tugas Dasar fotografi

06 April 2014 14:10:46 Dibaca : 243

TUGAS Dasar fotografi

NAMA : RYAN RIZKY GOBEL

NIM : 291413034

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

                                                            BAB 1  PENDAHULUAN

Sejak diperkenalkannya fotografi pada tahun 1826, dimana pada saat itu fotografi dikenal sebagai kajian ilmu yang sangat baru dan awam bagai masyarakat dunia. Seiring berjalannya waktu dan jaman kini fotografi perkembangannya demikian pesat. Perkembangan teknologi yang canggih pengambilan gambar saat ini bisa dilakukan setiap hari hampir 24 jam, dengan teknik pencahayaan pengambilan gambar akan terlihat mudah.
Mata kuliah fotografi merupakan suatu bidang kajian ilmu yang dipelajari dalam perkuliahan di jurusan Ilmu Komunikasi. Di pembahasan nanti akan di jelaskan tehnik-tehnik pengambilan gambar dari jenis-jenis foto yang di ambil penulis

                                                              BAB 2 PEMBAHASAN

A . JENIS FOTO MANUSIA 

1. Foto potrait

Foto ini di ambil camera EOS 650D dengan aperture f/5 shutter speed 1/1000 sec dengan ISO 400 tanpa flash, foto potrait lebih sering di gunakan untuk close up contoh pas foto.

 

2. Foto Human interest (HI)

Foto ini di ambil camera nikon D90 dengan aperture f/5.6 shutter speed 1/250 sec ISO auto tanpa flash. Foto HI biasanya menggambarkan ekspresi manusia.

3. Foto panggung

Foto ini di ambil dengan camera dengan camera canon EOS 550D dengan aperture f/4 shutter speed 1/8 sec ISO 3200 tanpa flash. Foto panggung biasanya menggambarkan suasana ekspresi manusia saat berada panggung.

4. Foto sport

Foto ini di ambil dengan camera EOS 60D dengan aperture f/5.6 shutter speed 1/800 sec ISO 400. Foto sport biasanya menggambarkan kegiatan manusia saat berolahraga.

 

B. JENIS FOTO ALAM

1. Foto fauna ( Hewan)

Foto ini di ambil menggunakan camera canon EOS 600D dengan aperture f/5.6 shutter speed 1/30 sec ISO 1250. Foto fauna lebih bagus di hunting di kebun binatang atau di hutan langsung.

2. Foto flora ( tumbuhan )

Foto ini di ambil menggunakan camera canon EOS 1100D dengan aperture f/.4.5 shutter speed 1/200 ISO 800. Foto flora biasanya di hunting di taman bunga

3. Foto landscape (pemandangan)

Foto ini di ambil menggunakan camera canon EOS 500D dengan aperture f/7.1 shutter speed 1/320 ISO 100. Foto landscape biasanya mengggambarkan suasana alam yang eksotik atau hamparan laut yang luas.

4. foto arsitektur

Foto ini di ambil menggunakan camera nikon D90 dengan aperture f/5.6 shutter speed 1/1000 sec. Foto arsitektur menggambarkan sudut-sudut bangunan yang megah dan enak dilihat

5 . Foto still life

Foto ini di ambil menggunakann camera EOS 60D dengan aperture f/5 shutter speed 1/5 (night potrait) ISO 400 pakai flash.

6. foto jurnalistik

Foto ini di ambil menggunakan camera canon EOS 1100D dengan aperture f/7.1 shutter speed 1/1000 ISO 400. Foto jurnalistik lebih banyak menggambarkan suasana emosional manusia contoh pendemo lawan polisi.
 

                             CATATAN : Hasil foto bisa di lihat di makalah yang akan di print 


                                                            BAB 3 PENUTUP 

Dasar fotografi adalah dasar untuk menjadi seorang fotografer yang hebat dengan memperhatikan tehnik-tehnik yang ada semua jenis foto kita bisa jepret dengan hasil yang maksimal Untuk mendalami bidang fotografi,siapapun harus punya pengetahuan dasar yang baik tentang cahaya(light). Hal ini penting karena cahaya memegang kunci utama dalam penentuan eksposur yang diatur oleh shutter dan aperture pada kamera. Setelah memahami tentang cahaya, tahap selanjutnya adalah mengerti tentang pencahayaan(lighting) sehingga mampu menghasilkan foto yang lebih baik dalam berbagai kondisi pemotretan

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong