Resep Salad Buah Berbagai Variasi, Creamy, dan Lezat

28 June 2020 16:16:41 Dibaca : 174 Kategori : Tips And Trik

 

Resep salad buah saat ini sedang banyak dicari karena semakin banyak orang yang menyukai makanan satu ini. Salad buah banyak disukai karena didalamnya terdapat berbagai buah dan menyehatkan serta memiliki rasa yang lezat. Di kutipdari blog www.resepmami.info Ciri khas dari salad buah biasanya dilengkapi dengan saus yang creamy, gurih, dan segar. Kombinasi tersebut membuat salad buah menjadi semakin enak.

Berikut ini adalah resep salad buah dengan berbagai variasi yang creamy dan lezat :

Persiapkan Buah-Buahan Segar

Langkah pertama dalam mempersiapkan salad buah tentunya adalah mempersiapkan buah-buahan yang akan digunakan. Sebenarnya, hampir semua jenis buah bisa dibuat menjadi salad buah dan tinggal di sesuaikan saja dengan selera masing. Namun, biasanya buah-buahan yang digunakan mempunyai citarasa manis, asam, dan segar sehingga semakin nikmat ketika dimakan dan tentunnya sangat bermanfaat bagi kesehatan anda.

Adapun buah-buahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat salad buah adalah : Buah apel, buah pir, buah naga, buah anggur, buah alpukat, buah jeruk, buah mangga, buah kiwi, berbagai berry (misal : strawberry, blueberry, raspberry), atau bisa juga ditambahkan buah lain yang Anda sukai. Anda bisa memotong buah-buahan tersebut menjadi bentuk dadu atau ukuran yang lebih kecil.

Kombinasi buah-buahan tersebut akan membuat salad buah menjadi semakin segar ketika dimakan. Selain itu, buah-buahan tersebut juga kaya akan vitamin dan zat gizi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Buah-buahan dengan warna dan tekstur yang beragam akan membuat salad buah menjadi unik.

Baca Juga : Makanan Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

2. Persiapkan Bahan Tambahan Untuk Menciptakan Variasi yang Unik

Jika Anda ingin membuat salad buah yang lebih istimewa, Anda bisa menambahkan bahan-bahan tambahan lainnya seperti jelly rasa buah, biji selasih yang sudah direndam air, biji chia, dan lain sebagainya. Hadirnya bahan tambahan ini dijamin akan membuat salad buah terasa semakin unik dan lezat ketika dimakan.

Untuk jelly buah, bisa dipotong dadu agar memudahkan ketika dimakan. Untuk biji selasih perlu direndam dulu pada air hangat agar bisa berubah menjadi lunak dan enak ketika dimakan. Apabila biji selasih tidak direndam terlebih dahulu maka teksturnya akan menjadi keras dan agak sedikit pahit ketika dimakan. Maka, lebih baik direndam air hangat sebentar terlebih dahulu. Sedangkan, untuk biji chia tidak perlu direndam air dan bisa langsung saja ditaburkan pada buah-buahan nantinya.

3. Buat Saus Creamy

Untuk membuat saus untuk salad buah yang creamy ternyata sangatlah mudah! Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti: mayonaise, susu kental manis, dan perasan jeruk lemon. Ketiga bahan ini dapat menciptakan saus salad buah yang creamy dan segar. Jika Anda tidak memiliki jeruk lemon, bisa digantikan dengan jeruk nipis.

Berikut ini adalah cara membuat saus salad buah yang creamy :

Siapkan 150 ml mayonnaise, setengah kaleng susu kental manis, dan perasan lemon.Campurkan semua bahan tersebut dalam wadah.

Aduk hingga semua bahan tercampur rata dengan menggunakan sendok.

Jika Anda menginginkan saus menjadi lebih lembut, bisa mencampurnya dengan menggunakan mixer.Penggunaan perasan lemon atau jeruk nipis bisa disesuaikan dengan selera, jika ingin salad buah menjadi lebih segar perbanyak perasan lemon atau jeruk nipisnya.

Baca Juga : Konsumsi dan Makanan Pemacu Kesuburan

Tambahkan herbal seperti daun mint pada tahap akhir agar saus menjadi lebih wangi dan lezat. Daun mint tidak perlu ikut di mixer.

4. Campurkan Semua Bahan dan Saus

Jika saus sudah jadi, maka hal selanjutnya yang perlu untuk Anda lakukan adalah mencampurkan buah, bahan tambahan, dan saus untuk menjadi salad buah yang lezat. Campur semuanya hingga rata dengan menggunakan sendok atau pengaduk. Biasanya, semakin tertutup buah dengan saus akan menjadi semakin lezat dan creamy ketika dimakan.

Saus yang sudah dibuat bisa lebih tahan lama karena didalamnya terdapat perasan jeruk lemon atau jeruk nipis yang selain menambah cita rasa segar pada salad buah juga bisa membuat saus menjadi lebih awet karena kandungan asam sitrat didalamnya. 

5. Simpan Pada Wadah

Salad buah yang sudah dicampur dengan saus kemudian disimpan pada wadah. Jika Anda membuat salad buah dalam jumlah banyak dan ingin disimpan untuk bisa dikonsumsi nanti, maka gunakan wadah yang mempunyai tutup untuk menghindari kotoran atau serangga hinggap pada salad buah yang sudah dibuat.

Penyimpanan pada wadah ini juga memudahkan ketika akan disimpan pada lemari es karena salad buah menjadi tidak akan menyerap aroma bahan makanan lain yang terdapat didalam lemari es. Selain itu, salad buah menjadi lebih awet karena tidak ada udara yang masuk kedalam wadah yang bisa merusak campuran buah-buahan dan saus yang ada didalamnya.

6. Berikan Taburan

Agar salad buah menjadi lebih menarik dan enak, Anda bisa menambahkan beberapa bahan taburan diatas salad buah yang sudah jadi. Adapun bahan taburan yang biasanya digunakan adalah : parutan keju, parutan coklat, dan meses. Namun, biasanya parutan keju merupakan taburan yang banyak digunakan dalam proses pembuatan salad buah karena bisa membuat salad menjadi semakin creamy dan gurih.

Parutan keju biasanya digunakan dalam jumlah yang banyak sehingga menutupi semua bagian permukaan salad buah. Semakin banyak keju yang ditambahkan, maka salad buah akan menjadi semakin gurih. Jika Anda merupakan pecinta rasa gurih dari keju maka bisa memperbanyak penggunaan keju pada resep salad buah ini.

7. Hias Agar Semakin Cantik

Pada bagian atas taburan dari salad buah, Anda bisa memberikan berbagai hiasan untuk membuat salad buah menjadi semakin cantik ketika dipandang. Anda bisa menambahkan berbagai potongan buah segar di atas parutan keju. Selain itu, potongan buah tersebut bisa dikreasikan agar menjadi semakin cantik.

Hiasan yang biasa digunakan adalah buah anggur yang dipotong menjadi 4 bagian namun tidak putus sehingga ketika dilebarkan akan menciptakan efek seperti kipas. Selain itu, bisa juga menambahkan buah lain yang dipotong menjadi dadu atau potongan tipis. Biasanya, buah yang dijadikan sebagai hiasan adalah yang mempunyai warna yang cerah. Anda juga bisa menambahkan herbal seperti daun mint untuk menambah kesan alami yang cantik.

8. Simpan Pada Lemari Es

Untuk membuat salad buah menjadi semakin segar ketika dimakan, ketika sudah selesai dibuat maka ada baiknya salad buah untuk disimpan terlebih dahulu pada lemari es sebelum disajikan. Waktu penyimpanan ini bisa disesuaikan, namun biasanya disimpan sekitar 1-3 jam pada lemari es agar es buah menjadi dingin sempurna.

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu sebanyak itu maka Anda bisa menyimpannya pada bagian freezer agar menjadi dingin lebih cepat. Waktu penyimpanan pada freezer biasanya hanya berkisar 20-30 menit saja agar saus dan buah tidak menjadi beku. Resep salad buah tersebut akan menjadi semakin lengkap dan lezat ketika sudah disimpan pada lemari es.