agenda perubahan

22 February 2013 16:31:54 Dibaca : 46

AGENDA PERUBAHAN

Perubahan sangat di butuhkan untuk memperbaiki kondisi bangsa ini .baik itu berawal dari perubahan kecil hingga perubahan kearah besar(revolusi).dimana kondisi bangsa sekarang ini sangat memprihatikan.jadi tiada lain terkecuali kita sendiri untuk mengadakan perubahan itu.sebab selama ini dunia banyak membicarakan kita tapi kita sepertinya masih lemah untuk berbicara dengan dunia.tentang cita-cita bangsa kita ekstensi kita sebagai warga negara indonesia.kita harus konsistensi untuk membangun kemakmuran rakyat,tentang sikap dan kebijakan negara untuk lingkungan hidup,pendidikan serta pemerintahan yang baik.

Bagi kalangan muda marilah kita merenung sejenak .apa yang telah kita persumbangkan untuk bangsa kita tercinta ini?apakah kita sungguh sungguh untuk bekerja dengan besar,bekerja dengan ikhlas,bekerja dengan keringat,dengan pikiran serta dengan tenaga.anak muda indonesia adalah aktor kunci untuk mencapai sebuah etos kerja bangsa.kita sebagai mahasiswa harus bisa melawan kecenderungan pragmatis di negeri kita.

Contoh konkritnya fenomena pada saat pemilu,spanduk dan baliho terpajang dimana-mana.padahal itu sesuatu yang tak pantas untuk direklamekan nyaris sudah melampai batas akal sehat kita sebagai bangsa yang sehat dan yang mempunyai peradaban bangsa yang bermartabat.hampir semua yang kita nyatakan sebagai hasil dari negara adalah biaya yang boros dan menghambur-hamburkan uang yang hanya sebagai kepentingan individu bukan kepentingan prioritas yang berguna bagi seluruh golongan masyarakat.

Kita sekarang butuh kepemimpinan baru dan yang layak yang bisa membawa perubahan serta dapat mewujudkan serta memobilisasi cita-cita ,nilai-nilai dan transformasi gagasan sebagai ideologi bangsa.momentum untuk indonesia merindukan perubahan keadaan sewajarnya tercipta banyak lokalitas di negara kita.inilah agenda luhur orang muda indonesia .sekarang ini indonesia merindukan generasi-generasi muda yang mempunyai perjuangan dan sikap-sikap kewarganegaraan dan etos kepahlawanan dan titik percontohan untuk melakukan perubahan.tentunya tiada lain generasi-generasi tersebut adalah kita sendiri.

Saya menulis serangkai kata ini karena saya salah satu kaum muda yang merindukan perubahan dalam negeri ini.ingin seperti negara-negara lain yang telah maju sementara kita negara kita negara berkembang. tapi muncul pertanyaan berkembang dari segi apa bangsa indonesia ini? Bangsa lain sudah berjalan dan berlari sementara kita masih berada di tempat –tempat itu saja.kapan kita akan berjalan dan melangkah untuk maju kalau bukan dari sekarang.majunya suatu bangsa tentunya adalah tergantung dari pemimpin dan partisipasi dari seluruh anggota masyarakat itu sendiri .sebab kita membutuhkan pemimpin yang mampu menerapkan cita-cita bangsa.sebab pemimpin yang baik adalah pemimmpin yang mempunyai identitas yang tinggi untuk masyarakat.mengesampingkan kepentingan pribadi,kepentingan kelompok maupun kepentingan golongan lebih terfokus kepada kepentingan bersama dan kesejahtraan masyarakat pada umumnya.sebab bangsa kita mempunyai tujuan dan cita-cita yang jelas.

Karakter dan kesabaran

22 February 2013 16:30:11 Dibaca : 50

KARAKTER DAN KESABARAN

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas dengan sesuatu yang ada.manusia adalah jiwa yang selau merasa kekurangan dan terus ingin mencoba.hingga ia tidak menyadari ekstensinya sebagai makhluk ciptaan tuhan.sekarang ini banyak orang sukses tetapi tidak berarti mereka mempunyai karakter yang baik.justru orang yang sukses itu kebanyakan oarng –orang yang tidak berkarakter sebab dalam karakter yang baik itu terdapat jiwa yang di penuhi dengan kesabaran.

Manusia dalam menempuh hidupnya tidak terlepas dari segala liku-liku kehidupan.ujian silih berganti baik berupa,kesengsaraan,kemiskinan,maupun penyakit sekalipun. tetapi itu adalah tergantung dari kualitas diri kita masing-masing.sebab allah mendatangkan masalah kepada semua hambanya tetapi tidak dengan cara mengahadapi dan mengatasi masalah tersebut.sebab hanya orang-orang sabarlah yang dapat menyelesaikan segala masalah yang datang menimpa hidupnya.dan allah tidak memberikan cobaan di luar batas kemampuan hambanya.

Tetapi jangan salah faham orang –orang yang sering mendapat masalah itu bukan berarti orang –orang yang dibenci allah tapi itu merupakan orang-orang pilihan allah hingga ia dapat melihat sampai dimana kemampuan hambanya dalam menghadapi segala ujian itu.jangan pernah lelah untuk terus bersabar hingga akhirnya tiba.berendah diri itu lebih baik sebab jiwa yang miskin itu adalah jiwa yang selalu merasa kekurangan.maka kita sebagai manusia harus menerapkan jiwa-jiwa yang penuh dengan kesabaran dalam setiap langkah hidup.

Coba kita merenung sejenak tentang ekstensinya kita di muka bumi,tentu saja kita akan menyadari bahwa kita adalah satu-satunya makhluk yang lemah tanpa daya dan kekuatan sama sekali.kita bisa bergerak,berjalan ,berkedip bahkan saya bisa menulis dan merangkai kata ini tidak lain karena semua itu karena kehendak allah.tanpa pemberian allah,maka saya yakin dan percaya kita tidak dapat melakukan aktivitas apapun jangankan berjalan bergerak pun kia tidak akan mampu.maka dengan hal itu patut kah kita sebagai manusia memiliki sifat sombong???say kira tidak! Karena semua yang kita miliki adalah hanya titipan sesaat dari allah.maka segala sesuatu yang menimpa hidup harus di hadapi dengan penuh kesabaran dan selalu bersyukur sebab apa yang kita alami itu adalah tanda bahwa allah menyayangi kita dengan cara menguji seberapa besar kualitas iman yang kita miliki.

Kata perlu ketahui bahwa Orang yang kuat bukan berarti ia dapat mengangkat segala benda yang bermuatan besar atau berat tapi orang yang kuat itu adalah orang yang mampu bersabar dan berdiri ditengah –tengah masalah yang melanda hidupnya.sebab Kesabaran adalah kunci utama dari segala problema hidup .dalam kesabaran hanya terdapat dua hal utama yaitu berbicara masalah kualitas diri dan keterampilan dari dalam hubungan interpersional.sabar adalah sesuatu yang tidak dapat menyelesaikan masalah.tetapi dengan kesabaran yang di miliki maka kita tetap tegar dan mampu berdiri ditengah-tengah masalah.kemudian Bersabar dalam menggapai kesuksesan .untuk menggapai kesuksesan ada tiga kunci utama yang harus kita tempuh yaitu

Mendekatkan diri kepada allahMempererat hubungan dengan orang tuaSerta mempererat hubungan sesama manusia.

Apa bila ke tiga hal tersebut tidak terpenuhi maka jangankan menggapai menghampiri kesuksesan pun tidak akan pernah terpenuhi.sebab suatu kesuksesan tidak dicapai semudah membalikan telapak tangan untuk meraihnya.karena hanya allah lah yang mengadakan yang tiada dan satu-satunya zat pencipta yang tiada dua baginya.segala sesuatunya butuh proses.proses tersebut berlangsung secara bertahap.dalam menggapai kesuksesan banyak hal yang akan kita hadapi sebelum mencapai puncakan sukses tersebut.terkadang allah mendatangkan cobaan melalui manusia lain.maka dari itu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya baik mental, fisik maupun jasamani dan rohani .namun apa bila ada seseorang yang merendahkan kita maka jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menghindari dia tapi bersykurlah karena itu merupakan suatu hal yang menjadikan kita untuk terus berusaha dan nantinya bisa berguna bagi orang yang tersebut.maka jadikanlah hinaan atau cacian sebagai motivasi untuk terus memperbaiki diri dan berusaha sebab orang itu yang akan mempermudah kita untuk meraih kesuksesan.amin.........!!!!

''KETAKUTAN''

18 February 2013 10:46:47 Dibaca : 53

Disaat langit terasa kosong
Terselimuti oleh awan
Hingga mata terus memandang
Untuk mencari satu bintang inspirasi
Berusaha membuka pintu hati
Yang telah lama kosong
Demi seorang pujangga
Pencari cinta
Tapi penghianatan kembali mendera batinku
disaat pintu hatiku telah
Tersentuh degan kehadiranya
Rasa sakit kembali menyapa
Rasa takut kembali menghantui
Takut kenangan buruk akan terulang
Yang telah lama melanda hidupku
Yang telah lama menyiksa batinku
Hingga kenyataan benar-benar menyapa
rasa benci,rasa dendam,rasa trauma
mengusai seluruh hidupku.
Hingga kutak mampu untuk
Berpijak sebab langkah telah
menhentikanku dan tak mampu
Menerima kenyataan hidup
By leny marpelina

 

U&k

18 February 2013 10:35:43 Dibaca : 45

Sebelumnya mungkin pembaca penasaran dengan judul yang saya terapkan.supaya ngga penasaran lagi U&K itu artinya universitas dan korupsi. Berbicara mengenai korupsi mungkin tidak asing lagi ditelinga pembaca.Dewasa ini kata “Korupsi” menjadi bahan pembicaraa yang laris untuk di bicarakan oleh seluruh elemen masyarakat. Betapa tidak ? mulai dari, Politik, Sosial, Ekonomi, hukum, Dan Budaya bahkan Mahasiswa menjadikan Korupsi sebagai pokok bahasan yang tidak berkesudahan, tidak sedikit berita di media cetak dan media elektronik melirik Korupsi sebagai topik utama dalam pemberitaannya. Korupsi seakan menjadi pandangan baru bagi masyarakat untuk diberantas tanpa ampun, sehingga energy kita terkuras habis hanya untuk memikirkan koruptor yang pada akhirnya mengesampingkan kebutuhan lain. Uang seakan memiliki peran besar dalam mengukur seseorang menjadi koruptor, sehingga kita melupakan sisi – sisi kemanusiaan seseorang.
Bagi saya, Korupsi bukan hanya diukur dengan nilai uang saja, namun korupsi juga diartikan sebagai penyalahgunaan AMANAH. Di dunia Kampus, banyak pula Mahasiswa, Dosen maupun telah berulang kali melakukan Korupsi. Sadar atau pun tidak sadar setiap hari kita selalu bersahabat dan bercengkraman dengan korupsi, bahkan terkadang kita tidak mampu beraktifitas tanpa bantuan korupsi..
Contohnya saja Ketika waktu perkuliahan dimulai, Dosen seringkali datang terlambat berbagai alasan keluar untuk meyakinkan Mahasiswa sehingga hal itu menjadi sesuatu yang wajar-wajar saja, metode yang diterapkan dalam proses belajar mengajar sampai saat ini dilaksanakan berdasarkan keinginan individu Dosen yang bersangkutan, Jikalau Dosennya ‘sumpek’ maka tidak mengherankan metode imlah dan tugas menjadi sasaran empuk, sehingga mahasiswa menjadi kewalahan karena hampir semua dosen memberikan tugas yang sama. Dosen terkesan tidak melakukan tranformasi “mendidik” namun yang lebih dominan adalah transformasi “mengajar” sehingga mahasiswa pun menjadi Apatis terhadap mata kuliah yang dianggap membosankan untuk diikuti.
Hal semacam ini, bagi penulis termasuk golongan KORUPTOR .............!!!
Kemudian, Dikalangan Mahasiswa seringkali dalam memperebutkan jabatan Lembaga Internal kampus seperti proses pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Namun, indahnya argumentasi yang menjadi pembicaraan publik yang hanya sebuah Retorika Belaka Tanpa Kerja Konkrit, lembaga seakan menjadi ajang perkenalan, popularitas.,kedudukan.Ini sebuah gambaran bahwa mahasiswa telah melakukan KORUPSI AMANAH ……….!!!
Disisi lain, Mahasiswa hanya mengutamakan kepandaian belaka, sehingga mengesampingkan tata aturan yang berlaku dalam suatu lingkungan , misalnya dari cara berpakaian, bertutur kata yang terkadang tidak mencerminkan karakter seorang Mahasiswa. Ketika waktu perkuliahan berlangsung mahasiswa yang bersangkutan kadang terlambat, bahkan ada yang hanya duduk diluar kelas sambil menunggu giliran Absent sebagai ukuran kehadiran sehingga pada akhirnya skripsi pun dibuatkan oleh orang lain, hal ini juga merupakan ukuran Korupsi Aturan ……!!!
Maka dari itu marilah kita menyadari sebagai seorang mahasiswa,maupun Mari kita bersama-sama melakukan introspeksi diri baik bagi Penulis, mahasiswa, dan Dosen sehingga kita mampu keluar dari lilitan korupsi yang sudah mendarah daging dalam karakter kita masing-masing.namun sekarang kita sama-sama untuk memperbaiki prilaku mulai dari sendiri untuk tidak melakukan korupsi sebab bila kita tidak terbebas dari lilitan korupsi ini maka akan berimplikasi pada korupsi-korupsi lainya. jangan hanya untuk berteriak keras hapuskan korupsi...,hapuskan korupsi...,hapuskan korupsi... tapi kita sendiri saja sadar dengan tidak setiap saat melakukan korupsi.maka dari itu marilah kita bersama-sama untuk intropeksi diri sebab mengritik orang lain saja belum cukup dan belum tentu kita lebih baik dari pada mereka yang kita kritik.

 

CERPEN ''SAHABAT & CINTA''

18 February 2013 10:26:20 Dibaca : 2348

SAHABAT & CINTA


Saat pertama kali aku kenal pacaran kelas 3 Smp.saat itu aku kenal yang jatuh cinta dan mencintai seseorang namanya jenar,cinta ini tulus ku berikan padanya. kuingin selalu berusaha untuk membuatnya bahagia dan nyaman saat bersamaku. Pada Saat itu kami saling mencintai satu sama lain.dengan berjalanya waktu ada sesuatu hal yang memaksa harus memisahkan kami yaitu jarak.jarak harus memisahkan kami berdua demi masa depan masing-masing.saat itu kami melanjutkan pendidikan ditempat yang berbeda.dia di kendari sedangkan aku diraha.
Tapi walaupun kami berpisah dan mempunyai banyak kesibukan masing-masing kita berdua saling mengerti satu sama lain, komunikasinya berjalan lancar seperti biasanya.hingga pada saat libur kita berdua janjian untuk pulang kampung.hingga dua tahun hubungan kami itu tetap berjalan dengan baik.tidak lama kemudian aku menderita penyakit.dan mau tidak mau pada saat itu aku harus melakukan operasi.saat itu dia kaget mendengar kalau aku harus operasi.
ooo
Hingga pada akhirnya ia minta izin sama ke dua orang tuanya untuk pindah sekolah dikampung.dengan tujuan agar dia bisa menyisihkan waktunya untuk menemaniku pada saat aku dalam keadaan sakit.dan pada saat itu ke dua orang tuanya mengizinkan untuk pindah sekolah(secarah dia kan anak mami).setelah satu minggu dia pulang kampung aku diajak untuk ketemuan. kemudian ke esokan harinya aku mempersiapkan baju ganti dan bergegas untuk pulang kampung.setelah tiba dikampung aku nginap dirumah spupuku namanya Nita, sekaligus dia adalah sahabat sejatiku.
ooo
kemudian pada malam harinya kuingin sms dia tapi aku ngga punya pulsa.lalu ku pinjam handpone dari temanku nita.tapi setelah aku masukan nomor ternyata nama kontaknya tertulis monsterque......!!!saya juga heran kok nomornya sudah di save di hpnya nita pake nama aneh lagi.tapi aku ngga memprdulikan itu nomor.setelah aku nelpon, dia langsung datang menemuiku tepatnya dirumahnya spupuku.pada saat dia diperjalanan aku ngga sengaja liat smsnya dia dengan kata-kata romantis seperti orang pacaran.nah tidak lama kemudian ia tiba di rumah tempat aku menginap bersama temnya namanya saleh.lalu kami duduk diteras sambil cerita .tapi pada saat itu tingkahnya ngga seperti biasanya.duduk aja dia agak menjauh dariku.aku juga heran sebenarnya ada apa sich??
Lantaran penasaran kucoba dekati dia dan bertanya....kenapa kamu duduk menjauh dari saya?
Lalu dia menjawab ah pengen aja .......!!!tapi firasatku mengatakan kayanya ada yang tidak beres.sekitar 5 menit aku langsung masuk kamar. Kemudian kami lanjutkan perbincangn melalui sms. bunyi smsku pada saat itu(hey.....kamu jujur saja ada hubungan apa dengan spupuku?? Aku ngga mau ada kebohongan diantara kita!! lalu dia balas ‘’kita tidak ada hubungan apa-apa Cuma teman curhat’.lalu aku membalas,’’apa Cuma teman curhat kau bilang?? ,smsan macam orang pacaran saja) kau pikir saya tidak tau semua sms-smsmu sama dia??)
ooo
Setelah keesokan harinya aku beranikan diri untuk BERTANYA pada spupuku tentang hubungan mereka .ternyata firsatku benar mereka sudah menjalin hubungan kurang lebih satu minggu.setelah aku mendengar pengakuan itu seketika aku terdiam seakan detak jantung ini berhenti semua aliran darah serasa tak mengalir sebagai mana semestinya tapi aku berusaha untuk tenangkan diri. Betapa hancurnya hati ini, tapi aku nggak menunjukkan apa yang kurasakan dan berusaha untuk nampakan wajah senang seolah olah aku ngga punya hubungan apa-apa dengan DIA.ternyata tidak lama kemudian dia langsung menghampiriku lalu merangkul tubuh ini dan dipeluknya erat-erat serasa tidak akan melepasnya. dan berkata len,aku minta maaf sudah menghianati persahabatan kita, menjadi orang ketiga dalam hubunganmu, merusak hubungan kalian aku tidak tau kalau dia itu pacaran dengan kamu nanti tiga hari kujalani baru dia mengatakan bahwa dia punya pacar yang dia sayangi dan orang itu adalah KAMU.tapi jujur len aku sayang bangat sama dia walaupun dirimu tidak bisa tergantikan oleh siapa pun dihatinya termasuk saya. tapi sekarang itu terserah sama kamu semua keputusan ada padamu.tapi saya mohon jangan putuskan persahabatan kita aku ngga mau persahabatan kita hancur karena seorang “COWOK”
ooo
Saat, itu aku hanya diam ngga tau harus mau bilang apa, serasa mulutku bungkam ngga bisa lagi untuk mengelurkan bahasa sekata pun. hanya air mata yang keluar membasahi pipi ini.aku ngga habis pikir kenapa kisah cintaku yang kujalin selama tiga tahun hancur dan berantakan seperti ini.apakah hubungan yang selama ini kujalani akan kandas di tengah jalan Cuma karena hadirnya orang ketiga.tapi kenapa harus sahabatku sendiri yang jadi orang ketiga itu ??? keduanya sama-sama orang yang penting dalam hidupku!! Saya Cuma bisa berdoa dan mengadu pada yang diatas “ semoga, tuhan memberikan kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi segala cobaan hidup ini dan bisa memberikan petunjuk agar aku bisa mengambil keputusan yang terbaik untuk hidupku kedepan walau tanpa kehadiran di sisiku sebab aku tau tuhan membelokan rencanaku sebab tuhan punya rencana yang lebih baik dari pada rencana yang ku punya.amin.......!!!!
Tapi bagaimna pun ini adalah keputusan yang telah dia tentukan dan saya sadar cinta ngga harus dipaksakan. hingga akhirnya saya memutuskan untuk berpisah sama dia.tapi pada saat aku bilang putus dianya ngga terima dengan alasan dia ngga bisa pisah denganku dan dia minta untuk memperbaiki hubungan yang sempat renggang.tapi ngga semudah itu bagiku untuk mempercayainya kembali. aku hanya berpesan “jangan pernah sia-siakan orang yang menyayangimu dan jangan pernah kecewakan yang telah kamu pilih sekarng pasti dia orang yang terbaik untuk hidupmu dan masa depanmu nanti serta jangan pernah sesali jalan yang kau tempuh sekarang.mungkin ngga semudah itu bagiku untuk melupakan semuanya tapi aku yakin waktu akan mempermudah langkahku untuk terus melangkah hingga akhirnya namamu akan terhapus dari memori otaku.
ooo

Dua minggu kemudian aku jalan-jalan dipasar tanpa sengaja aku bertemu dengan temanya mantanku namanya saleh .lalu si dia menyapaku duluan ‘’hey len!!!
Pikirku rasanya ada yang panggil namaku,lalu aku berbalik badan tiba2 aku melihat sahabat dari mantanku namanya saleh ,hey juga eh ternyata kamu sapaku dengan senyuman lembut’’.setelah itu aku di ajak minum es cendol sambil cerita –cerita tentang pengalaman .tapi seketika suasna jadi tenang lalu dia terdiam dan mengatakan,hey gimana hubunganmu dengan jenar??baik-baik ajakan secara kalian kan saling mencintai!!!hik...hik...katanya sambil memegang pundaku dan senyum-senyum sendiri. Ketika mendengar itu aku terdiam sejenak pikiranku melayang kok namanya muncul lagi pengenku tidak ingin membahas dan mengenang tentang dia.lalu saleh berkata’’woe kok diam!! Ada apa sich dengan raut wajah penasaran??tapi aku langsung mengalihkan pembicaraan ,’’kamu pacaran dengan siapa sekrang?? Tapi dia ngga mau jawab sebelum aku yang menjawab .lalu aku berkata’’ ngga usah yah bahas tentang jenar lagi dia hanya masa laluku aja’’.tiba-tiba dia terkejut ,hmmmm sudah kuduga pasti semua ini akan terjadi. saya jadi bingung seolah –olah sudah ada rencana sebelumnya.lalu aku bertanya ‘’maksudmu?? dia berusaha menjelaskan tentang semuanya.len,sebenaranya jenar itu sayang bangat ma kamu tidak ada orang lain dihatinya selain kamu.kamu tau ngga kenapa hingga dia pindah sekolah?? karna dia itu ingin dekat terus sama kamu dia ngga bisa jauh dari kamu apa lagi kondisimu fisikmu lagi ngga mendukung.dan dia bisa hadir pada saat kamu membutuhkanya.aku tau betul karaketr kalian berdua.kalian itu saling mencintai...ngga seharusnya hubungan kalian retak dan berantakan begini.
ooo
setelah mendengar cerita itu aku tidak kuasa untuk menahan air mataku.hatiku terasa sakit dan hancur.lalu saya berkata; sudah terlanjur penghiantan terjadi.perempuan mana pun ,sesetia apapun kalau dikhianati pasti akan kecewa.sama dengan aku rasakan sekarng.aku hanya manusia biasa yang punya sisi kelemahan.rasa sakit itu ngga akan pernah hilang apa lagi yang selingkuhanya itu adalah sahabatku sendiri.jujur aku sayang bangat sama dia tapi aku harus belajar merelakan dan melupakan sebab dia bukan miliku lagi,,, dia telah menjadi milik orang lain .ngga semudah itu untuk kembali.’’nasi telah menjadi bubur’’.kalau aku ingin jujur aku ingin amnesia supaya bisa melupakan semuanya.
lalu saleh berusaha untuk menenankanku’’len ,kamu yang sabar yah pasti ada hikmah dari semua itu ’’.aku hanya terdiam ke sekian kali sebab ngga ada satu kata pun yang bisa aku keluarkan .
oooo
Dengan berjalanya waktu aku berusaha untuk menjalani hidup seorang diri tanpa memikikan untuk pacaran.secara perlahan-lahan aku bisa melupakan dia.dan hubunganku dengan Nita( sahabatku) kembali seperti semula seakan –akan tidak ada konflik diantara kitai berdua.karena bagiku ‘’SAHABAT’’ lebih penting dari pada seorang pacar.Sakit untuk di kenang tapi susah untuk dilupakan. tapi ini adalah sebuah PELAJARAN besar dalam hidupku hingga aku bisa belajar KETULUSAN dan IKHLAS serta dapat mengetahui arti hidup yang sesungguhnya.
Sampai disini aja yah moga pembaca senang dengan cerpen ini.
-

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong