observasi Radio Selebes
Laporan:
Observasi Radio Selebes
Kelompok4 :
Jalaludin H. Sabi
Citra Anggraini P. Luwiti
Sri Yanti Djafar
Feggy Purnama Dewi Abubakar
Ibnuh Fanli Mokodompit (Off)
Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Gorontalo
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, dengan syukur rahmat Allah SWT kami bisa membuat laporan yang kami lakukan sesuai perintah dari dosen yang bersangkutan, tugas observasi ini di buat sekiranya untuk membantu masyarakat agar mengetahui bagaimana sistem menegement dan program – program dari Radio Selebes. Laporan ini dibuat dengan rasa tanggung jawab sehingga laporan ini bisa dapat di pertanggung jawabkan sebagaimana mestinya. Tentunya bahwa laporan yang kami buat belum begitu sempurna pastinya ada kesalahan dan kekurangannya. Bagi dari segi Penulisan maupun Pengetahuan.
Sehingga kami mengharapkan kritikan dan saran, agar kedepan dapat memperbaiki tugas – tugas selanjutnya . Kami juga berharap semoga laporan ini bermanfaat untuk semua masyarakat yang membutuhkannya. Terima kasih kami ucapkan untuk dukungannya. Dukungan sangat membantu dalam proses pembuatan laporan ini.
Gorontalo, 21 Maret 2017
Penulis
Bab I
Pendahuluan
1.1. Latar Belakang.
Di jaman sekarang media massa saat ini berkembang pesat, radio Selebes merupakan salah satu sarana media massa yang berbentuk hiburan dan informasi yang gratis di dapatkan oleh setiap masyarakat. Di daerah gorontalo sudah banyak stasiun media massa yang berdiri dari media swasta maupun media Nasional. Termasuk Radio Selebes salah satu media Swasta. Dalam laporan ini kami kelompok 4 (empat) akan membahas tentang menegement perusahaan media yang berada di radio selebes.
1.2. Tujuan
Tujuan pembuatan laporan adalah supaya mahasiswa dan masyarakat mengetahui sistem manegement yang berada di perusahaan media massa di Radio selebes. Serta pengetahuan mahasiswa terkerucut pada layout atau tampilan radio selebes. Sehingga, ilmu teoritis yang di dapatkan dari perkulihan dapat diaplikasikan di masa mendatang, dengan terlebih dahulu telah mengetahui perencanaan dan management perusahaan media massa.
1.3. Metode.
Metode yang digunakan adalah dengan terjun langsung ke perusahaan media massa Radio Selebes. Kemudian dituliskan laaporan kegiatan kunjungan sehingga isi laporan merupakan data dan fakta yang sesuai realita yang ada.
Bab II
ISI
Corporate History Selebes Radio
Selebes Radio FM berdiri sejak tanggal 4 Mei tahun 1989 - merupakan radio komersil tertua & terbesar di Gorontalo. Radio ini didirikan oleh Bapak H. Tonny Junus, seorang enterpreneur sukses Gorontalo yang sekarang sudah berkarir di dunia politik dan pernah menjabat sebagai wakil Bupati di Kabupaten Gorontalo. Ketika sang owner memutuskan berkarir di dunia politik, tak lantas membuat Selebes Radio memiliki content politik juga. Sebisa dan semampu mungkin radio ini terus menjadi radio komersil terbaik di Gorontalo.
Ada 20 program yang aktif on air di Selebes Radio dengan berbagai content menarik, mulai dari Everyday Show hingga Weekend Show dengan lebih dari 200 lagu di play oleh penyiar-nya dalam satu hari. Saat ini Selebes Radio memiliki 6 orang Penyiar yang menemani sobat selebes dan bisa di dengarkan di area Gorontalo via pemancar radio 101 Mhz, dan via live streaming di http://selebesradio101.caster.fm/ Setiap penyiar mempunyai "Proprietary Program" atau Program yang dibawakan oleh satu penyiar saja - tentunya disamping program regular lainnya.
Proprietary Program:
Alvin Ramadhan - Greatest memory
Dwi Djuuna - Request Line
Adjie Yusman - Biography
Flenny Dewaputu - KMP Weekend
Erland Winata - Memory Song
Duma Setyo - Kencan
Saat ini Selebes Radio dipimpin oleh Faiz Mahenra sebagai Station Manager dan Taufan Agus sebagai Head of Marketing Division.
Company Profile Selebes Radio
Company Name
PT. Radio Swara Selera Bersama
Call Station
Selebes FM
Tagline & Call Sign
The Best Biggest & Oldest Radio Station in Gorontalo
PM 6 FOY
Frequency
FM 101 MHz
PRSSNI Member
544-X/1991
Coverage Area
Kota Gorontalo, Kab. Bone Bolango,
Sebagian Kab. Gorontalo, Boalemo & Gorontalo Utara
Transmitter
RVR-VJ 2000 / Build Up
Tower Height
60 Meters
Showtimes
05.30 – 24.00 WITA
Website
www.selebesgroup.com
Live Streaming
www.selebesradio101.caster.fm
CEO
Tonny Junus
Station Manager
Faiz Mahenra
Marketing
Taufan Agus
Call : +628 12 44 93 310
e-mail : tofanagoes@yahoo.com
E-Mail
radioslebesfm@gmail.com
Office Address
21 Sultan Botutihe St. Gorontalo 96115
Phone Call Number
(0435) 824104 – 825933
Fax
(0435) 828518
Format & Audience
SEX
Female
55%
Male
45%
S E S
A
28%
B
47%
C
25%
AGE
> 19 Tahun
15%
19 - 35 Tahun
40%
> 35 Tahun
45%
Bab III
Pembahasan
3.1. Data wawancara Dwi juna (Announcer radio selebes )
Apas Sistem nabajement yang berada di Radio Selebes ?. “Sistim manajemen yang dipakai oleh selebes itu seperti manajemen yang berbeda dengan radio lain manajemnya ada terstruktur dari pimpinan bagian marketing ada juga bagian keuangan tapi berbeda dengan radio-radio lain. Kalau keseluruhan manajemennya setara dengan perusahaan pada umumnya, karena kita sudah PT.”
Bagaimana management pemasaran yang ada di Radio Selebes?. “manajeman pemasaran iklan atau sebagainya selebes berbeda dengan SK karena selebes sudah pendengar yang layanannya streaming iklan juga tidak terbatas iklan on air yang disosial media bentuknya juga berbeda-beda kalau iklan yang naik on air kalau media yang berbentuk audio visual hanya gambar saja kemudian juga sudah banyak seperti di instagram,facebook,twitter sejak 2016 sudah tidak membatasi iklan itu hanya iklan radio marketingnya berbeda-beda tempat bukan hanya digorontalo adajuga iklan pusat.
Apakah Radio Selebes selalu mengevaluasi program siarannya?. “Evaluasi setiap bulan, ada juga evaluasinya tiap minggunya itu evaluasi kecil-kecilan itu dari program daerah dan bahkan ada juga evaluasi 1bulan 2kali karena ada perubuhan dinamikanya program, sekarang ada 2 konten baru dari bulan februari itu program dari jam 12 siang ke jam 2 frekuesinya spesial start dari 4 sore dibulan maret sampai jam 5 itu harus diperatihan khusus evaluasinya tergantung dari dinamika siarannya.”
Saat Perusahaan radio selebes pertama kali membuat radio bagaimana cara pemasarannya?
“ini berhubungan dengan manajemen selebes juga radio swasta pertama selain poliyama kerena sekarang pesaingan mempromo usaha itu juga yang dialami oleh selebes, selebes juga mempromosikan radionya pertama kali dengan memberikan penawaran – penawaran ke perusahaan lain sesuai segmentasi radio tersebut. Seperti saat mempromosikan kepada Pt Telkomsel. Mereka mempromosikan radionya ke telkomsel karena segmentasi mereka sama dengan pelanggang telkomsel, cara mereka mempromosikan adalah dengan menjual program siarannya kepada telkomsel atau perusahaan lainnya, Radio Selebes juga mempromosikan radionya dengan membuat event – event setiap tahunnya.
Bab IV
Kesimpulan
Dari hasil observasi, kita sudah mengetahui bagaimana cara radio selebes mempromosikan radionya, data di atas memang berdasarkan fakta dan realita. Radio di atas mereka menggunakan konsep dasar dari management POAC, sebelum mereka membuat radio mereka telah membuat Planning terlebih dahulu, setelah planning mereka terbuat mereka membuat Organizing seperti data diatas, setelah itu ada Action atau tindakan yang mereka ambil setelah itu mereka mengontrol apa yang telah di rencanakan dan mereka selalu mengevaluasi hasil dari planning mereka.
Dokumentasi :
MANEJER MEDIA PROFFESIONAL
Penulis : Sriyanti Djafar
MANAGER
Manager adalah orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang baik yang diakui oleh organisasi untuk dapat memimpin, mengelola, mengendaikan, mengatur serta mengembangkan organisasidalam rangka mencapai tujuan. Adapula manajer juga dapat dikatakan sebagi seseorang pengarah atau yang mengarahkan orang lain dan mampu bertanggung jawab atas kegiatan atau pekerjaan tersebut.
Adapun beberapa tugas manager.
1. Tentunya memimpin organisasi
2. Mengatur dan mengendalikan organisasi
3. Mengembangkan organisasi
4. Mengatasi berbagai masalah yang di hadapi oleh organisasi
5. Mengawasi dan mengendalikan organisasi
6. Menubuhkan kepercayaan
7. Meningkatkan rasa tanggung jawab
8. Mengevaluasi kegiatan – kegiatan organisasi
9. Menggali dan mengembangkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi.
Berikut ada beberapa tingakatan Manajer.
1. Manajer Lini Pertama (first-Line Management)
Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajement tingkat yang paling rendah yang bertugas mengawasi dan memimpin karyawan non-manajerial yang ada di dalam proses produksi, mereka yang disebut supervasior.
2. Manajement tingkat menegah (Middle management)
Manejement tingkat menegah (middle manejement) mencakup semua manejemen puncak dan tugas sebgai penguhubung anatara kedua jabtan yang termasuk manajer menengah yaitu kepala bagian divisi.
3. Manajement Puncak (Top manajement), dikenal dengan executive officer, yang bertugas dengan merencanakan strategi dan kegiatan perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan, Seperti CEO (Chief Executive Officer).
Sumber di dapat dari tgl 5 Maret 2017 (http://indonesiaindonesia.com/f/98357-pengertian-manajer/) (http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-manajer-dan-tugasnya-serta-tingkatannya.html)
Manager identik dengan kepemimpinan,
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar dapat memperoleh pengikut.
Menurut Maxwell (1995:5). Kepemimpinan adalah pengaruh tidak lebih yakni memperoleh pengikut. Maxwell sendiri menyimpulkan bahwa setiap orang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi orang lain. Ada beberapa tingkatan kepemimpinan yang bisa membantu menaikan tingkat pengaruh seseorang yaitu :
1. Tingkatan Kedudukan
Tingkatan ini adalah kepemimpinan awal yang mendasar. Pengaruh yang di miliki dibawa oleh jabatan. Hal ini menjadi landasan untuk wewenang dan pengaruh, tetapi ini merupakan pengganti keahlian yang buruk. Seseorang mungkin berada pada posisi yang mengendalikan karena diangkat suatu kedudukan. Kepemimpinan yang sesungguhnya lebih dari hanya memeliki wewenang tetapi menjadi orang yang diikuti orang lain dengan senang hati dan penuh keyakinan (Maxwell.1995:5)
2. Tingkat izin
Kepemimpinan dapat membuat orang lain bekerja tanpa diwajibkan. Orang tidak peduli seberapa banyak yang pemimpin ketahui sampai orang tahu seberapa besar pemimpin peduli. Kepemimpinan dimulai dengan hati, bukan hanya dengan kepala. Seseorang yang berada di tingkat izin akan memimpin dengan saling berhubungan antara atasan dan bawahan (Maxwell.1995:7)
3. Tingkat Produksi
Tingkatan ini segala hal mulai terjadi (hal – hal yang baik; seperti keuntungan meningkat, moral tinggi, keluarnya karyawan rendah, kebutuhan terpenuhi,masalah terpecahkan minimum). Pada tingkat 3 orang berkumpul untuk mencapai tujuan (Maxwell:1995:8)
4. Tingkat Pengembangan Manusia
Tanggung jawab seorang pemimpin adalah mengembangkan orang lain untuk melakukan pekerjaan. Seorang pemimpin hebat bukan hanya kekuasan saja, tetapi karena kemampuannya memberikan kekuatan kepada orang lain. Loyalitas kepada pemimpin mencapai puncak tertinggi ketika pengikut secara pribadi tumbuh melalui bimbingan dari pemimpin. (Maxwell.1995.10)
5. Tingkat kemampuan menguasai pribadi
Kemimpinan yang terbukti sepanjang hidup akan membuat seseorang berada di tingkat ini dan meraih reward yang memuaskan. (Maxwell.1995:11).
Dapat disimpulkan jika seseorang yang tidak dapat mempengaruhi orang lain, maka orang lain tersebut tidak akan mengikutinya, dan bila orang lain tidak mengikutinya maka artinya orang tersebut bukanlah seorang pemimpin.
Di akses pada tanggal 12 Maret 2017 (http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/07/teori-kepemimpinan-dari-maxwell.html)
Adapula gaya kepemimpinan, ada beberapa para ahli mengartikan gaya kepemimpinan.
a. Gaya kepemimpinan Menurut Kartini Kartono (2008:34). Gaya kepemimpinan adalah sifat, kebiasaan, tempramen, watak dan keprobadian yang membedakan seorang pemimpin dalam berinteraksi dengan orang lain
b. Menurut Miftah Thoha (2010:49). Gaya kepemimpinan merupakan norma perilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain atau bawahan.
c. Menurut Yayat M Herujito 92006:188). Gaya kepemimpinan bukan bakat, oleh karena itu gaya kepemimpinan dipelajari dan dipraktekan dalam penerapannya harus sesuai dengan situasi yang dihadapi.
Di akses pada tanggal 12 maret 2017 (http://adaddanuarta.blogspot.co.id/2014/11/gaya-kepemimpinan-merurut-para-ahli.html)
Adapula jenis – jenis gaya kepemimpinan. Menurut Tohardi dikutip oleh Edy sutrisno (2010:242) menyatakan jenis – jenis gaya kepemimpinan yaitu :
1. Gaya Persuasive
Gaya persuasive yaitu gaya memimpin dengan menggunakan pendekatan yang mengubah perasaan, pikiran atau dengan kata lain melakukan ajakan atau bujukan.
2. Gaya Refresif
Gaya Refresif yaitu gaya keoemimpinan dengan cara memberikan tekanan – tekanan, ancaman – ancaman, sehingga bawahan merasa ketakutan.
3. Gaya Partisipatif
Gaya Partisipatif yaitu gaya kepemimpinan dengan cara memberikan kesempatan kepada bawahan. Utnuk itu secara aktif baik menata, spritual, fisik, maupun material dalam kiprahnya yang berada diperusahaan.
4. Gaya Inovatif.
Gaya inovatife yaitu pemimpin yang selalu berusaha dengan keras untuk mewujudkan usaha- usaha pembaruan di dalam segala bidang, baik bidang politik, ekonomi, sosial,budaya atau setiap produk terkait dengan kebutuhan manusia.
5. Gaya Investigasi.
Gaya investigasi yaitu gaya pemimpin yang selalu melakukan penelitian yang disertai dengan rasa penuh kecurigaan terhadap bawahannya menimbulkan yang menyebabkan kreatifitas, inovasi, serta inisiatif dari bawahanya kurang berkembang karena bawahan takut kesalahan – kesalahan
Diakses pada tanggal 12 maret 2017 (http://adaddanuarta.blogspot.co.id/2014/11/gaya-kepemimpinan-merurut-para-ahli.html
MEDIA PROFFESIONAL
Media professional yaitu media resmi yang berbadan hukum dan terdaftar di dewan pers. Media professional ini umunya berbadan hukum PT atau lembaga pers/perusahaan. seperti media detik.com, kompas.com, republika.com, jpnn.com dan media lain yang selama ini disebut sebagai media mainstream.
Media professional juga merupaka mediayang tidak berpihak pada suatu kelompok atau organisasi termasuk penguasa/pemerintah.
Sebanyak 75% dari 2 ribuan media cetak di indonesia tak professional. Data dari dewan pers menyebutkan hanya 567 media cetak yang bisa dikategorikan media professional. Selebihnya tak memenuhi syarat sesuai standar perusahaan pers yang dikeluarkan oleh pers. Dan sedangkan dari dunia cyber atau online sebanyak 43.000 media, hanya 211 perusahaan yang dikategorikan perusahaan pers professional.
Kesimpulan:
Tentunya di dalam suatu media professional terdapat pemimpin yang hebat dalam mengembangkan suatu perusahaan media yang baik untuk kebutuhan masyarakat tanpa harus memntingkan kebutuhan pribadinya sendiri.
Sumber di dapat dari 5 Maret 2017
(http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/03/04/omalkt365-dewan-pers-mulai-pilah-media-profesional-dan-tidak-profesional)
(https://m.tempo.co/read/news/2016/07/29/078791795/dewan-pers-75-persen-media-cetak-tak-profesional)
Resume Komunikasi Pemasaran
Nama : Sriyanti Djafar
Nim : 291 414 008
Mk : Komunikasi Pemasaran
Tugas : UAS
PGR ( Pekan Gorontalo Raya )
PRG stand tentang “ YAMAHA”
Di stand ini mereka memamerkan sejumlah produk dan varian terbaru, dan pengunjung stand yang disediakan pihak yamaha mereka membagikan brosur, mereka bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk baru yamaha yang berteknologi baru.
Selain memperkenalkan produk baru mereka juga meyakinkan konsumen bahwa teknologi yamaha performa mesin menjadi lebih kencang dan irit.
yamaha hingga sekarang terus menghadirkan motor yamaha terbaru dengan memberikan yang terbaik dan sudah banyak produk motor yang berkualitas bagus dan yamaha juga Mulai dari beragam produk yang telah ada seperti Mio series, Vega ZR, Xeon, Byson atau Scorpio, Yamaha juga menampilkan motor yang akan segera mereka luncurkan yakni Lexam dan Jupiter MX terbaru.
Sekarang sudah banyak motif baru dari yamaha dan sudah bayak juga yang memakai motor yamaha karena dari merek dan motifnya yang berbeda-beda dan karena yamaha terkenal lebih kencang dan lebih irit.
Penjualan yamaha juga sudah lebih meningkat karena yamaha selalu memberikan varian baru untuk yamaha sendiri, dan mereka juga selalu mengadakan event sudah beberapa tempat pada bulan terakhir ini.
Tugas pertekom
Nama : Sriyanti Djafar
NIM : 291414008
Satelit komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah.
Untuk pelayanan tetap, satelit komunikasi menyediakan sebuah teknologi tambahan bagi kabel komunikasi kapal selam optic fiber. Untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat terbang, di mana aplikasi teknologi lain, seperti kabel, tidak praktis atau tidak mungkin.
Video Technology adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Aplikasi umum dari sinyal video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
Kata video berasal dari kata Latin, "Saya lihat".
Istilah video juga digunakan sebagai singkatan dari videotape, dan juga perekam video serta pemutar video.
Teletech Holdings,Inc. (NASDAQ : TTEC) adalah sebuah perusahaan bisnis penyediaan jasa tenaga kerja berskala global yang bertempat di Englewood, Colorado yang didirikan oleh Kenneth D. Tuchman pada tahun 1982, perusahaan ini menyediakan strategi untuk menarik pelanggan, solusi manajemen untuk keterlibatan pelanggan secara analitis maupun dengan cara menyediakan teknologinya.
Perusahaan ini telah melayani lebih 250 klien dari berbagai macam industry global, termasuk otomotif, komunikasi, layanan financial, pemerintahan, layanan kesehatan,logistic, media dan hiburan, bisnis eceran, teknologi, travel, dan industry transportasi. Pada tahun 2015, TeleTech memiliki 46.000 karyawan yang telah melayani sekitar 80 negara.
Interactive Cable Television atau biasa disebut juga sebagai TV Interaktif (iTV) adalah televisi yang dapat menerima program siaran (downlink) dan dapat pula mengembalikan informasi ke penyiar televisi (uplink). Sehingga ada interaktif antara penyiar ke penonton dan penonton ke penyiar. Mungkin dapat kita katakan bahwa TV interaktif adalah suatu teknologi yang sudah mempersatukan semua teknologi yang ada diera digital ini karena TV interaktif dapat mempersatukan (convergance) antara data, voice dan video didalam satu kanal sehingga memudahkan pemakainya untuk melakukan komunikasi dan interaksi langsung baik ke seseorang ataupun kebanyak orang. Sehingga kita dapat melakukan banyak hal didalamnya untuk semua bisnis ataupun sampai melakukan politik.
Pengertian teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.
Jadi teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi.
Jaringan komputer (jaringan)/Computerized Network adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukardata. Tujuan dari jaringan komputer adalah[1] agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak system operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya
Manfaat-manfaat teknologi-teknologi komunikasi tersebut antara lain
Dalam kehidupan sosial :Sosialisasi di masyarakat dan kalangan anak muda lebih banyak menggunakan gadget seperti hp yang menyediakan berbagai macam aplikasi sosial.
Dalam ekonomi : Menjamurnya online shop di dunia maya yang dikarenakan orang-orang lebih suka akan jual beli yang praktis.
Dalam budaya : Biasanya masyarakat hanya dapat menonton saluran televise yang sudah disediakan tanpa memiliki akses untuk “memilih “ secara langsung siaran yang diinginkan namun dengan adanya televisi interaktif sekarang masyarakat pun memiliki kontrol penuh atas siaran yang diinginkannya.
Dalam politik masyarakat : Informasi-informasi politik sekarang biasanya lebih banyak disampaikan ke media-media sosial melalui jaringan computer,karena masyarakat modern telah banyak yang memilih mendapatkan informasi dari internet.
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Zaman berganti zaman, waktu terus bergulir komunikasi pun semakin berkembang dengan pesat mengingat bahwa komunikasi adalah kebutuhan pokok sehari – hari manusia. Pada awalnya, manusia hanya dapat berhubungan atau berkomunikasi dengan orang yang ada di dekatnya atau di sekelilingnya saja karena tidak ada cara yang dapat menghubungkan manusia jika mereka terpisah dengan jarak. Namun saat ini komunikasi telah berkembang hingga berada pada komunikasi yang moderen berbasis pada teknologi.
Everett M. Rogers melalui bukunya Communication Technologi : The New Media in Society antara lain mengatakan bahwa sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dibagi dalam empat (4) era perkembangan. Pembagian Era tersebut adalah sebagai berikut :
1. Era Komunikasi Tulisan (dari tahun 4000 - )
2. Era Komunikasi Cetak (dari tahun 1456 hingga sekarang)
3. Era Telekomunikasi (dari tahun 1844 hingga sekarang)
4. Era Komunikasi Interaktif (dari tahun 1946 hingga sekarang)
I. ERA KOMUNIKASI TULISAN
Era komunikasi tulisan dimulai dengan setelah periode 3000 SM dimulai saat Bangsa Sumeria untuk pertama kalinya menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi mereka. Huruf yang mereka gunakan masih berupa simbol-simbol yang dikenal dengan sebutan piktograf. Penyebutan huruf-huruf piktograf ini menghasilkan suara yang berbeda-beda sehingga tulisan tersebut dapat membentuk sebuah kata, kalimat, dan bahasa yang mempunyai arti.
Pada periode 2900 SM, Bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi. Huruf ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan Bangsa Sumeria. Huruf hieroglif terdiri atas simbol-simbol tentang suatu objek, misalnya kapal-kapal, binatang, atau perkakas. Huruf ini juga dapat menunjukkan suatu gerakan dan menimbulkan rasa dari si penulis, misalnya menunjukkan waktu dan perasaan gembira. Untuk menuliskan huruf-huruf hieroglif ini, mereka menggunakan tanah liat sebagai medianya.
Pada tahun 105 M, bangsa Cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat daru serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta, atau yang sekarang kita kenal dengan sistem cap atau stempel.
II. ERA KOMUNIKASI CETAK
Pada era komunikasi ini sebenarnya diilhami setelah ditemukannya kertas oleh bangsa China, karena setelah itu, penemuan mesin cetak mulai dirintis dan dipergunakan. Mesin cetak bergerak pertama kali ditemukan di Cina pada abad ke-13. Kemudian oleh Laurenz Coster, metode cetak ini diperkenalkan di Eropa pada pertengahan pertama abad ke-15. Era komunkasi cetak dimulai pada tahun 1456, saat mesin cetak dengan sistem tik untuk membuat huruf-huruf diperkenalkan oleh Johan Gutenberg di Mainz, Jerman. Saat itu, mesin cetak gutenberg digunakan untuk mencetak kitab injil untuk lingkungan tertentu saja. Mengapa? Dikarenakan, pada saat itu belum begitu banyak orang yang bisa membaca.
Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, mesin cetak itu mulai banyak digunakan secara massal. Mesin cetak temuan Gutenberg terus-menerus disempurnakan beserta teknologi pendukungnya, sehingga mampu mencetak lebih cepat dan lebih baik. Mulai saat itu, buku menjadi alat penyebarluasan informasi yang penting. Apalagi ketika media massa cetak mulai diperkenalkan, yang dipelopori oleh Benjamin Day dengan meluncurkan surat kabar pertama bernama The New York Sun pada 3 September 1833. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1839, Daguerre menemukan metode fotografi yang praktis untuk menayangkan gambar pada surat kabar.
III. ERA TELEKOMUNIKASI
Era telekomunikasi elektronik diawali pada tahun 1837 ketika Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka bisa mengirimkan pesan secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu. Beberapa temuan teknologi telekomunikasi selanjutnya adalah sebagai berikut.
1) Antonio Meucci menciptakan telepon pada tahun 1849 diikuti oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 yang dipergunakan pertama kali secara umum.
2) Tahun 1895 Guglielmo Marconi berhasil mengirimkan pesan melalui radio. Dasar komunikasi radio, yaitu teori perambatan gelombang elektromagnetik, pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell. Pada tahun 1878 David E. Hughes menjadi orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio. Pada tahun 1920, siaran radio mulai dilakukan terutama di Eropa dan Amerika Serikat.
3) Tahun 1897, ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun membuat tabung sinar katoda yang layarnya dapat berpendar bila terkena elektron. Inilah yang menjadi dasar penemuan televisi. Temuan ini diikuti dengan berbagai percobaan untuk mengirimkan informasi dalam bentuk gambar yang ditampilkan oleh tabung sinar katoda. Barulah pada tahun 1927, Philo T. Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat
mengembangkan televisi modern pertama saat berusia 21 tahun. Teknologi tabung sinar katoda terus diperbaiki, sehingga pada tahun 1940, Peter Goldmark berhasil menciptakan televisi warna dengan resolusi 343 garis. Tahun 1933, RCA mulai mendemonstrasikan siaran televisi di Amerika Serikat. Dan pada tahun 1941, dimulailah era siaran televisi komersial.
4) Tahun 1912 Lee de Forest menemukan tabung hampa (vacum tube) yang kemudian banyak digunakan dalam rangkaian elektronika. Tabung hampa ini berfungsi seperti dioda atau transistor pada rangkaian elektronika modern.
IV. ERA KOMUNIKASI INTERAKTIF
Era ini dimulai pada tahun 1946 ketika Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat mendesain ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang memuat 18.000 tabung hampa. ENIAC dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat Amerika Serikat untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan guna menghitung tabel tembakan senjata. Penemuan ENIAC mendorong pengembangan teknologi mikroprosesor dan komputer yang menjadi dasar teknologi komunikasi interaktif.
Pada tahun 1947 William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain menemukan transistor yang kemudian dipergunakan dalam pesawat radio. Temuan ini kemudian dipergunakan dalam banyak rangkaian elektronika menggantikan tabung hampa, sehingga peralatan elektronika dapat berukuran jauh lebih kecil dari semula. Selanjutnya pada tahun 1957 Rusia meluncurkan satelit angkasa luar pertama, SPUTNIK yang mengawali dimulainya era komunikasi satelit.
Perkembangan akhir teknologi komunikasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi, yaitu internet. Dengan teknologi internet, pertukaran informasi dan komunikasi dapat dilakukan secara interaktif, cepat, kapan saja, dan dimana saja, yang membuat dunia seolah-olah tak berjarak.
Hingga puncaknya pada tahun 1990. Tahun tersebut adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Lompatan yang menakjubkan pada zaman ini adalah ditemukannya media yang disebut sebagai “multi media” yaitu perpaduan tiga teknologi utama yaitu telepon, komputer dan televisi atau dalam istilah lain disebut sebagai pertemuan 2 C yaitu computer and communication. Kemudian munculah istilah interactive multi media yang menjadikan zaman modern ini sebagai masa komunikasi interaktif.
Gambaran Kronologis secara rinci dari kronologis keempat periode tersebut diatas dapat dilihat sebagai berikut :
35.000 SM: Diperkirakan bahasa mulai digunakan
22.000 SM Ahli sejarah menemukan lukisan dalam gua.
Era komunikasi tulisan :
4.000 SM Bangsa Sumeria menulis dalam lembaran tanah liat
Th.1041 Pi Sheng, di Cina menemukan sejenis alat cetak buku sederhana
Th.1241 Tulisan dalam lembaran tanah liat diganti oleh tulisan dalam lembaran metal di Korea
Era komunikasi cetakan :
Th.1456 Gutenberg menemukan alat mesin cetak ( metal ) hand press
Th.1833 Penerbitan suratkabar penny press yang pertama, The New York Sun
Th.1839 Daguerre menemukan metode fotografi yg praktis untuk suratkabar
Era telekomunikasi :
Th.1844 Samuel Morse mengirimkan pesan melalui alat telegraph pertama
Th.1876 Alexander Grahamm Bell mengirimkan pesan melalui pesawat telepon yang pertama
Th.1894 Penemuan film bioskop
Th.1895 Guglielmo Marconi mengirmkan pesan melalui radio
Th.1912 Lee de Forest menemukan ‘vacum tube’
Th.1920 Siaran radio pertama oleh KDKA di Pittsburgh, Amerika Serikat
Th.1933 RCA di Amerika Serikat mendemonstrasikan TV
Th.1941 Siaran TV komersial pertama
Era komunikasi interaktif :
Th.1946 Penemuan mainframe computer, ENIAC dengan 18.000 vacum tubes oleh Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat.
Th.1947 William Shockley,John Bardeen dan Walter Brattain menemukan pesawat radio transistor
Th 1956 Penemuan video tape oleh perusahaan Ampex, Redwood City, California, Amerika Serikat
Th 1957 Rusia meluncurkan satelit angkasa luar pertama,SPUTNIK
Th.1969 Pesawat luar angkasa NASA berpenumpang manusia mendarat di Bulan, dikendalikan oleh minicomputer yang besarnya 3000 kali lebih kecil dari ENIAC
Th 1971 Penemuan microprocessor, sebuah unit pengendali computer (CPU) dengan semiconductor chip oleh Ted Hoff
Th 1975 Pemasaran microcomputer pertama, Altair 8800
Th 1975 HBO ( Home Box Office ) mulai menyiarkan siaran TV kabel melalui satelit
Th 1976 Sistem teletext pertama diperkenalkan oleh BBC dan ITV di Inggris
Th 1977 Qube, system TV kabel interaktif pertama diperkenalkan di Columbus,Ohio, Amerika Serikat
Th 1979 Sistem videotext pertama diperkenalkan oleh British Post Office,Inggris
Perkembangan akhir teknologi komunikasi dewasa ini adalah fenomena perkawinan antara teknologi komputer dan telekomunikasi yaitu internet. Kajian dalam bidang teknologi ini telah memposisikan internet sebagai konvergensi. Internet mampu menampilkan teknologi media yang sebelumnya berkumpul bersama dalam dunia maya dan bisa diakses dari segala belahan dunia secara ”real time”. Saat ini kita yang ada diIndonesia bisa baca majalah Time, Herrald Tribun yang terbit dari belahan negara lain secara real time bersamaan dengan masyarakat yang berada di dekitar wilayah dimana media tersebut terbit. Bukan hanya media cetak yang sudah bisa diakses melalui internet, tetapi radio dan televisi.
Dampak-dampak perkembangan teknologi komunikasi terhadap dunia jurnalistik :
Dampak positif : Para wartawan di era teknologi ini diberikan keleluasaan untuk dapat mengupdate berita mereka kapan saja dan dimana saja dan pembaca pun sekarang bisa mendapatkan berita apapun yang mereka inginkan secara praktis
Dampak negative : Munculnya para oknum-oknum yang memanfaatkan berita-berita HOAX yang bersifat menimbulkan konflik di masyarakat.
Sumber : www.wikipedia.com
http://gemi-siksmat.blogspot.co.id/2013/09/materi-tik-sejarah-perkembangan_6710.html
Masalah Gender Dalam Perilaku Sosial Budaya Masayarakat
Selain ahli penambal ban terlihat juga si embak ayu ini berjualan bensin eceran demi mencari rizki yang halal, setiap hari si embak ini bekerja demi kebutuhan sehari-hari, dalam berumah tangga ia harus bekerja keras demi keluarganya.
Masalah Gender Dalam Perilaku Sosial Budaya Masayarakat
Hubungan sosial antara laki-laki dan perempuan dapat dilihat dalam berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang politik, sosial, ekonomi, budaya dan hukum ( baik hukum tertulis maupun tidak tertulis yakni hukum hukum adat ). Hubungan sosial antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan tersebut pada umumnya menunujukan hubungan yang sub-ordinasi yang artinya bahwa kedudukan perempuan lebih rendah bila dibandingkan dengan kedudukan laki-laki.
Hubungan yang sub-ordinasi tersebut dialami oleh kaum perempuan di seluruh dunia karena hubungan yang sub-ordinasi tidak saja dialami oleh masyarakat yang sedang berkembang seperti masyarakat Indonesia, namun juga dialami oleh masyarakat negara-negara yang sudah maju seperti Amerika Serikat dan lain-lainnya. Keadaan yang demikian tersebut dikarenakan adanya pengaruh dari idiologi patriarki yakni idiologi yang menempatkan kekuasaan pada tangan laki-laki dan ini terdapat di seluruh dunia. Keadaan seperti ini sudah mulai mendapat perlawanan dari kaum feminis, karena kaum feminis selama ini selalu berada pada situasi dan keadaan yang tertindas. Oleh karenanya kaum femins berjuang untuk menuntut kedudukan yang sama dengan kaum laki-laki dalam berbagai bidang kehidupan agar terhindar dari keadaan yang sub-ordinasi tersebut.
Ketidakadilan gender merupakan berbagai tindak ketidakadilan atau diskriminasi yang bersumber pada keyakinan gender. Ketidak adilan gender sering terjadi di mana-mana ini terkaitan dengan berbagai faktor. Mulai dari kebutuhan ekonomi budaya dan lain lain. Sebenarnya masalah gender sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, ini merupakan masalah lama yang sulit untuk di selesaikan tanpa ada kesadaran dari berbagai pihak yang bersangkutan. Budaya yang mengakar di indonesia kalau perempuan hanya melakukan sesuatu yang berkutik didalam rumah membuat ini menjadi kebiasaan yang turun temurun yang sulit di hilangkan. Banyak yang menganggap perbedaan atao dikriminasi gender yang ada pada film itu adalah hal yang biasa dan umum, shingga mereka tidak merasa di diskriminasi, namun akhir-akhir ini muncul berbagai gerakan untuk melawan bbias gender tersebut. Saat ini banyak para wanita bangga merasa hak nya telah sama dengan pria berkat atasa kerja keras RA KARTINI padahal mereka dalam media masih di jajah dan di campakan seperti dahulu.
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong