ARSIP BULANAN : January 2014

ANALISIS VIDEO MATA KULIAH PKN

30 January 2014 15:06:06 Dibaca : 123

NAMA : RYAN RIZKY GOBEL

NIM : 291413034

JURUSAN : ILMU KOMUNIKASI

TUGAS : ANALISIS VIDEO MATA KULIAH PKN


TOPIK: IRONI PENEGAKAN HUKUM (video 3)

Hukum terkadang menjerat rakyat kecil namun sulit menjangkau ditingkat elit. Selain kasus nenek rasminan yang di hukum karena kasus mencuri piring, kasus serupa juga sering terjadi. Sebelumnya seorang nenek pernah divonis 1 bulan karena mencuri kakao yang terakhir seorang anak divonis bersalah karena dituduh mencuri sandal jepit.

Cemoohan pengunjung sidang langsung terlontar begitu hakim pengadilan negeri Palu, Sulawesi utara menjatuhkan vonis bersalah kepada remaja berusia 15thn berinisial AAL. Dalam persidangan pada 4 januari 2012, pelajar SMKN 3 palu itu dianggap terbukti dan meyakinkan mengambil sandal jepit yang bukan miliknya. Selain itu hakim mewajibkan AAL membayar denda Rp 2000. Meski divonis bersalah AAL tidak ditahan tapi dikembalikan kepada orang tuanya. Kasus ini memang banyak menyita perhatian publik. Aksi solidaritas bermunculan diberbagai daerah ditanah air diantaranya melalui aksi pengumpulan sandal jepit. Mereka mendesak agar AAL dibebaskan, apalagi sebelumnya AAL diancam hukuman 5 tahun penjara. Kenyataan pahit juga pernah dihadapi nenek Mina warga Ajibarang,Bayumas,Jawa Tengah yang harus diseret kemeja hijau. Pada 19 november 2009 oleh majelis hakim pengadilan negeri purwokerto, perempuan berusia 55 tahun itu, dinyatakan bersalah mencuri 3 buah kakao atau coklat di perkebunan milik PT Rumpun Sari Antani. Nenek Mina divonis 1 bulan dengan masa percobaan 3 bulan. Dengan tanpa harus menjalani kurungan tahanan. Pada 3 februari 2010, terdakwa yang berasal dari 1 keluarga divonis hukuman 24 hari penjara oleh majelis hakim pengadilan negeri batam jawa tengah. Mereka dinyatakan bersalah mencuri biji kapuk, para terdakwa kecewa bahkan salah satu diantaranya jatuh pingsan. Mereka merasa tidak bersalah karena memungut sisa-sisa kapuk sudah menjadi kebiasaan setempat. Kasus-kasus yang menimpa rakyat kecil seperti AAL, nenek Mina dan para pencuri kapuk menimbulkan Ironi. Hukum begitu mudah mencekam rakyat kecil. Dalam kasus suap pemilihan Gubernur senior bank Indonesia Minana Bultom misalnya, meski penerima suap sudah dihukum namun pemberi suap hingga kini belum tersentuh hukum.

ANALISIS

Sebenarnya apa yang sedang terjadi di negeri kita ini tentang keadilan? Kasus diatas akan menjawab pertanyaan itu. Negara kita adalah negara hukum bahkan lebihnya negeri ini dikenal dengan Demokrasi yang lebih tertuju pada HAM. Namun hal itu sifatnya formal saja, tidak sedikit masalah-masalah hukum yang sampai saat ini belum terselesaikan, bahkan ada persoalan besar yang hilang dari meja hukum tanpa jelas kemana arahnya pergi. Ternyata ada permainan kekuasaan di meja hukum, hal itu terbukti dari berbagai contoh kecil kasus diatas. Masyarakat yang tidak memiliki kekuasaan material semakin tertindas oleh hukum dan orang-orang yang memiliki kekuasaan sampai saat ini masalahnya belum selesai dan hilang dari kalangan publik. Bahkan diberbagai media diberitakan masih banyak para koruptor yang bebas menikmati hidupnya, ini sangat bertolak belakang dengan kasus-kasus kecil yang sampai ke meja hukum.

Seperti yang berbunyi pada pasal 1 mengenai batas-batas berlakunya aturan pidana dalam perundang-undangan, Suatu perbuatan tidak dapat dipidana, kecuali berdasarkan kekuatan ketentuan perundang-undangan pidana yang telah ada. Hukum di indonesia hanya memilih kaum yang berada saja untuk dijadikan bahan pertimbangan dari masalah yang mereka hadapi, namun tidak memilih kaum yang tak berada sebagai pusat perhatian oleh pemerintah untuk diberi keringanan dari masalah yang mereka hadapi.

Negara indonesia adalah sebuah negara hukum dimana salah satu negara hukum yang mempunyai ciri, cirinya yaitu adanya pengakuan hak warga negara oleh negara serta mengatur kewajiban-kewajiban masyarakat atau penduduk. Hukum dijadikan landasan atau dasar untuk mengatur segala segi kehidupan masyarakat. Hukum bertujuan untuk mengatur pergaulan hidup secara tertib menurut hukum dan damai. Apabila terjadi kejahatan dan kekerasan antar sesama berarti telah terjadi pelanggaran tata tertib hukum dan melanggar perdamaian dalam masyarakat.

SOLUSI

Solusinya, Sebaiknya hukum di negeri ini bisa memberi keadilan buat seluruh warga masyarakat bukan hanya melihat dari segi materialnya, karena membedakan antara kaum yang berada dan kaum yang tak berada. Hukum harus bisa mengetahui mana yang harusnya mendapat hukuman yang sepantasnya dan mana yang mendapat hukuman yang ringan, para penegak hukum harus konsekuen dengan hukuman yang berlaku pada setiap masalah yang mereka perbuat, jangan hanya memperlakukan hukuman yang tidak sepantasnya mereka dapatkan contohnya pada kaum yang berada, hukumannya lebih diringankan, sedangkan pada kaum yang tak berada, mereka lebih keras memberikan hukumannya.

Daftar Pustaka:

Sumber: http://www.rimanews.com/read/20130924/118619/ironi-penegakan-hukum-di-indonesia

Sumber:Judul buku:KUHP(kitap undang-undang hukum pidana).penerbit;permata press

RESUME KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL

30 January 2014 15:03:24 Dibaca : 138

NAMA : RYAN RIZKY GOBEL

NIM : 291413034

JURUSAN : ILMU KOMUNIKASI

TUGAS : RESUME KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL

Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang di sampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral).
komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataanya ide-ide, pemikiran atau keputusan,lebih mudah di sampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maupun pembaca) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang di sampaikan

Contoh : komunikasi verbal lisan dapat di lakukan dengan menggunakan media, contoh seseorang yang bercakap cakap melalui telepon. Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan di lakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain lain

asal usul bahasa
Menurut buku prof dedy mulyana di jelaskan asal usul bahasa itu berasal dari peradaban manusia jaman dulu ada dugaan kuat bahasa nonverbal muncul sebelum bahasa verbal. Teoritikus kontemporer mengatakan bahwa bahasa adalah ekstensi perilaku sosial. Konon hewan primata (kera,monyet,gorila dan sejenisnya) berevolusi sejak kira kira 70 juta tahun yang lalu , di mulai dengan hewan mirip tikus sezaman dengan dinosaurus
Diduga makhluk makhluk yang mirip manusia dan menggunakan alat pemotong terbuat dari batu ini namun masih seperti kera berkomunikasi secara naluriah, dengan bertukar tanda alamiah berupa suara (gerutan,geraman, pekikan), postur dan gerakan tubuh termasuk tanda gerakan tangan dan lengan, sedikit lebih maju dari hewan primata masa kini.
Dalam tahap perkembangan berikutnya, antara 40.000 dan 35.000 tahun lalu cro magnon (nenek moyang) mulai menggunakan bahasa lisan ini dimungkinkan karena mereka punya struktur tengkorak, lidah dan kotak suara yang mirip dengan yang kita miliki sekarang kelebihan homo sapiens dari makhluk sebelumnya adalah kemampuan mereka mengembangkan salah satu jenis tanda yang disebut simbol atau lambang. Sedangkan makhluk hidup sebelumnya lebih mengandalkan ikon, sinyal atau indeks dalam komunikasi mereka kemampuan berbahasa inilah yang membuat mereka terus bertahan hingga kini tidak seperti manusia sebelumnya yang musnah. Karena Cro magnon dapat berfikir lewat bahasa, mereka mampu mebuat rencana, konsep, berburu dengan cara yang lebih baik Dan mempertahankan diri dengan efektif di lingkungan yang keras dan cuaca yang buruk mereka juga dapat mengawetkan makanan. sesuai perkembangan jaman bahasa terus berevolusi dari generasi ke generasi.

fungsi bahasa dalam kehidupan manusia

Bahasa sebagai :
- fungsi informasi , yaitu untuk menyampaikan informasi timbal balik antaranggota keluarga ataupun anggota masyarakat. Berita pengumuman petunjuk pernyataan lisan ataupun tulisan melalui media massa ataupun elektronik merupakan wujud fungsi bahasa sebagai fungsi informasi
- Fungsi ekspresi diri, yaitu untuk menyalurkan perasaan sikap gagasan emosi atau tekanan tekanan perasaan pembicara bahasa sebagai alat mengeskpresikan diri ini dapat menjadi media untuk menyatakan eksistensi (keberadaan) diri, membebaskan diri dari tekanan emosi dan untuk menarik perhatian orang.

-Fungsi adaptasi Dan integrasi yaitu menyesuaikan dan membaurkan diri dengan anggota masyarakat. Melalui bahasa seorang anggota masyarakat sedikit demi sedikit belajar adat istiadat,kebudayaan, pola hidup,perilaku dan etika masyarakat. Mereka menyesuaikan diri dengan semua ketentuan yang berlaku dalam masyarakat melalui bahasa. Kalau seorang mudah beradaptasi dengan masyarakat Di sekelilingnya maka dengan mudah pula ia akan membaurkan diri (integrasi) dengan kehidupan masyarakat tersebut .

-Fungsi kontrol sosial. Bahasa berfungsi untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Apabila fungsi ini berlaku dengan baik maka semua kegiatan sosial akan berlangsung dnegan baik pula. Sebagai contoh pendapat seorang tokoh masyarakat akan di dengar dan di tanggapi dengan tepat apabila ia dapat menggunakan bahasa yang komunikatif dan persuasif kegagalanya dalam menggunakan bahasa akan menghambat pula usahanya dalam mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain dengan bahasa seseorang dapat mengembangkan kepribadian dan nilai- nilai sosial kepada tingkat yang lebih berkualitas

Keterbatasan bahasa
berbiacar tentang komunikai verbal yang porsinya hanya 35% dari keseluruhan komunikasi kita banyak orang tidak sadar bahwa bahasa itu terbatas
- keterbatasan jumlah kata yang tersedia untuk mewakili objek
- kata kata bersifat ambigu dan konteksual

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong