ARSIP BULANAN : January 2014

Resume Bahasa indonesia (Diksi)

30 January 2014 14:46:21 Dibaca : 427

Nama : Rhiny Afriyani Yusuf

Nim : 291413037

Jurusan : Ilmu komunikasi

 

                                               DIKSI, KALIMAT & MAKNA

A. Diksi

Diksi dan Gaya Bahasa

Gaya bahasa berdasarkan nada yang di hasilkan oleh pilihan kata ini ada tiga macam, yaitu gaya sederhana, gaya menengah, gaya mulia dan penuh tenaga.

Gaya bahasa sederhana berdasarkan nada rendah.lain halnya dengan gaya tersebut, gaya bahasa menengah di bangun berdasarkan rangkaian kata yang disusun dan berdasarkan kaidah sintaksis dengan maksud untuk menghasilkan suasana damai dan kesejukan. Gaya mulia berbeda dengan kedua gaya tersebut. Gaya ini penuh tenaga menggunakan pilihan kata yang penuh vitalitas,energi dan tenaga, serta kebenaran universal. Gaya ini sering digunakan untuk menggerakkan masa dalam jumlah yang sangat banyak.

Ketepatan Kata

Diksi adalah ketepatan pilihan kata. Indikator ketepatan kata ini, antara lain : (a) mengkomunikasikan gagasab berdasarkan pilihan kata yang tepat dan sesuai berdasarkan kaidah bahasa indonesia, (b) menghasilkan komunikasi puncak ( yang Pling efektif ) tanpa salah penafsiran atau salah makna, (c) menghasilkan respon pembaca atau pendengar sesuai dengan harapan penulis atau pembaca, dan (d) menghasilkan target komunikasi yang diharapkan.

Kesesuaian Kata

Syarat kesesuaian kata adalah sebagai berikut ini.

Menggunakan ragam baku secara cermat dan tidak mencampuradukkan penggunaannya dengan kata yang tidak baku yang hanya digunakan dalam pergaulan.Menggunakan kata yang berhubungan dengan nilai sosial dengan cermat,.Menggunakan kata berpasangan (idiomatik) dan berlawanan makna dengan cermat.Menggunakan kata dengan suasana tertentu.Menggunakan kata ilmiah untuk penggunaan karangan ilmiah, dan komunikasi nonilmiah menggunakan kata populer.Menghindarkan penggunaan ragam lisan dalam bahasa tulis.

Kalimat Efektif

Konsep Kalimat efektif

Tujuan menulis adalah untuk mengungkapkan fakta-fakta, perasaan, sikap, dan isi pikiran secara jelas dan efektif kepada pembaca.

Kalimat efektif ialah bagaimana kalimat itu dapat mewakili secara tepat apa isi pikiran atau perasaan pengarang, bagaimana dapat mewakilinya secara segar dan mampu menarik perhatian pembaca atau pendengar terhadap apa yang diungkapkannya.

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Kalimat efektif selalu tetap berusaha agar gagasan pokok selalu mendapat tekanan atau penonjolan dalam pikiran pembaca dan pendengar. Syarat-syarat kalimat efektif adalah sebagai berikut ini.

Kesatuan gagasanKoherensiPenekananVariasiParalelismePenalaran atau logika

Makna

Hakikat Makna

Pengembangan dijksi terjadi pada kata. Namun, hal ini perpengaruh pada penyusunan kalimat, paragraf, dan wacana. Perkembangan dapat menimbulkan perubahan yang mencakup: perluasan, penyempitan, pembatasan, pelemahan, pengaburan, dan pergeseran makna.

Faktor penyebab perubahan makna adalah sebagai berikut ini.

Kebahasaan

Perubahan makna yang ditimbulkan oleh faktor kebahasaan meliputi perubahan intonasi, frasa, bentuk kata, dan bentuk kalimat.

1) Perubahan intonasi adalah perubahan makna yang diakibatkan oleh perubahan nada, irama, dan tekanan, kalimat berita Ia makan.

2) Perubahan sturuk frasa.

3) Perubahan bentuk kata adalah perubahan makna yang di timbulkan oleh prubahan bentuk.

4) Kalimat akan berubah makna jika strukturnya berubah.

Kesejarahan

Perhatikan penggunaan kata miring pada masa lalu dan bandingkan dengan pemakaian pada masa sekarang.

Prestasi orang itu berbobot (sekarang berkualitas)

Prestasi kerjanya mengagumkan(sekarang kinerja)

Kesosialan

Masalah sosial berpengaruh terhadap perubahan makna.sebelum tahun 1945 orang dapat berkata, gerombolan laki-laki menuju pasar, setelah tahun 1945, apalagi dengan munculnya pemberontak, kata gerombolan tidak dipakai bahkan ditakuti.

Kejiwaan

Perubahan makna karena faktor kejiwaan ditimbulkan oleh pertimbangan: (1) rasa takut, (2) kehalusan ekspresi, dan (3) kesopanan.pemakaian kata-kata tersebut dimaksudkan orang agar tidak menimbulkan masalah kejiwaan, misalnya : menderita, tidak takut, atau tidak menentang secara psikologis.

Perhatikan contoh berikut ini.

Tabu

Pelacur disebut tuna susila atau penjaja seks komersial (PSK)

Germo disebut hidung belang

Koruptor disebut penyalahgunaan jabatan

Bahasa Asing

Perubahan makna karena faktor bahasa asing, misalnya kata tempat orang terhormat diganti dengan VIP. Perhatikan contoh berikut ini.

Penuh warna, kalerful dari kata colourfull

Kata Baru

Kreativitas pemakai bahasa berkembang terus sesuai dengan kebutuhannya.kebutuhan terus mendorong untuk menciptakan istilah baru bagi konsep baru yang ditemukannya. Misalnya: chip, microsoftword, server, download, dan sebagaimya.

Denotasi dan Konotasi

Makna denotasi dan konotasi dibedakan berdasarkan ada atau tidaknya nilai rasa. Kata denotasi lebih menekankan tidak adanya nilai rasa, sedangkan konotasi bernilai rasa kias.

Makna denotasi yakni makna yang sesuai dengan hasil observasi menurut penglihatan, penciuman, pendengaran, perasaan, atau pengalaman yang berhubungan dengan informasi faktual dan objektif, umpamanya, kata kursi tempat duduk yang berkaki empat.

Konotasi berarti makna kias, bukan makna sebenarnya. Makna konotasi dapat juga berubah dari waktu kewaktu.

Perhatikan contoh berikut ini.

1) Laporan anda harus diserahkan selambat-lambatnya 1 Juni 2004 (denotasi).

2) Laporan anda belum memenuhi sasaran.(Konotasi).

3) Penulis memanjatkan puji syukur atas selesainya laporan ini (konotasi).

4) Kepada tuhan penulis mengucapkan puji syukur atas penyelesaian laporan ini dengan baik dan tepat waktu (denotasi).

Sinonim

Sinonim adalah persamaan makna kata. Artinya, dua kata atau lebih yang berbeda bentuk, ejaan, dan pengucapannya, tetapi bermakna sama.

Perhatikan contoh kata-kata bersinonim dan hampir bersinonim berikut ini.

Hamil, buntingHasil, produksi, prestasi, keluaranKorupsi, mencuri

Jadi kesinoniman mutlak jarang ditemukan dalam perbendaharaan kata bahasa indonesia. Dua kata bersinonim atau hampir bersinonim tidak digunakan dalam sebuah frasa. Penggunaan kedua kata tersebut, misalnya:

(a) Kucing adalah merupakan binatang buas. (salah)

(b) Kepada Yth. Bapak Nurhadi (salah)

Penggunaan kata bersinonim dalam sebuah frasa tersebut salah, seharusnya:

(1) Kucing adalah binatang buas (benar)

(2) Kepada Bapak Nurhadi (benar)

Rangkuman

Diksi adalah ketepatan pilihan kata. Penggunaan ketepatan pilihan kata ini dipengaruhi oleh kemampuan pengguna bahasa yang terkait dengan kemampuan mengetahui, memahami, menguasai, dan menggunakan sejumlah kosa kata secara aktif yang dapat mengungkapkan gagasan secara tepat sehingga mampu mengkomunikasikannya secara efektif kepada pembaca atau pendengarnya. Indikator ketepatan kata antara lain: (a) mengkomunikasikan gagasan berdasarkan pilihan kata yang tepat dan sesuai kaidah bahasa indonesia, (b) menghasilkan komunikasi puncak (yang lebih efektif) tanpa salah penafsiran (c) menghasilkan respon pembaca atau pendengar sesuai dengan harapan penulis atau pembicara, dan (d) menghasilkan target komunikasi yang diharapkan. Selain ketepatan kata, pengguna bahasa harus pula memperhatikan kesesuain kata agar tidak merusak makna, suasana, dan situasi yang secara langsung. Syarat kesesuaian kata adalah sebagai berikut ini.Menggunakan ragam baku secara cermat dan tidak mencampuradukkan penggunaannya dengan kata yang tidak baku.Menggunakan kata yang berhubungan dengan nilai sosial dengan cermat.Menggunakan kata berpasangan (idiomatik) dan berlawanan makna dengan cermat.Mengunakan kata dengan nuansa tertentu.Menggunakan kata ilmiah untuk penggunaan karangan ilmiah, dan komunikasi nonilmiah.Menghindarkan penggunaan ragam lisan (pergaulan) dalam bahasa tulis.

Resume P.ilmu komunikasi

30 January 2014 14:44:29 Dibaca : 271

Nama : Rhiny Afriyani Yusuf
Nim    : 291413037
jurusan : Ilmu komunikasi

 

BAB 6
Komunikasi Verbal

ASAL-USUL BAHASA

Hingga kini belum ada suatu teori pun yang di terima luas menggenai bagaimana bahasa itu muncul di permukaan bumi. Ada dugaan kuat bahasa nonverbal dan verbal.Teoretikus kontemporer mengatakan bahwa bahasa adalah ekstensi perilaku sosial. bahasa ucap bergantung pada perkembagan kemampuan untuk menempatkan lidah secara tepat.kemampuan ini mungkin berhubungan dengan kemampuan mannusia lebih awal untuk mengartikulasikan isyarat-isyarat jari-jemari dan tangan yang memudahkan kommunikasi nonverbal.
Di duga mahluk-mahluk yang mirip manusia dan menggunakan alat pemotong tersebut dari batu ini- namun masih seperti alimiyah berupa suara (gerutuan ,geraman,pekikan),postur dan gerakan tubuh, termasuk gerakan tangan dan lenggan,sedikit lebih maju dari kounikasi hewan primate masa kini.banyak mahluk yang mirip manusia ini bertahan untuk beberapa waktu dengan berburu dan menggumpulkan makanan,minuman kira-kira 35.000 tahun yang lalu akhirnya secara metrius. Dulu nenek moyang kita yang juga di sebut Cro mangnon ini tnggal di goa-goa.dalam tahap perkembangan berikutnya,antara 40.000 dan 35.000 tahun lalu Cro mangnon mulai mnggunakan bahasa lisan. Karena Can mangon dapat bervikir lewat bahasa,mereka mampu membuat rencana ,konsep,berburu dengan cara yang lebih baik.
Sekitar 10.000 tahun sebelum masehi mereka menemukan cara-cara bertani demi kelangsunan hidun mereka. Pendek kata homo sapiens semakin makmur dari abad kea bad,karena mereka memilih lebih banyak penggetahuan untuk bertahan hidup dan menggembagkan budaya mereka.sekitar 5000 tahun lalu manusia melakukan transisi komunikasi dengan memasuki era tulisan,sementara bahasa lisan pun terus berkembang.
Maya dan bangsa cina tahun 2000 sebelum masehi,papyrus di gunakan secara luas di mesir untuk menyampaikan sampai juga kemesir.menjelang kira-kira 500 sebelumnya alphabet Yunani itu di teruskan’ke Roma .kita pun memasuki era cetak pada abad ke 15.

FUNGSI BAAHASA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Mengapa manusia berbahasa dan mengapa terdapat banyak bahan di dunia ? kemampuan berbahasa manusia,yang membedakannya dari hewan lain yang lebih rendah,merupakan akibat dari pembesaran dan perkembagan otakmanusia.
Fungsih bahasa yang mendasar adalah untuk menamai atau menjuluki orng ,objek dan peristiwa.mengapa matahari tersebut matahari ? karena ia di sebut matahari! Adalah keliru menggangap sesuatu ia mempuyai hanya satu nama yang benar.Menurut Larry L Baker,bahasa memiliki 3 fungsi penamaan (naming atau labeling ),interaksi ,dan transmisi informasi. Fungsi interaksi ,menurut barker ,menekankan berbagai gagasan dan emosi ,yang dapat mengundang simpati dan pengertian atau kemarahan dan kebingungan . Anda juga menerima informasi setiap hari sejak bagun tidur hingga anda bagun tidur kembali,dari orang lain,baik secara langsung maupun tidak langsung .
Dalam pada itu,book mengemukakan,agar komunikasi kita berhasil,setidaknya bahasa harus memenuhi tiga fungsi,yaitu untuk mengenal dunia di sekitar kita. Mari kita jabarkan ketiga fungsi ini.fungsi ke 2 bahasa yakni sebagai sarana untuk berhubungan dengan orang lain,sebenarnya banyak berkaitan dengan fungsi –fungsi komunikasi yang kita bahas Bab 1 khususnya fungsi sosial dan fungsi instrumental.sedangkan fungsi ke tiga memungkinkan kita untuk hidup teratur saling memahami mengenai diri kita,kepercayaan-kepercayaan kita,saling memahami mmengenai diri kita dan tujuan kita.manusia yang “di asuh” hewan seperti “manusia srigala” asal hesia tahun 1349 ”manusia beruang” asal Lithuania tahun1661,dan “Si Liar Peter” asal Hanover tahun1724,tidak berbicara bahasa manusia karena tidak berhubungan dengan manusia.tetapi bila mereka kemudian di tetapkan dalam komuniasi manusia ,mereka boleh jadi akan berbahasa,meskipun tidak sempurna manusia yang sejak lahir di seluruh manusia pada tahun 1920-an seekor srigala”mengadopsi” setelah kembali ke masyarakat manusia. Tahun1940-an kasus isabela berusia enam tahun yang tidak dapat berbicara cukup mengejutkan.

KETERBATASAN BAHASA

Keterbatasan jumlah kata yang tersedia untuk mewakili objek.

Kata-kata adalah kategori-kategori untuk merujuk pada objek tertentu: orng,benda,peristiwa,sifat,perasaan,dan sebagainya. Oleh karena itu ada kalanya kita sulit menamai suatu objek.dalam konteks ini suatu instrument yang di sebut Beda semantik (Semantic Differential) dirancang oleh Carles E.Osgood ,Geogre suci,dan percuma untuk mengukur suatu objek atau konsep,misalnya mal,ibu,cinta hukuman mati,kecerdasan atau pendidikan tinggi,dalam suatu skala dari hingga 7.dalam hal ini 1 bermakna negative dan 7 bermakna positif ,seperti terlihat dalam figure 6.1 dalam tes demikian ,nilai 4 menunjukan penilaiaan sedang ,lumayan ,netral,tidak tahu,atau ragu-ragu,namun nilai 1,2,6 atau 7 menunjukan kecenerugan yang kuat terhadap objek atau konsep tersebut.Juga orng berkulit kuning (Cina dan Jepaang) ,sebenarnya kulit merea jauh dari kuning.warna kulit kita jelas bukan coklat,bukan juga warna sawo matang.kesulitan menggunakan kata yang tepat juga kita alami ketika kita ingin mengungkapkan perasaan.

Kata bersifat ambingu dan konteks tual.
Kata-kata bersifat ambigu,karena kata-kata merepresetikan persepsi dan interpretasi orang-orang yang menganut latar bekalang sosial budaya yang berbeda-beda .kata-kata tersebut konsep dan lain-lain (dll) , dan sebainya (dsb),dan seterusnya (dts) , yang semacamnya dan lebih kuarang ,sebanarnya derajat tertentu, kira-kira dan lebih kurang ,sebenarnya menunjukan bahwa tidak ada ppernyataan yang dapat mewakili dunia nyata.dan kemudian seorng lelaki memasuki sebuah tokoh besar untuk membeli pasta gigi. Pelayan tokoh menyerahkan pasta gigi bertuliskan “Besar” (LARGE) ,pelanggan itu mngembalikan nya dan berkata lagi,bahwa iya mengiginkan ukuran kecil. Pelayan tokoh itu menjawab “itu ukuran kecil.
Kata bbudayawan sanggat ambigu,bisa di artika cendekirawan (yang juga masih ambigu) atau seniman.dan dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan kata-kata abigu,termasuk eufemisme,seperti “mari kita menyantap makanan laut” ketimbang “mari kita makan ikan mati.Kata-kata mengandung biasa budaya
Bahasa terikat oleh konteks budaya.dengan ungkapan lain,bahasa dapat di pandang sebagai perluasan budaya.menurut hipotesis sapir whorf,sering juga di sebut Teori Relatifitas liguistik ,sebenarnya setiap bahasa menunjukan suatu dunia simbolik yang khas,yang melukiskan realitas pikiran,pengalaman batin,dan kebutuhan pemakaiannya.Percampuradukan fakta,penafsiran dan penilaiaan
dalam berbahasa kita sering mencampuradukan fakta (uraian),penafsiran (dugaan) , dan penilaian. Contoh mislkan uraian (“Budi adalah mahasiswa yang memperoleh IPK 3.80 pada awal semester ke VIII),penafsiran (budi mahasiswa yang cerdas),penilaian (saya menyukai budi).

KERUMITAN MAKNA KATA

Lewis Carroll adalah seorang ahli matematika dan logika inggris yang nama asli nya adalah Charles Lutwidge Dodgson. Ia terkenal bukan karna andilnya bagi matematika atau logika,melainkan sebagai pengarang Alice’s in Wonderland dan Through the Looking-Gass.
sering kita bertanya,”apa arti kata itu?” kita menganggap bahwa arti atau makna di kandung setiap kata yang di ucapkan. Makna muncul dari hubungan khusus dari antara kata ( sebagai symbol verbal) dan manusia.seperti segitiga makna,setiap terlihat dalam figure 6.2.
sematik adalah ilmu mengenai makna kata-kata,suatu definisi yang menurut S.I .simbol menunjukan pada objek di dunia nyata: pemahaman adalah objek yang seebenarnya eksis di dunia nyata.makna dapat pula di golongkan kedalam makna denotative dan makna konotatif.kata-kata dengan sendirinya tidak bermakna apa-apa ,kecuaili carreddox,croovooc,dan whazzeeth tidak berrti apapun kecuali bila anda mengetahui apa yang di wakili.

Bahasa daerah VSBahasa daerah
Oleh karena di dunia ini terdapat berbagai kelompok manusia dengan budaya dan subbudaya yang berbeda,tidak mengherankan bila terdapat kata-kata yang (kebetulan) sama atau hamper sama tapi di maknai secara berbeda.Bahasa Indonesia vs Bahasa Malaysia
Suatu bangsa atau suku biasanya menganggap bahasanya sendiri sebagai yang terbaik,dan menganggap bahasa yang di gunakan bangsa atau suku yang terbaik,dan menganggap bahasa yang du gunakan bangsa atau suku lain seebagai “tidak alamiah,” baik cara bicaraataupun kata-kata yang mereka ucapkan.Bahasa Daerah/Bahasa Indonesia vs.Bahasa Lainya
terkadang kita dapat menemukan juga kata-kata alam bahasa daerah atau bahasa Indonesia yang sama atau mirip dengan kata-kata dalam bahasa asing ,tetapi dengan makna yang berbeda.

NAMA SEBAGAI SIMBOL
Seperti yang kita bahas di muka,dimensi pertama atau fungsi pertama bahasa adalah penamaan.nama diri sendiri adalah symbol utama dan pertama bagi seseorang.nama dapat melambangkan status ,cita rasa budaya untuk memperoleh citra tertentu (pengelolaan kesan) atau sebagai nama hoki.r

BAHASA GAUL
Orang-orangyang punya latar belakang sosial budaya berbeda lazimnya berbicara dengan cara berbeda.perbedaan ini boleh jadi menyangkut dialek,intonasi,kecepatan volume (keras atau lemahnya),dan yang pasti adalah kosakatanya berbicara dan pilihan kata ilmuan berbeda dengan cra berbicara dan pilihan kta pedagang.

Bahaisa kaum selebritis
bahasa yang di gunakan seperti kelompok itu. Barangboragan (baru),cinewinek (cewek),pinergini (pergi,ninon tinin (nonton.Bahasa gay dan bahasa waria
di Negara kita bhasa gaul kaum selebritis ternyata mirip dengan bahasa gaul gaul kaum gay (homosexsuaL) dan juga bahasa gaul kaum waria atau banci.Bahasa kaum waria

Bahasa adalah sebagian dari bahasa gaul yang di anut sebuah komunitas banci (waria) di pecan baru.

BAHASA WANITA VS BAHASA PRIA
Tampakknya wanita dengan pria pun mempunyai kosakata berlainan,sebagaimana di tunjukan sebagai penelitian.sebanya adalah sosialitasi mereka yang berbeda ,khususnya minat mereka yang berlainan terhadap berbagai aspek kehidupan .wanita di laporkan mengenal lebih banyak nama warna seperti chartreuse,ecru,magenta,mauve,puce,teal,dan sebagainya .wati lebih banyak pertanyaan dari pada pria dan mereka menggunakannya sebagai strategi pemeliharaan percakapan.

RAGAM BAHSA INGGRIS
Bahasa inggris yang lebih universal pun ternyata tidak konsisten dalam ejaan,pengujapanya,pilihan kata dan juga maknanya.bahasa inggris sudah berkembang antara lain : inggris-inggris (british English),inggris amerika,inggris Australia,inggris-filipina,dan inggris singapura. Orang-orang inggris menggunakan kata knock up yang berrti mengunjungi,tetap di amerika kata tersebut berrti menghamili.

PENGALIHAN BAHASA
Komunikasi dalam bahasa sama dapat menimbulkan salah pengertian ,apabila kita tidak menguasai bahasa lawan bicara kita.pada tahun 1996 terjadi tabrakan di udara yang masuk wilayah india antara pesawat udara dari arab Saudi dan pesawat udara dari wilayah bekas uni soviet (Kazakhstan).

KOMUNIKASI KONTEKS-TINGGI VS KOMUNIKASI KONTEKS-RENDAH
Setiap orang secara pribadi pun gaya khas dalam berbicara,bukan hanya caranya tetapi juga topic-topik yang di bicarakan . Edward T.Hall (1973) membedakan budaya konteks tinggi (high-context culture). Yang mempuyai beberapa perbedaan penting dalam cara menyandian pesan nya.budaya konteks rendah di tandai dengan komunikasi konteks rendah pesan verbal dan eksplisit,gaya bicara langsung ,dan lugas dan berterus terang.
sebaliknya budaya konteks tinggi di tandai dengan komunikasi konteks tinggi kebanyakan pesan bersifat implicit,tidak langsungdan tidak terus terang.pesan yang sebenarnya mungkin tersembunyi dalam perilakau nonverbal pembicara : intonasi suara,gerakan tangan,postur bahan ekspresi wajah ,tatapan mata,atau bahkan konteks fisik (dandanan,penataan ruagan,benda-benda dan sebagainya.

BAB 7
Komunikasi Nonverbal

Pada awal abad ke-20 ,seekor kuda jerman bernama hans yang di miliki seorang guru sekolah di latih perhitungan sederhana,misalnya menghitung benda-benda yang di perhatikan kepadanya menghitung benda-benda yang di perlihatkan kepadanya di hadapan khalayak.

FUNGSI KOMUNIKASI NONVERBAL
Meskipun secara teoretis komunikasi nonverbal dapat di pisahkan dari komunikasi verbal,dalam kenyataan kedua jenis komunikasi itu jalin menjalanin dalam komunikasi taatap muka sehari-hari .sebagian ahli berpendapat ,terlalu mengada-ada membedakan kedua jenis komunkasi ini. Dalam bahasa tanda amerika untuk kaum tuna rungu gerakan tanggan yang di gunakan sebenarnya bersifat leguistik (verbal). Dalam kunikasi ujaran ran gsangan verbal dan rangsangan nonverbal itu hamper sealau berlangsung bersama-sama dalam kombinasi.

KLASIFIKASI PESAN NONVERBAL
Menurut Ray L birdwhistell,65% dari komunikasi tatap muka adalah nonverbal,semtara menurut albert mehrabin,93% dari semua makna sosial dalam komunikasi tatap muka di peroleh dari isyarat-isyarat nonverbal.

BAHASA TUBUH
Bidang yang menelah bahasa tubuh adalah kinestika (kinesics) suatu istilah yang di ciptakan seorang printis studi bahasa nonverbal,Ray L Birdwhistell.setiap anggota tubuh seperti wajah ( termasuk senyuman dan pandagan mata),tangan,kepala,kaki,dan bahkan tubuh secara keseluruhaan dapat di gunakan sebagai insyarat simbolik.
Isyarat tangan adalah kita sering menyertai ucapan kita dengan tangan,perhatikan lah orang yang sedang menelpon.meskipun lawan bicara tidak terlihat.ia menggerak-gerakan tangganya.
Gerakan kepala adalah beberapa Negara ,mengukan kepala malah berrti “tidak” seperti di Bulgaria semeentara isyarat untuk “ya” di Negara itu adalah menggelengkan kepala .
Postur tubuh dan mengelengkan kaki,postertubuh sering bersifat simbolik poster tubuh tertentu diasosiasikan dengan status sosial dan agama tertentu. Selama berabad-abad rakyat tidak boleh berdiri atau duduk tebih tunggi dari pada kaki,raja atau kaisarnay.
ekspresi wajah dan tatapan mata,para dramawan ,pelatih tali bali ,dan pembuat topengdi Negara kita paham benar mengenai perubahan suasana hati dan makna yang terkandung dalam ekpresi wajah,seperti juga pengarah,pemain,dan penari kabuki ddi jepang.

ENTUSHAN
Leawt program pertukaran plajar ,jean van moor asal belgia di tempatkan di ssekolah kami,taruna bakti ,bandung.jean sangat meyukai olahraga basket ia beergabung dengan siswa –siswa lain kebetulan saya satu tim degannya mungkin karena badannya tinggi ,ia ,ahir bermain basket . ketika saya memasukan bola kedalam keranjang ,jean memegang kepala saya dengan sedikit mendorongnya .saya piker apa ia lakukan tidak sopan.tetapi kemudian iia menjelakan bahwa perilakunya itu berrti ucapan selamat atau suatu penghormatan.

PERABAHASA
Perbahasan itu atau vokalika (vocalic). Merujuk pada aspek-aspek suara selain ucapan yang dapat di pahami,misalnya kecepatan berbicara,nada (tinggi atau rendah).

PENAMPILAN FISIK
Perhatian padapenampilan visik tampaknya universal.sekitar 40 tahun lalu orang-orang purba menggunakan tulang untuk di jadikan kalung dan hiasan tubuh lainnya.bukti-bukti arkiologis menunjukan bahwa sejak saat itu orang-orang sangat perduli dengan tubuh mereka.
Busana ,nilai-nilai agama ,kebiasaan,tuntutan link kunggan (tertulis atau tidak) nilai kenyamanan,dan tujuan pencitraan ,semua itu mempengruhi cara kita berdandan.

BAU-BAUAN
Seorang polisi anggota kepolisian sector kota (polsekta) bogor utara,rubuh di tembak istrinya yang menggunakan pistol dinas polisi tersebut di tubun ke dunghalan.

ORIENTASI RUANG DAN JARAK PRIBADI
Setiap budaya mempuyai cara khas dalam mengkonseptualisasikan ruang baik di dalam rumah,di luar rumah ataupun dalam berhubungan dengan orang lain.
Ruang pribadi vs ruang politik.
setiap orang baik ia sadar atau tidak ,memiliki ruang pribadi (personal spece )imajiner yang lain billa di langar ,akanmembuatnya tidak nyaman.
posisi duduk dan pengaturan ruagan.
saat anda pertama kali memasuki ruagan kuliah dan memiliki kursi anda harus memutuskan dima anda harus anda duduk,di depan di tengah atau di belakang . posisi duduk yang anda putuskan ,bila anda berpeluang utuk itu,boleh jadi akan di tafsirkan orang termasuk dosen anda.

KONSEP WAKTU
Waktu menentukan hubungan antar manusia .pola hidup manusia dalam waktu di pengaruhi oleh budayanya.waktu berhubungan erat dengan perasaan hati dan perasaan manusia.

DIAM
Ruang dan wakru adalah lingkungan kita yang juga dapat di beri makna.jhon cage mengatakan tidak ada suatu yang di sebut ruang kosong atau waktu kosong .selalu ada sesuatu untuk di lihat,sesuatu untuk di dengar.

WARNA
Kita sering menggunakan warna untuk menunjukan suasana emosional ,cita rasa,afiliasi politik,dan bahkan mungkin keyakinan agama kita ,seperti di tunjukan kalimat atau frase berikut : wajahnya merah,Koran kuning ,feeling bloe ,matanya hijau kalaw melihat duit,cabinet ijo royo-royo,dan sebagiannya suatu teks ikan telepon seluler Motorola.

ARTEFAK
Artefak adalah benda apa saja yang di hasilkan kecerdasan manusia aspek ini merupakan peluasan lebih jauh dari pakaian dan penampilan yang sedang kita bahas sebelumnya,
tidak semua orang dapat membelinya microwane,TV layar datar raksasa,sepeda abalap berharga puluhan juta rupiah,apa lagi sepeda motor harleydavidson yang model terbarunya beberapa ratusan juta rupiah (bagi sebagian orang,Harley yang buatan amerika itu adalah impian dan gaya hidup.