Membandingkan Hubungan Komunikasi Non-Antarpribadi dan Komunikasi Antarpribadi

19 September 2017 11:49:16 Dibaca : 1217

Membandingkan Hubungan Komunikasi Non-Antarpribadi dan Komunikasi Antarpribadi

Oleh : Ratna Abdullah dan Sri Eka Mohamad

Pasti sebagian dari kita sudah mengetahui apa itu komunikasi non-antarpribadi dan komunikasi antarpribadi. Tapi sebagian dari kitapun ada yang belum mengetahui bagaimana membandingkan hubungan komunikasi non-antarpribadi dan komunikasi antarpribadi. Nah, lebih jelasnya di sini kami akan membantu kalian untuk memahami tentang membandingkan hubungan komunikasi non-antarpribadi dan komunikasi antarpribadi.

Miller & Steinberg (1975), membaginya dalam tiga dimensi untuk perbandingan tersebut, yaitu Pembentukan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan, kriteria untuk menentukan hubungan dan tingkat individuali dalam hubungan. Mengenai hubungan komunikasi non-antarpribadi dan komunikasi antarpribadi peraturan yang mengaturnya oleh Malcolm R. Parks (1974) dalam Human Communication: Concepts, Principles and Skills menyebutnya sebagai norma atau norm.

Menurut Park beberapa hal yang membedakan hubungan komunikasi non-antarpribadi dan komunikasi antarpribadi yaitu: Pertama, Norma dan aturannya ditentukan oleh orang tertentu dalam hubungan tertentu. Kedua, komunikasi lebih bersifat pribadi, kepedulian pada partisipan menjadi prioritas utama. Ketiga, norma yang mengatur komunikasi antarpribadi lebih fleksibel dari pada non-pribadi individu-individu yang terlibat dalam komunikasi. Keempat, norma-norma relasional tidak perlu menyesuaikan dengan norma-norma yang ada dalam kelompok.

Referensi :
1. Prof. Dr. Muhammad Budyatna, M.A. dan Dr. Leila Mona Ganiem, M.Si. (Jakarta: kencana Prenada Media Group,2011) hal. 11,12,14