ARSIP BULANAN : March 2014

Makalah FILSAFAT ISLAM DAN HASIL PEMIKIRANNYA

30 March 2014 13:43:07 Dibaca : 3404

Makalah

FILSAFAT ISLAM DAN HASIL

PEMIKIRANNYA

Moh Alvi Panigoro

291413031

Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Gorontalo­­

ABSTRAK

Perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan sekarang ini tidak terlepas dari para filosofi-filosofi islam terdahulu yang menghasilkan dan membagi ilmu menjadi beberapa bagian. Yang dimana pada dasarnya filsafat adalah induk dari segala ilmu pengetahuan. Di dalam filsafat tataran ilmu atau akal berada dalam posisi utama.

BAB I

Pendahulan

Dinamika pemikiran dalam dunia islam tetap berkembang sampai sekarang. Kenyataan ini dimungkinkan terjadi berkat doktrin yang menghargai akal setinggi mungkin sebagai salah satu sumber pengetahan dan kebenaran. Bahkan, Al-Quran dan hadis tidak jarang menyuarakan urgensi penalaran, penelitian dan pemikiran.kontribusi para filsuf di negeri-negeri islam terhadap perkembangan tradisi intelektual. Beberapa nama Filsuf seperti al-Kindi, Yahya ibnu Adi, Ibnu Sina, Ibnu Shalah, dan Ibnu Assal menjadi acuan pada filsafat islam

BAB II

PEMBAHASAN

A. IBNU SINA

Nama lengkapnya Abu Al –Husain Ibn Abdullah ibn Abdulah ibn Ali ibn sina.Juga di kenal Asy-Syaikh Ar-Rais.

Karya-karya Ibnu Sina

Saat ini,penulis memilih karya-karya terpenting Ibnu Sina yang sudah di kenal di dunia islam,di antaranya adalah Al-Quanun fi Ath-Thibb,Asy –Syifa’,An-Najah , ‘Uyun Al-Hikmah ,Danisynama-yi Ala ‘I,dan Al –Qanun fi Ath-Thibb terdiri atas lima bagian dan telah di terjemahkan ke dalam bahasa latin bebrapa kali.

Filsafat Ibnu Sina

Metafisika,menurut Ibnu Sina adalah ilmu yang memmberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip filsafatteoretis. Ini di lakukan dengan cara mendemokrasikan perolehan sempurna prinsip-prinsip tersebut melalui intelek.

Wujud, Dari sudut pandangan metafisik,teori itu berupaya melengkapi analisis aristotelesten tang suatu maujud menjadi dua elemen yang di perlukan ,yaitu bentuk dan materi menurut arisoteles,bentuk suatu adalah jumlah total dasar dan kualitas-kualitasnya yang dapat di universalkan yang membentuk definisinya ; materi pada setiap sesuatu memiliki kemampuan untuk menerima kualitas-kualitas tersebut.

B. IBNU MISKAWAIH

Ahmad ibn Miskawaih (w.421 H/1030 M) adalah slah seseorang anggota kelompok pemikir tekemuka yang berkarier politik dan beraktivitas filsafat. Sebagai bendahara penguasa dinastik Buwaihiyyah ‘Adhud Ad-Daujah,ia banyak terlibat dalam segi praktis masyarakatnya ,sementara sebagian anggota kelompok intelektual termasuk A-Tahudi dan As-Sijistam,ia banyak memberikan andil bagipedebatan teoretis pada masa itu.

Karya-karya Ibnu Miskawaih

Jumlah karya tulisnya dalam tulisan Abdul Aziz Dahlan yang menddasarkan kepada para penulis masa lalu adalah sebanyak 18 buah judul yang kebanyakan berbicara tentang jiwa dan ahlak etika.

Fisafat Ibnu Miskawaih

Penting untuk mengetahui posisi umum filsafat miskawaih. Karena Ia menggarap begitu banyak bidang,mulai sejarah hingga psikologi dan kimia,menarik untuk mencari prinsip pokok filsafatnya yang menyatuhkan semua kontribusinya..

C. FILSAFAT AL RUSYD

Filsafat muslim yang muncul di belahan barat setelah Ibnu Thufail adalah Ibnu Rusyd.keahliannya diakui sebagai filsuf.

Karya-karya Ibnu Rusyd

Karya-karya teoretisnya memperlihatkan bahwa ia adalah seorng ahli terkemuka dalam ushul fiqh dan dalam studi atas berbagai pendapat yang di awarkan oleh beberapa mazhab besar fiqh.

Filsafat Ibnu Rusyd

Al-Quran memerintahkan manusia untuk mempelajari filsafat karena karena harus membuat spekulasi atas alam raya ini dan merenungkan bermacam-macam kemaujudan.

D. AL-RAZI

Filsuf muslim terkemuka yang muncul sesudah Al-Kindi adalah Abu bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi.

Karya-karya Ar-Razi

Buku-buku Ar-Razi menurut ibn An-Nadim adalah 118 buku,19 surat 4 buku,6 surat,dan satu makalah jumlah seluruhnya 148 buah.

Filsafat Ar-Razi

Dasar filsafatnya tampak dari pandangan Ar-Razi yang mengklaim bahwa praktik kedokteran itu bersandar pada filsafat- suatu praktik yang baik amat bergantung pada pemikiran yang bebas.

E. MUHAMAD IQBAL

Pada 1908,iqbal kembali ke Lahore untuk menjadi pengacara merangkap dosen filsafat.Ia memasuki bidang politik .pada 1930,ikbal terpilih menjadi presiden Liga muslim.pada 1933,ia di undang ke afganistan untuk embicarakan berdirinya universitas Kabul.

Karya dan filsafat Muhammad Iqbal

Agak sulit memetakan iqbal sebagai seorng filsuf murni di banding dengan filsuf lainnya.hal ini di sebkan ia lebih focus pada sastra dan politik disbanding dengan degan kajian filsafat.

D. MUHAMMAD ARQOUN

Mohammad Arqoun lahir pada tanggal 1 februari 1928 di tourirt mimoun,kabilia,aljazair.

Karya-karya Mohammad Arqoun :

Rethinking islamic thogh, al-turath : muhtawatu, al-fikr al-ushuli wa istilahatat al-ta’shil: nahwa tarikhin akhbar li al-fikr al-islam, al-qur’an min al-fikr al islami al-mu’ashir, the concept ofauthorithy in islamic thought dan religion dan society.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan Dan Saran Saya

Dari uraian di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa apabila dilihat dari sisi objeknya maka filsafat ilmu murupakan cabang dan filsafat secara khusua membahas proses keilmuan manusia dan islam.

Saran saya dalam makalah ini agar bisa bermanfaat dan apabila ada kata-kata yang salah dan tidak sesuai dalam tugas makalah ini saya mohon maaf.

DAFTAR PUSTAKA

Fahry, Majid, 1991, Ethical Theoris in Islam . E. J. Brill, Leiden, Belanda

Nashr, Syyed Hossein, 1964, Three Muslim Sages, Avecenna, Suhrawardi

Rescher, Nicolas, 1996, Studies In Arabic P