ARSIP BULANAN : December 2016

komunikasi bisnis

13 December 2016 08:40:32 Dibaca : 38

NAMA : RIFALDY POLAMOLO
NIM: 291414034
TUGAS MK KOMUNIKASI BISNIS
RESUME PROPOSAL BISNIS
DESKRIPSI USAHA
Usaha industri Stick Kentang Lezatoz yang akan saya dirikan adalah jenis usaha industri rumahan berskala kecil yang khususnya hanya memproduksi cemilan berbahan baku kentang. Alasan saya memilih usaha industri cemilan stick kentang ini berdasarkan beberapa pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :
1. Cemilan stick kentang merupakan cemilan yang sangat digemari oleh anak muda di Gorontalo dan bahkan orang dewasa pun sangat menyukainya.
2. Bahan baku kentang mudah didapatkan di tempat usaha saya.
Melihat situasi sekarang, cukup besar kemungkinan bagi usaha yang akan saya jalankan ini berkembang. Terlebih lagi saya melihat usaha stick kentang hanya disediakan di restaurant atau cafe-cafe. Oleh sebab itu saya akan menciptakan stick kentang dalam bentuk kemasan agar lebih praktis dan bisa dibawa kemana saja. Tidak hanya itu, stick kentang yang akan saya buat memiliki peluang besar karena belum adanya pesaing dalam hal bentuk kemasan.
Provinsi Gorontalo yang merupakan penduduknya tergolong konsumtif maka kami sangat optimis akan berkembangnya usaha stick kentang di masa sekarang dan masa yang akan datang.
Jika usaha yang saya jalani makin berkembang, maka saya akan mulai meluncurkan varian rasa dari stick kentang tersebut. sehingga pelanggan tidak akan bosan dengan rasa yang tersedia dan besar kemungkinan pelanggan akan bertambah banyak dari hari kehari karena jenis rasa yang mereka sukai. Varian rasa yang dimaksud seperti rasa balado, Barbequi, ayam bakar, jagung bakar dan lain sebagainya demi meningkatkan nilai beli di masyarakat.
• Keunggulan produk saya :
1. Rasa gurih dan nikmat disetiap gigitan
2. Disajikan dalam kemasan yang pasti praktis dan bisa dibawa kemana saja
3. Harga terjangkau
4. Potongan harga apabila sudah menjadi member saya

• Proses Produksi
Proses produksi stick Kentang :
1. Kentang yang sudah dikupas dan dibuang kulitnya kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong seperti stick.
2. Setelah dipotong-potong, kentang tersebut di beri campuran garam dan penyedap secukupnya.
3. Setelah itu digoreng kemudian ditiriskan
4. Stick yang telah ditiriskan kemudian didinginkan terlebih dahulu sebelum dikemas dalam plastik, agar tetap gurih.
5. Stick Ketang siap dipasarkan.

• Lokasi Usaha
Lokasi usaha saya yaitu sebagai berikut:
1. Kampus saya sendiri yang merupakan tempat strategis dalam mempromosikan usaha cemilan saya karena banyak anak muda yang akan membeli produk saya.
2. Toko-toko yang banyak pengunjungnya, karena dengan banyak pengunjung maka banyak juga yang nantinya melihat produk dan akan membelinya.

• Bahan Baku
Bahan baku dalam pembuatan stick kentang ini adalah kentang itu sendiri. Kentang mudah didapatkan di tempat usaha saya, dan dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional yang tidak jauh dari daerah tempat usaha saya.
PASAR
Strategi mengenai bagaimana produk saya dapat dikenal oleh konsumen melalui Personal Selling yaitu promosi melalui penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan dan mencoba produk langsung. Tidak hanya itu, saya juga akan mempromosikan juga melalui media online seperti facebook, instagram, dan BBM. Karena zaman sekarang sudah menjdi zaman yang modern yang tidak lepas dari penggunaan gatget sebagai alat komunikasi.
Segmentasi dan target pasar
Berdasarkan letak geografi wilayah yang saya jadikan target adalah pusat kota dan tempat-tempat ramai seperti toko, kafe atau restaurant. Karena belum ada yang menjual stick kentang dalam bentuk kemasan di daerah gorontalo terutamanya cemilan lokal. Cemilan stick kentang ini dapat menjadi pilihan cemilan pertama dibenak masyarakat. Bergantung selera konsumen varian rasa apa yang mereka sukai.
Usaha cemilan yang hasilkan posisinya merupakan cemilan lokal yang terbuat dari bahan baku kentang dan merupakan peluang yang cukup besar karena hanya bersaing dengan produk pabrik yang merupakan cemilan yang sudah ada pengawetnya.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong