ARSIP BULANAN : February 2017

Teknik public speaking

08 February 2017 13:42:38 Dibaca : 95

Sebelum membahas mengenai teknik dalam public speaking, Apakah anda pernah mendengar tentang yang namanya public speaking, kira-kira apa itu public speaking? mengapa public speaking begitu penting? Apakah dalam public speaking membutuhkan teori humor? dan kalau memang harus di pelajari, apakah memang ada teknik berbicara efektif dalam public speaking ? dalam pembahasan materi kali ini kami akan membahas materi tentang public speaking yang akan di mulai dari pengertian public speaking.

Publick speaking adalah sebuah rumpun keluarga ilmu komunikasi (retorika) yang mencakup berdiskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC, dan presenter serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan public, kelompok maupun perseorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat.
Public speaking begitu penting dipelajari karena public speaking sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya khususnya kepada orang lain. Dengan public speaking dipastikan kita akan mudah untuk menjalin hubungan kepada orang lain. Selain itu pada zaman sekarang ini public speaking juga sangat dibutuhkan untuk menunjang kamajuan karir kita.

Yang ketiga membahas tentang teori humor dalam public speaking. Dalam public speaking humor adalah bumbu penting dalam menyedapkan public speaking secara umum, humor dan lelucon dapat menunjukan siapa kita dan bagaimana kita berfikir tentang sesuatu. Beberapa jenis humor yang dapat disampaikan kepada audiens yaitu :
1. Humor yang berhubungan dengan seks
2. Humor yang berhubungan dengan politik
3. Humor yang berhubungan dengan pengalaman pribadi
4. Humor yang berhubungan dengan pengalaman orang lain
Dan yang keempat yaitu Teknik berbicara efektif adalah berbicara secara menarik dan jelas sehingga dapat dimengerti dan mencapai tujuan yang diharapkan di dalam komunikasi. Teknik berbicara di dalam komunikasi adalah harus menyesuaikan diri antara komunikator dan komunikan kepada pesan yang di percakapkan secara sederhana, teknik berbicara di dalam komunikasi secara aktif dan efektif adalah sebagai berikut:
1. Memilih pokok persoalan untuk dibicarakan
2. Berbicara diiringi dengan bantuan gerak gerik
3. Menyesuaikan situasi dengan lawan bicara dengan baik
4. Menghargai dan menghormati lawan bicara dengan baik
5. Menanggapi setiap reaksi, saran, usul dari lawan bicara

 

Kelompok V :
• Hariyanto Simon : 291416103
• Febriyanti Mustafa : 291416004
• Sri Eka Mohamad : 291416012