8 Cara Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan Untuk Pemula Dengan Keuntungan Besar

22 June 2020 15:42:30 Dibaca : 88 Kategori : Seputar Blogging

Bisnis internet atau bisnis online di zaman globaliasi sangat besar peluang untuk mengembangkan usaha rumahan yang menjadi usaha sampingan dengan modal kecil. Peluang bisnis sampingan secara online pada dasarnya tidak terlalu menguras tenaga kita karena kerja bisnis online terbilang pekerjaan yang paling simpel. Bahkan untuk membuka bisnis online tanpa modal juga bisa yang penting kita yakin bahwa bisnis yang kita geluti.

Karena dengan tips  & trik ini kita bisa mendapatkan uang dari internet.

 

peluang usaha besar mmeskipun dengan modal kecil dan usaha yang menjanjikan itu hanya kita dapatkan dengan cara berbisnis di internet. Cari uang di internet dengan cara bisnis online merupakan bisnis terpercaya. Cukup lahirkan ide bisnis usaha apa yang akan kita jalankan dengan modal kecil tapi keuntunganya besar.

 

Belajar bisnis online itu cukup mudah, karena cukup kita menentukan jenis usaha sampingan apa yang akan kita jalankan. Dan bisnis internet tidak akan mengganggu aktivitas kitaa meskipun sebagai karyawan di instansi pemerintah dll.

 

Sekarang ini banyak sekali jumlah sarjana yang menganggur. Ijazah mereka hampir tidak terpakai, bahkan, ada banyak sekali orang yang bekerja tidak sesuai bidang dalam perkuliahannya dahulu. Untuk mendapatkan pekerjaan, memanglah bukan hal yang mudah.

 

Sebab kebanyakan perusahaan pasti memberikan persyaratan memiliki pengalaman kerja dengan minimum waktu.

 

Selain itu, jika kita serius ingin membangun sebuah bisnis online maka kita juga perlu belajar membangun sikap mental yang positif. Beberapa sikap mental tersebut adalah:

  1.  Mau belajar dengan serius
  2. Mau bekerja keras Pantang menyerah
  3. Punya mimpi yang besar dan terukur
  4. Mau mengambil resiko. 

 

Nah Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa mulai menjalankan bisnis online rumahan, dan bisnis ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah tanpa harus keluar rumah, dan tentu ini akan sangat menguntungkan waktu bersama keluarga.

 

Berikut ini adalah delapan jenis peluang bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah. Bagi para pemula, membangun sebuah bisnis online itu pasti terasa sulit karena tidak tahu harus melakukan apa dan dari mana harus memulainya. Sebenarnya ada beberapa tutorial online yang mengajarkan tentang cara memulai bisnis online tertentu. Sebaiknya kita mengetahui dan menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan dijalankan karena model bisnis online itu sebenarnya sangat banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

1. Membangun Blog/ Website Sendiri

Menurut saya, ini adalah langkah awal paling mudah yang bisa dilakukan oleh seorang pemula untuk membangun sebuah bisnis online. Belajar membangun sebuah blog/website dengan topik tertentu dan memberikan manfaat bagi audiens adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit. Kita bisa membuat blog yang berhubungan dengan minat/hobby dan keahlian, tentu ada banyak orang yang punya minat atau hobby yang sama dengan Anda. Mereka inilah yang nantinya menjadi audiens Anda.

 

Setelah blog/ website Anda memliki banyak pengunjung, Anda bisa memonetize blog tersebut dengan banyak cara. Beberapa cara memonetize blog Anda adalah dengan memasang iklan, misalnya menjadi publisher dan memasang iklan PPC Google Adsense, iklan produk sendiri, iklan affiliasi, menjual jasa artikel review, dan lain-lain. Jika Anda memiliki sebuah blog yang profesional, pasti akan memberikan keuntungan jangka panjang dari berbagai jenis monetize.

2. Membangun Online Shop/Toko Online

Toko online merupakan salah satu jenis bisnis online yang tidak membutuhkan banyak modal. Pada umumnya, toko adalah sebuah bangunan yang di dalamnya tertata rapi barang-barang dagangan, baik itu kebutuhan primer maupun sekunder. Namun, lain halnya dengan toko online. Toko online tidak membutuhkan toko fisik atau sebuah bangunan toko.

Anda hanya memerlukan gadget dan pandai dalam berbicara. Pastikan jika spesifikasi barang yang dijual sesuai dengan aslinya. Menjaga nama baik sangat diperlukan dalam membuka bisnis online. Sebab orang hanya tahu nama Anda atau nama toko saja dan itu pun melalui dunia maya.

Jika membuat suatu kesalahan seperti penipuan atau barang tidak sesuai spesifikasi, hal ini bisa menyebabkan orang kecewa dan memberikan testimoni yang buruk sehingga nama toko online Anda akan tercemar tidak baik.

3. Menjual Produk Digital

Kalau kita punya keahlian di bidang tertentu, maka keahlian tersebut bisa kita jual dalam bentuk eBook, video, atau membership. Model bisnis ini potensinya luar biasa, apalagi dijaman digital saat ini, di mana orang semakin banyak yang lebih memilih membaca buku digital dibanding buku fisik.Produk digital ini biasanya laris di komunitas-komunitas tertentu. Misalnya di komunitas pebisnis online, produk seperti eBook, video, dan membership yang berhubungan dengan ilmu internet marketing pasti akan laris manis. Nah jika Anda punya keahlian dalam bidang tertentu, sebaiknya Anda menjualnya secara online.

4. Jadi Pengiklan Website (Ads Publisher)

Bisnis online rumahan yang tidak membutuhkan modal banyak adalah menjadi seorang pengiklan website. Bisnis ini bisa dilakukan sendiri di rumah, bahkan tidak membutuhkan modal yang banyak. Saat ini semakin banyak orang yang menggeluti bisnis pengiklan website. Sebab bisnis ini dirasa simpel dan menguntungkan.

Anda bisa membuat website dengan konten yang menarik. Namun, jangan lupa untuk menentukan target pembacanya agar tidak salah sasaran. Dalam website nantinya, bisa ditambahkan iklan atau ads.

Tentu dari iklan tersebut bisa didapatkan uang yang lumayan banyak. Pastikan jika memiliki jumlah visitor signifikan pada website Anda agar nantinya pihak yang ingin produknya diiklankan mau agar iklannya dipasang di website tersebut.

5. Menjadi Affiliate Marketer

Ok, Anda sudah punya blog sendiri tapi belum punya produk yang ingin dijual, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog tersebut? Salah satu opsinya adalah menjual produk orang lain atau bahasa kerennya affiliate marketer. Produk yang dijual bisa dalam bentuk fisik ataupun dalam bentuk digital, Anda bisa menentukan produk seperti apa yang paling relevan dengan blog Anda.

Misalnya blog/ website Anda memuat topik tentang produk produk fisik, maka bisnis affiliasi yang paling sesuai dengan blog Anda adalah menjual produk fisik. Anda bisa bergabung menjadi affiliate di situs-situs yang menawarkan program afiliasi, misalnya situs #Lazada.

6. Pay Per Post/Content Writer/Penulis
Peluang bisnis online tanpa modal lainnya adalah menjadi seorang penulis atau content writer. Menjadi seorang penulis tidaklah membutuhkan modal yang banyak. Namun, Anda membutuhkan ketelitian, pengetahuan yang luas, dan tentu gaya menulis yang baik.

Menjadi seorang penulis harus mampu memiliki pengetahuan tentang apa saja yang ada di lingkungan sekitar dan di seluruh lapisan masyarakat. Dari pekerjaan ini, Anda bisa mendapatkan uang yang lumayan banyak sehingga nantinya bisa memenuhi kebutuhan pribadi.

Walaupun bisnis yang satu ini terkesan sulit, cukup banyak yang sukses menjalankan profesi sebagai penulis. Jadi, buat Anda yang punya minat besar dalam menulis, manfaatkan minat dan keahlian menulis tersebut menjadi ladang penghasilan.

7. Sebagai Pembangun List (List Building)

Bisnis online yang kedua adalah membuat list building. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya saja Anda membutuhkan sebuah ketelitian yang benar-benar baik. Dalam bisnis ini Anda akan bermain dengan data, dan umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan.Dan data yang diambil juga bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomor WhatsApp, BBM, dan list tersebut juga bisa dikelompokan berdasarkan usia, gender dan lain sebagainya.

8. Menjual Jasa/Menawarkan Jasa

Peluang bisnis online rumahan tanpa modal lainnya adalah menjual jasa. Anda bisa menawarkan berbagai macam keahlian, misalnya maintenance website, SEO, dan lain sebagainya. Dalam bisnis ini, Anda tidak membutuhkaan waktu yang lama untuk mendapatkan uang.

Waktu bekerja, waktu duduk, Anda sendirilah yang akan menentukannya. Dalam bisnis online rumahan ini, Anda hanya membutuhkan sebuah komputer atau laptop dan tentunya koneksi internet yang lancar.

Manfaat Bisnis Online Rumahan

Sebagai manusia kita harus bekerja untuk bisa mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan hidup. Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa menghasilkan banyak uang, misalnya saja dari berbisnis online.

Bisnis online sebenarnya tidak membutuhkan banyak uang, tapi Anda hanya memerlukan suatu ketelitian dan kejelian dalam menjaga performa di hadapan klien secara online. Ada banyak sekali manfaat bisnis online rumahan. Salah satu manfaatnya adalah hemat waktu.

Bisnis online rumahan tidak membutuhkan banyak waktu untuk duduk di kantor dan tentu akan memiliki banyak waktu dengan keluarga di rumah.

Anda tidak perlu keluar rumah dan merasakan kemacetan sebelum berangkat kerja. Anda tinggal duduk di rumah dan mengerjakan bisnis online yang sedang digeluti. Waktu berlibur juga akan semakin banyak sehingga akan lebih mudah dekat dengan keluarga.

Nah, setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah punya sedikit gambaran tentang bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan. Walaupun Anda masih pemula, jangan pernah takut bersaing karena akan selalu ada ceruk yang bisa dimanfaatkan di bisnis online. Tentukan jenis bisnis online yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, lakukan sekarang, lakukan dengan serius.