginkan tempat mereka sendiri di internet, platform jual beli mereka sendiri.

Kasus hebat untuk dipertimbangkan adalah 3D Hub , jaringan pabrikan yang siap untuk mencetak 3D apa pun yang dibutuhkan pembeli, atau GOAT , platform yang menghubungkan penggemar sepatu kets yang unik, terkadang cukup mahal. Ketika Anda mengunjungi salah satu pasar ini, Anda sudah tahu bahwa orang-orang di belakang mereka adalah ahli dalam apa yang mereka lakukan - mereka berfokus pada satu ceruk tertentu, dan mereka memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Contoh lain yang patut disebutkan adalah BookaRentals , pasar bagi para pelancong yang ingin menghabiskan liburan mereka dengan cara yang paling tidak biasa. Booka beroperasi di bawah beberapa situs web yang berbeda, masing-masing menawarkan berbagai jenis akomodasi khusus, seperti rumah perahu (sebagian besar populer di Belanda), rumah pohon, hotel es, dan bahkan rumah berhantu! Lalu lintas mereka juga sangat didasarkan pada bagian SEO dari strategi pemasaran mereka - berkat fokus pada bisnis khusus, mereka dapat peringkat tinggi untuk kata kunci yang relevan (misalnya, menyewa mercusuar, memesan mercusuar) di Google.  

Pendekatan yang didorong oleh niche serupa dapat dilihat bahkan ketika melihat salah satu pasar paling populer :

 

BlaBlaCar memungkinkan orang untuk menawarkan tumpangan dari satu tempat ke tempat lain dan sepenuhnya berfokus pada layanan ini.   Airbnb memulai dengan mengajak orang untuk menawarkan apartemen mereka untuk disewa jangka pendek dan sekarang berkembang ke bidang pariwisata lainnya.Etsy membantu seniman dalam menjual produk buatan tangan mereka kepada pelanggan di seluruh dunia.  Amazon  mungkin merupakan pasar yang sangat umum, tetapi lihat divisi terpisah mereka dari e-book Kindle atau layanan audiobook Audible mereka.  

Read Also : Know the 3 Types of Nutrients that Maintain Your Eye Health

Perusahaan-perusahaan ini semua menanggapi kebutuhan klien mereka dengan memposisikan diri mereka sebagai Marketplace Terpercaya. Mereka memahami kekhawatiran dan keinginan pengguna mereka; mereka menciptakan tren dan menetapkan strategi media sosial menjawab langsung ke kelompok sasaran yang direncanakan.

Jadi temukanmarketplace Anda dan pelajari semua yang Anda bisa tentangnya. Menjadi ahli adalah cara terbaik untuk membuat platform baru Anda berani, jujur kredibel, bertanggung jawab dan benar-benar dihormati oleh pelanggan!

Pandemi Covid-19 mengubah prilaku konsumen menjadi lebih hati-hati dalam berbelanja. Perubahan ini memberikan dampak yang besar terhadap roda perekonomian, tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia.

Berdasarkan laporan yang dilansir dari Yelp: Coronavirus Economic Impact Report pada bulan April 2020, beberapa aspek bisnis yang malah mengalami tren pertumbuhan yang diakibatkan pademi tersebut.

Hasil laporan dari Yelp ini merupakan laporan di negara Amerika Serikat namun cukup menggambarkan kondisi perekonomian di Indonesia saat pandemi ini.

Mayoritas aspek bisnis yang mengalami penurunan menurut hasil laporan Yelp adalah aspek sekunder yang dalam pemenuhannya dirasa tidak begitu penting untuk para konsumen seperti toko gaun pengantin yang turun sebesar 63 persen.

 

Baca Juga : Gorontalo Marketplace Produk Virtual Terpercaya Di Indonesia - Gormart.com

 

Sementara itu, karena diberlakukannya larangan melakukan aktivitas di luar rumah, pusat-pusat perbelanjaan mengalami penurunan omzet sekitar 63 persen sampai dengan 70 persen dan toko-toko di pinggir jalan juga turun sebesar 41 persen.

Sementara itu, aspek bisnis yang mengalami peningkatan pembelian terjadi pada bisnis-bisnis yang dilakukan secara online seperti bisnis agrikultur (seperti toko buah dan sayur, hasil perkebunan) dengan peningkatan sebesar 430 persen, toko bahan pangan naik sebesar 200 persen dan jasa kurir mengalami peningkatan sebesar 95 persen.

Peningkatan pada aspek bisnis tersebut disebabkan karena sudah mulai diberlakukan pelarangan aktivitas di luar rumah sehingga para konsumen lebih memilih memenuhi segala kebutuhannya melalui media online.

Informasi tersebut sejalan dengan data yang diungkapkan oleh Kirill Mankovski, selaku Managing Director ADA Indonesia yang menerangkan bahwa terdapat dua perubahan karakteristik konsumen yang timbul karena dampak dari pandemi Covid-19 yaitu konsumen adaptif (The Adaptive Shopper) dan bekerja dari rumah (Work from home).

Perubahan karakteristik konsumen tersebut terlihat dari banyaknya pemakaian aplikasi belanja online selama bulan Maret 2020 yang naik sebesar 300 persen dan mengalami puncak kenaikan lebih besar dari 400 persen di pertengah bulan Maret 2020.

Kirill juga menambahkan, hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan bertambah lebih besar di bulan-bulan berikutnya seiring pola karakteristik konsumen yang sebagian besar sudah melek teknologi digital.

Tips Jalankan Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19

Menjalankan bisnis di tengah situasi pandemi virus Corona jelas bukan pekerjaan mudah. Selain karena pembatasan sosial yang membuat masyarakat tak leluasa berbelanja, beberapa perusahaan pun memutuskan untuk melakukan PHK massal yang membuat daya beli masyarakat menurun.

Namun jangan khawatir, untuk meminimalisir kerugian akibat dari dampak pandemi Covid-19, berikut merupakan beberapa tips bisnis yang bisa Anda pertimbangkan.

Ubah Mode Bisnis

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah, mengubah cara menjalankan bisnis dari mode attack menjadi mode survival. Hal ini dilakukan sebagai bentuk efisiensi, sekaligus ‘cari jalan aman’ untuk mencegah kerugian yang lebih besar.

Misalnya, Anda bisa menunda kegiatan branding, ekspansi perusahaan, hingga menunda campaign tertentu, seperti program diskon dan lainnya.Dari internal perusahaan, Anda bisa memberlakukan aturan unpaid leave, pemotongan gaji dan penurunan proses produksi.

Berempati dan Berbisnis Sambil Berbagi

Pandemi virus Corona bisa Anda jadikan pelajaran untuk memahami jika menjalankan bisnis bukan hanya sekedar untung-rugi, tapi juga misi kemanusiaan demi menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen, misalnya alat kesehatan dan lainnya.

Tidak masalah memberikan paket promo gratis masker untuk konsumen yang membeli produk Anda, atau mengumumkan kepada pelanggan jika sebagian keuntungan dari produk yang dijual, akan disumbangkan untuk memenuhi APD bagi tenaga medis.

Baca Juga: Tutorial Seputar Blogging Untuk Pemula Teknologi Dan Marketing

Pengaturan Karyawan

Jika memungkinkan, Anda bisa memberlakukan Work From Home (WFH) bagi seluruh karyawan. Tentu saja ada beberapa aturan yang harus dipenuhi oleh para karyawan, salah satunya menyediakan absen virtual untuk menjaga produktivitas perusahaan.

Anda pun bisa membuat rencana harian, termasuk target yang dibebankan kepada karyawan selama bekerja di rumah. Jika tidak memungkinkan WFH, maka karyawan wajib mengenakan APD, menjaga jarak aman, dan menyediakan fasilitas kebersihan, termasuk tempat cuci tangan portable.

Strategi Marketing Baru

Selama masa pandemi ini, Anda wajib mencari cara untuk tetap memasarkan produk tanpa melanggar aturan yang sudah dibuat pemerintah daerah setempat. Misalnya, dengan fokus menjual secara online, dan memberikan fasilitas delivery order.

Bagi pemilik cafe atau usaha kuliner dan sejenisnya, Anda pun bisa mengambil kebijakan untuk tidak melayani konsumen yang makan di tempat. Agar lebih memudahkan, kemas semua produk yang Anda tawarkan sebelum diberikan kepada konsumen.

Beri Kepercayaan Kepada Konsumen

Yakinkan kepada konsumen jika produk yang Anda jual benar-benar steril. Caranya dengan memberi update sterilisasi tempat produksi, memfoto karyawan yang sedang bekerja sambil mengenakan APD lengkap, dan proses sterilisasi diri dari karyawan produksi sebelum-sesudah bekerja dan lainnya.

Dalam setiap konten promosi yang disebarkan, Anda harus terus meyakinkan jika upaya sterilisasi produk yang dilakukan sudah maksimal. Dengan demikian, konsumen akan merasa tenang dan aman saat menggunakan produk Anda.

Memanfaatkan Semua Fasilitas Yang Ada

Selama masa pandemi virus Corona, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan kerugian yang mungkin diderita oleh para pelaku usaha, seperti relaksasi kredit, diskon listrik, keringanan pajak hingga bantuan langsung kepada usaha yang terdampak Covid-19.

Manfaatkan semua fasilitas tersebut dengan maksimal. Meski tidak mampu menutup semua kerugian akibat pandemi virus Corona, setidaknya Anda sudah meminimalisirnya. Teruslah berjuang karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Jika saat ini kamu ada kebutuhan darurat, kamu bisa mendapatkan dana cepat tanpa ribet dari Maucash hingga 8 juta. Maucash adalah platform pinjaman uang online cepat dari Astra yang sudah berizin OJK. Yuk wujudkan mimpimu dengan Maucash. Ajukan pinjaman di Maucash sekarang!